10 Tips Menjadi Youtuber Gaming Terkenal dan Sukses

3 min read

Gamenisasi – Menjadi seorang YouTuber adalah impian yang sangat didambakan oleh generasi milenial seperti saat ini. Dengan iming-iming kerja senang hanya dengan membuat video hingga digaji jutaan rupiah oleh Adsense YouTube. Banyak kaum milenial seperti saat ini sekarang bisa dilihat banyak bercita-cita menjadi seorang YouTuber Gaming, yaitu seorang YouTuber yang membuat konten dengan tema bermain game atau istilahnya gaming. Memang banyak anak muda yang berhasil menjadi YouTuber Gaming terkenal dan sukses contohnya saja Miawaug, Jess No Limit, Afif Yulistian, dan masih banyak lagi Youtuber Gaming lainnya. Nah, memang menjadi seorang YouTuber itu susah-susah gampang karena harus ada niat dan usaha untuk menjadi YouTuber Gaming yang sukses dan terkenal, jadi pada kesempatan kali ini saya akan membagikan 10 tips menjadi YouTuber Gaming terkenal dan sukses, langsung saja simak tips-tips berikut ini.

1. Content Is The King


Maksud dari istilah konten is the king adalah konten adalah “rajanya”, jadi konten merupakan penopang utama dalam channel YouTube. Walaupun hanya bermodalkan smartphone pun kita tetap bisa membuat konten yang bagus dan menarik asalkan kita memiliki niat dalam membuat konten. Carilah konten gaming yang sekiranya bisa kamu kuasai atau kalau bisa buatlah konten game yang sedang trend atau sudah memiliki banyak pemain. Jadi, konten merupakan rajanya karena tanpa konten apa artinya sebuah channel YouTube game.

2. Mulai Buat Konten Dari Game yang Kamu Sukai



Cara paling mudah untuk memulai membuat konten gaming YouTube adalah dengan membuat konten game yang kamu sukai atau kuasai. Topik yang kamu bahas bisa beraneka ragam seperti memainkan game android yang kamu sukai, memainkan game PC yang kamu kuasai, atau bereksperimen dalam video game yang kamu suka dan kuasai. Cukup mudah sebenarnya kalo kamu membuat konten video game yang kamu sukai karena kamu bisa memberikan pandangan mendalam yang mungkin belum diketahui oleh YouTuber Gaming lainnya. Mulailah membuat konten video game dari yang kamu sukai dan kuasai kemudian kembangkan konten tersebut menjadi lebih luas.

3. Unggah Konten Secara Rutin


Biasanya para gamer yang sedang mencari konten game sering mengecek konten game terbaru dan kemudian menontonnya bila ada lanjutannya maka mereka juga kemungkinan akan menontonnya lagi. Hal tersebut karena generasi muda sekarang yang sering menjadikan YouTube sebagai sumber media daripada saluran media konvensional. Bila kamu rajin dan rutin membuat konten video game di channel YouTube milikmu maka para gamers sekaligus viewers mu tersebut dengan senang hati mengikuti channelmu bahkan bisa saja memberikan subscribe. Tidak ada patokan kapan kamu harus mengunggah konten video game milikmu, hanya saja unggahlah konten baik itu harian atau mingguan kamu bisa pilih salah satu dan tepati juga jadwalnya ya.

4. Buat Menjadi Serial


Buatlah penonton anda menjadi betah dengan konten kamu dan agar mereka tetap menjadi penonton setia. Caranya dengan membuat konten video game menjadi serial, serial sendiri bisa diartikan sebagai sebuah kumpulan episode. Kamu bisa membagi gameplay kamu menjadi beberapa episode yang menarik, episode-episode tersebut kamu juga batasi durasinya misalnya beberapa menit atau bahkan jam kemudian kamu teruskan ke episode selanjutnya. Dengan tehnik seperti ini diharapkan penonton semakin penasaran dan tetap menyaksikan konten video game serial YouTube mu.

5. Jadilah Trendsetter



Persaingan YouTuber Gaming memang sangat ketat karena banyak sekali YouTuber yang sudah terjun membuat konten-konten video game. Nah, jalan lain untuk menyaingi mereka dengan sedikit mudah adalah menjadi seorang Trendsetter atau pionir dari hal-hal baru di video game. Buatlah konten orisinil dan semenarik mungkin dari Youtuber Gaming lainnya, atau bisa juga membahasa secara mendalam tren yang baru-baru di dalam video game. Cara paling mudah untuk menjadi seorang Trendsetter adalah menginformasikan suatu hal baru secepat dan semenarik mungkin. Misalnya saja kamu membahas mengenai meta game tertentu, leak mengenai event game atau hadirnya karakter, skin, dan item di dalam video game, usahakan kamu menjadi orang pertama yang membahas mengenai hal tersebut.


6. Dengarkanlah Permintaan Penonton


Biasanya ada beberapa penonton yang akan meninggalkan komentar di channel YouTube tak terkecuali itu bisa saja di channel milikmu. Mereka kadang menulis permintaan di kolom komentar agar dibuatkan suatu konten tertentu, kadang juga ada beberapa yang mendukung permintaan tersebut. Permintaan tersebut ternyata indikasi bahwa mereka kemungkinan besar akan kembali lagi menonton konten video game di channel milikmu bila kamu menuruti permintaan mereka, siapa tahu banyak juga dari mereka yang sepemikiran dengan permintaan tersebut. Tidak ada salahnya kamu turuti permintaan penonton, mungkin bisa saja menjadi konten selingan di samping konten utama di channel YouTube mu.

7. Manfaatkan Seluruh Saluran Media Sosial yang Ada


YouTube saja tidak cukup untuk mengenalkan Chanel gaming mu ke orang-orang yang belum mengenal channelmu. Manfaatkan media sosial lainya seperti Facebook, Twitter, Instagram, Reddit, Blogger, dan lain-lain. Cobalah untuk mengenalkan sekaligus branding channel gaming milikmu kepada orang lain, usahakan terus berinteraksi dengan komunitas yang menjadi target dari audiens kamu. Misalnya saja kamu membuat postingan yang menarik di media sosial mengenai gameplay sebuah game maka kemungkinan besar kamu dapat meraih lebih banyak audiens dari saluran media sosial.

8. Ajak Penontonmu Untuk Share 

Promosi yang paling efektif memang dari penonton, maksudnya penonton membagikan videomu ke penonton lainya atau teman-temannya. Hampir semua video yang viral di YouTube itu bisa terjadi karena efek share dari penonton yang memang menikmati konten seorang kreator. Tentunya dengan mengajak penontonmu untuk share konten video game milikmu mungkin saja akan mendatangkan penonton lainya, jadi jangan bosan untuk mengajak mereka share konten video game milikmu dimanapun atau kepada siapapun.

9. Manfaatkan YouTube Analytics


Sebagai seorang kreator di YouTube kamu sudah difasilitasi oleh YouTube untuk mengetahui analitik dan statistik mengenai channel YouTube mu. Dengan berbekal alat tersebut kamu bisa mengetahui mengenai penontonmu, darimana asal mereka, durasi menonton video, darimana mereka mengetahui channelmu/videomu. Cobalah untuk menganalisa denagn data-data yang ada di YouTube Analytics agar kamu bisa menentukan apa konten yang akan kamu buat selanjutnya, dengan begitu penontonmu akan senang dan merasa diperhatikan oleh sang kreator video.

10. Tetap Fokus dan Terus Belajar


Tidak ada jalan pintas menjadi seorang YouTuber Gaming yang sukses dan terkenal, kamu harus terus belajar dan berusaha serta fokus membuat konten video game yang menarik. Belajarlah dari banyak hal seperti kritik dari penontonmu, belajar dari channel lain, membaca atau menonton tips mengenai YouTuber Gaming, dan banyak sekali referensi belajar mengenai YouTuber Gaming. Jangan lupa tetap berusaha fokus dengan channelmu tersebut, buat konten video game yang memang menarik. Jadi, tetap fokus dan terus belajar agar channelmu bisa semakin sukses dan terkenal.

Nah, sobat sepertinya sampai disini saja ya artikel pada kesempatan kali ini. Semoga artikel ini bermanfaat dan menjadi bahan referensi bagi sobat semua terutama bagi YouTuber Gaming pemula atau yang ingin menjadi YouTuber Gaming. Jangan lupa ya terapkan tips di atas agar channelmu semakin dikenal dan sukses, buatlah konten yang benar-benar menarik dan menghibur, do it for fun. Sampai jumpa ya, tetap stay update di blog ini.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *