18 Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Nostalgia!

PS2 atau singkatan dari PlayStation 2 merupakan konsol permainan untuk bermain game yang sudah diluncurkan sejak tahun 2000. Dulu saat masa-masa keemasan PS2 dan banyak sekali rental PS2 kalian pasti pernah merasakannya kan anak tahun 90-an atau 2000-an, pokoknya mengembalikan nostalgia banget. Ada banyak sekali game ps2 terbaik, beberapa mungkin saja pernah kamu mainkan atau bahkan belum. Kalau mau bernostalgia lagi dan mau memainkan game PS2 silahkan saja.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberikan daftar game ps2 terbaik sepanjang masa. Pas sekali bagi kamu yang sedang mencari-cari judul game yang mungkin kamu lupa atau belum pernah mencoba atau bahkan ingin memainkannya lagi. Langsung saja berikut ini daftar atau kumpulannya.

1. Grand Theft Auto: San Andreas

Siapakah yang tidak kenal dengan game GTA San Andreas? pastinya anak rental PS2 bahkan anak jaman sekarang pun kenal dengan game ini. Game ini sangat populer sekali bahkan belum gamer sejati kalau belum pernah memainkan game legend ini. GTA SA sangatlah seru untuk dimainkan, kamu bisa bebas berpetualang di dalam dunia San Andreas yang sangat luats atau bisa menjalankan misi untuk mengetahui jalan cerita game.

Game ini menceritakan tentang seorang bernama Carl Johnson atau CJ yang ibunya baru saja dibunuh oleh gangster musuh, dia pulang balik ke kampung halamannya namun banyak masalah yang terjadi. Selain menjalankan misi, kamu bisa juga kok cuma kelilinhg atau mengacau kota. Pastinya game ini memang seru dan legend, mungkin kamu akan rela menambah billing kalau bermain di rental.

Baca Juga: Kumpulan Kode Cheat GTA San Andreas PS2 & PC Terlengkap

2. God of War 2

Game terbaik di ps2 berikutnya adalah God of War 2 sebuah game dari franchise terkenal God of War. Game ini mengambil setting mitologi Yunani kuno dimana akan melibatkan peperangan dan keterlibatan para dewa dewi Yunani kuno. God of War 2 sangat seru dan layak untuk dimainkan, mengambil genre hack and slash dengan sudut pandang orang ketiga. Walaupun game ini sudah lama alias jadul namun keseruannya tetap saja masih ada jadi tidak salah kalau mencoba lagi.

God of War 2 menceritakan tentang usaha Kratos untuk membalaskan dendam terhadap para dewa dewi Yunani dan meraih gelar dewa perang. Untuk mencapai usahannya ia harus melawan para dewa dewi dan anak buahnya, Kratos didukung oleh bantuan pasukan Sparta untuk melawan kekuasaan para dewa. Ketika kamu memainkan game ini akan banyak musuh dan rintangan berbentuk puzzle menghadang.

Baca Juga: 6 Game Plagiat Paling Terburuk, Tiru Game Terkenal!

3. Resident Evil 4

Game selanjutnya adalah Resident Evil 4 atau sering disingkat RE4, salah satu game favorit dan terkenal di dunia. RE4 merupakan salah satu seri dari franchise game Resident Evil, sebuah franchise game tentang survival zombie dan makhluk biologis jahat. Game ini sangat seru untuk dimainkan karena mengandung unsur action dan horror menjadi satu meskipun aksinya lebih mendominasi. Ada berbagai item dan senjata yang bisa kamu manfaatkan di dalam game ini untuk melawan para zombie dan makhluk jahat.

Game RE4 bercerita tentang seorang agen rahasia bernama Leon S. Kennedy yang dikirim untuk menjalankan misi menyelamatkan putri Presiden Amerika Serikat. Leon kemudian dikirim ke sebuah wilayah terpencil di Spanyol, nah kamu akan berhadapan dengan zombie, boss, dan makhluk jahat lain agar bisa menyelamatkan putri Presiden. Usahamu akan dihalangi oleh organisasi rahasia bernama Los Illuminados, kamu harus melawan mereka.

Baca Juga: 10 Game Call of Duty Terbaik yang Pernah Ada

4. Bully

Berikutnya ada game berjudul Bully, sebuah game tentang petualangan kenakalan seorang remaja di sebuah sekolah. Game ini merupakan salah satu game karya dari Rockstar Games yang notabene perusahaan terkenal karena mengelurkan game populer. Walaupun game ini sangat kontroversial karena mengandung unsur kekerasan dan kenakalan remaja namun ternyata game ini cukup sukses di pasaran. Di dalam game ini kamu bisa berlaku nakal ke siapa saja muali dari murid hingga guru, membuat kekacauan dan lain-lain.

Bully bercerita tentang seorang anak nakal bernama Jimmy Hopkins yang dikirim ke sebuah sekolah asrama. Namun, bukannya tambah baik malah Jimmy semakin nakal dan membuat kekacauan di sekolah tersebut. Mau tahu kelanjutan kisahnya atau ingin merasakan menjadi anak nakal? coba mainkan saja game Bully ini.

Baca Juga: 8 Game Rockstar Terbaik yang Harus Kamu Coba Mainkan

5. Sengoku Basara 2 Heroes

Game terbaik PS2 selanjutnya adalah Sengoku Basara 2 Heroes atau sering disebut dengan Basara 2. Game ini merupakan game bertema fight atau pertarungan zaman kerajaan Jepang. Di dalam Basara 2 kamu bisa memainkan banyak karakter dengan skill uniknya masing-masing. Ada beberapa mode permainan yang bisa kamu mainkan mulai dari story made, turnamen, free battle, dan masih banyak lagi.

Di dalam permainan ini kamu harus memilih salah satu karakter, kalau bermain dengan temanmu bisa juga. Kemudian, kamu disuruh untuk menyerang dan menaklukan kerajaan lawan dengan rajanya adalah karakter lain. Game ini cukup seru untuk dimainkan apalagi mengajak teman bersama.

Baca Juga: 6 Champion Paling Sakit di League of Legends: Wild Rift

6. Shadow of the Colossus

Selanjutnya ada sebuah game keren berjudul Shadow of the Colossus yang bisa kamu mainkan di PS2. Game ini bergenre aksi petualangan, sebuah game petualangan untuk mengalahkan musuh raksasa mengerikan. Shadow of the Colossus lumayan menarik baik itu lingkungan sekitarnya, jalan cerita, maupun raksasa musuh itu sendiri. Untuk mengalahkan raksasa tersebut kamu harus berjuang mencari titik lemahnya, memang cukup sulit juga.

Game ini bercerita tentang seorang pria yang ingin menghidupkan kembali seorang perempuan, namun dia harus berpetualang di negeri para raksasa. Ada 16 raksasa yang harus kamu taklukan, tentu saja dengan bentuk berbeda dan seram serta susah untuk dikalahkan.

Baca Juga: 5 Game Gratis Terbaik yang Bisa Kamu Peroleh di Steam

7. Naruto: Ultimate Ninja 3

Rasanya tidak lengkap kalau tidak memasukkan game bertema Naruto kedalam daftar ini. Ya, game berikutnya adalah Naruto: Ultimate Ninja 3, sebuah game fight antara para ninja yang khas di anime Naruto. Ada berbagai karakter yang bisa kamu pilih, tentunya karakter dari anime Naruto ya semasa sebelum Shippuden. Kamu juga bisa memilih tempat atau lokasi untuk bertarung tergantung mana yang kamu suka.

Naruto: Ultimate Ninja 3 bercerita tentang anime Naruto semasa karakter Naruto masih kecil, bisa dilihat mulai dari latihan Sasuke dengan guru Kakashi. Game ini cukup worth it untuk mengisi waktu luang sembari bernostalgia bersama teman.

Baca Juga: 15 Senjata Terbaik di Free Fire 2021, Bisa Bikin Booyah!

8. Downhill Domination

Berikutnya ada sebuah game bergenre olahraga balap sepeda berjudul Downhill Domination, pastinya kamu pernah mendengar atau bahkan memainkannya. Gameplaynya lumayan seru, kamu akan balapan dengan pemain lain menggunakan sepedamu. Selain itu, kamu juga bisa menyerang pengendara lain menggunakan tendangan, botol, dan benda lainnya. Hati-hati juga ya karena jalannya curam kalau salah bisa-bisa jatuh ke jurang.

Bagi kamu pecinta game olahraga boleh juga mencoba permainan ini karena lumayan worth it dan seru. Kamu juga bisa mengajak temanmu untk bermain multiplayer, dengan begitu bakalan lebih seru lagi.

Baca Juga: 5 Game FPS Ringan Terbaik Khusus Untuk PC Low-End

9. Guitar Hero 2

Selanjutnya ada game Guitar Hero 2 mungkin saja kamu kenal dengan game ini karena cukup populer di PS2. Game bergenre musik ini sangat bagus untuk dimainkan, sembari mendengarkn musik rock n roll bahkan musik Indonesia pun ada lho. Guitar Hero 2 melatih kita untuk bermain cepat dan tepat agar sesuai ritme yang telah diberikan. Ada banyak lagu kere yang bisa dimainkan misalnya saja lagu populer milik badn Guns N’ Roses yaitu Sweet Child of Mine, kalau mau lagu dangdut pun juga ada.

Pecinta game musik wajib coba game ini, selain seru dan asyik mendengarkan lagu tapi juga melatih kecepatan dan ketepatan. Cocok sekali bila bermain bersama teman-teman sambil seru-seruan bersama malah bikin tambah asyik.

Baca Juga: 5 Game Ubisoft Paling Terbaik dan Terpopuler, Wajib Untuk Dimainkan!

10. Mortal Kombat: Shaolin Monk

Game PS2 terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Mortal Kombat: Shaolin Monk, sebuah game pertarungan. Mortal Kombat terkenal karena menyajikan game pertarungan brutal dan kejam, unsur gore sangat kuat karena karakter akan saling membunuh dengan darah dan organ tubuh berceceran. Unsur gore memang sudah biasa dalam permainan ini, namun sepertinya kamu masih bia menikmati bermain game ini walaupun lumayan sadis.

Game ini bercerita tentang dua orang bernama Liu Kang dan Kung Lao yang melakukan perjalan ke dunia ralm seperti Netherealm, Eatherealm, Outworld. Mereka berusaha untuk menggagalkan rencana Shang Tsung unuk menguasai seluruh Earthrealm. Kamu bisa memilih diantara kedua karakter tersebut saat memainkan story mode.

11. Final Fantasy X

Game terbaik selanjutnya yaitu Final Fantasy X, sebuah game RPG terkenal di kalangan para gamers bahkan hingga sekarang. Final Fantasy X ini termasuk game sukses karena berhasil meraih predikat salah satu gme terlaris sepanjang masa dengan 8 juta copy terjual. Game RPG ini memang layak dicoba karena memuat konten bagus baik dalam segi jalan cerita, gameplay, maupun grafisnya juga sudah cukup bagus.

Final Fantasy X bercerita tentang Tidus yang bergabung dengan Rikku, Auron, Lulu, Kimahri, dan Wakka untuk melindungi Yuna yang merupakan seorang Summoner. Mereka berpetualang di Spira untuk mendapatkan makhluk yang bernama Aeon serta mengalahkan Sin yang merupakan kekuatan jahat.

12. Black

Black masuk dalam daftar kali ini, sebuah game tembak-menembak FPS yang bisa dimainkan di PS2. Game ini lumayan seru karena unsur perang dan tembak-tembakan sangat kental apalagi menggunakan sudut pandang orang pertama. Black merupakan salah satu game war FPS terbaik bersama dengan pesaingnya yaitu seri Call of Duty. Ada berbagai misi yang bisa kamu selesaikan di game ini, dengan dibekali senjata dan kadang juga ditemani oleh pasukan tim.

Black bercerita tentang seorang agen rahasia dari CIA bernama Kellar J. yang memiliki misi untuk menangkap para anggota beserta pemimpin organisasi teroris bernama Seventh Wave, dipimpin oleh orang bernama Lennox. Game ini lumayan bagus, cocok untuk menemani ketika bosan sembari bernostalgia game FPS jadul.

13. Winning Eleven

Game selanjutnya adalah Winning Eleven sebuah game olahraga sepak bola terkenal di PS2. Mungkin saja kamu pernah memainkannya kan?, karena game ini cukup umum dimainkan bahkan di rental PS2 sekalipun. Game ini lumayan seru khususnya bagi para pecinta sepak bola, bisa bermain berbagai mode misalnya turnamen, league, atau cup. Di dalam permainan ini juga ada banyak sekali club sepak bola di dunia dengan pemain terkenal d zamannya.

Winning Eleven sangat cocok untuk dimainkan multiplayer bersama teman karena lebih seru. Game ini memang sudah sangat populer sekali di PS2 bahkan sebelumnya pun juga sudah populer di PS1, wajar saja banyak pemain ingin bernostalgia bermain game tersebut lagi.

14. Tekken 5

Game PS2 terbaik sepanjang masa berikutnya adalah Tekken 5, sebuah game fighting atau perarungan sama seperti Mortal Kombat. Game ini merupakan pesaing Mortal Kombat namun perbedaan bisa terlihat dari sisi gorenya yang tidak terlalu sadis, selain itu Tekken 5 lebih menekankan pada taktik ketika bertarung. Ada beberapa pilihan karakter yang bisa kamu mainkan, masing-masing punya keunikan tersendiri pilih saja mana yang kamu suka.

Bagi pecinta game figthing, game ini sangat saya rekomendasikan disamping dengan Mortal Kombat. Tekken 5 cocok untuk bermain bersama teman secara multiplayer, kamu bisa saling bertarung di dalam game ini bersama temanmu sebagai lawannya.

15. Silent Hill 2

Berikutnya ada game berjudul Silent Hill 2, salah satu game horror terkenal yang bisa kamu mainkan di PS2. Game ini berhasil melampau kesuksesan dari seri pertamanya yaitu Silent Hill, sungguh bagus sekali sebuah game mampu mengungguli pendahulunnya. Silent Hill 2 merupakan game horror menyeramkan, dibalut dengan suasana creepy dan grafis lumayan membuat game ini semakin epik. Tentu saja, kalau kamu memainkan game ini merasakan merinding karena wajar game ini terkenal seram dan horror.

Bercerita tentang seorang pria bernama James Sunderland yang menerima sebuah surat dari istrinya padahal sudah mati. Setelah itu ia memutuskan mencari istrinya ke Silent Hill, selama di tempat itu James harus melawan berbagai monster menyeramkan demi mengetahui kebenaran tentang istrinya tersebut.

16. Rumble Racing

Rasanya tidak lengkap kalau belum memasukkan game balapan, salah satunya yaitu Rumble Racing. Mungkin kamu pernah mendengar nama game balapan ini kan?, game ini cukup populer karena menghadirkan balapan seru. Rumble Racing merupakan salah satu karya perusahaan game terkenal yaitu Electronic Arts, pantas saja gameplanya lumayan bagus. Walaupun termasuk game jadul karena rilis tahun 2001, namun tidak mengurangi keseruan dan rasa nostalgia terhadap game ini.

Rumble Racing punya beberapa pilihan mobil keren, arena balapan, dan bahkan telur yang berisi mobil langka. Game ini lumayan seru sekali, lebih menyenangkan lagi kalau bermain bersama teman-teman berasa nostalgia sekali.

17. Dynasty Warrior 4

Selanjutnya adalah Dynasty Warriors 4 salah satu game hack and slash sama seperti Basara. Game ini mengangkat tema semasa zaman perang antar kerajaan Cina, jadi memuat unsur sejarah baik tokoh, tempat, hingga senjata. Ada beberapa karakter yang bisa kamu pilih, mereka memiliki kemmapuan dan skill unik tersendiri. Selain karakternya yang beragam, senjatanya pun juga unik sehingga semakin menambah menarik lagi apalagi kalau pakai senjata spesial.

Game ini bisa menjadi alternatif kamu kalau bosan bermain Basara, sebenarnya tidak jauh berbeda tapi Dynasty Warriors terkesan lebih logis. Kamu juga bisa belajar sejarah dari game ini tentang zaman kerajaan Tiongkok semasa Dinasti Han terbagi menjadi 3 kerajaan bernama Shu, Wu, dan Wei.

18. WWE Smackdown! Here Comes The Pain

Game terbaik PS2 terakhir di dalam daftar kali ini adalah WWE Smackdown! Here Comes The Pain. Sebuah game fighting ala acara populer yaitu Smackdown, tentunya seru sekali ya. Karakter atau tokoh pun juga dari Smackdown misalnya saja Brock Lesnar, Rey Misterio, John Cena, The Rock, Undertaker, dan masih banyak lagi para pegulat terkenal dan keren di permainan ini. Gameplaynya lumayan bagus, grafiknya juga sudah bagus walaupun tergolong game old sekalipun.

Pecinta game fighting dan fans Smackdown pastinya mau merasakan game ini, saya pun juga suka bermain ini saat masih ada rental PS2. Untuk menghibur semasa waktu luang bisa bermain game ini, apalagi mengajak teman bermain mode multiplayer dan menjadi tim atau lawan.

Itulad tadi pembahasan dan daftar tentang game PS2 terbaik sepanjang masa. Tentu generasi tahun 90-an dan 2000-an mengenal PS2, menghabiskan banyak waktu bersama teman di rental PS2 sembari bermain ria game kesukaan. Nah, untuk bernostalgia lagi saya sudah berikan daftar game PS2 patut dicoba di atas, semoga bisa bermanfaat ya sobat gamers. Sampai disini dulu perjumpaan kali ini, sampai jumpa dan jangan lupa mampir lagi.

Sumber Gambar: Gamebrott, Pinterest, Image section.

Tinggalkan komentar