20 Game Survival PC Terbaik, Kamu Harus Cobain!

Game survival adalah salah satu genre game yang sangat populer di PC, banyak sekali gamers yang tertarik untuk memainkan game survival karena memberikan sensasi dan pengalaman bertahan hidup. Genre ini benar-benar seru dan menegangkan karena menantang pemain untuk bertahan hidup dari berbagai bahaya dan kesulitan misalnya terjebak di hutan, terdampar di pulau, kiamat zombie, bahkan terperangkap di alam lain.

Ada banyak pilihan game survival PC dengan beragam tema yang bisa menjadi pilihan, semuanya bagus dan memiliki keunikan tersendiri, harus dicoba sebelum memberikan penilaian. Nah, maka dar itu di artikel ini, bakal membahas tentang 20 game survival terbaik buat dimainin di PC kesayangan kamu, agar kamu tak bingung lagi dan punya referensi kalau mau bermain game survival. Langsung saja, Yuk simak sampai habis!

1. Rust

Rust adalah salah satu game survival PC yang paling top untuk saat ini. Kamu bakal bertarung buat bertahan hidup di dunia yang kejam penuh bahaya ini. Buat survive, kamu mesti bangun basis, berburu binatang, tanam tanaman, dan lawan pemain lain yang bakal ngincer apapun darimu.

Apa yang bikin Rust seru dan bagus adalah interaksinya pemain lain bisa sangat tak terduga. Kadang bisa berteman dan bekerja sama, tapi tak jarang juga bakal dipaksa bertempur mempertahankan nyawa. Ditambah lagi server Rust biasanya penuh pemain jadi sensasi bahayanya lebih terasa.

Dunia open world Rust juga gede banget di mana ada banyak biome unik termasuk padang pasir, salju, dan hutan lebat. Pemain bisa menjelajahinya sambil mencari bahan untuk kerajinan senjata, alat bertahan hidup lainnya. Intinya, Rust bakal bikin kamu sebagai pemain untuk super fokus buat terus bertahan hidup.

Baca Juga: 20 Game Perang Dunia 2 Terbaik, Sensasi Perangnya Terasa!

2. DayZ

Sebagai game survival PC yang berawal dari mod, DayZ udah jadi legenda terutama di genre game survival zombie. Di game ini pemain akan berjuang bertahan hidup di tengah lautan zombie ganas yang siap menyantap daging pemain kapan aja! Sensasi horornya sangat kental terutama saat kamu memasuki kota-kota besar yang dipenuhi zombie. Di sini harus pintar-pintar mengendap-endap, sembunyi, dan kabur saat terdesak. Sebisa mungkin jangan sampai terkepung zombie!

Selain zombie, bahaya datang pula dari pemain lain yang kemungkinan besar bakal berebut sumber daya yang langka. Dan juga kamu harus terus pantau kondisi tubuh dan kesehatan karakter supaya nggak mati kelaparan, dehidrasi, atau sakit. Pokoknya tantangannya banyak banget!

Keseruan DayZ juga ada di eksplorasi peta open world sebesar negara yang nggak cuma dipenuhi zombie tapi juga pemandangan indah. Tujuan game-nya hanya satu yaitu bertahan hidup selama mungkin dan nggak mati. Recommended banget buat pecinta zombie apocalypse!

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

3. The Long Dark

The Long Dark merupakan salah satu game PC survival yang bakal bawa pengalaman bertahan hidup yang seru dan menegangkan di alam liar Kanada setelah terjadi bencana global. Suasananya sangat dingin, sunyi, dan mencekam apalagi saat badai salju tiba.

Di game ini kita harus menjelajahi area open world yang luas banget sambil berburu satwa liar seperti serigala, beruang, dan rusa untuk mendapatkan daging dan kulit. Selain itu kita bisa mancing, mencari kayu bakar, dan mengumpulkan barang-barang lain buat bertahan hidup di tengah dinginnya iklim.

Ada banyak fitur realistis yang bikin The Long Dark seru untuk dimainin. Misalnya kita butuh tidur dan jaga suhu tubuh tetap hangat di sebelah api unggun atau di dalam gua. Kita juga bisa masak supaya makanan awet dan bergizi. Belum lagi crafting system di game ini cukup kompleks. Pengalaman bertahan hidupnya sangat menegangkan dan bikin ketagihan. Apalagi saat badai salju datang dan visibility-nya jelek banget. Pokoknya wajib dicoba nih kalau suka tantangan ekstrem!

Baca Juga: Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2023

4. Don’t Starve

Don’t Starve adalah salah satu game indie survival paling populer dengan gaya 2D yang unik dan penuh imajinasi. Pemain akan ditempatkan di dunia asing penuh monster aneh dan makhluk ajaib yang akan membuat kita kelimpungan dalam bertahan hidup.

Yang bikin seru di sini adalah dunianya acak tiap kali main sehingga pengalamannya selalu beda dan penuh kejutan. Kita nggak akan pernah tahu apa yang menanti dibalik hutan atau gua liar ini. Apakah monster ganas atau justru mahluk imut nan lucu?

Di awal permainan kita cuma punya akses terbatas ke berbagai aktivitas bertahan hidup seperti farming, foraging, dan crafting. Namun seiring waktu berjalan kita bisa mengumpulkan sumber daya dan blueprint untuk mengakses lebih banyak lagi item serta bangunan. Selain seru, tantangan bertahan hidupnya cukup sulit. Jadi, selamat berpetualang dan semoga berhasil bertahan hidup setidaknya beberapa hari karena banyak monster ganas di luar sana!

Baca Juga: 25 Game Nomor 1 di Dunia Terbaik dan Terpopuler 2023

5. This War of Mine

Nah kalau game survival PC yang satu ini yaitu This War of Mine, bakal kasih kita pengalaman bertahan hidup yang nggak biasa yaitu dari perspektif penduduk sipil yang terjebak konflik militer skala besar di kotanya. Jadi kita bisa berasa gimana rasanya berada di posisi warga negara yang tak berdaya dan tergusur perang saudara atau invasi.

Dalam kondisi perang dan pengepungan musuh, kita bakal disuguhi pilihan-pilihan moral nan sulit yang mesti diambil demi bertahan hidup. Misalnya mencuri dari tetangga, menolak menampung pengungsi karena makanan tak cukup, atau tetap merawat sosok yang terluka meski pasokan medis langka.

Ceritanya yang emosional diperkuat gameplay penuh dilema di mana persediaan super minim sementara ada mulut yang perlu diberi makan setiap hari. Kadang kita terpaksa tidur dengan perut lapar atau menggigil kedinginan karena memang saking sulitnya. Jadi kalau mau merasakan permainan yang bisa bikin kita berempati dan berpikir ulang soal kemanusiaan, This War of Mine sangat saya rekomendasikan.

Baca Juga: 15 Game PS2 Grafik Terbaik yang Wajib Dicoba!

6. Subnautica

Subnautica adalah salah satu game survival petualangan bawah laut terbaik yang pernah ada. Bayangin aja, kita bakal terdampar sendirian di planet alien yang dipenuhi lautan luas dengan berbagai makhluk laut yang memukau sekaligus mencekam.

Untuk bertahan, pemain diharuskan untuk menjelajah terumbu karang nan indah sekaligus berbahaya ini sambil mengumpulkan bahan mentah dan sumber daya. Kita juga bisa membangun habitat bawah laut kita sendiri yang bisa ditingkatkan pelan-pelan. Yang bikin penasaran adalah cerita misteri di balik planet bernama 4546B ini. Secara perlahan kita bakal mengungkap rahasia bangsa alien canggih yang tinggal di sini sebelumnya. Tak ketinggalan eksplorasi reruntuhan, pesawat, dan fasilitas mereka yang tersebar di lautan.

Pengalaman main Subnautica bener-bener memorable karena selain tantangannya berat, desain artistik alien dunianya juga memukau dari karang warna-warni hingga monster laut seram raksasa yang bisa saja menelan kita hidup-hidup.

Baca Juga: 30 Game Zombie PC Terbaik Online dan Offline, Seru dan Wajib Dicoba!

7. The Forest

Kalau mau pengalaman horor survival paling ekstrim, cobalah main The Forest. Di game ini kita terdampar di sebuah pulau misterius penuh makhluk aneh dan kanibal buas pemakan manusia. Untuk bertahan hidup, kita harus membangun pondok sederhana, jebakan perangkap, dan senjata seadanya demi mempertahankan diri.

Ketika malam tiba, saat inilah yang paling menegangkan dan membuat jantung rasanya mau copot. Saat itulah para penghuni pulau ini muncul dan berkeliaran mencari mangsa. Mereka juga aktif menyerang dan mengacaukan basis pemain secara berkala. Rasanya benar-benar terisolasi dan terancam bahaya di mana-mana.

Fitur menarik lainnya adalah kemampuan eksplorasi open world beserta goa-goa bawah tanah penuh harta karun dan misteri. Ada pula cerita karakter dan suku asli di sini yang sedikit demi sedikit terkuak saat kita makin dalam membongkar rahasia pulau. Jadi kalau ingin pengalaman bertahan hidup yang bener-bener menegangkan dengan nuansa horor, The Forest sangat disarankan buat dimainkan, apalagi sekarang ada sekuelnya yaitu Sons of The Forest yang juga tidak kalah menarik lho.

Baca Juga: 25 Game Petualangan PC Offline Terbaik Sepanjang Masa

8. State of Decay 2

State of Decay 2 merupakan salah satu game survival PC terbaik yang bakal kasih kita pengalaman bertahan hidup paling lengkap di antara game zombie lainnya karena fokus utamanya membangun komunitas di tengah wabah. Kita mesti merekrut survivor baru, bangun pos pertahanan, cari perlengkapan, hingga bertempur melawan zombie.

Di sini setiap karakter punya sifat dan kemampuan berbeda-beda. Jadi kita mesti hati-hati memilih survivor mana yang bisa berguna dan mana yang harus ditinggalkan. Mereka juga bisa mati permanen lho jadi kalau ceroboh sayang sekali, makanya hati-hati.

Cara mainnya bener-bener bebas, pemain bisa gunakan mobil zombie-proof keren buat ngebut nabrak zombie atau bergaya ala ninja pakai crossbow biar nggak bikin ribut. Bisa juga fokus misi cerita utama, side quest, sampai hal receh seperti masak-memasak dan ngulek obat herbal. Berkat setting open world-nya yang luas plus banyaknya konten, State of Decay 2 memberi tantangan bertahan hidup paling memuaskan di antara game zombie lainnya.

Baca Juga: 15 Game Horror PC Offline Terbaik, Seram dan Menegangkan!

9. SCUM

SCUM adalah salah satu game survival PC paling realistis dan menantang untuk saat ini berkat fitur simulasi tubuh manusia yang super detail. Selain kelaparan, haus, cuaca buruk, dan ancaman lingkungan, kita juga harus pantau selalu kondisi tubuh. Mulai dari kadar vitamin, nutrisi, hidrasi, hormon, penyakit, psikologis, ketahanan otot dan tulang, metabolisme, denyut nadi, suhu tubuh, berat badan, dan masih banyak lagi hal yang mempengaruhi daya tahan pemain. Gameplay-nya jadi super rumit tapi otentik dan realistis mirip dengan situasi bertahan hidup asli.

Ciri khas lain SCUM adalah settingnya yang kontemporer di pulau penuh tahanan berbahaya yang saling bunuh demi hadiah dan kebebasan. Sensasi bahaya mengintai di mana-mana terasa sangat kental apalagi saat berpapasan dengan napi super agresif.

Secara keseluruhan, SCUM adalah game survival PC paling detail saat ini dalam mensimulasikan bertahan hidup manusia. Sangat recommended buat gamers yang menginginkan tantangan realistis dan penuh dengan tekanan.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

10. Raft

Game survival PC dengan konsep unik, Raft membawa kita mengarungi laut terbuka di atas jaring dan puing-puing. Tujuannya adalah terus bertahan hidup ditengah ketiadaan sumber daya sambil berlayar mengikuti arus dan angin untuk menemukan pulau atau benda apapun yang bisa di-dipungut.

Petualangan di laut lepas penuh badai ganas dan binatang buas ini seru banget. Setiap pulau prosedural yang kita singgahi bakal kasih kejutan isi dan bahayanya. Bisa jadi surga penuh makanan atau sarang kanibal buas misalnya. Kita juga bisa temukan para penjarah yang langsung menyerbu rakit dan mencuri perbekalan. Belum lagi monster mitologi macam siren, hydra, atau kraken yang sewaktu-waktu muncul ingin mengganggu kita.

Fitur unik lainnya adalah creative mode di mana kita bisa bebas berkreasi membangun rakit impian dari ratusan item dan blok tanpa takut kelaparan atau diserang monster. Sangat worth-it banget deh buat yang suka tantangan di lautan lepas.

Baca Juga: 15 Game Offline PC Gratis Terbaik, Sayang Kalau Dilewatkan!

11. Project Zomboid

Salah satu game survival zombie paling mengesankan saat ini adalah Project Zomboid. Dari tampilan memang burik karena 2D tapi dilihat juga gameplay-nya yang super mendalam dan detail, game ini benar-benar selangkah lebih maju dari game lain.

Beda dari game lain, fokus game ini lebih ke pertahanan basis dan mental pemain agar tak terinfeksi saat keluar mencari perbekalan. Karena cukup satu gigitan atau cipratan darah zombie bisa berakibat fatal dalam waktu lama. Jadi sensasi was-wasnya tinggi banget, harus bermain hati-hati di sini.

Selain gerombolan zombie buas, tantangan lain datang dari kebutuhan bertahan hidup realistis seperti makan bergizi, tetap hangat, dan pengelolaan depresi atau stres. Kita juga bisa belajar keterampilan praktis seperti menyetir, masak, teknik bertarung, hingga pertolongan medis. Benar-benar detil abis ini game. Pengalaman main Project Zomboid bakal terasa sangat memuaskan bagi mereka yang menyukai suasana kiamat zombie yang suram. Ditambah aspek bertahan hidup yang amat mendalam dijamin makin kerasa tertantangnya.

12. Green Hell

Ingin merasakan tantangan bertahan hidup di tengah hutan hujan Amazon? Green Hell bakal membawa pemain ke petualangan seru sekaligus menegangkan di alam liar. Di sini kita harus pintar memanfaatkan alam untuk tetap bertahan hidup dengan berburu, mencari tanaman obat, dan membangun shelter.

Tapi awas, sebab di balik keindahan hutan Amazon yang hijau, lebat, dan dipenuhi hewan eksotis, tersimpan banyak bahaya mematikan. Ada ular berbisa, serangga parasit, buaya, hingga suku kanibal pemakan manusia yang siap menghabisi nyawa kita. Sensasi horor dan tegangnya kental banget apalagi kalau harus menerobos gua atau reruntuhan kuno peninggalan peradaban misterius. Siapa tahu kamu bakalan nemu harta karun bagus atau justru monster mengerikan di dalamnya!

Selain tantangan bertahan hidup, ada pula jalan cerita seru berupa misi mengungkap kebenaran di balik fenomena aneh yang sedang melanda hutan. Pokoknya penasaran dah sampai tamat nih gamenya.

13. Darkwood

Kalau mau coba pengalaman unik bertahan hidup di hutan angker dipenuhi makhluk mitos Polandia, Darkwood adalah pilihan tepat untuk game survival PC kali ini. Suasananya yang gelap, horor, dipenuhi misteri nan mencekam langsung bikin bulu kuduk merinding.

Beda dari game survival biasanya, di Darkwood kita hanya bisa menjelajah dan bertualang di siang hari. Begitu malam tiba, kita harus segera bersembunyi di pondok dan berlindung dari ancaman makhluk mengerikan yang berkeliaran. Mereka bisa merusak pondok atau membunuh kita jika nekat keluar saat gelap.

Selain bertahan dari monster, tantangan lain datang dari menjaga kewarasan dan kondisi fisik karakter. Stamina, kesehatan mental, luka, insomnia, trauma, halusinasi, dan penyakit harus diatasi agar kita bisa terus bertualang mengungkap misteri di hutan ini. Secara keseluruhan, Darkwood mampu membawa pengalaman bertahan hidup unik yang mengandalkan permainan cahaya dan kegelapan.

14. Empyrion – Galactic Survival

Empyrion – Galactic Survival akan memberi para pemain pengalaman bertahan hidup di angkasa luar super seru. Di game open world ini pemain dapat bebas menjelajah planet alien sekaligus membangun markas dan pesawat luar angkasa sendiri dengan ribuan blok modular.

Kita bisa terbang menuju planet yang berbeda dan mengeksplorasi ratusan dungeon yang penuh dengan alien monster juga teknologi yang canggih banget. Semua bisa kita gunakan untuk kemajuan pangkalan sekaligus bertahan dari ancaman makhluk angkasa.

Uniknya lagi kita bahkan bisa bertempur antar pemain atau NPC lain untuk memperebutkan wilayah dengan pesawat luar angkasa buatan sendiri. Medan perang di luar angkasa ini seru banget apalagi saat saling kejar dengan kapal luar angkasa kita, mirip dengan film Star Wars. Secara keseluruhan, Empyrion – Galactic Survival memberi deretan aktivitas bertahan hidup dan eksplorasi luar angkasa terbaik di kelasnya.

15. Ark: Survival Evolved

Ark: Survival Evolved merupakan salah satu game PC survival terbaik yang dapat memberikan sensasi bertahan hidup di pulau prasejarah dipenuhi dinosaurus ganas serta menakjubkan. Kita bisa rajin berburu, menjinakkan, dan memelihara puluhan spesies dinosaurus untuk membantu bertahan hidup.

Bahkan, pemain bisa gunakan para reptil buas ini untuk menyerang basis musuh atau menjelajahi dunia yang dipenuhi goa terowongan misterius peninggalan ras alien canggih penghuni asli Ark ini. Ada banyak teknologi aneh dan futuristik buat dieksplorasi di dunia Ark ini lho. Secara berkala, Ada pula event boss fight seru melawan gorilla raksasa yang bisa muncul di penjuru pulau. Untungnya kita bisa ajak teman lain buat gotong royong basmi monster ganas ini dan dapat imbalan epic loot.

Pokoknya pengalaman bertahan hidup di Ark benar-benar luar biasa serunya. Apalagi kalau sudah bereksplorasi ke server lain dengan ratusan pemain yang siap bersaing dan bertempur hebat. Wajib banget dicoba nih.

16. 7 Days to Die

7 Days to Die mengusung konsep bertahan hidup open world pasca kiamat zombie paling seru. Selain harus bertahan dari zombie yang berskala kecil, di game ini ada siklus pemunculan gerombolan zombie super besar tiap 7 hari. Jadi kita dituntut terus memperkuat benteng pertahanan agar tak hancur digilas.

Yang bikin greget adalah kita bisa membangun, memodifikasi, dan mendekorasi basis impian sesuka hati layaknya Minecraft. Ribuan blok bangunan ada untuk dieksplorasi. Kita juga bebas mengendarai kendaraan keren macam motor trail hingga mini gunship asal bahan bakarnya cukup.

Jam terbang bermain bisa sangat panjang karena ada banyak sekali konten mulai dari mengeksplorasi gedung pencakar langit, pertambangan, quest, hingga mengungkap cerita dan konspirasi di balik wabah zombie. Dijamin gak bakal nganggur deh main ini. Jadi kalau ingin pengalaman zombie survival sandboxy, 7 Days to Die masuk ke dalam rekomendasi wajib. Apalagi kalau punya teman buat coop, rasanya makin seru dan semangat bertahan hidupnya.

17. Miscreated

Miscreated merupakan salah satu game survival PC petualangan di dunia open world pasca kiamat dipenuhi mutant buas dan survivor yang saling bunuh. Konsep dasar gameplay-nya mirip DayZ tapi lebih fokus ke unsur base building dan PvP antar pemainnya.

Sensasi bahaya mengintai di setiap sudut benar-benar terasa di sini. Kita bisa saja dijarah bandit atau dimakan mutant menjijikan kapan saja jika lengah. Makanya penting banget mencari senjata api buat perlindungan diri. Yang bikin keseruan makin bertambah adalah bisa menggrebek basis player lain dan merampok isinya. Tapi ingat konsekuensinya juga besar kalau base kita kebobolan sebaliknya. Pokoknya waspada dan jangan terlalu mempercayai siapapun!

Miscreated sungguh mampu merealisasikan survival of the fittest di dunia online. Sangat disarankan untuk mereka yang menyukai PvP dan raiding base lawan. Persiapkan senjata dan teman satu tim ya!

18. Valheim

Selanjutnya ada Valheim, game survival sandbox ini sukses besar berkat paduan gameplay seru, mitologi Nordik kental, hingga seting atau latarnya di dunia yang luas dan artistik. Pemain akan memerankan Einherjar, pahlawan pilihan Dewa Odin yang ditugaskan di medan pertempuran mitos bernama Valheim.

Aktivitas utama di game Valheim ini adalah eksplorasi, berburu binatang, menebang pohon, hingga mendirikan basis pertahanan demi bertahan dari makhluk mitologi berbahay dan perubahan musim ekstrem di Valheim. Suasana petualangan ala Viking kental terasa apalagi saat berlayar mengarungi laut luas dengan kapal buatan sendiri.

Asyiknya lagi pemain bisa explore dungeon unik penuh tantangan dan boss fight melawan makhluk legendaris Nordik seperti Elder, Bonemass, Moder, dan banyak lagi. Hadiah berupa senjata dan armor dewa menanti para petualang yang berhasil tumpas mereka. Valheim benar-benar mampu membawa rasa penasaran dan ketagihan terus bereksplorasi dan menaklukan dunia mitos peninggalan leluhur Vikings ini.

19. Conan Exiles

Bagi penggemar berat karya Conan the Barbarian khususnya buku dan film-nya, Conan Exiles wajib banget untuk dicoba. Game survival PC ini mengambil latar suasana yang kasar dan kejam ala dunia Conan di mana pemain bebas bereksplorasi dan bertahan hidup. Kita bisa bangun markas pertahanan, merekrut NPC pengikut, menjinakkan monster buas, hingga bertempur melawan pemain lain dan makhluk mitos seperti dewa ular Set. Crafting, membangun bangunan, dan survival aspeknya sangat mendalam dan memuaskan di sini.

Di sini pun juga bisa menjelajah dungeon menantang berisi loot melimpah dan boss monster ganas. Setelah bertambah kuat, kita bisa menyerang markas musuh atau bertualang masuk ke dimensi sihir jahat penuh tantangan ekstrem. Pokoknya kalau penggemar berat kisah petualangan Conan yang rakus, kejam, dan penuh darah, Conan Exiles adalah survival game online wajib dimainkan.

20. Medieval Dynasty

Terakhir ada Medieval Dynasty yang bakal bawa sensasi bertahan hidup unik di abad pertengahan Eropa. Kita memerankan satu-satunya keturunan desa terakhir yang hancur karena perang dan wabah. Misi utamanya adalah membangun kembali desa leluhur dari awal hingga berkembang maju makmur kembali.

Sepanjang perjalanan kita akan melakukan aktivitas bertahan hidup standar seperti berkebun, peternakan, berburu, menebang kayu, hingga pertambangan. Semua demi mendapatkan bahan dan uang buat mulai membangun desa impian lengkap dengan sistem jabatan dan politik internalnya.

Yang bikin unik di sini adalah desa yang kita dirikan bisa terus berkembang ke generasi anak dan cucu kita. Jadi kita betul-betul merasakan hasil kerja keras bertahan hidup dan membesarkan desa dari nol itu.

Nah itulah tadi liputan lengkap tentang 20 game survival terbaik di PC dan sangat direkomendasikan banget buat dimainkan. Semuanya seru-seru dengan tantangan dan suasana yang berbeda. Pilih mana yang paling cocok dengan selera berpetualang dan bertahan hidup kamu, pastikan juga laptop atau PC kamu kuat ya untuk menjalankan permainan di atas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan, sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar