20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

Hai Sobat gamers, apa kabar? Pasti pada kangen kan sama game petualangan seru yang bisa bikin kita lupa waktu dan hanyut dalam suasananya? Nah, kali ini kita bakal bahas daftar rekomendasi game petualangan PC terkeren yang wajib Sobat gamers coba.

Mulai dari yang sudah jadul, hits beberapa tahun lalu, hingga yang terbaru sekarang ini. Ada banyak banget pilihan seru buat menemani petualangan seru kita di komputer. Penasaran apa aja game petualangannya? Yuk langsung kita bahas!

1. The Elder Scrolls V: Skyrim

Membuka daftar game petualangan PC terbaik kita sudah pasti dengan Skyrim, sebuah game RPG fantasi petualangan yang benar-benar terkenal tiada duanya. Saking besarnya, Sobat bisa menghabiskan ratusan jam untuk menjelajahi dunia luas dan detail khas daratan Nordik di Skyrim.

Mulai dari menjelajahi pegunungan bersalju nan indah, hutan rimba lebat berhiaskan air terjun, hingga menjamah kuil-kuil kuno peninggalan masa lalu. Sensasi menjadi Dovahkiin atau naga terpilih sungguh terasa dan bikin kecanduan untuk terus berpetualang.

Belum lagi modifikasinya yang super banyak, bisa ubah apa aja di game ini dari grafis HD hingga tambahan cerita dan lokasi baru. Game ini benar-benar tidak boleh kamu lewatkan, kamu akan mendapatkan pengalaman bermain game petualangan yang seru di sini.

Baca Juga: 25 Game Online PC Gratis Terbaik 2023, Rugi Kalau Nggak Main!

2. Red Dead Redemption 2

Masih inget western epic koboi tahun 2018 ini? Yup Red Dead Redemption 2 sukses besar gara-gara bawa sensasi petualangan hidup liar koboi ke level yang lebih tinggi. Kita berperan sebagai Arthur Morgan yang menjalani hidup keras dan berbahaya sebagai seorang outlaw bersama dengan geng Dutch van Der Linde.

Menjelajah hutan belantara Amerika, menunggangi kuda sambil berburu hewan liar atau sekedar memancing dan berkemah di alam bebas. Suasananya yang indah dipadukan detail lingkungan yang sangat luar biasa bener-bener bawa ketenangan tersendiri saat memainkan RDR2. Belum lagi petualangan serunya berurusan geng kejahatan lain atau melarikan diri dari kejaran para penegak hukum atau bounty hunter.

Pokoknya sangat direkomendasikan banget buat main game petualangan PC ini, dari segi apapun game ini sempurna dan detailnya sangat bagus. Apalagi jalan ceritanya yang benar-benar seru dan penuh aksi, serta ada unsur dramatisnya.

Baca Juga: 25 Game Perang PC Offline Terbaik, Seru dan Menantang!

3. Elden Ring

Satu lagi game keluaran From Software yang wajib masuk daftar game PC petualangan kali ini. Ya, Elden Ring yang lagi hits-hitsnya di kalangan gamers dunia saat ini. Alasannya? Karena untuk pertama kalinya series Souls dibungkus dengan konsep open world yang luas dan artistik.

Sensasi eksplorasinya benar-benar tiada dua rasanya menjelajahi hutan belantara nan mistis atau menjamah kastil tua penuh jebakan dan monster. Dunia Elden Ring terasa hidup berkat banyaknya detail lingkungan serta monster unik yang bisa diburu.

Sistem bertarungnya sudah pasti selalu brutal dan menantang khas buatan From Software. Tapi itu yang bikin pencapaian menumbangkan musuh dan boss semakin memuaskan. Apalagi didukung cerita fantasi gelapnya yang mendalam dan menggugah rasa ingin tahu. Pokoknya wajib dicoba ini kalau pengen petualangan seru ala film Lord of The Rings.

Baca Juga: 20 Game Zombie PS4 Terbaik, Ngeri-Ngeri Sedap!

4. Genshin Impact

Nah kalau satu ini mah lagi nge-hitsnya di kalangan gamers Indonesia, ya Genshin Impact masuk daftar game PC petualangan kali ini pastinya dong. Sebuah open world aksi RPG fantasi dengan gaya anime yang sangat cantik dan menawan. Dilengkapi sistem gacha, jadi berburu karakter menarik makin seru.

Petualangan menjelajahi dunia fantasi Genshin Impact rasanya menyegarkan sekaligus memukau karena banyak spot pemandangan indah yang bisa dieksplorasi. Mulai dari gunung bersalju, gurun pasir, hingga kuil-kuil megah nan mistis. Lalu bertempur melawan monster dan boss juga menantang untuk mengasah skill.

Apalagi mainnya gratis tanpa harus beli, jadi semua orang bisa ikut menikmati petualangan fantasi Genshin Impact secara cuma-cuma! Weekly update kontennya tiap 6 mingguan juga bikin kita betah betah aja main ini gak ada bosennya. Worth banget deh buat dicoba!

Baca Juga: 20 Game Survival PC Terbaik, Kamu Harus Cobain!

5. Fallout 4

Masih dengan tema RPG fantasi, tapi kali ini dunianya udah hancur lebur akibat peperangan nuklir yang dahsyat. Itu dia latar belakang Fallout 4, satu dari game RPG fenomenal dunia yang wajib banget luangkan waktu buat mainin game keren ini.

Eksplorasi dengan mekanis Power Armor bulky sambil membasmi makhluk jahat mutasi atau ghoul survivor. Intinya si Fallout series ini benar-benar bawa pengalaman unik menelusuri sisa-sisa peradaban umat manusia pasca nuklir yang kelam dan penuh bahaya. Ini mengingatkan kita bahwa perang nuklir akan berakhir buruk dan dampaknya sangat besar sekali.

Fallout 4 ini serba lengkap dari pendahulunya, fitur dan aspek lain jauh lebih lengkap dan bagus. Kalau kamu pecinta game RPG atau petualangan sepertinya harus mencoba game petualang PC yang berjudul Fallout 4 ini, benar-benar pecah pokoknya.

Baca Juga: 20 Game Perang Dunia 2 Terbaik, Sensasi Perangnya Terasa!

6. The Witcher III: Wild Hunt

Siapa sih yang nggak doyan The Witcher? Serial fantasi Eropa ini udah nge-hits banget sejak jaman The Witcher pertama. Tapi puncak paling fenomenal ya di seri Wild Hunt, yang objektif diburu sebagai salah satu game RPG terbaik sepanjang masa, bahkan sudah diakui oleh banyak gamers atau kritikus game.

Selain grafis nan apik dan detail, Wild Hunt juga sukses bawa Geralt sang penyihir rambut putih ini ke petualangan paling ambisius. Berburu makhluk jahat, menyelamatkan putri Ciri dari Wild Hunt, hingga menjelajahi daratan luas serta indah di Nilfgaard sungguh pengalaman bermain yang tak tertandingi.

Jalan ceritanya yang kompleks, side quest yang variatif dipadukan gameplay luar biasa bener-bener patut diacungi dua jempol. Udah gitu durasi main bisa 120-200 jam, jadi gak bakal cepet bosen deh main ini! Perfect banget deh buat rekomendasi petualangan.

Baca Juga: 20 Game Open World PC Terbaik dan Seru, Bebas Jelajahi Dunia!

7. Assassin’s Creed: Origins

Game petualangan di PC berikutnya datang dari seri Assassin’s Creed, penggemar serial Assassin’s Creed wajib nyobain yang Origins, soalnya bener-bener punya gameplay jauh lebih enak. Apalagi dipadukan dengan latar Mesir kuno yang artistik, makin cakep aja hasilnya. Kita berperan menjadi Bayek, seorang Medjay yang berpetualang menyelamatkan tanah kelahiran dari bahaya.

Ada banyak markas dan piramida misterius yang bisa diekplorasi. Belum pula boss fight melawan monster mitologi Mesir yang seru banget. Menjelajahi padang pasir dengan unta atau memanah musuh dari kejauhan rasanya makin membuat kita terserap ke dunia Mesir kuno.

Jadi kalau pengen merasakan sensasi petualangan fiksi historis ala Assassin’s Creed lagi setelah lama vakum, cobalah Origins ini dan rasakan sendiri bedanya. Para fans AC maupun pecinta game petualangan harus cobain game ini.

Baca Juga: Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2023

8. Horizon: Zero Dawn

Petualangan di masa depan pasca-runtuhnya peradaban manusia terdengar seru? Nah itu tawaran menggiurkan dari game petualangan PC yang satu ini yaitu Horizon: Zero Dawn, sebuah game open world RPG fantasi fenomenal dari Guerrilla Games. Suasananya yang unik dipadu detail flora fauna dan robot futuristik.

Kita mengendalikan karakter bernama Aloy, seorang outcast suku primitif yang ingin mencari tahu asal muasal dirinya di dunia. Detail konflik antar suku dipadukan lore masa lalu yang cukup tebal dan kompleks namun tetap mengundang rasa penasaran.

Dipadu soundtrack yang indah serta ending plot twist terbaik, Horizon Zero Dawn masuk dengan mudah sebagai salah satu game petualangan terbaik di PC. Wajib banget dimainin deh apalagi bagi kamu yang suka dengan game petualangan.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

9. Death Stranding

Petualangan unik dan menegangkan juga ditawarkan game satu ini dari maestro game Hideo Kojima. Death Stranding membuat kita seolah berada di film sci-fi yang penuh teka-teki metafisika aneh tapi membuat penasaran.

Singkat cerita, kita berperan sebagai seorang kurir bernama Sam Porter yang bertugas mengantarkan paket penting ke desa-desa terpencil pasca runtuhnya peradaban akibat ledakan supernatural. Selain harus berhati-hati dengan makhluk gaib ganas, medan jalannya yang penuh tantangan alam juga bikin deg-degan.

Uniknya di sini kita bisa berinteraksi dengan pemain lain dalam menghadapi tantangan ini. Jadi bisa bangun struktur bersama atau berbagi barang untuk saling bantu satu sama lain. Sensasi petualangannya benar-benar unik dan beda dari game lain.

Baca Juga: 20 Game PS4 Multiplayer Terbaik, Bisa Buat Mabar Bareng Teman!

10. Divinity Original Sin 2

Kalau kamu penggemar game RPG lama ala Baldur’s Gate atau Icewind Dale, wajib banget coba game petualangan PC yang satu ini yaitu Divinity Original Sin 2. Petualangan fantasi top-down klasiknya benar-benar bikin kita tersedot sangat dalam sampai lupa waktu.

Kelebihan utamanya tentu saja terletak pada alur cerita yang sangat variatif mengikuti pilihan kita. Bisa berakhir bahagia, sedih bahkan tragis tergantung dialog yang kita ambil. Inilah yang bikin penasaran dan betah berlama-lama hanyut dalam dunia Divinity Original Sin 2.

Detail lingkungan peta yang indah beserta sound effect yang merdu bak musik pengantar petualangan. Ditambah mekanisme pertarungan turn-based yang menantang sekaligus memanjakan mata. Pokoknya ini adalah game RPG yang sayang banget kalo gak dimainin.

Baca Juga: 30 Game Zombie PC Terbaik Online dan Offline, Seru dan Wajib Dicoba!

11. Enderal Forgotten Stories

Bosen sama dunia fantasi Skyrim yang itu-itu aja? Coba deh kamu coba mainkan game petualangan PC berjudul Enderal Forgotten Stories ini yang bakal membawamu berpetualang di dunia ala novel fantasi. Petualangan di sini sarat akan misteri dan penuh kejutan selama game berlangsung.

Misalnya saja latar Jespar sang pembunuh bayaran yang berusaha menebus dosa lewat petualangan mencari kebenaran. Kisah yang dihadirkan Enderal benar-benar matang dan ciamik banget ala novel fantasi.

Detail kota, soundtrack dan dubbing NPC juga jauh lebih bagus ketimbang Vanilla Skyrim. Pokoknya wajib banget dicoba nih kalau mau merasakan RPG dengan fokus jalan cerita terbaik yang pernah ada.

12. Uncharted: Legacy of Thieves Collection

Siapa sih yang gak doyan petualangan eksotis ala pencari harta karun kaya film Indiana Jones? Nah itu bisa Sobat rasakan dengan main game petualangan PC yaitu Uncharted Legacy of Thieves Collection. Dipadukan dengan grafis kinclong ala blockbuster Hollywood, makin seru aja petualangannya.

Mulai dari menjelajah pulau tak berpenghuni, kuil peninggalan peradaban kuno, sampai kapal bajak laut yang sudah lama tenggelam. Semua bawa sensasi menegangkan dan bikin penasaran untuk terus maju demi menemukan harta karun impian.

Walaupun fokus ke cerita single-player, tapi Uncharted juga menghadirkan mode multiplayer yang seru kok. Di Uncharted: Legacy of Thieves Collection kamu akan mendapatkan dua game yaitu Uncharted 4: A Thief’s End dan Uncharted: The Lost Legacy, dua game yang menghadirkan petualangan karakter ikonik mereka yaitu Nathan Drake.

13. Mass Effect Legendary Edition

Masih haus petualangan antar planet mirip dengan film Guardian of Galaxy? direkomendasikan untuk coba game PC petualangan yaitu Mass Effect Legendary Edition, bundle 3 seri dengan grafis dan gameplay super mumpuni. Kita jadi komandan Shepard yang bergabung organisasi N7 melawan ancaman alien ganas.

Detail cerita, budaya khas para alien dan konflik politik antar ras di luar angkasa bener-bener kaya dan mendalam. Belum lagi banyak pilihan cerita menarik tergantung dialog yang kita ambil selama misi.

Ditambah DLC-nya benar-benar worth it dengan tambahan cerita dan misi yang ciamik abis. Jadi gak bakal cepet bosen deh main leluasa ini, apalagi New Game+ nya bikin tambah ngulang berkali-kali! harus coba banget sih Mass Effect buat koleksi game kalian!

14. Kingdoms of Amalur: Re-Reckoning

Game petualangan PC RPG open world satu ini cukup underrated dan gak banyak yang tahu karena kalah pamor dengan Skyrim atau game The Witcher. Padahal keren banget lho petualangannya, setara dengan game RPG besar kayak Dragon Age atau Fable. Nah makanya wajib banget dimainin Kingdoms of Amalur versi Re-Reckoning ini.

Dipimpin artis komik ternama Todd McFarlane, Amalur bener-bener detail baik dari segi desain karakter, senjata, sampai armor. Belum lore sejarah dan mitologi Amalur yang cukup fantastis, bener-bener bikin kita pengen eksplor lebih jauh tentang dunia Amalur ini.

Ditambah lagi gameplay RPG-nya enak dan lancar, skill pohon talent yang variatif dipadukan senjata yang unik dan keren. Kalau kamu mencari game petualangan yang sekiranya ringan dan seru kamu cobain saja game Kingdoms of Amalur ini.

15. Middle-earth Series

The Lord of Rings jelas punya tempat istimewa di hati penggemarnya. Makanya series game petualangan di PC berlatar dunia Tolkien satu ini wajib banget dimainin buat kalian fans berat TLOTR. Petualangannya menjadi karakter ikonik kayak Gollum atau bertempur sebagai ranger dan dwarf beneran memuaskan.

Suasana Middle Earth langsung terasa hidup begitu kita eksplorasi hutan Lothlorien, menaklukan Gunung Doom hingga bertarung melawan balrog dan orc ganas. Sensasi petualangan fantasi yang ditawarkan benar-benar otentik dan bikin ketagihan, ya mirip dengan detail di dunia film trilogi TLOTR.

Sayang banget kalau dilewatkan kesempatan emas buat berpetualang di dunia fantasi paling epik sedunia ini. Jadi tunggu apalagi, segera unduh dan nikmatilah petualangan Middle Earth seri Shadow of Mordor/War di PC kalian.

16. Sekiro: Shadows Die Twice

Game ini sebenarnya sudah cukup tua rilisnya, yaitu 2019 lalu, namun sampai sekarang game ini masih populer terutama bagi gamers yang suka dengan mekanisme pertarungan yang kompleks. Sensasi bertarungnya dengan gaya khas masih segar dan fantastis, berbeda dengan game-game lain, Sekiro ini punya gaya bertarung yang khas dan unik lho.

Dipadu tema Jepang feudal yang artistik, Sekiro benar-benar membawa sensasi tantangan baru yang berbeda, mungkin yang agak mendekati game eksklusif PS yaitu Ghost of Tsushima yang sama-sama mengangkat tema Jepang dan Samurai . Musik dan dubbing Jepang-nya sukses bikin kita makin hanyut dalam arus permainan ini.

Dengan sistem pertarungan yang lebih fokus dan cepat, Sekiro bisa bikin deg-degan sendiri saat bertatap muka dengan lawan. Belum lagi boss fight dengan desain memukau, boss di sini pun juga susah untuk dikalahkan, benar-benar menantang sekali kalau main game Sekiro ini.

17. Metal Gear Solid V: Phantom Pain

Hit besar terakhir Hideo Kojima sebelum hengkang dari Konami ini jelas wajib masuk daftar rekomendasi game petualangan PC terbaik. Soalnya Metal Gear Solid V: Phantom Pain benar-benar paling bagus dan punya banyak fitur menarik buat eksplorasi.

Dibekali mekanik stealth canggih ala ninja dan agen mata-mata, kita bebas menyusup ke basis musuh dan menjalankan misi dengan sangat variatif. Mulai dari sniper jarak jauh, sabotase peralatan atau serangan brutal secara terang-terangan.

Suasana game yang misterius dan penuh konspirasi dengan alur cerita menegangkan bak film aksi Holywood. Ditambah kebebasan melakukan apa saja di dunia terbuka, makin membuat kita betah berlama-lama main Phantom Pain ini.

18. Batman Arkham Series

Siapa sih yang gak doyan mainin game petualangan PC dengan tema superhero? Apalagi Batman yang emang punya lore dan rogues gallery paling keren sedunia komik. Makanya series Batman Arkham ini mah wajib banget buat dimainin para gamers sekalian.

Dibekali grafis mumpuni seri terbaru, kita bakal terjun ke Gotham City yang suram dan dipenuhi penjahat psikopat kelas kakap kayak Joker, Scarecrow dan Mr Freeze. Gameplay bertarung dan predatornya sudah dijamin puas dan mulus banget rasanya saat bermain game ini.

Meluncur bebas menggunakan grapling hook atau menghajar penjahat dari kegelapan sensasinya nggak kalah seru kayak nonton filmnya langsung. Apalagi kamu bisa menjelajah dan menyelesaikan misi untuk mengalahkan para penjahat dan menyelamatkan penduduk Gotham City.

19. A Plague Tale: Innocence

Petualangan unik yang dipadu nuansa horor abad pertengahan sudah dibungkus dalam game petualangan PC berjudul A Plague Tale: Innocence. Kita mengikuti kisah Amicia dan adik laki-lakinya yang berusaha tetap hidup di tengah wabah pes hingga inkuisisi yang merajalela selama masa abad pertengahan di Eropa yang terkenal gelap dan kejam.

Di sini, kamu akan berpetualang menyusuri kota, desa, dan hutan yang banyak sekali bahaya mengintai. Kamu juga tidak bisa berbuat banyak dan mengandalkan keahlian untuk menyusup atau kabur dari kejaran musuh.

Suasananya sungguh kelam dan tegang saat harus menghindari ratusan tikus ganas atau prajurit bersenjata. Didukung cerita yang emosional dan menyentuh hati, jelas wajib dicoba bagi penggemar game story yang sungguh dramatis, ada juga kelanjutannya di sekuel A Plague Tale: Requiem.

20. Valheim

Game petualangan PC terbaik yang terakhir di dalam daftar kali ini yaitu adalah Valheim. Kamu mungkin masih haus petualangan fantasi tapi ingin nuansa plus tantangan baru? Valheim bakal bawa keseruan tersendiri sebagai seorang Viking yang bertarung melawan monster mitologi Nordik.

Valheim pernah menjadi salah satu game yang populer dan mendapatkan banyak pemain setelah perilisan perdana. Tentu saja, itu karena game ini menawarkan konsep dan fitur-fitur yang menarik bagi gamers untuk menikmati petualangan ala bangsa Viking.

Dipadu mekanisme survival dan crafting yang serupa dengan Minecraft, Valheim benar-benar membuat ketagihan untuk terus eksplor dungeon dan bos yang makin mengerikan. Apalagi coop hingga 10 orang, rame banget dah tawuran sama raksasa dan makhluk aneh!

Nah, itu dia tadi 20 rekomendasi game petualangan terbaik di PC yang sayang banget kalo ketinggalan. Adakah yang tertinggal menurut Sobat? Atau justru ada saran lain?

Silahkan bagikan pendapat kalian di kolom komentar ya biar makin lengkap. Oke sekian dulu artikel kita, semoga bermanfaat dan menambah informai, sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar