5 Cara Merawat PlayStation Agar Tetap Awet Dan Bagus Performanya

1 min read

Gamenisasi – Produk PlayStation merupakan produk yang berkualitas tinggi dan tentu harganya mahal. Dengan kualitas tersebut maka PlayStation sangat bisa diandalkan untuk memainkan berbagai game-game yang keren dengan jangka waktu yang lama. Akan tetapi bila tidak dirawat dan diperhatikan maka konsol PlayStation bisa saja cepat rusak dan tidak tahan lama.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas mengenai 5 cara merawat PlayStation agar tetap awet dan bagus performanya. Yuk, simak cara-cara berikut dan jangan lupa untuk dipraktekan agar pengalaman bermain di konsol PlayStation tetap baik dan tidak terganggu, berikut ini cara-caranya.


1. Letakan PlayStation di Tempat yang Aman



Selalu simpan PlayStation milikmu di tempat-tempat yang aman. Jangan sampai diletakan di tempat yang tinggi sehingga berpotensi jatuh dan malah membuat PlayStation milikmu rusak. Tempatkan di tempat yang bersuhu dingin atau suhu ruangan, jangan sampai diletakan di tempat yang panas atau sering terkena sinar matahari, disarankan untuk disimpan juga di tempat yang sirkulasi udaranya baik. Letakan juga PlayStation kamu di tempat yang rata seperti di meja.


2. Sesering Mungkin Bersihkan PlayStation



Perangkat PlayStation rentan ditempeli dan dimasuki kotoran dan debu. Sering-seringlah kamu bersihkan perangkat PlayStation ini agar tetap bersih dan rapi. Ketika membersihkan konsol ini kamu juga harus menggunakan alat pembersih berupa kain yang halus dan kering agar perangkat tidak lecet dan tergores. Perhatikan juga celah-celah kecil yang sering dimasuki kotoran atau debu. Jangan jadi gamer pemalas, sebisa mungkin bersihkan PlayStation-mu agar tetap awet kalau perlu buat jadwal pembersihan.


3. Jangan Terlalu Lama Bermain



Memang benar sih kalau main game terkadang bisa lupa waktu. Tapi jangan sampai berlebihan dalam bermain game di konsol, karena konsol pun juga perlu waktu istirahat agar tidak cepat rusak. Beri konsol kamu waktu untuk beristirahat, jangan terus digunakan dalam waktu yang lama. Patokanya kalau sudah bermain selama empat jam, berhentilah dulu dan istirahatkan konsolmu setelah cukup kamu bisa menggunakanya lagi, tapi ingat jangan berlebihan dan lupa waktu ya.

4. Perhatikan Juga Suhu Ruangan


Bermain PlayStation di tempat yang ber-AC merupakan salah satu cara untuk menjaga agar konsol tidak cepat panas. Bila tidak ada AC maka kita juga bisa menggunakan kipas pendingin keluaran dari Sony, jadi aman digunakan karena merupakan barang resmi dari Sony. Hindari menggunakan kipas angin biasa untuk mendinginkan konsol milikmu, karena hal tersebut malah membuat debu masuk di dalam komponen konsol. Sebaiknya apabila konsol mulai terasa panas matikan dulu konsolmu dan beri waktu istirahat paling tidak 30 menit sampai 1 jam, setelah itu bisa digunakan kembali.

5. Jangan Gunakan CD Bajakan


Jangan gunakan CD Bajakan karena berpotensi besar membuat konsolmu rusak dan tidak awet,S selain itu kualitas gambarnya pun jelek. Selalu gunakan CD asli atau game asli yang dikeluarkan secara resmi. Sayang sekali bila kamu sudah merogoh uang banyak untuk membeli konsol tetapi malah menggunakan CD bajakan yang bisa membuat kinerja optik dan komponen konsol terganggu. Kamu bisa memanfaatkan fasilitas unduh game gratis yang disediakan PlayStation setiap bulan. Kalau tidak, ya kamu bisa mengumpulkan uang kemudian membeli CD asli dari game-game favoritmu.

Nah, bagaimana cara-cara yang telah disampaikan di atas?. Sepertinya itu saja artikel kali ini, semoga dapat menambah wawasan sobat sekalian yang mencari cara merawat konsol PlayStation agar tetap awet dan bagus performanya. Jangan lupa dipraktekan ya caranya, oh jangan lupa juga tetap mampir dan stay update di blog ini karena akan banyak informasi menarik yang dihadirkan disini.




Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *