8 Franchise Game Paling Sukses dan Berhasil Sepanjang Masa

3 min read

Gamenisasi – Video game merupakan media hiburan yang paling diminati bahkan sejak dulu di seluruh dunia hingga saat ini. Bagi kalian pecinta game pastinya pernah mengenal franchise game, franchise game sendiri merupakan sebuah video game yang mempunyai sekuel tetapi tetap sukses dan laris. Nah, pastinya kalian penasaran kan apa saja franchise game paling sukses dan berhasil, franchise game bisa dibilang sukses dan berhasil bila telah mendapatkan jumlah penjualan cukup besar hingga jutaan copy dan juga dimainkan oleh banyak gamers di dunia hingga saat ini. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai 8 Franchise Game Paling Sukses dan Berhasil Sepanjang Masa, langsung saja berikut pembahasan lengkapnya.

1. Mario Bros

super mario bros


Di urutan pertama tentu saja ditempati oleh franchise game Mario Bros, yaitu sebuah franchise video game dari Nintendo. Di dalam gamenya sendiri pun terdapat karakter seorang tukang pipa yang cukup ikonik yaitu Mario, ya pasti para gamers sudah mengenal karakter ini sejak dulu. Awalnya franchise ini berkembang dari sebuah video game yang bernama Donkey Kong yang disitu terdapat si Mario, saking terkenalnya maka pada tahun 1984 mulailah beridiri franchise game dari si Mario tersebut bahkan hingga saat ini pun masih hidup franchise ini. Penjualanya bahkan sudah mencapai 675 juta kopi di seluruh dunia, pantas saja Mario Bros menjadi franchise game paling sukses dan berhasil sepanjang masa.

Baca Juga: 8 Karakter Game Paling Ikonik dan Terkenal Sepanjang Masa

2. Pokemon


Pokemon merupakan sebuah franchise game yang juga dimiliki oleh Nintendo, seri pertamanya yaitu Pokemon Red dan Blue yang dirilis pada tahun 1996. Beberapa tahun yang lalu Pokemon juga telah mengeluarkan seri game berjudul Pokemon Go di smartphone yang berhasil menggebrak popularitas franchise Pokemon, walaupun sekarang pemainya sudah menurun sejak perilisan game ini. Franchise Pokemon sendiri sudah berhasil meraih penjualan sebesar 362 juta kopi lebih di seluruh dunia, menguatkan franchise game ini dibawah Mario Bros.

3. Call of Duty


Franchise game FPS tembak-menembak terbaik tentu saja dipegang oleh Call of Duty karena sudah menghasilkan berbagai seri game yang menarik banyak pemain di seluruh dunia. Awalnya hadir dengan mengangkat konsep perang dunia ke 2 kemudian terus berkembang menjadi seri game perang modern berjudul seri Modern Warfare. Hingga saat ini juga telah ada game Call of Duty Warzone yang mengangkat konsep battle royale lho, di smartphone juga ada Call of Duty Mobile yang juga ramai pemainya. Penjualanya sendiri sudah berhasil mencapai 300 juta kopi lebih lho di seluruh dunia.

4. Grand Theft Auto


Siapa yang tidak kenal dengan franchise game Grand Theft Auto atau disingkat GTA, frnachise ini terkenal sekali di kalangan gamers dunia. Game yang mengusung tema open world ini mampu menjadi salah satu game terbaik di dunia, seri game San Andreas atau GTA V saja sudah banyak dikenal dan dimainkan hingga saat ini. Masa kecil kalian pun pasti juga pernah ditemani game GTA ini di PS2 kan hehehehe. Untuk jumlah penjualan sudah mencapai sekitar 300 juta kopi di seluruh dunia, menempatkanya menjadi franchise open world paling sukses sepanjang masa.

Baca Juga: 10 Cara Asik Bermain GTA V Dijamin Seru!

5. FIFA


Bagi kalian yang merupakan gamers game olahraga pasti mengenal dengan franchise game FIFA yang merupakan franchise game olahraga tersukses. Franchise besutan Electronic Arts ini berawal dari FIFA International Soccer atau dikenal dengan FIFA 94 dirilis pada 15 Juli 1993, hingga sekarang ini FIFA telah mengeluarkan seri game FIFA20. Uniknya lagi franchise game FIFA berhasil meraih penghargaan dari Guiness World Records menjadikan franchise ini sebagai franchise game olahraga tersukses di dunia. Angka penjualanya pun tak main-main karena sudah mencapai angka 260 juta kopi di seluruh dunia.

6. The Sims


Selanjutanya, ada franchise game simulasi paling sukses yaitu The Sims, awalnya dirilis pada tahun 2000 popularitasnya mulai meningkat sejak itu dan menjadi cikal bakal game bergenre simulasi. Game ini dikembangkan oleh Maxis dan diterbitkan oleh Electronic Arts, pencipta dan dan desainernya sendiri adalah Will Wright. Di dalam game ini kalian akan bermain simulasi kehidupan dan mengendalikan seseorang dalam beraktivitas misalnya saja bekerja, mandi, tidur, dan lain sebagainya, bahkan juga bisa membentuk keluarga melalui pernikahan. Franchise ini terbilang cukup sukses dan berhasil dengan penjualan mencapai 200 juta kopi di seluruh dunia.

7. Minecraft


Siapa sih yang tidak kenal dengan franchise game Minecraft, pasti kalian sudah pernah mendengar atau memainkan seri game tersebut, hingga saat ini ada 3 spin-off yaitu Story Mode, Education Edition, dan Dungeons. Game ini pertama kali dibuat oleh game designer bernama Markus “Notch” Persson asal negara Swedia, kemudian game ini dirilis pertama kali pada 18 November 2011. Kini gam milik Mohjang ini sudah terbilang cukup sukses dan menjadi salah satu franchise game berhasil, dilaporkan pada pertengahan tahun 2018 yang lalu ada sekitar 91 juta pemain aktif setiap bulanya. Penjualanya sendiri pun sudah mencapai angka 180 juta kopi.

8. Resident Evil


Resident Evil atau dikenal di Jepang dengan sebutan BioHazard merupakan sebuah game surviva horror dengan unsur zombie dan makhluk biologis didalamnya. Franchise ini dibuat oleh Shinji Mikami dan Tokuro Fujiwara dibawah naungan perusahaan game Capcom, berawal dari Resident Evil yang dirilis tahun 1996. Beberapa seri game Resident Evil juga banyak dikenal dan sukses dipasaran misalnya saja RE 4 yang merupakan game RE terbaik menurut sebagian besar fans, ada juga RE 2 Remake dan yang terbaru yaitu RE 3 Remake yang berhasil meraih 2 juta kopi penjualan dalam waktu 5 hari saja. Bahkan franchise game ini pun juga mendapatkan adaptasi menjadi seri film Resident Evil yang tidak kalah terkenal dan sukses. Hingga saat ini franchise game Resident Evil sudah mencapai sekitar 95 juta kopi penjualan seluruh dunia.

Baca Juga: 10 Karakter Game Resident Evil Paling Terbaik

Yup, sepertinya cukup saja artikel kali ini yang membahas mengenai 8 Franchise Game Paling Sukses dan Berhasil Sepanjang Masa. Menurutmu manakah franchise game yang paling bagus?, langsung saja komentar ya. Semoga artikel kali ini dapat menambah wawasan kita mengenai video game, jangan lupa terus mampir di blog ini ya, see you.






Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *