20 Game Perang PS3 Terbaik, Seru dan Bikin Ketagihan!

PlayStation 3 adalah konsol keluaran Sony yang dirilis pada 2006 silam. Meski usianya bisa dibilang cukup tua, nyatanya PS3 masih menjadi konsol gaming populer hingga sekarang.

Hal ini tentu berkat ribuan game PlayStation 3 berkualitas yang tersedia, termasuk game-game spektakuler bergenre perang dan shooter. Nah, game dengan genre ini biasanya akan membuat adrenalin pemain seolah terpacu saat memainkannya.

Oleh sebab itu, pada artikel ini saya akan merekomendasikan 20 game perang PS3 terbaik yang saya yakini bakal memberi pengalaman seru nan menegangkan. Penasaran apa saja game-game epik tersebut? Langsung simak ulasannya berikut!

1. Call of Duty: Black Ops

Membuka daftar game perang PS3 terbaik adalah seri paling populer yaitu Call of Duty: Black Ops. Seri CoD ini mengambil latar Perang Dingin dengan misi rahasia melawan musuh di garis depan. Di sini kamu akan memerankan karakter bernama Alex Mason yang berusaha untuk menghentikan rencana jahat terhadap Amerika Serikat.

Suasana perang yang ditampilkan di game ini didukung grafis dan detail senjata yang sangat memukau. Karakter tokoh-tokoh utamanya juga dibuat cukup menarik dan berkarakter. Belum lagi storyline ceritanya yang cukup seru dengan banyak plot twist.

Kelebihan utama CoD: Black Ops mungkin variasi senjata dan misi pertempurannya yang epik. Bahkan ada pula mode zombie yang bisa dimainkan bersama-sama dengan teman. Dipadukan dengan gameplay FPS yang mulus dan kontrol yang responsif, Black Ops layak jadi koleksi wajib game perang PS3.

Baca Juga: 25 Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2024

2. Battlefield 3

Game PS3 perang berikutnya berasal dari seri Battlefield yang juga tak kalah hebat dengan seri Call of Duty, salah satunya adalah Battlefield 3. Sama seperti seri Black Ops, Battlefield 3 menampilkan pertempuran dahsyat yang didukung grafis memukau dan detail senjata sempurna.

Di sini yang membedakan mungkin peta dan misi pertempurannya yang jauh lebih besar dan memiliki banyak celah taktis. Di BF3 ini, kita bisa mengendalikan beragam kendaraan perang seperti tank, pesawat jet hingga helikopter tempur.

Sensasi bertempur baik di darat, laut dan udara yang dihadirkan sangat menggugah adrenalin. Ditambah mode permainan yang beragam seperti team deathmatch, conquest, rush dan lainnya. Dengan segala keunggulannya itu, Battlefield 3 layak menjadi koleksi wajib game perang terbaik di PS3.

Baca Juga: 25 Game Perang PC Offline Terbaik, Seru dan Menantang!

3. Killzone 3

Selanjutnya ada Killzone 3 yang merupakan game eksklusif buatan Sony Computer Entertainment untuk platform PlayStation. Sama seperti 2 seri FPS di atas, Killzone 3 juga memiliki misi dan medan pertempuran yang sangat epik.

Dalam game ini, pemain akan memerankan Sevchenko, salah satu prajurit ISA dalam perang mempertahankan bumi dari invasi alien jahat Helghast. Detail wajah musuh alien Helghast yang menyeramkan dipadukan grafis dan efek ledakan yang indah dan menghancurkan.

Keseruan di game ini mungkin saat menggunakan jetpack terbang sambil menembaki musuh dari udara. Sensasi terbang bebas bak rocket man sambil menghujani lawan dengan peluru tentu sangat puas diudarakan lewat PS3. Pokoknya Killzone 3 wajib kamu coba deh!

Baca Juga: 20 Game Perang Dunia 2 Terbaik, Sensasi Perangnya Terasa!

4. Medal of Honor: Airborne

Medal of Honor merupakan game perang PS3 dengan tema tembak-tembakan klasik yang menceritakan petualangan tentara elite Pasukan Khusus Amerika Serikat dalam misi rahasia perang melawan tentara Nazi dan sekutunya.

Dalam MoH Airborne ini, kita akan bertempur sebagai prajurit elit bernama Boyd Travers yang bertugas di 82nd Airborne Division medan pertempuran Eropa, yang diduduki oleh penjajah Jerman Nazi. Sensasi pertempuran jarak dekat hingga menembak dari kejauhan dikemas sangat realistis lewat gameplay FPS mulus dan responsif.

Detail senjata dan gear tempur prajuritnya juga dibuat mirip aslinya, membuat kita benar-benar seperti berada di tengah lokasi perang sungguhan. Dengan beragam misi seru yang melibatkan kita dalam pertempuran melawan Nazi, Medal of Honor: Airborne layak banget buat kamu coba.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

5. Resistance 2

Resistance 2 merupakan game perang PS3 dengan tema FPS fiksi ilmiah berlatar invasi makhluk alien ke bumi. Dalam sekuel keduanya ini, pemain akan kembali berperan sebagai Nathan Hale yang kini harus berjuang lebih keras menghentikan invasi Chimera ke seluruh penjuru dunia.

Detail alien chimera yang begitu menngerikan dan menyeramkan dipadukan level desain penuh dengan tantangan serta senjata futuristik yang keren. Pokoknya sensasi pertempurannya dahsyat dan bikin menegangkan di sepanjang misi.

Mulai dari misi penyelamatan warga sipil hingga baku tembak ganas melawan alien, R2 bener-bener sukses bikin kita seolah ada di tengah perang mempertahankan bumi dari serbuan makhluk asing. Wajib koleksi buat para gamers FPS di PS3!

Baca Juga: 15 Game Perang PC Online Terbaik, Gamers Harus Coba!

6. Crysis 3

Crysis 2 merupakan sekuel FPS sci-fi dengan grafis dan fisik pertempuran yang sangat memukau di antara game-game sekelasnya. Pemain akan mengendalikan sosok Alcatraz, tentara elit yang terserang virus mematikan.

Ia lantas diberi Nanosuit, baju tempur canggih buatan militer yang memiliki kemampuan luar biasa. Dengan Nanosuit tersebut, kita bisa menembak sambil berlindung di balik mobil atau bahkan melompat tinggi ke gedung bertingkat.

Efek ledakan dan bangunan runtuh juga terlihat sangat nyata berkat mesin grafis CryEngine 3 yang digunakan. Pokoknya pengalaman sci-fi war drama-nya benar-benar seru dan tak tertandingi sampai sekarang, masih layak untuk dimainkan sih.

Baca Juga: 30 Game PC Offline Ringan Terbaik, Cocok Buat PC Kentang!

7. Bodycount

Bodycount mungkin jarang dikenal, padahal ini adalah game perang PS3 FPS cyberpunk yang cukup keren semenjak perilisannya. Dalam game satu ini, pemain mengendalikan sosok Agent Jackson dalam misi melawan organisasi anarchis bernama “The Network”.

Uniknya di game Bodycount ini adalah efek ledakan dahsyat dengan serpihan benda berhamburan kemana-mana ketika kita menembaki lingkungan. Fisik dan detail perusakan yang ditampilkan sangat memukau apalagi bagi game yang rilis di PS3.

Selain itu senjata yang digunakan juga canggih ditambah baju tempurnya keren layaknya tentara elite masa depan. Kontrol dan gameplay-nya sendiri sudah mulus yang pasti akan memberi pengalaman pertempuran seru dan menegangkan.

Baca Juga: 25 Game Nomor 1 di Dunia Terbaik dan Terpopuler 2024

8. Battlefield: Bad Company 2

Bad Company 2 adalah spin-off populer game perang Battlefield yang fenomenal. Sama seperti serinya, misi dan medan pertempuran dalam BC 2 dikemas secara epik dengan detail dan grafis yang sangat memukau.

Pemain akan berperan sebagai anggota B Company, kumpulan prajurit nakal yang dijadikan tim khusus dalam misi berbahaya. Mulai dari menggagalkan transfer senjata nuklir musuh hingga menyelamatkan desa dari serbuan kudeta.

Keseruan di game ini tentu saja saat kita mengendarai berbagai kendaraan tempur seperti tank, helikopter, ATV, bahkan pesawat jet tempur F35. Sensasi bertempur di darat dan udara benar-benar memacu adrenalin.

Baca Juga: 15 Game Balap Mobil PC Terbaik, Buat Kamu Pecinta Balapan!

9. Sniper Elite V2

Jika kamu menyukai game sniper atau penembak runduk, Sniper Elite V2 layak untuk dipertimbangkan sebagai game perang PS3 yang harus kamu coba. Pemain akan berperan sebagai Karl Fairburne, seorang sniper elit SAS dalam misi rahasia di Berlin pada jaman Perang Dunia 2.

Tantangan sebagai penembak jitu tentu tidaklah mudah. Kita harus bisa mengendalikan nafas, memperhitungkan angin, jarak dan gerak target sebelum bisa menembak musuh dengan akurat. Belum lagi patroli serdadu Nazi berkeliaran yang siap memburu kita.

Namun tentu saja hasil headshot jarak jauh dengan efek darah dan tulang berhamburan akan terasa sangat memuaskan. Dengan misi-misi seru dari menyusup ke markas Nazi hingga misi sabotase kereta api, SE V2 layak untuk dimainkan.

Baca Juga: 20 Game Zombie PS4 Terbaik, Ngeri-Ngeri Sedap!

10. Homefront

Berlatar invasi Korea Utara ke Amerika Serikat, Homefront adalah game perang di PS3 yang menceritakan tentang perlawanan gerilya rakyat sipil melawan pasukan penjajah. Meski cukup pendek, kampanye ceritanya seru dan propaganda Korea Utara-nya bikin merinding.

Hal yang paling menarik dalam game FPS ini adalah medan pertempurannya yang berlatar pemukiman sipil yang porak poranda dihiasi mobil terbakar dan mayat bergelimpangan. Sensasi seperti gerilyawan perang sungguhan bakalan kita rasakan di sini.

Detail lingkungannya sendiri cukup memukau dengan rumah-rumah hancur dan jalan penuh kawah bekas ledakan. Apalagi mode ceritanya yang benar-benar bikin kita penasaran ingin cepat menyelesaikan setiap misi. Pokoknya wajib banget buat dicoba nih.

11. MAG

MAG merupakan game FPS online dengan jumlah pemain yang epik yaitu sampai 256 orang dalam 1 map. Jadi bayangkan betapa heboh dan ramainya arena pertempuran yang kita jalani saat memainkan game peperangan ini.

Pemain diberi pilihan bergabung dengan salah satu fraksi seperti SEAL, Sabotage dan Domination. Setiap tim memiliki karakter dan peta operasi khusus yang berbeda dalam misi mereka. Walhasil koordinasi tim sangat penting di sini untuk meraih kemenangan.

Sensasi bertempur dalam formasi tim besar yang terkoordinasi benar-benar luar biasa menegangkan. Apalagi dibumbui efek ledakan dan tembak-tembakan di mana-mana yang melibatkan puluhan pemain. Pokoknya sensasinya bakalan beda dengan game lain.

12. Fallout 3

Keluar sejenak dari genre FPS, Fallout 3 sebenarnya adalah game RPG dunia terbuka yang memiliki nuansa kelam pasca kiamat nuklir. Meski begitu, pertempuran melawan makhluk mutan dan bandit tetap menjadi banyak elemen di game ini.

Pemain akan menjelajahi reruntuhan kota Washington D.C. sambil menyelesaikan berbagai misi yang ada. Mulai misi untuk bergabung dengan fraksi Brotherhood of Steel atau Enclave, hingga membantu penduduk biasa.

Eksplorasi reruntuhan yang penuh bahaya dan barang berharga yang bisa diambil membuat pengalaman bermain semakin berasa di dunia pasca kiamat ini. Plus bisa bertempur melawan Super Mutant, robot bersenjata bahkan Alien dengan beragam senjata jarak dekat maupun jarak jauh yang mudah ditemukan.

13. Tom Clancy HAWX 2

TH2 sebenarnya adalah game simulasi pesawat tempur, jadi sudah pasti akan ada banyak misi udara memacu adrenalin di dalamnya. Pemain mengendalikan pilot pesawat jet kelas atas dalam misi intens baik sendiri maupun berpasangan.

Cara mainnya cukup unik yaitu kita bisa mengganti model pemandangan sekitar menjadi gambaran sketsa atau siluet hitam putih yang memudahkan menembak jatuh musuh. Efek ledakan fighter jet hancur dan runtuh ke darat atau laut juga tidak kalah menegangkan.

Beragam mode permainan seperti dogfight simpel, mengawal pemboman target, hingga menghancurkan armada kapal induk musuh tersedia di sini. Pokoknya seru dan puas rasanya menjadi pilot ulung jet tempur canggih dalam misi udara.

14. Warhawk

Warhawk merupakan salah satu game perang PS3 terbaik yang sebetulnya merupakan game multiplayer third person shooter yang menampilkan pertempuran darat dan udara secara real-time. Pemain bisa saling adu kekuatan satu sama lain atau berduel sniper jarak jauh di peta yang luas.

Cara main utamanya sendiri mirip Battlefront II, yaitu kita harus merebut sejumlah basis/posisi strategis di peta untuk mendapat poin. Tim dengan skor tertinggi inilah pemenangnya. Herannya, walau sudah cukup tua, masih ada ratusan server dan pemain Warhawk aktif sampai sekarang di PS3.

Selain Infantri biasa, pemain juga bisa mengambil peran sebagai sniper elit, rifler berat, bahkan pilot pesawat atau tank. Pokoknya aksi perangnya yang seru dan menegangkan bakalan bikin ketagihan.

15. SOCOM 4

Bagi penggemar game Tactical Shooter, SOCOM 4 bisa jadi pilihan tepat, untungnya masuk dalam daftar game perang PS3 kali ini. SOCOM sendiri sebetulnya singkatan dari United States Special Operations Command yang bertugas dalam misi khusus di garis depan pertempuran.

Misi kita di game ini pun akan sangat rahasia dan penuh risiko tentu saja sebagai anggota pasukan elite. Detail perlengkapan dan senjata yang digunakan sangat serupa dengan aslinya, membuat kita benar-benar merasa menjadi prajurit elit masker hitam yang keren.

Cara penyelesaian misinya sendiri sangat variatif, bisa dengan cara menyerbur secara langsung, bisa juga menyusup diam-diam. Pokoknya pilihan taktisnya sangat banyak disesuaikan situasi di lapangan.

16. Metal Gear Solid 4: Guns of The Patriots

Masih tentang misi rahasia, tak boleh ketinggalan serial legendaris Metal Gear Solid. Di MGS4 ini, Snake telah menua dan harus menyelesaikan satu misi terakhir yaitu menghentikan rencana jahat Liquid Ocelot yang hendak menguasai senjata rahasia.

Sesuai judulnya ‘Guns of The Patriots’, di game ini pemain bisa menemukan puluhan jenis senjata api kontemporer hingga sci-fi seperti railgun dan Gauss rifle buat ditembakkan. Detail senjata dan animasinya sendiri dipoles sampai maksimal di PS3 menjadi lebih keren.

Cara penyusupan dan stealth ala Snake di MGS4 benar-benar puas untuk dilakukan. Belum lagi boss battle melawan robot raksasa canggih yang epik dan menegangkan. Pokoknya MGS4 ini wajib banget buat kalian para fans PS3, apalagi bagi fans seri game Metal Gear Solid.

17. Tom Clancy Rainbow Six Vegas 2

Seri Rainbow Six sendiri sebetulnya mirip dengan SOCOM, yaitu FPS taktis yag permainannya mengendalikan tim SWAT dalam misi penyelamatan sandera anti-teror. Bedanya di Vegas, misi dilakoni di lokasi eksotis macam Las Vegas dan Meksiko.

Sensasi pertarungan CQB (Close Quarter Battle) melawan teroris disimulasikan cukup realistis di sini dibumbui mekanik untuk membobol pertahanan, bergelantung dengan tali hingga menggunakan ledakan ke markas lawan. Kita juga harus pintar-pintar mengatur formasi dan pergerakan tim.

Detail Operator dari tim Rainbow sendiri cukup bagus, lengkap dengan helm berteknologi mumpuni dan senjata tempur kontemporer seperti MP7, SCAR hingga Desert Eagle. Pokoknya game Rainbow Six Vegas 2 ini layak abis buat dimainin.

18. Call of Duty: Modern Warfare 4

Game perang PS3 terbaik berikutnya datang lagi dari seri paling fenomenal Call of Duty yaitu Call of Duty: Modern Warfare 4. Seri CoD ini mengambil latar konflik dunia modern dengan medan pertempuran di Eropa dan Timur Tengah. Ketika para teroris berusaha untuk menjatuhkan pemerintahan yang sah, maka tentara Amerika Serikat berusaha untuk menghentikan mereka.

Detail senjata, ledakan dan efek partikel dibuat sangat memukau di PS3, tidak kalah dengan platform lain seperti di Windows. Ditambah mode spesialis seperti sniper dan pertempuran jarak dekat yang memacu adrenalin. Belum lagi cerita kampanyenya yang penuh aksi dan tegang bersama Captain Price dan Soap untuk menghentikan teroris seperti Zakhaev dan Khaleed Al-Assad.

Call of Duty: Modern Warfare 4 ini walaupun sudah termasuk game lama tapi tetap saja termasuk game legendaris di hati para gamers. Aksinya juga tidak kalah dengan Modern Warfare yang sekarang ini.

19. Far Cry 2

Far Cry 2 sebenarnya lebih ke FPS open world daripada storyline perang konvensional. Tapi tentu saja konflik dan baku tembak tetap jadi fokus utama selain eksplorasi. Pemain menjadi salah satu tentara bayaran yang terjebak konflik perang saudara di Afrika.

Detail hutan sabana Afrika dan desa-desa setempat dibuat sangat memukau dan hidup di PS3. Kita bisa menjelajahinya sambil menyelesaikan misi sampingan yang sangat banyak dan bervariaso. Ditambah bertempur melawan pasukan pemberontak atau pemburu liar ganas penghuni hutan.

Yang paling seru ya tentu aksi bertarungnya menggunakan senjata api mulai dari revlover, senapan serbu, shotgun, roket launcher dan lainnya. Menembak musuh dari dalam mobil terbuka sambil menerobos hutan benar-benar memacu adrenalin. Dipadu grafis dan detail yang mumpuni, Far Cry 2 benar-benar sukses menciptakan pengalaman perang gerilya di Afrika yang sangat memuaskan untuk PS3.

20. Army of Two: The 40th Day

Penutup daftar game perang PS3 terbaik kali ini adalah serial Army of Two yang menceritakan petualangan duo tentara bayaran elit dalam misi ke seluruh dunia. Di Army of Two: The 40th Day ini, konsep coop untuk dua pemain ini sangat seru sekali.

Kita bisa bekerja sama taktis untuk menyelesaikan misi mulai sabotase fasilitas rahasia musuh, menyelamatkan sandera dari bajak laut Somalia bahkan bertempur melawan pasukan pengkhianat di China.

Grafis pertempuran di game ini cukup menawan untuk ukuran game lawas, apalagi senjata dan baju tempur yang dipakai sangat keren modelnya. Pokoknya seru banget rasanya bertempur bersama 1 rekan yang saling bekerja sama dan melindungi masing-masing dari serangan musuh.

Penutup

Itu dia rekomendasi 20 game perang PS3 terbaik yang dijamin bakal memberi pengalaman menegangkan dan tak terlupakan. Dipadu dengan performa PlayStation 3 yang masih ciamik bahkan untuk saat ini, nikmati saja pengalaman peperangan dari daftar rekomendasi game di atas. Kebanyakan sih genre FPS, tapi ada juga beberapa game RPG dan strategi perang yang tak kalah serunya.

Jadi tunggu apalagi? Segera coba saja game perang PS3 yang masih layak untuk dimainkan di PS3. Mungkin sampai di sini saja, semoga bisa menambah referensi game keren buat Sobat Gamers sekalian, sekian dan terima kasih.

Tinggalkan komentar