15 Game PS3 Petualangan Terbaik Untuk Dicoba, Sayang Jika Dilewatkan!

Hei, sobat petualang! Apakah kamu termasuk salah satu penggemar game petualangan? Jika iya, bersiaplah karena hari ini kita akan membahas 20 game PS3 petualangan terbaik yang akan membuatmu tidak bisa melepaskan stick kontroler.

Dari perjalanan epik ke dunia fantasi hingga eksplorasi dunia kuno yang mendebarkan, berikut ini akan disajikan daftar game petualangan di PS3 yang bisa menjadi referensi buat kamu yang masih bingung mau main game apa di konsol ini, langsung simak saja ya.

1. Uncharted 2: Among Thieves

Game PS3 petualangan yang pertama di dalam daftar kali ini yaitu Uncharted 2, sekuel dari seri petualangan ikonik Uncharted. Kamu akan mengikuti kisah Nathan Drake dalam pencariannya berburu harta karun kuno di pegunungan Himalaya. Tentunya, pemandangan di sana sangat memukau, seperti halnya di dunia nyata.

Tapi tentu saja, petualangan tidak akan semudah itu. Kamu akan terseret dalam pertempuran seru melawan musuh yang siap menghadang petualanganmu. Untungnya, gameplay-nya sangat mulus sehingga kamu bisa bermain game ini dengan mudah. Senjata dan kemampuan bela diri milik Drake bagaikan seperti milik Indiana Jones yang terkenal itu.

Soal cerita dan plotnya, jangan diragukan lagi. Alur yang begitu seru untuk diikuti dan karakter-karakternya hidup yang akan membuatmu seakan menjadi bagian dari kisah epik ini sendiri. Pantas saja Uncharted 2 meraih banyak penghargaan, gamenya benar-benar keren.

Baca Juga: 20 Game Perang PS3 Terbaik, Seru dan Bikin Ketagihan!

2. Red Dead Redemption

Ah, siapa yang tidak kepingin jadi cowboy gagah di Barat Liar? Nah, impianmu itu bisa terwujud di game petualangan PS3 karya Rockstar Games yaitu Red Dead Redemption. Kamu akan memerankan John Marston, mantan anggota geng Dutch van der Linde yang ingin bertobat.

Membuka game, kamu langsung dijejali dengan pemandangan padang rumput dan pegunungan khas Amerika Serikat bagian selatan. Dunianya sangat luas dan bebas untuk dijelajahi dengan kudamu. Kamu bahkan bisa memutuskan untuk jadi baik atau jahat terhadap orang-orang yang kamu temui. Keren kan?

Tapi jangan kaget kalau tiba-tiba ada misi yang melibatkan komplotan perampokan kereta atau bahkan perkelahian di saloon. Adegan aksi seperti itu yang membuatnya terasa seperti film western sungguhan. Apalagi ditunjang dengan grafik dan cerita yang kuat, membuatmu seakan berada di tahun 1900-an.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

3. The Last of Us

Ngomong-ngomong soal grafik dan alur cerita, pastilah kita semua mengakui kehebatan The Last of Us. Game petulangan PS3 ini akan membawamu ke masa depan paska-apokaliptik yang sangat mengerikan. Kamu di sini akan memerankan Joel yang harus melindungi Ellie dari sergapan zombie-zombie ganas.

Pertarungan untuk bertahan hidup ini digambarkan dengan grafiknya yang ciamik dan realistis. Ditambah dengan gameplay yang menegangkan, kamu akan benar-benar merasa seperti berada dalam situasi hidup dan mati. Tapi, TLOU ini juga dibalut cerita persahabatan dan drama yang mengharukan antara Joel dan Ellie yang akan membuat pemain tersentuh saat memainkannya.

Jadi jangan kaget kalau di tengah aksi kejar-kejaran dengan zombie, kamu malah sibuk terhanyut dalam keakraban mereka berdua. Dinamika karakternya itulah yang membuat The Last of Us jadi salah satu game petualangan terbaik sepanjang masa.

Baca Juga: 35 Game PS2 Multiplayer Terbaik dan Paling Seru, Bisa Buat Mabar Bareng!

4. Assassin’s Creed II

Dari masa depan, mari kita lompat ke game petualangan PS3 masa lalu – tepatnya ke Italia pada zaman Renaisans. Di sinilah kamu akan memainkan Ezio Auditore, seorang assassin muda yang kehilangan keluarganya karena konspirasi jahat.

Udah bisa membayangkan betapa epiknya petualangan ini? Berkeliling kota-kota ikonik seperti Venesia, Florence, dan Roma dengan mengenakan kostum assassin ikonik. Kamu akan memanjat menara-menara tinggi, berlari di atap-atap, lalu melompat turun untuk membantai musuh. Seperti ninja, ya gengss?

Tapi bukan cuma soal aksi lho, gameplaynya juga menawarkan unsur puzzle dan eksplorasi yang seru. Misal, kamu harus mencari jalan rahasia atau petunjuk untuk melacak target berikutnya. Ditambah dengan kisah dendam dan Renaissance yang digarap apaik, bikin pengalaman bermainnya semakin mengasyikkan!

Baca Juga: 20 Game Petualangan PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa

5. Tomb Raider

Siapa yang nggak kenal Lara Croft? tampilannya yang ikonik dan wajah cantiknya sudah jadi legenda dalam dunia game petualangan. Nah, dalam seri Tomb Raider reboot ini, kamu bisa mengikuti awal perjalanan Croft muda sebelum jadi penjelajah nekropolis yang dihormati.

Awalnya sih dia cuma mahasiswi arkeologi biasa. Tapi setelah pesawatnya jatuh dan terdampar di pulau terpencil, barulah petualangan seru itu dimulai. Kamu akan membantunya bertahan hidup dari serangan binatang buas, melarikan diri dari perampok kejam, bahkan menghadapi misteri kuno yang mengancam nyawanya.

Yang keren, gameplay-nya benar-benar menggambarkan perjuangan bertahan di alam liar. Misal berburu barang, membuat obat dari tanaman, atau menggunakan senjata untuk melindungi diri. Jadi serasa berada di situasi itu beneran, terlalu realistis. Selain itu, karakter Lara yang ditampilkan di sini jauh lebih manusiawi dan mudah diresapi. Dia bukan cuma gadis cantik, tapi perempuan tangguh yang bertumbuh menjadi petualang sejati lewat pengalamannya yang ekstrem.

Baca Juga: 25 Game Petualangan Android Offline Terbaik, Rasakan Serunya Berpetualang!

6. Infamous 2

Masih ingat Cole MacGrath, kurir yang mendadak punya kekuatan petir di game Infamous pertama? Nah, dalam sekuelnya ini, dia menghadapi tantangan baru: menghentikan Kondensor, senjata pemusnah massal yang mengancam keberadaan seluruh umat manusia!

Kalau di game pertama kita melihat awal transformasi Cole, di Infamous 2 ini kita disuguhkan potensi penuh kekuatannya yang keren. Kamu bisa melempar petir, melapisi diri dengan listrik, atau terbang melayang-layang dengan menggunakan listrik layaknya jetpack. Hebat kan? Tapi yang lebih keren lagi, kamu bebas memilih cara menggunakan kemampuan itu. Jadi pahlawan yang melindungi umat manusia, atau justru penjahat yang menyalahgunakan kekuatannya untuk kejahatan? Pilihan ada di tanganmu dan berdampak besar pada jalan cerita serta ending gamenya nanti.

Grafik dan gameplay-nya pun semakin ciamik, dengan kota-kota yang rusak tapi tetap terasa hidup. Jadi serasa kamu ini superhero (atau supervillain) sungguhan yang lagi beraksi menyelamatkan (atau menghancurkan) dunia. Wah, pasti bakal seru nih!

Baca Juga: 20 Game PS2 Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

7. God of War III

Masih belum puas dengan game petualangan PS3 yang ekstrem dan brutal? Di God of War III, kamu bisa lanjutkan dendam membara Kratos terhadap para penghuni Olympus dalam skala yang lebih epik dan brutal.

Babak pertamanya aja udah mengejutkan, Kratos membantai Zeus sampai lendirnya bermuncrat kemana-mana! Cuma pembukaan lho itu, selanjutnya bakal lebih sadis lagi. Kratos harus mengalahkan dewa-dewa maupun makhluk mitologi Yunani yang super kuatnya nggak masuk akal. Tapi jangan sangka bertarungnya lebih gampangan ya. Gameplaynya benar-benar menantang dengan serangan dan teka-teki rumit yang harus diselesaikan. Apalagi kalau lagi melawan bos seperti Poseidon atau Hades, bisa-bisa kita terus mengulang-ngulang karena mati terus.

Namun di balik kebrutalannya, teknik dan animasi pertarungannya keren banget. Kayak lagi nonton film epik mitologi Yunani dalam resolusi HD. Ditambah cerita balas dendam Kratos yang emosional, jadi semakin dramatis dan membara gitu petualangannya.

Baca Juga: 15 Game Petualangan PS5 Terbaik, Berpetualang Tanpa Batas!

8. Ratchet & Clank Future: A Crack in Time

Capek dengan game petualangan PS3 yang kerasa berat dan serius? Kalau gitu, Ratchet & Clank Future: A Crack in Time bisa jadi penyegar di antara semua game di daftar ini. Gamenya receh, penuh kelucuan dan warna-warni ceria yang bakal mengobati stress lo.

Di sini kamu akan memainkan Ratchet, alien kucing lucu bertelinga lebar dan Clank, teman robotnya. Mereka berdua harus menjelajah galaksi demi menyelamatkan teman mereka yang hilang dimensi. Udah kayak kisah persahabatan anak TK saja kan?

Tapi jangan remehkan petualangan kocak ini, gameplaynya nyatanya masih menantang dengan baku tembak seru melawan alien-alien. Senjata dan peralatan konyol yang dimiliki Ratchet juga lumayan unik dan kreatif. Belum lagi dunia-dunia galaksinya yang super warna-warni dan menggemaskan. Yang pasti sih, dengan narasinya yang penuh humor receh dan unsur sci-fi, game ini bisa menghibur kalian yang mulai bosan dengan nuansa gelap atau serius di game-game petualangan lain.

Baca Juga: 25 Game Petualangan PC Offline Terbaik Sepanjang Masa

9. Batman: Arkham City

Dari game PS3 petualangan yang kocak, mari kita masuk ke teritori lebih gelap – dunia hitam di game Batman. Di sini kamu akan mengambil peran sang ksatria kegelapan untuk mengungkap konspirasi kejahatan di Arkham City, semacam penjara raksasa di Gotham.

Yang keren, gameplay dan kontrolnya beneran terasa seperti kamu ini berperan menjadi Batman sejati lho. Gerak-geraknya lincah dengan semua teknik bela diri, melempar batarang, hingga menggunakan grapnel gun untuk memanjat bangunan sungguhan seperti di filmnya. Nggak cuma itu, suasana gotik dan kelam kotanya juga berhasil dibangun dengan baik. Tiap distrik punya nuansa uniknya sendiri. Ada yang seperti perkampungan kumuh, ada juga yang mirip kota mati penuh dengan atmosfer dingin. Serem dan mencekam banget lah pokoknya!

Belum lagi hadirnya banyak musuh dari galeri penjahat terkenal Batman seperti Joker, Penguin, atau Mr. Freeze. Kamu bakal sesekali terlibat baku hantam dengan mereka dalam insiden-insiden kriminal yang penuh kejutan. Jadi serasa seperti ikut serta melawan kejahatan di Gotham City!

Baca Juga: 15 Game Offline PC Gratis Terbaik, Sayang Kalau Dilewatkan!

10. Fallout 3

Masih dalam tema dunia kelam, ada Fallout 3 – game petualangan PS3 RPG berlatar saat pasca-apokaliptik mutakhir yang sayang bila dilewatkan. Kamu berperan sebagai salah satu penduduk yang baru keluar dari Vault, bunker bawah tanah yang jadi persinggahan dari perang nuklir dahsyat.

Begitu melihat dunia di atas, pemandangan yang tersaji sungguh mencekam. Reruntuhan bangunan tertutup debu radioaktif, kelompok bersenjata yang menguasai beberapa wilayah, dan makhluk-makhluk mutasi yang mengerikan berkeliaran. Wajar saja, dunia sudah kiamat dan pastinya penuh hal yang aneh-aneh.

Tapi itu belum seberapa, soalnya gameplaynya penuh kejutan banget. Bisa membentuk karakter sesuka hati, lalu harus berjuang untuk kelangsungan hidup dengan berburu, merampok, atau bernegosiasi dengan faksi-faksi berbahaya. Tiap pilihanmu punya konsekuensi yang harus dipikirkan baik-baik. Yang pasti seru banget nih bertualang di dunia setelah perang nuklir. Kamu mau jadi pahlawan atau berpihak pada sisi kegelapan untuk bertahan hidup? Semuanya tergantung keputusanmu! Jadi siap-siap aja untuk dilema-dilema berat selama perjalanan.

Baca Juga: 15 Game Burik 8 Bit Sakit Mata, Nggak Seburuk Itu Kok!

11. Jak and Daxter: The Precursor Legacy

Sesekali, kita butuh sesuatu yang lebih ringan untuk menyegarkan pikiran setelah terendam dalam game petualangan PS3 yang gelap dan horor. Nah, Jak and Daxter: The Precursor Legacy bisa jadi pilihan yang cocok nih. Gamenya mengisahkan petualangan Jak, anak manusia biasa, dan Daxter, sahabatnya yang entah kenapa berubah jadi muskrat menggemaskan. Mereka harus mengungkap misteri bangsa prasejarah Precursor yang tersembunyi di balik hutan, gurun, dan desa-desa di dunia fantasi ini.

Dan yang unik, kamu nggak akan lihat senjata atau kekerasan sama sekali sepanjang game. Jak dan Daxter cuma bertarung dengan bom tembakan, ledakan api, hingga melompat-lompat bak tarzan di hutan untuk mengalahkan musuh seperti tikus raksasa atau tanaman penjerat.

Selain bertualang mengumpulkan power cell baterai buat membuka jalan, kamu juga bisa bersenang-senang dengan tantangan platformer lincah dan jalur kecepatan gim balap buggy. Dunianya yang warna-warni dengan desain kartun membuat semuanya terasa ceria dan penuh kegembiraan. Kalau bosen dengan game petualangan berat, Jak and Daxter bisa jadi penyegaran dengan humornya yang receh dan gameplay ringan yang lebih santai.

12. Far Cry 3

Kamu pasti tidak asing dengan seri Far Cry yang terkenal dengan open world-nya yang luas dan menegangkan. Nah, Far Cry 3 dianggap sebagai puncak kesuksesan seri ini di generasi PS3. Game ini akan membawamu dalam petualangan bertahan hidup di sebuah pulau terpencil yang dikuasai para pembunuh gila.

Kamu akan memainkan Jason Brody, mahasiswa kuliahan yang iseng berlibur bersama teman-temannya. Namun liburan itu berubah jadi mimpi buruk ketika mereka diculik oleh pemimpin geng bajak laut yang dipimpin si psikopat Vaas. Dari sanalah Jason harus berjuang menyelamatkan teman-temannya dengan bantuan rakyat lokal. Soal gameplay, kamu bisa memilih gaya bertarung mulai dari menyergap diam-diam, hingga menyerbu secara langsung dan menantang musuh. Pas ada adegan baku tembak dengan musuh, serasa seperti main film John Rambo sungguhan deh.

Jangan lupa bagian terbaik dari Far Cry 3 adalah karakter antagonisnya yang ikonik, Vaas. Sosoknya yang psikopat tapi penuh karisma dan selalu berceloteh soal filsafat dan nasehat anehnya, sukses memikat para gamer dengan aktingnya yang mengerikan sekaligus memukau.

13. Prince of Persia

Kita lanjut ke game petualangan PS3 open world bertemakan Timur Tengah, Prince of Persia. Kamu akan memainkan pangeran tampan yang menggunakna kedua belah pedangnya untuk menghabisi musuh. Misinya adalah menghentikan ambisi keji Vizier yang menginginkan mahkota kekuasaan abadi. Sayangnya, dugaan Pangeran salah dan justru memicu bencana menghancurkan kerajaan indah Persia. Kini dia harus mengembara demi memutar waktu dan memperbaiki kesalahan terbesarnya, bersama Putri Farah sebagai rekan seperjuangannya.

Menariknya, gameplay Prince of Persia dirancang dengan mekanisme “rewind” yang memungkinkan kamu mengulang lagi tiap aksi dalam hitungan detik. Jadi kalo Pangeran gagal saat memanjat dinding atau melompat jurang, kamu bisa mengulangnya berkali-kali hingga berhasil. Keren kan?

Soal dunianya, tempat-tempat eksotis seperti istana megah, kuil terpencil, hingga padang pasir terbentang luas tergambar cantik dengan grafiknya yang bebas glitch. Ditambah animasi pertarungan pedang yang seru dan latarbelakang musik Timur Tengah, semuanya memikat untuk dijelajahi. Jadi siap-siap untuk mengikuti pentingnya misi Pangeran dalam memperbaiki sejarah Persia. Lengkap dengan aksi, teka-teki, dan ditemani partner Putri Farah yang memikat hati, game ini punya segalanya.

14. Darksiders

Nah, sudah cukup dengan tema-tema ringan dan ceria tadi. Sekarang waktunya masuk kembali ke wilayah serius dan kelam, dengan mengikuti game petualangan PS3 yaitu Darksiders.

Di sini kamu akan memerankan salah satu dari Empat Penunggang Apokalips, yaitu Death sang pengendara kuda dari neraka. Tugasnya tak lain adalah mencari dan menghukum kakaknya, War, yang dituduh menciptakan kekacauan di Bumi. Sayangnya, tidak akan semudah itu. Death harus bertempur menghadapi pasukan iblis, para monster, hingga rintangan-rintangan berbahaya yang menghadang perjalanannya. Ditambah lagi dendam kesumat Anggar dari kaum lain yang ingin membinasakan Penunggang Apokalips!

Di antara aksinya yang berat, kamu juga akan disajikan latar dunia yang mengerikan tapi artistik sekali. Reruntuhan kota angker berdampingan dengan alam yang memukau seperti hutan hijau membeku. Suasana mistis dan apokaliptiknya benar-benar terasa.

15. The Elder Scrolls V: Skyrim

Sebagai penutup di daftar game petualangan PS3 adalah game populer yaitu The Elder Scrolls VL Skyrim. Siapa yang tidak terpukau dengan skala epik dan kebebasan tanpa batas yang ditawarkan game RPG legendaris Skyrim? Petualangan ini membawamu ke dunia fantasi bernama Nirn, sebuah tanah yang dipenuhi naga, ras unik, sihir, dan konflik berkepanjangan.

Sebagai karakter terakhir dalam garis keturunan langka Pembunuh Naga, kamu akan mengembara melintasi pegunungan bersalju, hutan lebat, hingga gua-gua kuno Skyrim demi mengungkap misteri kebangkitan para naga setelah sekian lama tertidur. Tugasmu tidak lain adalah mengalahkan naga jahat Alduin sebelum dia menghancurkan seluruh alam semesta!

Dengan skala dunianya yang epik, populasi NPC warga hidup yang dinamis, dan tingkat kustomisasi yang hampir tanpa batas, Skyrim menawarkan pengalaman berpetualang paling bebas dan menantang. Kamu tidak cuma menjadi pahlawan, tapi juga penjelajah sejati yang memiliki kendali penuh untuk mengubah jalan cerita duniamu sendiri.

Penutup

Nah, itulah tadi daftar beserta pembahasan tentang 15 game PS3 petualangan terbaik yang harus kamu coba mainkan. Dari petualangan epik hingga perjalanan emosional, daftar ini pasti akan memuaskan dahagamu akan aksi dan petualangan.

Semoga daftar ini bermanfaat dan bisa menambah referensi bagi kamu yang sedang mencari game petualangan untuk dimainkan di PS3. Tunggu apalagi? langsung coba saja dan rasakan sendiri sensasi berpetualang di konsol ini ya Sob!

Tinggalkan komentar