20 Game Perang PPSSPP Terbaik yang Harus Kamu Mainkan!

Halo sobat gamers! Udah pada tau kan kalau PPSSPP itu emulator PSP buat Android yang keren banget? Nah, buat kalian yang suka game bertema perang, aku punya rekomendasi 20 game perang PPSSPP terbaik nih! Dijamin bikin jempol kalian pegel saking serunya. Yuk, kita intip satu-satu!

1. Medal of Honor: Heroes 2

Wah, ini nih game perang PPSSPP yang bikin kita berasa jadi tentara beneran di Perang Dunia II! Medal of Honor: Heroes 2 emang nggak main-main dalam hal grafis dan gameplay-nya. Lo bakal dibawa ke tahun 1944, tepat saat invasi Normandy. Seru abis deh pokoknya!

Yang bikin game ini makin seru, lo bisa pilih mau main sebagai tentara Amerika, Inggris, atau Kanada. Masing-masing punya cerita dan misi yang beda-beda. Jadi nggak bakalan bosen deh main game ini. Apalagi musuhnya juga pinter banget, bikin lo harus mikir strategi yang jitu buat menang.

Oh iya, jangan lupa kalau game ini juga punya mode multiplayer lho! Bisa tanding sama temen atau malah gabung bareng buat nyelesein misi. Seru kan? Pokoknya Medal of Honor: Heroes 2 ini wajib banget ada di list game PPSSPP lo!

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

2. SOCOM: U.S. Navy SEALs Fireteam Bravo 3

Nah, kalau lo suka game perang PPSSPP tactical shooter, SOCOM: U.S. Navy SEALs Fireteam Bravo 3 ini wajib banget dicoba! Di sini, lo bakal jadi anggota pasukan elite U.S. Navy SEALs. Keren kan? Tapi jangan salah, tanggung jawabnya juga gede lho!

Yang bikin game ini beda dari yang lain, lo nggak cuma asal tembak-tembakan aja. Lo harus pinter-pinter ngatur strategi dan kerja sama tim. Soalnya, musuh di game ini pinter banget! Mereka bisa sembunyi, flanking, bahkan manggil bala bantuan. Jadi, lo harus selalu waspada dan punya rencana cadangan.

Selain itu, SOCOM: U.S. Navy SEALs Fireteam Bravo 3 juga punya fitur customization senjata yang keren abis. Lo bisa modif senjata sesuai gaya bermain lo. Mau jadi sniper? Bisa. Mau jadi close quarter combat? Juga bisa. Pokoknya, game ini bener-bener bikin lo berasa jadi agen rahasia beneran deh!

Baca Juga: 20 Game Perang Android Terbaik 2024, Online dan Offline!

3. Ace Combat X: Skies of Deception

Bosen main game PPSSPP perang di darat? Yuk, kita terbang ke langit bareng Ace Combat X: Skies of Deception! Game ini bawa lo ke dunia dimana perang udara jadi senjata utama. Keren kan? Lo bakal jadi pilot pesawat tempur yang handal dan harus nyelamatin negara dari serangan musuh.

Yang bikin game ini makin seru, grafisnya itu lho! Buat ukuran game PSP, Ace Combat X: Skies of Deception ini detailnya luar biasa. Awan, pesawat, bahkan efek ledakan, semuanya bikin lo berasa lagi nonton film action. Belum lagi soundtracknya yang epic banget, dijamin bakal bikin adrenalin lo naik!

Oh iya, jangan lupa kalau di game ini lo juga bisa upgrade pesawat lo lho. Mulai dari mesin, senjata, sampai armor, semuanya bisa lo tingkatin. Jadi, makin sering main, pesawat lo bakal makin canggih. Seru kan? Pokoknya, buat yang suka game perang udara, Ace Combat X: Skies of Deception ini wajib banget dicoba!

Baca Juga: 20 Game Perang Dunia 2 Terbaik, Sensasi Perangnya Terasa!

4. Tom Clancy’s Ghost Recon: Predator

Siapa nih yang suka game stealth? Nah, Tom Clancy’s Ghost Recon: Predator ini pas banget buat lo! Di game ini, lo bakal jadi anggota tim Ghost, pasukan khusus yang super rahasia. Misinya? Nyelidikin aktivitas mencurigakan di sebuah pulau terpencil di Samudra Hindia. Kedengerannya udah seru kan?

Yang bikin game ini beda dari game perang lainnya, lo nggak bisa asal tembak-tembakan aja. Justru, lo harus pinter-pinter nyusun strategi dan bergerak diam-diam. Soalnya, sekali ketahuan musuh, bisa-bisa misi lo langsung gagal. Jadi, sabar dan teliti itu kunci utama di game ini.

Nah, yang paling seru dari Tom Clancy’s Ghost Recon: Predator ini adalah fitur tim-nya. Lo bisa ngasih perintah ke anggota tim lo buat ngelakuin berbagai aksi. Mau suruh mereka nembak musuh dari jauh? Bisa. Mau mereka jadi umpan sementara lo nyusup? Juga bisa. Pokoknya, kreativitas lo bakal diuji banget deh di game ini!

Baca Juga: 15 Game Kapal Perang Android Terbaik, Seru dan Banyak Aksinya!

5. Killzone: Liberation

Nah, kalau lo suka game perang di PPSSPP yang aksinya nonstop, Killzone: Liberation ini jawabannya! Game ini adalah sekuel dari Killzone yang terkenal di PS2. Tapi jangan salah, versi PSP ini nggak kalah seru lho!

Yang bikin Killzone: Liberation beda, game ini pake sudut pandang isometric. Jadi, lo bisa liat area pertempuran lebih luas. Ini bikin lo harus lebih pinter lagi nyusun strategi. Soalnya, musuh bisa dateng dari mana aja!

Ceritanya juga seru abis. Lo bakal berperan sebagai Jan Templar, tentara ISA yang harus nyelamatin sandera dari tangan Helghast yang jahat. Nah, yang bikin tambah seru, di setiap level ada misi sampingan yang bisa lo lakuin buat dapetin upgrade senjata. Jadi, selain ngejar misi utama, lo juga punya kerjaan sampingan. Seru kan?

Baca Juga: 20 Game PPSSPP Open World Terbaik yang Bakal Bikin Kamu Ketagihan!

6. Metal Gear Solid: Peace Walker

Siapa sih yang nggak kenal sama seri Metal Gear Solid? Nah, Peace Walker ini adalah salah satu seri terbaik yang ada di PSP. Game ini ngambil setting di tahun 1974, dimana lo bakal berperan sebagai Big Boss alias Snake. Keren kan?

Yang bikin Metal Gear Solid: Peace Walker ini spesial, gameplaynya itu lho! Lo nggak cuma main sebagai agen rahasia, tapi juga harus ngurus markas lo sendiri. Mulai dari rekrut anggota baru, develop senjata, sampe ngirim tim buat misi. Jadi berasa jadi bos beneran deh!

Belum lagi ceritanya yang kompleks dan penuh twist. Khas Metal Gear Solid banget lah! Lo bakal dibawa ke dunia dimana nggak ada yang bener-bener baik atau jahat. Semuanya abu-abu. Ditambah lagi dengan cutscene yang keren dan voice acting yang oke punya, dijamin lo bakal betah banget main game ini!

Baca Juga: 20 Game Petualangan PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa

7. Resistance: Retribution

Buat lo yang suka game perang PPSSPP denan tema sci-fi, Resistance: Retribution ini wajib banget buat dicoba. Game ini ngambil setting di dunia alternatif dimana alien Chimera nyerang bumi. Seru kan? Lo bakal berperan sebagai James Grayson, mantan tentara Inggris yang punya dendam sama Chimera.

Yang bikin Resistance: Retribution ini keren, gameplay-nya itu lho! Ini adalah game third-person shooter yang controlnya enak banget di PSP. Lo bisa gerak bebas, sembunyi di balik cover, bahkan berenang! Jarang-jarang lho ada game PSP yang fiturnya selengkap ini.

Nah, yang bikin tambah seru, senjatanya itu unik-unik banget. Namanya juga lawan alien ya, senjatanya juga harus canggih dong! Ada yang bisa nembak lewat tembok, ada yang bisa nge-freeze musuh, pokoknya kreatif banget deh. Belum lagi boss fight-nya yang epic abis. Pokoknya, Resistance: Retribution ini game yang wajib lo mainin!

Baca Juga: 12 Game Bola PPSSPP Terbaik Untuk Dimainkan, Buat yang Ingin Bernostalgia!

8. Syphon Filter: Logan’s Shadow

Hei, penggemar game spy thriller. Udah pernah coba Syphon Filter: Logan’s Shadow belum? Kalau belum, wah, lo kudu nyobain nih! Game ini bawa lo ke dunia espionage yang penuh intrik dan aksi seru. Lo bakal berperan sebagai Gabe Logan, agen rahasia yang harus ngungkap konspirasi internasional.

Yang bikin Syphon Filter: Logan’s Shadow ini keren, varietasnya itu lho! Satu menit lo lagi tembak-tembakan, menit berikutnya lo udah nyelem di laut dalam, terus tiba-tiba lo harus nyamar jadi orang lain. Pokoknya, nggak ada kata bosen deh main game ini!

Oh iya, jangan lupa sama fitur stealth-nya yang oke punya. Lo bisa milih mau nyelesein misi dengan diam-diam atau guns blazing. Terserah lo deh! Tapi inget, kadang cara diam-diam itu lebih efektif lho. Apalagi musuhnya pinter-pinter, jadi lo harus pinter-pinter juga nyusun strategi. Seru kan?

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

9. Coded Arms

Nah, ini nih game perang PPSSPP yang beda dari yang lain! Coded Arms itu game FPS (First Person Shooter) dengan setting cyberpunk yang keren abis. Lo bakal masuk ke dunia virtual yang penuh bahaya. Misinya? Ngalahin virus jahat yang mau nguasain sistem. Kedengerannya udah seru kan?

Yang bikin Coded Arms ini unik, level-nya itu procedurally generated lho! Artinya, setiap kali lo main, layout map-nya bakal beda-beda. Jadi, lo nggak bisa hafalin jalurnya. Harus selalu siap sama kejutan! Ini bikin game-nya punya replay value yang tinggi banget.

Belum lagi sistem upgrade senjatanya yang keren. Lo bisa nyari dan ngumpulin berbagai jenis senjata, terus di-upgrade biar makin sakti. Ada ribuan kombinasi yang bisa lo coba! Jadi, selain seru nembak-nembakan, lo juga bisa puas bereksperimen dengan senjata lo. Pokoknya, buat yang suka game FPS dengan twist unik, Coded Arms ini wajib banget dicoba!

Baca Juga: 20 Game Perang PS5 Terbaik dan Terpopuler, Penuh Aksi dan Tantangan!

10. Army of Two: The 40th Day

Siap-siap buat aksi co-op yang seru abis! Army of Two: The 40th Day ini bawa lo ke Shanghai yang lagi kacau balau. Lo dan partner lo harus bertahan hidup sambil cari tau siapa dalang di balik semua kekacauan ini. Seru kan?

Yang bikin game ini beda, sistemnya itu lho! Lo harus bener-bener kerja sama sama partner lo. Mulai dari saling backup pas tembak-tembakan, sampe gendong temen yang luka. Pokoknya, tanpa kerja sama yang solid, dijamin lo bakal kalah deh!

Nah, yang paling asik dari Army of Two: The 40th Day ini adalah sistem moral choice-nya. Di sepanjang game, lo bakal dihadapin sama pilihan-pilihan sulit. Mau nolong sandera atau ngejar musuh? Mau ngebunuh or ngampunin lawan? Setiap pilihan lo bakal ngaruh ke jalannya cerita. Jadi, lo bisa main berkali-kali dengan hasil yang beda-beda. Seru kan?

Baca Juga: 20 Game Perang PS3 Terbaik, Seru dan Bikin Ketagihan!

11. Star Wars Battlefront: Renegade Squadron

Wuih, siapa nih yang ngefans sama Star Wars? Star Wars Battlefront: Renegade Squadron ini bakal bikin lo berasa ada di galaxy far, far away! Game ini bawa lo ke pertempuran epik antar faksi di universe Star Wars. Keren kan?

Yang bikin game ini spesial, lo bisa milih mau jadi karakter dari sisi mana. Mau jadi Rebel yang baik hati? Bisa. Atau malah pengen rasanya jadi Stormtrooper? Juga bisa! Bahkan lo bisa main jadi karakter ikonik kayak Han Solo atau Darth Vader. Pokoknya, Star Wars banget deh!

Nah, yang paling seru dari Star Wars Battlefront: Renegade Squadron ini adalah mode multiplayer-nya. Lo bisa tanding sama temen atau malah gabung bareng buat ngelawan AI. Bayangin aja, dogfight di luar angkasa pake X-wing atau TIE fighter. Dijamin bakal bikin lo nggak bisa berhenti main deh!

Baca Juga: 25 Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2024

12. Call of Duty: Roads to Victory

Siapa sih yang nggak kenal sama franchise Call of Duty? Nah, Roads to Victory ini adalah versi PSP-nya yang nggak kalah keren. Game perang PPSSPP ini bawa lo balik ke setting Perang Dunia II yang epik dan menantang.

Yang bikin Call of Duty: Roads to Victory ini asyik, variasi misinya itu lho! Satu waktu lo lagi jadi infanteri yang harus maju ke garis depan, eh tau-tau udah ganti jadi sniper yang harus nembak dari jauh. Belum lagi misi-misi spesial kayak ngebom basis musuh pake pesawat. Pokoknya, nggak ada kata bosen deh!

Oh iya, jangan lupa sama mode multiplayer-nya yang seru abis. Lo bisa tanding sama temen-temen lo dalam berbagai mode permainan. Mau Deathmatch biasa atau Capture the Flag, semuanya ada. Yang pasti, skill tembak-menembak lo bakal diuji banget di sini!

13. Brothers in Arms: D-Day

Nah, kalau lo suka game perang di PPSSPP yang lebih realistis, Brothers in Arms: D-Day bisa kamu coba lho. Game ini bukan cuma soal tembak-tembakan, tapi juga tentang strategi dan kerja sama tim. Keren kan?

Yang bikin Brothers in Arms: D-Day ini beda, lo nggak cuma jadi tentara biasa, tapi juga harus jadi pemimpin squad. Jadi, selain harus jago nembak, lo juga harus pinter-pinter ngatur strategi dan posisi tim lo. Seru banget deh pokoknya!

Belum lagi settingnya yang super detail. Mulai dari seragam tentara, senjata, sampe bangunan-bangunan, semuanya dibuat semirip mungkin sama aslinya. Jadi berasa kayak time travel ke jaman Perang Dunia II beneran deh. Ditambah lagi ceritanya yang emosional, dijamin bikin lo terhanyut dalam suasana perang yang mencekam.

14. Battlefield: Bad Company 2

Fans Battlefield wajib banget nyobain yang satu ini. Battlefield: Bad Company 2 bawa semua keseruan Battlefield ke dalam genggaman lo. Bayangin aja, pertempuran skala besar dengan kendaraan tempur dan environment yang bisa dihancurin, semua ada di PSP lo!

Yang bikin Battlefield: Bad Company 2 ini keren, gameplaynya itu lho! Lo bisa milih mau jadi infantry, pilot helikopter, atau bahkan ngendarain tank. Masing-masing punya peran penting dalam pertempuran. Jadi, lo harus pinter-pinter milih peran yang cocok sama gaya main lo.

Nah, yang paling seru dari game ini adalah fitur destructible environment-nya. Hampir semua bangunan bisa lo ancurin. Jadi, strategi lo bisa berubah-ubah tergantung situasi. Musuh ngumpet di rumah? Ancurin aja rumahnya! Seru kan? Pokoknya, Battlefield: Bad Company 2 ini wajib banget buat lo yang suka game perang yang chaos dan penuh aksi!

15. Infected

Bosen sama game perang PPSSPP yang biasa-biasa saja? Yuk cobain Infected! Game ini bawa konsep unik dimana lo harus bertahan dari serangan zombie. Tapi tunggu dulu, ini bukan zombie biasa lho. Mereka itu manusia yang kena virus aneh dan jadi gila. Seram sekaligus seru!

Yang bikin Infected ini asyik, settingnya itu di New York pas malam Natal. Bayangin aja, kota yang harusnya penuh kegembiraan malah jadi arena pertarungan hidup dan mati. Lo harus bertahan sambil nyari tau asal usul virus ini. Keren kan?

Oh iya, yang paling seru dari Infected ini adalah mode multiplayer-nya. Lo bisa main bareng temen atau malah lawan mereka. Ada mode dimana satu orang jadi zombie dan harus nularin yang lain. Seru abis deh pokoknya! Jadi, buat lo yang suka game bertema zombie apocalypse, Infected ini wajib banget dicoba.

16. SOCOM: U.S. Navy SEALs Tactical Strike

Nah, buat lo yang suka game PPSSPP perang taktis, SOCOM: U.S. Navy SEALs Tactical Strike ini wajib banget dicoba! Beda sama game SOCOM lainnya, di sini lo nggak langsung terjun ke pertempuran. Lo justru jadi otak di balik operasi!

Yang bikin game ini unik, lo harus ngatur strategi dan ngasih perintah ke tim lo. Jadi, lo nggak cuma asal tembak-tembakan aja, tapi harus pinter-pinter mikir dan ngambil keputusan. Seru kan? Bisa berasa jadi komandan beneran nih!

Nah, yang paling asyik dari SOCOM: U.S. Navy SEALs Tactical Strike ini adalah detailnya. Lo bisa ngatur posisi tiap anggota tim, milih senjata yang tepat, bahkan ngatur timing serangan. Pokoknya, buat lo yang suka game yang butuh otak, ini pas banget!

17. Valkyria Chronicles II

Siap-siap buat game RPG strategi yang keren abis! Valkyria Chronicles II ini bawa lo ke dunia fantasi yang lagi dilanda perang. Lo bakal jadi siswa akademi militer yang harus nyelametin negara. Kedengerannya udah seru kan?

Yang bikin Valkyria Chronicles II ini spesial, sistem pertempurannya itu lho! Lo harus pinter-pinter ngatur posisi unit lo di medan perang. Tiap unit punya kelebihan dan kekurangan sendiri. Jadi, strategi yang tepat itu kunci kemenangan!

Belum lagi ceritanya yang keren dan karakter-karakternya yang unik. Lo bakal ketemu banyak temen seperjuangan dengan kepribadian yang beda-beda. Interaksi antar karakter ini bikin game jadi makin seru dan bikin lo makin terhanyut dalam ceritanya. Pokoknya, buat fans RPG strategi, Valkyria Chronicles II ini wajib banget dicoba!

18. Pursuit Force: Extreme Justice

Siap-siap buat aksi kejar-kejaran yang bikin jantung deg-degan! Pursuit Force: Extreme Justice ini bukan game perang PPSSPP yang biasa. Lo bakal jadi anggota unit polisi khusus yang harus ngejar penjahat di jalanan kota.

Yang bikin game ini seru abis, lo bisa lompat dari satu kendaraan ke kendaraan lain pas ngejar penjahat! Bayangin aja, lagi ngebut di jalan tol, tiba-tiba lo lompat ke mobil penjahat. Keren kan? Tapi inget, timing-nya harus pas, kalau nggak bisa-bisa nyungsep di jalan!

Nah, yang bikin Pursuit Force: Extreme Justice makin asyik, variasinya itu lho! Kadang lo ngejar pake mobil, kadang pake motor, bahkan ada misi dimana lo harus ngejar pake speedboat atau helikopter. Pokoknya, adrenalin lo bakal terpacu terus deh main game ini!

19. Armored Core: Silent Line Portable

Buat lo yang suka game perang PPSSPP dengan unsur mecha dan robot, Armored Core: Silent Line Portable ini wajib banget dicoba. Di sini, lo bakal nyetir robot tempur raksasa yang bisa lo customized sesuka hati. Keren kan?

Yang bikin game ini spesial, sistem customization-nya itu lho! Lo bisa milih berbagai jenis senjata, armor, bahkan warna robot lo. Mau bikin robot yang cepet tapi lemah? Bisa. Atau mau yang lambat tapi tahan banting? Juga bisa! Pokoknya, kreativitas lo bakal diuji banget deh.

Belum lagi misi-misinya yang bervariasi. Kadang lo harus hancurin basis musuh, kadang harus lindungin area tertentu. Yang pasti, setiap misi bakal ngasih tantangan baru. Oh iya, jangan lupa sama mode Arena-nya dimana lo bisa tanding lawan AI atau temen. Seru abis deh pokoknya!

20. Tenchu: Shadow Assassins

Dan game perang PPSSPP yang terakhir, kita punya Tenchu: Shadow Assassins. Ini game ninja yang bikin lo berasa jadi assassin beneran. Setting-nya di Jepang jaman dulu, jadi berasa kayak time travel gitu deh!

Yang bikin Tenchu: Shadow Assassins ini keren, gameplay stealth-nya itu lho! Lo harus pinter-pinter nyembunyiin diri dan ngalahin musuh tanpa ketahuan. Ada banyak cara buat ngalahin musuh, mulai dari nusuk dari belakang, racunin makanan, sampe jebak pake perangkap. Kreatif banget kan?

Nah, yang bikin tambah seru, lo juga bisa pake berbagai jenis senjata dan alat ninja. Mulai dari katana, shuriken, sampe grappling hook, semuanya bisa lo pake buat nyelesein misi. Belum lagi ceritanya yang penuh intrik dan pengkhianatan. Pokoknya, Tenchu: Shadow Assassins ini game yang pas banget buat lo yang suka game stealth dengan setting unik!

Kesimpulan

Nah, itu dia 20 game perang PPSSPP terbaik yang wajib lo coba! Gimana? Udah nggak sabar pengen main kan? Yuk, download emulator PPSSPP-nya dan mulai petualangan seru lo! Tapi inget ya, main game boleh aja, tapi jangan lupa sama dunia nyata. Balance itu penting lho!

Oh iya, jangan lupa juga kalau game-game ini sebenernya game lawas. Tapi justru itu yang bikin mereka keren! Lo bisa ngerasain nostalgia era PSP sambil nikmatin gameplay yang tetep seru sampai sekarang. Pokoknya, selamat bermain dan have fun!

Gimana? Ada game favorit lo yang masuk list ini? Atau malah ada yang belum pernah lo denger? Share pengalaman lo main game-game ini di kolom komentar ya! Siapa tau bisa jadi rekomendasi buat gamer lain yang baca artikel ini. Oke, sekian dulu dari gue. Sampai ketemu di artikel selanjutnya!

Tinggalkan komentar