20 Game Petualangan PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa

PPSSPP adalah emulator PlayStation Portable yang populer digunakan oleh banyak gamer. Emulator ini memungkinkan kita memainkan game-game klasik PSP di perangkat seperti PC dan ponsel. Salah satu genre game PSP yang paling populer adalah game petualangan.

Game petualangan biasanya menghadirkan cerita dan dunia terbuka yang dapat kita eksplorasi. Banyak game petualangan PSP yang sampai sekarang masih terasa seru untuk dimainkan. Berikut ini adalah 20 rekomendasi game petualangan PPSSPP terbaik sepanjang masa yang wajib dicoba.

1. God of War: Ghost of Sparta

God of War: Ghost of Sparta adalah game petualangan PPSPP aksi yang dikembangkan oleh Ready at Dawn dan SCE Santa Monica Studio. Game ini merupakan lanjutan dari seri God of War yang menceritakan kisah Kratos di masa lalu.

Dalam Ghost of Sparta, pemain akan mengendalikan Kratos dalam perjalanannya menyelidiki asal-usulnya serta berusaha melindungi kota Sparta. Sepanjang permainan, pemain akan menjelajahi berbagai lokasi di Yunani sambil melawan monster dan dewa-dewa Yunani.

Gameplay God of War Ghost of Sparta sangat mirip dengan seri sebelumnya di PS2. Pemain dapat melakukan kombo serangan, menggunakan senjata seperti pedang rantai, dan menggunakan sihir. Kontrol yang responsif membuat setiap pertarungan terasa sangat memuaskan.

Baca Juga: 15 Game Burik 8 Bit Sakit Mata, Nggak Seburuk Itu Kok!

2. Assassin’s Creed: Bloodlines

Assassin’s Creed: Bloodlines adalah game PPSSPP petualangan aksi eksklusif untuk PSP yang dikembangkan Ubisoft Montreal. Game ini merupakan lanjutan dari Assassin’s Creed pertama yang dirilis di konsol.

Pemain akan mengendalikan Altair, seorang assassin pada era Perang Salib. Tugas pemain adalah menjalankan misi rahasia untuk menumpas para Templar yang berbahaya. Sepanjang permainan, kita dapat menjelajahi kota-kota di wilayah Cyprus serta menyelesaikan quest dengan gaya assassin.

Fitur utama Bloodlines adalah sistem pertarungan jarak dekatnya yang mulus dan lincah. Kita dapat melakukan serangan kombo mematikan dengan berbagai jenis senjata seperti pedang, tombak, atau hidden blade. Elemen parkour di kota juga sangat seru untuk dieksplorasi.

Baca Juga: 40 Game Offline Seru Untuk Remaja Terbaik, Tidak Butuh Koneksi Internet!

3. Prince of Persia: Revelations

Selanjutnya, Prince of Persia: Revelations yaitu adalah game platformer petualangan yang dibuat khusus untuk PSP. Game ini dikembangkan oleh Ubisoft Montreal sebagai penghubung antara Sands of Time Trilogy dan ori serial Prince of Persia.

Dalam Revelations, sang Pangeran harus menyelamatkan putri dari penjara yang dipimpin oleh seorang penyihir jahat. Pemain akan melompati platform, menyelesaikan puzzle, dan bertarung melawan prajurit dengan gaya bertarung khas Persia.

Fitur utama Prince of Persia Revelations adalah desain level platformernya yang vertikal dan penuh tantangan. Kita harus pandai memanfaatkan kemampuan melompat dan berayun sang Pangeran untuk melewati rintangan. Sistem pertarungan dengan pedang juga terasa sangat halus di PSP.

Baca Juga: 20 Game One Piece Terbaik Sepanjang Masa, Nakama Harus Coba!

4. Game Petualangan PPSSPP Terbaik: God of War: Chains of Olympus

Chains of Olympus adalah prekuel dari seri God of War yang dirilis khusus untuk platform PSP. Game petualangan PPSSPP dengan unsur utama berupa aksi dan hack and slash ini dibuat oleh Ready at Dawn dan menceritakan kisah Kratos sebelum pertama kali muncul di Olympus.

Dalam Chains of Olympus, Kratos harus berpetualang ke berbagai penjuru dunia bawah tanah dan Olympus untuk menyelamatkan dunia dari kegelapan abadi. Sepanjang perjalanan, kita akan melawan monster-monster dari mitologi Yunani serta menggunakan senjata khas God of War seperti Blades of Chaos.

Walaupun dirilis di PSP, kualitas gambar dan gameplay God of War: Chains of Olympus tidak kalah dengan versi PS2. Controller PSP yang terbatas mampu menghadirkan pengalaman bertarung brutal nan lincah khas serie God of War.

Baca Juga: 15 Game Naruto PPSSPP Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan

5. Metal Gear Solid: Peace Walker

Metal Gear Solid: Peace Walker adalah game stealth aksi petualangan yang dibuat khusus untuk PSP oleh Kojima Productions. Game ini mengambil latar 10 tahun setelah event Metal Gear Solid 3: Snake Eater.

Dalam Peace Walker, pemain mengendalikan Big Boss, mantan komandan pasukan FOX yang kini memimpin sebuah pasukan militer swasta bernama Militaires Sans Frontieres. Tugas kita adalah menghentikan invasi senjata nuklir di Costa Rica sambil mengungkap konspirasi di balik layar.

Sebagai sebuah game Metal Gear Solid, Peace Walker menghadirkan gameplay menyelinap (stealth) yang sudah menjadi ciri khas francise ini. Pemain harus mengendap-endap melewati markas musuh atau melumpuhkan mereka dengan senjata jarak jauh seperti sniper. Game ini juga dilengkapi fitur rekrutmen prajurit dan manajemen basis militer. Sayang sekali jika tidak mencoba game petualangan PPSSPP yang sudah legendaris ini.

Baca Juga: 15 Game Bola PS2 Terbaik yang Harus Kamu Coba, Buat Main Bareng!

6. Monster Hunter Freedom Unite

Berikutnya ada Monster Hunter Freedom Unite, sebuah game RPG aksi petualangan yang dikembangkan oleh Capcom khusus untuk PSP. Game ini merupakan versi perluasan dari Monster Hunter Freedom 2 dengan banyak fitur dan quest baru.

Tujuan pemain dalam Freedom Unite adalah berpetualang menaklukkan monster-monster besar yang ada di dunia dengan senjata dan perlengkapan yang kita miliki. Setelah mengalahkan monster, kita bisa mendapatkan material untuk membuat perlengkapan dan senjata baru.

Sistem pertarungan Monster Hunter sangat unik dan menantang. Setiap monster memiliki pola serang dan kelemahan tersendiri sehingga pemain dituntut untuk sabar dan cermat dalam bertarung. Sensasi adrenalin yang ditawarkan game ini sulit ditandingi game RPG aksi lain di luar sana.

Baca Juga: 20 Game Nomor 1 di Indonesia Terbaik dan Populer 2024

7. Grand Theft Auto: Liberty City Stories

Grand Theft Auto: Liberty City Stories merupakan game aksi petualangan open world yang dirilis secara eksklusif di PSP. Game ini merupakan prekuel dari GTA 3 dan mengambil latar di Liberty City pada tahun 1998.

Pemain akan mengendalikan Toni Cipriani, seorang anggota mafia yang baru kembali ke Liberty City setelah melarikan diri beberapa tahun. Tugas kita adalah membangun kembali karier kriminal Toni di bawah sayap Salvatore Leone sambil mengungkap konspirasi dan pengkhianat dalam organisasi.

Liberty City Stories menawarkan pengalaman berpetualang di dunia terbuka nan detail khas seri GTA. Pemain bebas melakukan misi sampingan, balap mobil, menyerang geng lawan, hingga memancing kerusuhan di jalanan. Kontrol kendaraan dan pertarungan tembak-menembak dalam game ini juga terasa sangat halus di PSP.

Baca Juga: 20 Game Balapan PS2 Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Coba

8. Crisis Core: Final Fantasy VII

Crisis Core: Final Fantasy VII adalah game PPSSPP petualangan RPG yang merupakan prekuel dari Final Fantasy VII. Game ini dikembangkan oleh Square Enix khusus sebagai eksklusif PSP.

Pemain akan berperan sebagai Zack Fair, mentor dari Cloud Strife. Sepanjang game, kita akan menjalani petualangan Zack dan dihadapkan pada konspirasi jahat Shinra serta asal mula Sephiroth. Game ini mengambil latar 7 tahun sebelum event di Final Fantasy VII.

Sistem pertarungan Crisis Core sangat seru dan dinamis. Pemain dapat melakukan serangan standar, menggunakan sihir, menghindari serangan musuh serta menggunakan limit break. Kita juga dapat mengumpulkan materia sebagai sumber kekuatan sihir Zack selama petualangan.

Baca Juga: 25 Game Multiplayer Offline Terbaik, Bisa Mabar Tanpa Internet!

9. Kingdom Hearts: Birth By Sleep

Nah berikutnya ada Kingdom Hearts: Birth By Sleep, game aksi RPG yang dibuat khusus untuk PSP oleh Square Enix. Game ini mengambil latar waktu 10 tahun sebelum event Kingdom Hearts pertama.

Dalam Birth by Sleep, pemain dapat mengendalikan 3 protagonist utama yaitu Terra, Ventus dan Aqua dalam petualangan mereka melawan kegelapan yang mengancam dunia. Kita akan menjelajahi berbagai Disney World serta bertarung melawan Heartless dan boss menggunakan Keyblade.

Sistem pertarungan dalam game ini sangat kaya dan ditambah command style serta shotlock untuk meningkatkan serangan. Kita juga dapat menggabungkan kekuatan 3 protagonist utama dalam petualangan. Disney world dalam BBS terasa sangat hidup berkat grafis PSP yangmemukau.

Baca Juga: 20 Game PS2 Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

10. Daxter

Daxter adalah game petualangan PPSSPP platformer yang dibuat khusus untuk PSP. Game ini berfokus pada karakter Daxter dari serial Jak and Daxter yang terpisah dari Jak di penjara.

Dalam game ini, pemain akan mengendalikan Daxter yang kini bekerja sebagai pemberantas hama di Haven City. Kita harus menjalankan misi membersihkan kota dari jasad renjatan sekaligus mencari jalan untuk membebaskan Jak dari penjara.

Daxter menawarkan desain level platformer 2D yang vertikal dan penuh tantangan ala klasik Crash Bandicoot. Kita harus melompati platform, menghindari jebakan, serta melawan monster dengan berbagai senjata yang ada. Game ini juga dipenuhi humor khas karakter Daxter.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

11. Tekken 6

Tekken 6 adalah game fighting 3D yang dibuat khusus untuk PSP. Game ini merupakan edisi port dari Tekken 6 yang sebelumnya hanya bisa dimainkan di konsol PlayStation 3.

Dalam Tekken 6, pemain dapat mengendalikan lebih dari 40 karakter petarung dengan gaya dan teknik bertarung yang berbeda-beda. Tujuan kita adalah mengalahkan musuh dalam sistem best of 5 rounds dengan pukulan, tendangan dan kombonya masing-masing.

Walaupun grafis dan jumlah stage-nya sedikit berkurang, gameplay dan sistem kontrol dalam Tekken 6 di PSP terasa sangat halus. Kita masih dapat menikmati pertarungan yang sangat responsif dan memuaskan melawan teman maupun CPU.

12. Secret Agent Clank

Secret Agent Clank juga masuk dalam daftar game petualangan di PPSSPP yang dibuat oleh High Impact Games untuk PSP. Sebagai spin-off dari serial Ratchet & Clank, kali ini pemain akan mengontrol Clank yang menjadi mata-mata.

Dalam Secret Agent Clank, persahabatan ikonik Clank dan Ratchet retak akibat kesalahpahaman. Kini Clank harus membuktikan Ratchet tidak bersalah dengan menjalani serangkaian misi rahasia melawan organisasi jahat.

Selain melompati platform vertikal, pemain juga dapat mengendalikan kendaraan unik Clank yang bisa berubah bentuk seperti pesawat jet hingga mobil balap. Senjata unik Clank seperti bowtie boomerang dan cufflink laser menambah serunya aksi platformer 3D ini.

13. Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable

Shin Megami Tensei: Persona 3 Portable adalah versi remake dari Persona 3 yang dirilis khusus di PSP. Persona 3 sendiri awalnya hanya bisa dimainkan di platform PlayStation 2.

Dalam P3P pemain akan menjadi siswa pindahan di Gekkoukan High School. Tugas kita adalah menjelajahi menara misterius di dunia alternatif yang muncul saat Dark Hour demi mengungkap rahasia di balik fenomena supernatural tersebut.

Fitur unik dari Persona 3 Portable adalah sistem fusion persona yang kompleks. Kita dapat merekrut persona dengan kemampuan unik dan menggabungkannya untuk menciptakan persona baru yang lebih kuat. Sistem pertarungan giliran (turn-based) dalam game ini terasa sangat strategis dan menantang.

14. Final Fantasy Tactics: The War of the Lions

Final Fantasy Tactics: The War of the Lions adalah game PPSSPP petualangan dengan tema strategi RPG yang merupakan versi remaster dari Final Fantasy Tactics di PS1. Game ini dibuat eksklusif untuk platform PSP oleh Square Enix.

Dalam The War of the Lions, pemain mengambil peran sebagai Ramza Beoulve yang terlibat dalam konflik perang saudara di kerajaan Ivalice. Kita harus memimpin pasukan ke medan perang, membuat strategi, dan bertarung giliran (turn-based) melawan musuh.

Sistem job class yang kompleks menjadi ciri khas FFT. Setiap unit pasukan dapat berevolusi ke kelas yang berbeda untuk mempelajari skill unik mereka masing-masing demi kemenangan di medan perang.

15. Soul Calibur Broken Destiny

Selanjutnya ada Soul Calibur Broken Destiny, game dengan unsur pertarungan menggunakan berbagai senjata yang dibuat khusus untuk platform PSP. Sebagai game Soul Calibur pertama di PSP, Broken Destiny menawarkan gameplay bertarung yang sangat halus dan lancar.

Dalam game ini pemain dapat memilih dari puluhan karakter petarung dan menggunakan berbagai jenis senjata seperti pedang, cambuk, tombak dll. Tujuan kita adalah menghabiskan health bar lawan dengan serangan dan kombonya masing-masing.

Fitur attractif lain Broken Destiny adalah mode RPG-nya di mana kita dapat meningkatkan kemampuan karakter serta mengcustom senjata dan baju tempur yang mereka kenakan. Soul Calibur PSP ini juga memiliki banyak game mode seperti arcade, time attack, survival dll.

16. Mega Man Powered Up

Mega Man Powered Up adalah game petualangan di PPSSPP platformer 2D yang merupakan remake dari Mega Man pertama yang dirilis untuk NES. Game ini dibuat eksklusif untuk PSP dengan grafis pixel-art yang baru dan gameplay diperbarui.

Dalam Powered Up kita dapat memilih main sebagai Mega Man atau sebagai boss robot yang punya senjata dan style bertarung unik. Selain menyelesaikan level platformer klasik penuh tantangan, pemain juga dapat membuat level sendiri dengan fitur level editor yang lengkap.

Mega Man Powered Up berhasil menghadirkan aksi melompat dan menembak yang sangat halus di PSP. Game ini juga penuh dengan konten dan nilai replay value yang tinggi bagi penggemar Mega Man.

17. Resistance: Retribution

Resistance: Retribution adalah FPS single player yang dibuat oleh SCE Bend Studio khusus untuk platform PlayStation Portable. Game ini merupakan prekuel spin-off dari serial Resistance di PS3.

Retribution mengambil latar di Eropa yang diduduki oleh alien Chimera. Pemain mengendalikan James Grayson yang bertujuan membalaskan dendamnya pada ras Chimera setelah seluruh anggota regunya dibantai makhluk asing tersebut.

Game ini menyajikan pertempuran senjata FPS yang sangat intens di PSP. Sebagai mantan tentara, pemain dapat menggunakan senjata konvensional, alien weapon hingga sihir tempur yang cukup mengimbangi aksi game FPS di konsol besar.

18. Ys Seven

Selanjutya adalah Ys Seven, game petualangan PPSSPP aksi RPG yang dibuat oleh Falcom khusus sebagai eksklusif PlayStation Portable. Ini adalah pertama kalinya seri Ys hadir di platform selain PC.

Dalam Ys Seven, Adol Christin dan Dogi terdampar di kerajaan Altago yang penuh misteri. Mereka pun terlibat dalam konflik internal kerajaan dan berusaha mencari jalan pulang sambil membantu penduduk setempat.

Selain eksplorasi dungeon yang khas serie Ys, pemain juga dapat berpetualang di sekitar Ibu Kota Altago yang hidup dan interaktif. Sistem bertarung hack & slash didukung AI musuh yang cukup cerdik menambah keseruan game ini.

19. Half-Minute Hero

Half-Minute Hero adalah game petualangan di PPSSPP aksi RPG dengan konsep yang unik dan menarik. Pemain hanya memiliki waktu 30 detik dalam setiap misi untuk mengalahkan penjahat dan menyelamatkan dunia. Jika gagal, dunia berakhir tapi kita bisa mencoba lagi.

Konsep terbatas waktu membuat setiap misi yang ada terasa sangat menegangkan dan penuh adrenalin. Kita harus berpacu dengan waktu sembari memanfaatkan item dan skill yang ada demi mencapai akhir level tepat waktu.

Half-Minute Hero menawarkan parodi konsep RPG Jepang klasik yang sangat menyenangkan. Berbagai game mode dengan level yang prosedural membuat replay value game ini sangat tinggi.

20. Brave Story: New Traveler

Terakhir, di dalam daftar game petualangan PPSSPP ini ada game Brave Story: New Traveler, game RPG Jepang yang diadaptasi dari serial novel yang populer. Pemain berperan sebagai Tatsuya, bocah yang tersedot ke dunia fantasi Vision untuk mencari sahabatnya yang menghilang.

Sepanjang perjalanan, kita akan berpetualang ke berbagai dungeon dan desa fantasi menakjubkan sambil memecahkan teka-teki pencarian sahabat Tatsuya yang hilang.

Brave Story: New Traveler menghadirkan gameplay JRPG tradisional yang solid berpadu dengan cerita fantasi yang menarik. Kelas job class yang unik serta beragam karakter yang ikut membantu perjalanan kita memperkaya pengalaman berpetualang di dunia Vision.

Penutup

Nah, Itulah tadi artikel pembahasan beserta daftar 20 rekomendasi game petualangan PPSSPP terbaik dan wajib dimainkan. Dari aksi RPG, platformer, fighting, hingga strategi perang semua hadir dengan kualitas dan kepuasan tersendiri di platform PSP.

Jika kamu penasaran sebaiknya langsung diunduh dan dimainkan saja, agar kamu tahu sendiri bagaimana pengalaman bermainnya. Selamat mencoba ya Sob, semoga harimu selalu menyenangkan ya!

Tinggalkan komentar