Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dompet Digital

1 min read

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Dompet Digital



Di era digital seperti saat ini kian marak pembayaran melalui dompet digital atau QR Payment. Tentu pembayaran melalui dompet digital sangat mudah, praktis, dan lebih efisien ketimbang pembayaran tunai, karena begitu mudahnya pembayaran sehingga orang berbondong-bondong menggunakan dompet digital. Beberapa dompet digital yang sering digunakan diantaranya yaitu OVO, DANA, Gopay, Sakuku, LinkAja, dan dompet-domper digital lainya. Memang dompet digital memiliki beberapa kelebihan tetapi juga memiliki kekurangan, jdai sebelum kita memakai dompet digital kita harus mempelajari dulu kelebihan maupun kekurangan dari dompet digital agar kita lebih tahu bagaimana caranya menggunakan dompet digital dengan sebaik mungkin. Pada artikel kali ini saya akan membahas mengenai kelebihan dan kekurangan menggunakan dompet digital, berikut ini informasinya.
Kelebihan
– Dompet digital sangat praktis digunakan karena kita dapat menggunakan dompet digital dimanapun dan kapanpun saya kita membutuhkan uang. Proses transaksi berjalan lebih cepat hanya dengan scan kode QR maka pembayaran langsung berhasil tanpa kita harus merogoh saku kita untuk melakukan pembayaran. Dengan menggunakan dompet digital kita jadi lebih menghemat waktu kita dalam proses transaksi maupun checkout.
– Keamanan di dalam dompet digital tidak diragukan lagi karena tingkat keamanan yang dihadirkan cukup tinggi. Pengguna dompet digital tidak usah merasa gelisah kehilangan uang mereka karena sistem keamanan di dalam dompet digital sudah terjamin dan dilindungi oleh kata sandi atau PIN. Saat melakukan pembayaran kita tidak usah mengungkapkan informasi detail kartu kredit atau debit kita. 
– Menggunakan Dompet digital juga memberikan keuntungan bagi kita yaitu mendapatkan promo, diskon, atau cashback dari pihak penyedia dompet digital yang telah bekerjasama dengan merchant tertentu. Hal ini sangat menguntungkan bagi kita disamping mudah digunakan kita juga bisa menikmati promo yang diberikan oleh dompet digital pada kita sehingga bisa membeli barang dengan harga cukup murah dari merchant-merchant tertentu.
– Jika kita melakukan pembayaran dengan dompet digital maka pembayaran tersebut akan sesuai dengan nominal harga. Biasanya kita kalau belanja dengan menggunakan uang tunai tentu kita pernah merasakan harga dibulatkan ke angka terdekat ataupun kembalian tidak sesuai dengan nominal dan bahkan diganti dengan permen saja. Beda dengan dompet digital karena pembayaran akan sesuai dengan nominal harga dan uang kembalian pun sesuai.

Kekurangan

– Merchant yang bekerjasama dengan dompet digital masih terbatas. Tidak semua toko melayani pembayaran atau transaksi dengan dompet digital dan masih menggunakan uang tunai. Dompet digital hanya bisa dipakai pada merchant-merchant yang telah bekerjasama dengan pihak dompet digital tersebut. Jadi dompet digital belum sepenuhnya mendukung semua jenis transaksi.
– Jumlah maksimum saldo di dalam dompet digital masih terbatas. Maksudnya dompet digital tidak bisa menyimpan saldo hingga puluhan juta biasanya dompet digital memiliki saldo maksimum 2 juta rupiah untuk dompet digital yang belum terverifikasi dan 10 juta rupiah untuk dompet yang sudah terverifikasi.
– Adanya biaya administrasi di dalam dompet digital. Bila kita ingin top up atau menarik uang kita dari dompet digital pasti kita dibebankan biaya layanan atau administrasi yang lumayan. Jadi dompet digital belum bebas dari biaya layanan dan administrasi.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan menggunakan dompet digital. Kita patut mengetahui suatu kelebihan atau kekurangan dari dompet digital agar kita bisa menggunakanya dengan efisien dan efektif sesuai dengan kebutuhan kita. Semoga artikel kali ini dapat menambah referensi dan pengetahuan bagi kita semua terima kasih sudah mampir dan membaca jangan lupa tetap stay update di blog ini.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *