15 Game Bola PS2 Terbaik yang Harus Kamu Coba, Buat Main Bareng!

PS2 adalah konsol game legendaris yang memiliki banyak sekali game sepak bola populer. Mulai dari versi demo sampai versi lengkap, kamu bisa menemukan beragam game bola keren di PS2.

Game-game ini menawarkan pengalaman bermain yang seru baik secara single player maupun multiplayer. Grafisnya juga cukup bagus untuk ukuran konsol lama.

Nah, berikut ini adalah 15 rekomendasi game bola PS2 terbaik yang wajib kamu coba. Yuk, kita simak satu per satu agar kamu nantinya tidak bingung menentukan game bola yang akan kamu mainkan!

1. Winning Eleven 9

Game sepak bola PS2 pertama di daftar yang direkomendasikan adalah Winning Eleven 9. Ini adalah serial Pro Evolution Soccer yang dirilis khusus di Jepang dan kawasan Asia.

Winning Eleven 9 menyajikan gameplay yang luar biasa mulus dan responsif. Pemain bola dapat bergerak gesit menggiring bola dan melakukan trik seperti di lapangan sungguhan.

Mode Master Leaguenya juga sangat memuaskan. Kamu bisa membangun tim impian dengan merekrut pemain hebat dari seluruh dunia. Sensasi bertanding Liga Champions bisa kamu rasakan di game ini!

Baca Juga: 20 Game PS2 Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

2. FIFA 07

Game sepak bola PS2 terbaik berikutnya yaitu FIFA 07, versi FIFA terbaik di PS2 menurut banyak orang. Game ini menampilkan grafis pemain dan stadion yang jauh lebih detail dan hidup dibanding seri sebelumnya.

Fitur barunya seperti tunjangan mingguan, peningkatan kecerdasan buatan lawan, dan pembaharuan pemain transfer musim panas membuat FIFA 07 terasa up to date dengan dunia sepak bola sungguhan.

Dengan sudut pandang baru dari sisi lapangan, kamu seolah-olah berada di dalam stadion, bukan sekadar memainkan game. Suasana pertandingan yang dimunculkan FIFA 07 sangat greget!

Baca Juga: 20 Game Balapan PS2 Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Coba

3. World Soccer Winning Eleven 8

World Soccer Winning Eleven 8 menjadi salah satu game sepak bola PS2 terfavorit fans WE/PES di seluruh dunia. Gameplay-nya terasa sangat halus dan menyenangkan.

Ditambah lagi ada banyak sekali lisensi tim dan pemain asli di sini, termasuk liga-liga besar Eropa seperti Inggris, Spanyol, Italia, dan Jerman. Kamu bisa memainkan klub ternama dunia macam MU, Barcelona, Juventus, Bayern Munchen, dll.

Sayangnya, tim nasional tidak ada lisensinya. Tapi itu bisa diatasi dengan mendownload patch yang banyak tersedia di internet.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

4. FIFA 06

FIFA 06 masih menjadi salah satu game FIFA PS2 terbaik karena gameplay dan grafisnya yang mumpuni. Dinamika permainan di lapangan tampak hidup sekali.

Pemain bisa melakukan gerak tipu, menendang bola melambung jauh, dan merayu wasit untuk mendapatkan kartu kuning lawan. Skill move seperti elastico, maradona turn, backheel flick, juga bisa kamu lakukan di sini.

Kecerdasan buatan tim lawan di FIFA 06 sudah cukup tinggi, jadi bersiaplah untuk bertempur melawan komputer yang tidak segan-segan menyerang balik. Seru dan menegangkan!

Baca Juga: 15 Game PS2 Grafik Terbaik yang Wajib Dicoba!

5. International Superstar Soccer Pro

Bagi penggemar gaya arkade yang kurang suka simulasi berat, International Superstar Soccer Pro layak dicoba. Game ini menghadirkan sepak bola fun nan lincah.

Kamu bisa melakukan skill fantasis seperti menggiring bola melewati 5 pemain lawan dan mengecoh kiper hingga terjengkang, layaknya kartun Captain Tsubasa.

Grafis Internasional Superstar Soccer Pro agak kurang realistis memang, tapi sangat asyik dan entertaining. Performa pemain bisa naik turun drastis dalam sekejap, jadi waspadalah!

Baca Juga: 20 Game Nomor 1 di Indonesia Terbaik dan Populer 2024

6. FIFA Football 2005

FIFA 2005 masih menjadi salah satu game bola PS2 paling populer karena inovasinya yang menyegarkan. Salah satunya adalah fitur Off the Ball Control.

Fitur ini memungkinkan kamu mengontrol 2 pemain sekaligus. Misalnya mengoper bola dengan gelandang, sambil berlari menerobos dengan striker.

Selain itu ada pula Class Precision Dribbling untuk menggiring bola lebih baik, dan First Touch Control untuk menguasai bola yang melambung. FIFA 2005 terasa sangat responsif dan mulus.

Baca Juga: 25 Game Horror PC Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Ngeri Banget!

7. This is Football 2003

This is Football 2003 menawarkan pengalaman bermain sepak bola arkade yang seru dan menegangkan. AI tim lawan di game ini cukup cerdas, jadi bersiaplah untuk bertarung sengit.

Skill move dapat dilakukan dengan gerakan stik analog, termasuk elastico, maradona turn, backheel flick, overhead kick, dan masih banyak lagi. Kamu akan kecanduan melakukan skill menggiring bola di game ini.

This is Football 2003 mungkin kalah dalam hal lisensi dan grafis, tapi gameplay-nya yang super fun bisa menutupi kekurangan tersebut.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Game PS4 Multiplayer Offline Terseru Buat Main Bareng!

8. World Tour Soccer 2006

World Tour Soccer 2006 adalah game sepak bola berbasis arkade yang fokus pada aksi dan hiburan. Tidak sedetail simulasi, tapi sangat menyenangkan untuk dimainkan.

Pemain bisa melakukan skill menakjubkan dengan sangat mudah di game ini. Bahkan kiper juga kerap mencetak gol indah jika berhasil maju ke area lawan.

World Tour Soccer 2006 cocok banget buat kamu yang ingin bertanding tanpa pusing memikirkan formasi atau strategi. Cukup mainkan bola dan gunakan imajinasi!

Baca Juga: 15 Game Naruto PPSSPP Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan

9. Pro Evolution Soccer 4

Pro Evolution Soccer 4 menjadi salah satu game bola PS2 paling berpengaruh karena revolusioner gameplay 3D-nya. Sensasi bertanding langsung meningkat pesat berkat fitur ini.

PES 4 menampilkan wajah asli dan gaya bermain unik dari banyak pemain top saat itu, meski tanpa lisensi resmi klub dan liga. Kamu bisa memainkan Zinedine Zidane, Thierry Henry, Luis Figo, dan bintang top lainnya.

Kelemahan PES 4 mungkin ada di grafisnya yang agak ketinggalan zaman dan mode Master League yang belum sempurna. Tapi untuk ukuran game tahun 2004, PES 4 sangat luar biasa.

10. World Soccer Winning Eleven 7 International

World Soccer Winning Eleven 7 bisa dibilang titik balik kesuksesan game WE/PES di kancah internasional. Lisensinya sudah jauh lebih banyak dan lengkap ketimbang seri sebelumnya.

Seluruh tim nasional utama sudah ada, seperti Brasil, Argentina, Jerman, Prancis, Belanda, dan lain-lain. Beberapa klub Eropa besar seperti Juventus, Manchester United, Bayern Munich juga turut meramaikan game ini.

Ditambah lagi adanya pembaruan transfer musim panas, jadi pemain baru bisa bertanding bersama tim barunya. Misalnya Michael Owen yang pindah dari Liverpool ke Real Madrid.

Secara keseluruhan, WE 7 International layak jadi salah satu game sepak bola PS2 terbaik karena inovasi dan fitur-fitur barunya. Simulasi bertanding internasional rasanya makin greget dan seru!

11. Euro 2004 (UEFA Euro 2004)

Bagi yang hobi bertanding antar tim nasional, UEFA Euro 2004 layak jadi pilihan. Semua tim nasional peserta Euro 2004 lengkap ada di game ini.

Mulai dari Portugal sebagai tuan rumah, Yunani si juara bertahan, hingga Prancis dan Inggris yang notabene punya pemain bintang kelas dunia. Sensasi kompetisi akbar Eropa bisa kamu rasakan di sini.

Sayangnya lisensi pemain asli tidak ada, jadi harus puas melihat nama samaran. Tapi itu tidak terlalu jadi masalah. Yang penting serunya bermain antar negara ada!

12. ISS Pro Evolution 2

ISS Pro Evolution 2 merupakan game bola PS2 bergenre simulasi yang cukup populer di jamannya. Game ini fokus menghadirkan pengalaman sepak bola yang realistis, bukan sekadar aksi fun.

Stamina pemain akan cepat terkuras bila memaksakan lari terus-menerus. Bola yang dipassing terlalu keras juga rawan direbut lawan. Kamu dituntut bermain bagus dan cerdas agar bisa menang.

ISS Pro Evolution 2 boleh dibilang jadi cikal bakal munculnya serial Pro Evolution Soccer/Winning Eleven yang sangat digemari hingga kini. Patut dicoba buat yang hobi simulasi!

13. Virtua Striker 2002

Virtua Striker 2002 menawarkan gaya bermain arcade yang mengutamakan aksi dan hiburan. Jangan harap realisme atau simulasi di game ini, yang ada cuma serunya bertanding dan mencetak gol sebanyak mungkin.

Pemain bisa berlari kencang, melompat tinggi, dan menendang bola jauh melewati garis gawang. Bahkan skill semacam “fire shoot” yang bikin bola tertendang bagai peluru juga ada lho.

Penasaran seperti apa rasanya menjadi kapten tim impian dan menggiringnya jadi juara? Langsung saja coba main Virtua Striker 2002.

14. Let’s Make a Soccer Team!

Let’s Make a Soccer Team! merupakan game manajemen klub yang konsepnya mirip Football Manager, hanya versi lebih ringan dan casual. Kamu bisa membangun tim sendiri dan melatihnya agar jadi yang terbaik.

Ada 3 liga dengan total 90 tim di game ini. Tugas kamu adalah memilih satu, lalu merekrut pemain-pemain berbakat dari tim lain dan melatih mereka setiap minggu demi meningkatkan kemampuan.

Pertandingannya sendiri tidak dimainkan, hasilnya ditentukan oleh statistik pemain dan formasi. Fokus utama Let’s Make a Soccer Team! adalah di manajemennya yang seru dan memuaskan.

15. FIFA Football 2004

FIFA 2004 masih jadi salah satu game bola PS2 dari seri FIFA yang paling populer karena inovasinya di berbagai mode. Salah satu fitur andalannya adalah Off The Ball Control yang sudah disebut di atas.

Selain itu ada pula mode Club Championship yang konsepnya kurang lebih sama dengan Master League, yaitu membangun dan melatih klub sendiri hingga jadi raksasa Eropa. Aktivitas manajerial bisa kamu rasakan di sini.

Secara keseluruhan, FIFA 2004 menjadi salah satu game sepak bola paling bagus di PS2 karena menghadirkan banyak fitur menarik dalam satu paket. FIFA mania wajib mencobanya.

Penutup

Itulah rekomendasi 15 game bola PS2 terbaik versi kami. Semuanya punya keunggulan masing-masing dan memiliki tempat di hati penggemar sepak bola. Kamu termasuk yang lebih suka simulasi, atau justru hobi bermain arkade penuh aksi? Atau malah doyan jadi manajer dan melatih klub sendiri? Semua bisa ditemukan di sini.

Masih banyak game sepak bola PS2 lain yang tidak kalah serunya. Tapi ke-15 yang sudah kami sebutkan ini menurut kami yang paling recommended. Semoga artikel ini bisa jadi referensi menyenangkan. Sekian artikel ringan dari kami. Semoga informasinya bisa berguna ya. Kalo kamu punya rekomendasi game bola PS2 lain, jangan ragu untuk share di kolom komentar. Salam hangat dan terima kasih sudah membaca!

Tinggalkan komentar