5 Game yang Bersetting di Indonesia, Gamers Patut Berbangga

2 min read

5 Game yang Bersetting di Indonesia, Gamers Patut Berbangga – Permainan video games tentunya sangat membutuhkan sekali setting atau latar tempat kejadian dari game tersebut. Sebagian besar game yang ada banyak mengambil setting di negara-negara Amerika dan Eropa walaupun memang banyak juga yang mengambil setting di Asia khususnya negara tropis seperti Indonesia. Beberapa nama video games mengambil setting di Indonesia dan memasukan unsur Indonesia seperti kebudayaan, hewan dan tumbuhan, maupun nama-nama khas Indonesia.

5 Game yang Bersetting di Indonesia, Gamers Patut Berbangga

Berikut ini kami akan sajikan daftar dan informasi mengenai 5 Game yang Bersetting di Indonesia.

1. Far Cry 3

Far Cry 3 merupakan sebuah game buatan dari perusahaan asal Prancis yang terkenal yaitu Ubisoft. Far Cry 3 banyak mengambil unsur dari Indonesia dan berlatar di sebuah tempat yang mirip sekali dengan ciri-ciri daerah di Indonesia. Kamu bisa melihat banyak unsur Indonesia seperti hewan-hewan baik itu harimau sumatera, kerbau, anoa, komodo, dan hewan asal Indonesia lainya. Geng dan kelompok yang ada di dalam game memiliki nama-nama yang Indonesia banget seperti leader dari geng Rakyat yang bernama Citra. Ubisoft tidak mengkonfirmasi secara jelas setting dari game ini tetapi menurut Ubisoft setting game ini berada diantara samudera hindia dan pasifik. Dengan berbagai unsur tropis yang memiliki kemiripan dengan Indonesia tentunya banyak gamers percaya bahwa setting tempat tersebut berada di Indonesia.

2. Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tommorow

Tom Clancy’s Splinter Cell: Pandora Tommorow merupakan sebuah game aksi yang dikembangkan dan dirilis oleh Ubisoft. Game ini mengambil setting di Timor Leste pada saat setelah kemerdekaan dan lepasnya Timor Leste dari Indonesia. Bercerita tentang seorang agen NSA yang bertugas untuk melatih tentara Timor Leste tetapi harus menghadapi para ekstremis yaitu dari milisi Darah dan Doa yang dipimpin oleh Suhadi Sadono, dalam misinya tersebut Sam Fisher harus melawan para ekstremis Darah dan Doa yang didukung oleh pemerintah Indonesia. Game ini sempat menjadi game yang kontroversial karena menghina kedaulatan Indonesia dan akhirnya pemerintah memblacklist game ini dari pasar game Indonesia.

3. Tekken Tag Tournament 2

Tekken Tag Tournament 2 adalah sebuah game fighting buatan perusahaan games populer asal jepang yaitu Bandai Namco. Game ini mengusung tema dan latar tempat di sebuah stage bernama Wayang Kulit yang bertema seperti sebuah pertunjukan wayang kulit dan ada beberapa bangunan yang menyerupai seperti gapura di Bali. Dengan mengusung tema seperti ini Tekken Tag banyak menarik perhatian gamers asal indonesiaga sehingga mereka mencoba game buatan Bandai Namco tersebut. Backsound dari stage di Tekken Tag ini berupa musik gamelan yang suaranya khas dan indah didengarkan apalagi untuk memicu semangat bertarung di game Tekken Tag ini.

4. Joint Operations: Typhoon Rising

Joint Operations: Typhoon Rising adalah sebuah game FPS multiplayer yang dikembangkan oleh NovaLogic. Game ini bersetting di Indonesia pada masa depan yang berada di ambang kehancuran karena berbagai gerakan separatis yang melawan Indonesia. Dalam game ini kalian akan bermain sebagai Tim Biru yang merupakan pasukan gabungan dari Amerika Serikat, Inggris, Jerman, Perancis, Rusia, Australia, dan Indonesia untuk melawan Tim Merah yang merupakan pasukan separatis dan pemberontak pemerintah Indonesia. Game ini bisa kalian coba melalui PC kalian dan selamatkanlah Indonesia dari separatisme.

5. Secret Files 2: Puritas Cordis

Secret Files 2: Puritas Cordis merupakan sebuah game petualangan point to click yang dikembangkan oleh Fusionsphere System dan Animation Arts serta diterbitkan oleh Deep Silver. Bercerita tentang 2 orang yang berpisah dalam pelayaran yang satu menuju Portugal dan satunya lagi menuju Indonesia. Setting dan unsur Indonesia di game ini cukup terlihat bila kalian memainkan game ini sampai akhir dari game ini. Game petualangan seperti ini sebenarnya menjadi game yang cocok untuk mengambil setting di negara Indonesia yang banyak memiliki alam dan kebudayaan yang melimpah dan kaya. Pembuat gamenya saja pernah berkata bahwa dia tertarik untuk mengambil setting di negara Indonesia untuk game petualanganya tersebut.

Itulah artikel mengenai 5 game yang bersetting di Indonesia, sebagai gamers Indonesia patutnya kita berbangga karena negara kita dijadikan setting latar dari game-game franchise dan berpangkat AAA. Dengan berbagai game tersebut dapat mempromosikan negara kita dimata dunia sebagai sebuah negara yang kaya dan memiliki tempat yang eksotis dan indah. Sebagai gamers Indonesia kita juga harus mendukung pengembangan produk games dari Indonesia agar kita menjadi negara penghasil games yang hebat dan diakui dunia. Terima Kasih telah berkunjung semoga bermanfaat dan menmabha wawasan.

3 Replies to “5 Game yang Bersetting di Indonesia, Gamers Patut Berbangga”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *