6 Cara Mengatasi Sinyal Jelek dan Lag Saat Main Game Online di Smartphone

2 min read

6 Cara Mengatasi Sinyal Jelek dan Lag Saat Main Game Online di Smartphone – Saat lagi asyik-asyiknya main game pasti kamu pernah mengalami lag atau sinyal kamu tiba-tiba jelek dan hal tersebut sangat mengganggu permainan kamu. Ternyata ada berbagai faktor yang menyebabkan sinyal jelek saat kamu bermain game dan hal tersebut bukan hanya dari faktor provider internet tetapi dari faktor-faktor lainya juga. Untuk itu saya akan membahas mengenai 6 cara mengatasi sinyal jelek dan  saat main game online di smartphone beserta kami berikan informasi yang bermanfaat agar permainan kalian tidak terganggu lagi oleh sinyal jelek dan ngelag.

6 Cara Mengatasi Sinyal Jelek dan Lag Saat Main Game Online di Smartphone


Berikut adalah 6 Cara Mengatasi Sinyal Jelek dan Lag Saat Main Game Online di Smartphone:

1. Tutup Aplikasi Lain Saat Bermain

Saat kamu ingin bermain game online sebaiknya kamu menutup aplikasi-aplikasi yang tidak kamu butuhkan dan tidak kamu perlukan. Hal ini dapat meningkatkan kinerja RAM dan sinyal bisa lebih terfokus pada game yang sedang kamu mainkan, bila ada aplikasi lain saat kamu bermain game maka aplikasi tersebut akan mengganggu kinerja game karena akan membagi sinyal dan RAM untuk aplikasi tersebut. Sebaiknya cek dulu aplikasi-aplikasi yang masih berjalan dan segera tutup bila ingin memainkan game online agar kinerja smartphone kamu tidak berat dan membuat permainanmu ngelag.

2. Bermain Dengan Menggunakan WiFi

Terkadang saat kamu menggunakan jaringan internet dari provider saat bermain game pasti pernah mengalami sinyal jelek dan ngelag padahal jaringan 4G, walaupun 4G tetapi sebenarnya tidak menjamin game yang kamu mainkan lancar dan tidak ngelag. Solusi yang tepat adalah cobalah untuk menggunakan jaringan WiFi karena jaringan tersebut jauh lebih stabil dan lancar dari jaringan internet provider. Kamu bisa mencari WiFi dimana saja yang tersedia WiFi seperti Kafe, Tempat umum seperti Perpustakaan, Sekolahan, Kampus, Gedung Pemerintahan, dan tempat-tempat lainya.

3. Membersihkan Cache Smartphone

Sebelum anda bermain game ada baiknya kamu selalu untuk menghapus cache smartphone yang telah menumpuk di penyimpan kamu. Untuk menghapus cache kalian bisa langsung menghapusnya di setelan bagian kelola aplikasi atau penyimpanan dan kalian juga bisa menghapusnya melalui aplikasi cleaner/pembersih. Setelah menghapus cache smartphone maka kinerja smartphone kalian akan kembali fresh dan tidak lemot seperti saat cache belum dihapus, tentunya dengan menghapus cache maka saat kalian bermain game lag akan menjadi berkurang.

4. Bebaskan Ruang Penyimpanan

Sekarang ini game-game online banyak yang berukuran besar dan memakan lebih banyak ruang penyimapan bahkan hingga lebih dari 1GB. Agar bisa bermain dengan lebih lancar dan tanpa kendala ngelag dan sinyal jelek maka kalian harus melakukan pembersihan memori dari hal-hal yang sekiranya tidak penting dan tidak kamu butuhkan. Hapus aplikasi-aplikasi atau video, gambar, dan file yang tidak berguna agar penyimpanan kamu tidak sempit dan memengaruhi kinerja game kamu. Setelah memori penyimpanan berhasil dibersihkan dari barang yang tidak berguna maka kinerja smartphone dan RAM kamu pastinya meningkat dan bisa digunakan untu bermain game dengan lancar.

5. Menggunakan Aplikasi Booster Game

Solusi agar saat kamu bermain game dengan lancar tanpa ngelag dan sinyal jelek maka kamu bisa menciba menggunakan aplikasi game booster. Banyak sekali aplikasi booster game yang tersedia di situs download seperti Playstore dan Appstore, kamu bisa pilih salah satunya yang bisa kamu andalkan untuk membooster game kamu agar tetap lancar jaya. Dengan game booster tersebut game yang kamu mainkan akan terasa lebih lancar karena booster akan meningkatkan kecepatan permainan dan membuat smartphone lebih fokus ke dalam game tersebut.

6. Cek Kecepatan Jaringan Internet

Sebelum kalian memulai untuk bermain game sebaiknya kalian tes dulu kecepatan internet smartphone kalian agar tidak terjadi hal yang tidak menyenangkan saat bermain game. Cek kecepatan internet bertujuan untuk mengetahui seberapa cepat jaringan internet di daerah tersebut dan kemampuan jaringan untuk bekerja, jadi hal ini sangat penting sebelum kalian mulai bermain game. Bila jaringan kalian bagus saat dicek maka kalian bisa memainkan game karena resiko sinyal jelek dan ngelag rendah akan tetapi bila dites kecepatan internet lambat maka sebaiknya urungkan dulu niat bermain game karena nantinya malah tidak lancar dan terganggu.

Bila kalian mengikuti cara-cara diatas Insya Allah work dan keluhan seperti ngelag dan sinyal jelek akan teratasi. Untuk bermain game dengan baik dan lancar sebenarnya tergantung dengan RAM dan kinerja dari smartphine itu sendiri semakin baik dan besar RAM maka semakin lancar dan tidak neglag lagi. Sekiranya itu saja artikel kali ini semoga bermanfaat dan menambah referensi bagi pembaca sekalian, selamat mencoba cara-cara diatas bila ingin bermian game online agar tidak ngelag.

2 Replies to “6 Cara Mengatasi Sinyal Jelek dan Lag Saat Main…”

  1. nice info gan, sinyal jelek memang musuh alami gamer. Beruntung hape keluaran sekarang rata2 sudah dipasangi game boster jadi untuk bermain game tidak lag lagi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *