20 Game Horror PC Ringan Terbaik, Seram dan Bikin Merinding!

Hai Sobat gamers! Siapa sih yang gak suka main game horror? Sensasi menegangkan menjelajahi lokasi angker sambil dikejar makhluk menyeramkan memang tiada duanya. Sayangnya, kebanyakan game horror membutuhkan spesifikasi PC tinggi agar bisa dimainkan lancar.

Nah, buat kamu yang punya PC atau laptop keteteran, jangan khawatir. Masih banyak kok game horror keren dengan grafis ringan yang akan tetap bikin merinding! Langsung aja yuk simak rekomendasi game horror pc ringan di bawah ini.

1. Outlast 2

Game horror pc ringan yang pertama yaitu Outlast 2 yang merupakan sequel dari seri game horror tersukses Outlast. Di dalam game ini kamu berperan sebagai seorang jurnalis sekaligus investigator bernama Blake Langermann yang terjebak bersama istrinya di sebuah desa terpencil di Arizona.

Desa ini ternyata dihuni oleh sebuah sekte sesat yang sangat mengerikan dan akan mengorbankan siapa saja. Kamu harus bertahan hidup untuk menghindari kejaran para anggota sekte sesat sambil mencari istrimu yang hilang. Suasana dan atmosfir di Outlast 2 benar-benar horor dengan desa terpencilnya yang sangat suram dan angker.

Tidak ada senjata untuk melawan, kamu hanya bisa lari dan bersembunyi saja. Grafiknya cukup bagus dengan pencahayaan minim yang mendukung suasana mengerikan dan suram. Ceritanya juga bagus apalagi jika kamu mengikuti alur ceritanya sampai akhir.

Baca Juga: 15 Game Horror PC Offline Terbaik, Seram dan Menegangkan!

2. Blair Witch

Blair Witch merupakan salah satu game horror pc ringan yang diadaptasi berdasarkan film legendaris Blair Witch Project. Di game ini kamu berperan sebagai Ellis, mantan veteran perang yang menderita PTSD. Ellis dan anjingnya memasuki Hutan Black Hills yang angker untuk mencari seorang anak kecil yang hilang bersama dengan tim pencarian lain.

Suasana hutan yang gelap, mistis, dan penuh keanehan ini benar-benar terasa sekali, seakan kamu benar-benar masuk dalam hutan dan merasakan sendiri suasana di dalamnya. Makin malam, makin banyak hal gaib yang Ellis saksikan, seperti ritual, ilusi, hingga penampakan hantu. Kamu juga harus memecahkan teka-teki di tengah gangguan dari makhluk yang mengerikan di hutan ini.

Blair Witch sangat sukses membangun ketegangan psikologis dan ilusi maupun jumpscarenya benar-benar bikin jantung copot. Kamu tidak akan pernah merasa aman atau nyaman sepanjang permainan, game ini juga memiliki beberapa ending tergantung apa yang kamu lakukan selama permainan.

Baca Juga: 15 Game Horror Multiplayer PC Terbaik, Seram dan Sadis!

3. Amnesia: The Dark Descent

Game horror ringan pc selanjutnya yaitu Amnesia: The Dark Descent yang merupakan salah satu game survival horror paling ikonik yang wajib dimainkan. Pemain akan berperan sebagai Daniel, seorang pria yang terkena amnesia dan terbangun di sebuah kastil Prussia yang menyeramkan. Sebuah makhluk jahat yang bernama Shadow akan terus mengejarmu, dan kamu harus lari bersembunyi agar tidak menjadi mangsanya.

Selain menghindari monster, kamu juga harus menjelajahi kastil yang cukup luas dan memecahkan teka-teki agar bisa lolos. Suasana kastil gotik yang gelap, suram, dan menyeramkan sangat terasa, makin jauh kamu menyelidiki, makin banyak rahasia gelap yang terungkap.

Gameplay stealth-nya membuat jantung tidak aman, makanya harus hati-hati. Sensasi dikejar oleh monster yang tidak terlihat namun terdengar langkahnya benar-benar membuat jantung bergetar, oleh karena itu game ini cocok sekali bagi pecinta game horror.

Baca Juga: 10 Game Horror Multiplayer Android Terbaik 2023, Bisa Mabar Online Bareng!

4. Devotion

Devotion adalah salah satu game horror ringan pc dengan genre horror psikologi dan dipadukan dengan unsur dari negara Taiwan. Dengan setting di sebuah apartemen di Taiwan pada tahun 1980-an, kamu akan berjalan menyusuri sebuah apartemen misterius sambil mengungkap misteri keluarga yang pernah tinggal di sana.

Suasana apartemen yang sepi dan menakutkan semakin diperkuat dengan ritual mistis dan benda-benda horror khas Asia Timur. Detail seting apartemen jaman dulu sangat otentik, yang semakin membuat suasana menjadi semakin horror. Berjalan di lorong apartemen yang sepi sambil menghindari makhluk halus jadi momen paling menegangkan jika bermain game ini, selain itu kamu juga harus memecahkan puzzle atau misteri di game ini.

Devotion benar-benar mahakarya game horror psikologis dengan nuansa atau vibes ala Asia Timur yang sangat kental. Jika kamu pecinta horror sebaiknya coba saja sendiri game ini dan rasakan kengerian yang kamu dapatkan saat memainkan game ini.

Baca Juga: 25 Game PS5 Terbaik yang Harus Kamu Coba

5. Pamali: Indonesian Folklore Horror

Game horror pc ringan berikutnya datang dari tanah air dan merupaka buatan developer lokal dari Indonesia yang bernama Pamali: Indonesian Folklore Horror. Game yang memiliki beberapa cerita berbeda ini memiliki gameplay yang begitu menyeramkan, sepanjang permainan kamu akan diteror oleh makhluk halus khas Indonesia. Setiap cerita berbeda karakter dan latar belakangnya, selian itu kamu juga memiliki tugas yang berbeda.

Lokasi dan hantu diambil dari cerita rakyat nusantara paling seram, seperti genderuwo, kuntilanak, pocong, dan lainnya. Suara dan desain makhluk halusnya sangat detail, benar-benar seperti cerita aslinya.

Puzzle teka-tekinya juga unik dan bagus untuk diikuti, tentunya melibatkan mitos dan kepercayaan lokal seperti menemukan kembar mayang, ritual palasik, dan lainnya. Horror game dengan seting Indonesia seperti ini sangat langka, makanya kamu harus coba sendiri game karya anak bangsa ini.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

6. Limbo

Limbo adalah sebuah game horror pc ringan karya dari studio game indie dengan genre puzzle platformer yang memiliki suasana horror surealis yang pekat dan identik dengan warna hitam dan kegelapan. Di game ini pemain akan mengendalikan seorang anak kecil tanpa nama terbangun di sebuah dunia hitam putih yang sangat angker.

Tidak ada manusia lain di sini, hanya ada monster menakutkan dan dunia yang benar-benar gelap serta mencekam. Kamu hanya bisa terus berlari dan menghindari berbagai macam perangkap serta harus memecahkan banyak teka-teki agar bisa kabur dari dunia yang suram.

Meski monokrom, Suasana horor dan mistis dunia limbo benar-benar bisa dirasakan. Detail gambar latar dan silhouette-nya sangat menakutkan walaupun bisa dibilang sederhana. Soundtracknya juga sangat mendukung suasana yang mencekam.

Baca Juga: 15 Game Perang PC Online Terbaik, Gamers Harus Coba!

7. Alien: Isolation

Game horror ringan pc selanjutnya yaitu adalah Alien Isolation, game horor sci-fi dengan tema alien dan luar angkasa yang begitu menegangkan. Pemain harus bertahan dari kejaran xenomorph atau alien yang menyeramkan di stasiun luar angkasa yang memiliki suasana remang-remang dan menakutkan.

Di sini kamu tidak bisa menggunakan senjata apapun dan tidak tersedia opsi untuk melawan alien. Kamu hanya bisa bersembunyi di lemari atau mengalihkan perhatian dengan noisemaker. Ngerinya lagi, Xenomorph atau alien ini sangat cerdas, liar, dan tidak terduga sikapnya.

Suasana stasiun luar angkasanya sangat detail dan realistis dengan elemen yang semakin membuat pemain ketakutan jika menjelajah ke lorong-lorongnya. Kamu benar-benar merasa terisolasi dan sendirian, setiap langkah harus hati-hati karena bahaya bisa menyerang kapan saja. Jika kamu suka dengan tantangan, langsung saja coba deh game ini.

Baca Juga: 15 Game Offline PC Gratis Terbaik, Sayang Kalau Dilewatkan!

8. Layers of Fear

Layers of Fear mungkin sudah tidak asing lagi di kalangan gamers, salah satu game horror ringan pc yang merupakan karya dari studio game Bloober Team. Game ini berhasil membuat pemain ketakutan setengah mati dengan suasana angker luar biasa. Game ini sendiri merupakan game horror psikologis dengan elemen puzzle yang harus dipecahkan oleh pemain.

Bercerita tentang seorang pelukis yang kembali lagi ke rumahnya untuk menyelesaikan lukisan, tapi ternyata ada rahasia yang mengerikan di balik rumah itu. Rumah sang pelukis jadi lokasi utama yang penuh dengan teror dari makhluk mengerikan.

Suara dan penampakan menyeramkan akan sering kamu temui jika bermain game ini. Ditambah lagi dengan puzzle yang cukup menantang dan harus diselesaikan agar progres permainan tetap berlanjut. Untuk kamu yang suka game horror dengan unsur teka-teki ditambah banyak jumpscare plus ada twist di ceritanya sebaiknya coba saja game ini.

Baca Juga: 30 Game Zombie PC Terbaik Online dan Offline, Seru dan Wajib Dicoba!

9. Alan Wake

Alan Wake adalah satu lagi game horror aksi ikonik karya Remedy Entertainment, kali ini game Alan Wake juga masuk dalam daftar game horror pc ringan. Di game ini pemain akan memerankan seseorang bernama Alan, penulis yang istri-nya menghilang di desa aneh bernama Bright Falls, makanya dia harus mencari istri tercinta di desa tersebut. Desa ini ternyata dipenuhi kekuatan jahat yang menggunakan cerita untuk menghidupkan mimpi buruk.

Alan harus bertarung menggunakan senjata api dan cahaya untuk menghadapi berbagai monster dan yang lemah terhadap kedua hal tersebut. Cerita dan setting-nya benar-benar brilian, dipenuhi plot twist yang tak terduga.

Suasana Pacific Northwest yang gelap dan misterius sangat kental. Kamu diharuskan untuk tetap bertahan hidup dari serangan monster yang tidak terduga sambil mencari istri dari si Alan ini. Alan Wake adalah satu game wajib dimainkan penggemar horor, kabarnya juga ada seri yang kedua dalam waktu dekat.

10. The Evil Within 2

Berikutnya ada The Evil Within 2, salah satu game horror ringan pc yang merupakan sekuel dari The Evil Within karya dari legenda Resident Evil Shinji Mikami. Seperti game prekuelnya, The Evil Within 2 masih berhubungan dengan dunia simulasi yang penuh dengan kegelapan dan makhluk aneh. Di sini kamu akan masuk ke dalam dunia simulasi berantai demi menyelamatkan putrimu dari mimpi buruk abadi.

Dunianya sangat aneh dan menakutkan, penuh dengan monster-monster yang siap untuk membunuh, monsternya pun ada banyak dan mirip dengan zombie. Suasana horornya sangat ciamik, apalagi jika kamu mengikuti jalan ceritanya sampai habis, sungguh seru dan menegangkan tentunya.

The Evil Within 2 punya kelebihan daripada pendahulunya dalam segala aspek horror, seperti cerita, dunia, musuh, dan puzzle. Grafiknya pun tidak burik dan masih oke, tapi ya kurang sedikit ringan walaupun masih bisa dimainkan di laptop atau pc dengan perfoma biasa saja.

11. Bendy and the Ink Machine

Bendy and the Ink Machine merupakan game horror pc ringan karya dari studio game indie Kindly Beast dengan gaya animasi unik serta terdiri dari beberapa chapter atau episode. Di sini pemain aka berperan sebagai Henry yang kembali ke studio animasi lamanya, tapi disana penuh mesin tinta dan monster.

Musuh utama di game ini adalah Bendy, sejenis monster kartun dari tinta hidup yang siap untuk meneror pemain. Suasana studio animasi bobroknya benar-benar horor dan suram sekali. Kamu harus memecahkan teka-teki sambil menghindari Bendy dan monster lainnya di sana.

Detail lingkungan dan suara serta desain-nya sangat bagus, bikin kamu merasa berada di studio angker tersebut. Bendy sendiri sangat menakutkan dengan gerakan kaku khas animasi jadul. Benar-benar game horror yang unik dan kamu harus mencobanya nih.

12. Darkwood

Darkwood merupakan salah satu game horror ringan di pc yang menghadirkan konsep horor sandbox open world dan survival yang menegangkan di mana kamu harus bertahan siang dan malam. Di waktu siang hari kamu mencari bahan dan mempersiapkan senjata serta perlindungan agar tempat bertahanmu semakin kuat dan susah ditembus oleh para monster. Malamnya kamu harus bertahan dari serangan monster misterius.

Ada banyak makhluk menakutkan yang hanya muncul pada malam hari seperti manusia serigala. Suasana hutan Slavic yang suram diperkuat dengan detail lingkungan dan sound effect yang unik seperti radio rusak membuat game ini sungguh menyeramkan.

Sistem di game ini cukup kompleks misalnya ada crafting senjata dan perangkap dan sistem reputasi yang mempengaruhi interaksi pemain dengan NPC. Semuanya bisa mempengaruhi di cerita game ini, makanya perlu sekali memainkan game ini dengan hati-hati, apalagi musuh di game ini juga banyak dan akan semakin kuat sepanjang cerita berlangsung.

13. Cry of Fear

Berikutnya yaitu Cry of Fear salah satu game horror ringan pc buatan studio independen asal Swedia yaitu Team Psykskallar, awalnya game ini merupakan hasil mod game horor dari game Half-Life 1 yang sudah dikembangkan sejak tahun 2008 namun baru rilis pada tahun 2012. Kini sudah menjadi game horor mandiri yang sangat menakutkan dan memiliki cerita bagus. Di game ini kamu akan berperan sebagai Simon yang akan menjelajahi kota yang dipenuhi makhluk horor hasil mutasi sambil mengungkap misteri.

Di game ini semuanya itu terbatas bahkan pemain hanya bisa membawa item secara terbatas , senjata sangat langka dan pelurunya pun terbatas, sehingga perlu bagi pemain untuk mempertimbangkan penggunaan item dengan baik terutama saat melawan musuh. Uniknya lagi, pemain bisa menggunakan dua senjata atau bisa juga menggunakan senjata dan senter, mekanik ini tentunya sangat membantu sekali.

Setiap skenario dibuat sangat ciamik untuk bisa mengagetkan dan membuat ketakutan pemain. Mulai dari rumah sakit, apartemen, hingga sekolah yang sangat angker dan penuh jebakan. Monster-monsternya juga unik dan mengerikan. Kalau kamu penasaran dengan game ini, coba saja langsung download dan mainkan sendiri.

14. Pacify

Pacify adalah salah satu game horror ringan pc yang bisa dimainkan secara multiplayer, konsepnya mirip dengan game horror Phasmophobia. Game ini sendiri merupakan karya dari developer game SKH Apps yang rilis pada tahun 2019. Untuk ceritanya sendiri, kamu dan teman harus menyelidiki rumah berhantu dan mengungkap apa yang ada dibaliknya sambil melakukan ritual pemurnian agar makhluk astral di rumah bisa ditangkap.

Ada 3 map yang bisa dipilih oleh pemain, tentunya dengan hantu yang berbeda-beda namun sama-sama bikin bulu kuduk merinding. Pemain bisa bermain secara co-op atau multiplayer hingga 4 pemain dalam satu permainan. Di sini pemain memiliki tugas untuk menelusuri rumah berhantu dan menangkap hantu, namun itu tidak mudah karena hantunya juga mengerikan. Kerja sama tim sangat diperlukan agar selamat dari rumah mengerikan ini.

Konsep horor kooperatifnya membuat Pacify sangat seru dan menegangkan untuk dimainkan bersama teman. Apalagi nanti akan ada jumpscare dan hantu yang siap-siap untuk mengagetkan pemain, kalau bermain dengan teman tentunya lebih seru lagi.

15. Haunted Gas Station

Game horror pc ringan berikutnya yaitu Haunted Gas Station, salah satu game horror indie yang menghadirkan suasana horor vintage di sebuah pom bensin tua yang angker. Di game ini kamu harus mencari jalan keluar sambil menghindari hantu penunggu dan memecahkan teka-teki yang ada. Ceritanya mobil kamu mogok dan ada sebuah stasiun pengisian bahan bakar sehingga mau tidak mau harus mencari cara untuk memperbaiki mobilmu di sana.

Lingkungan dan suasana gas station jadulnya benar-benar otentik dan bikin merinding. Apalagi dengan makhluk gaibnya yang suka mengagetkan dengan muncul tiba-tiba. Benar-benar bisa bikin jantungan karena hantunya sering menimbulkan jumpscare kepada pemain.

Meski pendek dan sepertinya tidak memiliki grafik yang bagus seperti game horror saat ini, namun game Haunted Gas Station berhasil membangun suasana horor yang sangat greget dan menegangkan, makanya masih worth it untuk dimainkan.

16. Outlast

Pendahulu Outlast 2 harusnya juga masuk dalam list game horror pc ringan, Outlast sendiri merupakan game horror FPS survival yang membuat ketakutan para pemain. Di sini kamu akan berperan sebagai seorang jurnalis yang menyelidiki rumah sakit jiwa angker yang telah ditutup, namun ternyata di dalam rumah sakit jiwa ini terdapat makhluk yang mengerikan dan siap meneror siapa saja yang berani masuk.

Kamu harus berlari dan bersembunyi demi selamat dari para pasien sakit jiwa yang berbahaya, mereka merupakan psikopat yang akan melakukan apa saja demi kesenangan. Di game ini senjata kamu hanyalah kamera dengan mode malam, kamu tidak bisa melawan mereka secara fisik jadi hanya bisa lari dan sembunyi saja.

Suasana rumah sakit bobrok yang gelap dan kotor membuat segala sesuatunya terasa menyeramkan, apalagi ada psikopat yang mengejar kamu. Kamu harus mampu mengandalkan kameramu untuk berlari dalam kegelapan, serta bersembunyi untuk mengecoh musuh.

17. Dead Space

Game horror pc ringan selanjutnya yaitu Dead Space, salah satu game franchise Dead Space yang bergenre horor sci-fi. Game ini akan membawa kamu ke luar angkasa untuk bertahan hidup di sebuah stasiun luar angkasa yang dipenuhi alien zombie ganas. Game karya dari Glen Schofield ini memang sudah cukup terkenal, bahkan versi remake dari game ini sudah rilis pada tahun 2023 tentunya dengan grafik dan fitur yang lebih bagus ketimbang dulu.

Di sini kamu harus bertahan hidup dengan berbagai cara agar tidak dimangsa oleh para alien jahat. Kamu bisa menggunakan berbagai senjata untuk melawan alien. Selain itu mengumpulkan item juga penting seperti item obat, amunisi, dan alat-alat untuk bertahan hidup.

Suasana stasiun angkasa yang remang-remang dengan interior serba metalik membuat game ini sungguh mencekam dan membuat tegang. Franchise Dead Space memang game horror yang patut untuk dicoba, apalagi yang pertama karena suasana di game tersebut benar-benar mengerikan.

18. F.E.A.R

F.E.A.R. merupakan salah satu game horror ringan pc dengan sudut pandang orang pertama atau FPS yang dikombinasikan dengan elemen tembak-tembakan. Ceritanya di sini kamu bertugas sebagai pasukan khusus untuk menangani kasus supranatural di sebuah tempat yang dikuasai oleh hantu perempuan dengan kekuatan super. Kamu diharuskan untuk menyelesaikan misi ini dan mencoba untuk mengalahkan hantu tersebut.

Di sini kamu akan dibekali dengan berbagai senjata api seperti pistol, shotgun, sniper, senapan laras panjang, senapan laras pendek, peluncur roket, dan senjata tambahan seperti peledak atau granat. Selain itu, kamu juga bisa dibantu oleh NPC yang akan menyerang musuh agar kamu bisa lebih mudah untuk menyelesaikan misi.

AI musuhnya sangat cerdas sehingga pertempuran tiap skenario sangat menegangkan dan menantang. Suasana horrornya mirip dengan game horror khas Jepang, tentu saja ini menambah kengerian game ini. Kalau kamu suka game FPS dipadukan dengan horror maka F.E.A.R ini bisa menjadi pilihan tepat untuk kamu mainkan.

19. Devour

Devour juga masuk dalam daftar game horror pc ringan, game ini sendiri merupakan game multiplayer horror yang konsepnya unik dan pastinya membuat para pemain ketakutan. Di dalam game ini kamu dan teman satu tim harus bekerja sama melakukan ritual pemurnian di sebuah rumah tua yang menyeramkan untuk mengusir roh jahat yang mendiami rumah tersebut.

Setiap pemain di Devour akan mendapatkan peran dan item ritual yang berbeda. Maka dari itu, kerja sama yang baik diperlukan agar ritual bisa berhasil. Jika ritual gagal, maka roh jahat akan merasuki salah satu pemain dan bisa membuat misi menjadi gagal untuk diselesaikan.

Sensasi horornya sangat greget dengan banyak sekali jumpscare di game ini, hantunya pun akan mengejar kamu sampai dapat. Game ini sangat memerlukan komunikasi maka voice chat juga perlu diaktifkan, agar semua anggota tim bisa saling berkomunikasi. Untuk mabar dengan teman tentu game ini sangat asyik dan seru.

20. Home Sweet Home

Game horror ringan pc yang terakhir di dalam daftar kali ini adalah Home Sweet Home, sebuah game horror yang mengangkat cerita mitologi dari negara Asia Tenggara yaitu Thailand. Di game horror ini kamu akan menjelajahi rumah angker sambil menghindari beragam makhluk halus dan hantu yang berasal dari mitos negara Thailand.

Detail habitat dan perilaku makhluk halusnya sangat bagus, benar-benar mirip mitos aslinya, inilah yang membuat game ini semakin membuat merinding. Misalnya hantu perempuan suka bersembunyi di belakang gorden dan menyerang dari jarak dekat. Apalagi kehadiran sang hantu antagonis utama yaitu Ratri yang memiliki kekuatan besar dan bisa merasuki boneka untuk mengejar sang protagonis.

Kamu harus bisa bertahan dan menghindar dari kejaran para makhluk halus, selain itu ada berbagai tantangan dan teka-teki yang harus diselesaikan sepanjang permainan. Penggemar horor wajib mencoba game yang mengangkat cerita rakyat dari negara tetangga ini, sungguh mengerikan dan membuat bulu kuduk merinding.

Nah, itulah tadi daftar game horror ringan di pc yang bisa kamu mainkan jika mau mencari tantangan dan ingin merasakan suasana yang benar-benar menegangkan. Sebenarnya masih banyak lagi game horror ringan yang ada di pc, namun kali ini didaftar sampai 20 dulu, atau mungkin kamu punya rekomendasi lain? silahkan saja komen ya. Sepertinya sampai di sini dulu semoga bermanfaat dan sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar