12 Game Bola PS3 Terbaik, Pecinta Bola Merapat!

Bagi kamu penggemar sepak bola pasti sangat ingin merasakan sekali kan bermain menggunakan tim jagoanmu atau bermain dengan pemain kesayanganmu. Tenang saja, semua itu bisa kamu lakukan lewat game sepak bola, salah satunya menggunakan konsol seperti PlayStation 3.

Bukan cuma itu, game bola PS3 juga bisa menghibur kamu dengan grafis dan gameplay yang begitu realistis. Bahkan kamu juga bisa mengajak temanmu untuk bertanding bersama satu lawan satu lho. Tertarik untuk tahu apa saja game bola PS3 terbaik yang wajib kamu mainkan? Yuk, simak ulasannya di bawah ini!

1. Pro Evolution Soccer 2013

Mengawali daftar game bola PS3 yang pertama adalah PES 2013 atau Pro Evolution Soccer 2013. Game ini bisa dibilang sebagai salah satu seri terbaik dalam sejarah PES. Dengan engine yang powerful bernama Fox Engine, PES 2013 mampu menampilkan grafis yang begitu hidup. Mulai dari wajah pemain, lapangan, hingga animasi tendangan dan diving-nya pun tampak begitu realistis!

Selain itu, PES 2013 juga memberikan pengalaman bermain yang seru. Sistemnya yang cukup rumit membuat kamu perlu mempelajari trik dan strategi agar bisa mencetak gol sebanyak-banyaknya. Dilengkapi dengan berbagai mode permainan seperti Become a Legend, Master League, UEFA Competitions, dsb, tak heran kalau game ini berhasil mendapatkan rating yang tinggi dari para reviewer game.

Baca Juga: 15 Game Bola PS2 Terbaik yang Harus Kamu Coba, Buat Main Bareng!

2. PES 2010

Kalau sudah membahas game bola PS3 dari seri PES, mustahil untuk tidak menyertakan PES 2010. Dulu waktu masih baru dirilis, game ini sukses membuat para gamers terkesima dengan kualitas grafis dan animasi yang ditawarkan. Gameplay PES 2010 juga cukup realistis dan menantang. Jadi selain menikmati tampilan yang ciamik, kamu juga harus berpikir keras untuk menembus pertahanan lawan.

Sayang hanya satu hal yang cukup disayangkan dari PES 2010, yaitu minimnya jumlah pemain bintang dan liga yang dilisensikan. Meski begitu, dengan adanya fitur edit yang lengkap, kamu bisa dengan mudah mengubah nama pemain dan klub sesuai dengan yang aslinya. Jadi meski tak 100% realistis dari segi lisensi, PES 2010 tetap menawarkan kesempurnaan dalam hal grafis dan gameplay.

Baca Juga: 15 Game PS3 Petualangan Terbaik Untuk Dicoba, Sayang Jika Dilewatkan!

3. PES 2012

PES 2012 bisa dibilang sebagai versi penyempurnaan dari seri-seri sebelumnya. Dengan memanfaatkan teknologi Full Control 360 View Defense dan Full Control 360 Body Motion, game ini memberikan kontrol penuh atas setiap aksi dan pergerakan pemain. Sehingga kamu bisa menggocek bola dengan cara yang lebih presisi dan realistis.

Selain itu, game play PES 2012 juga lebih bervariasi dan dinamis. Passing, crossing, hingga tembakan dari luar kotak penalti pun terasa lebih sulit untuk dilakukan. Dan di sinilah permainan akan menjadi lebih seru dan menantang. Dari segi grafis, PES 2012 juga tampil dengan visual 3D yang memukau. Dengan semua kelebihannya itu, pantas saja game bola PS3 ini sering dijuluki sebagai “The Defining Moment”.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

4. Pro Evolution Soccer 2014

Keliru besar kalau kamu mengira bahwa PES 2014 hanyalah game lama yang dikemas ulang dengan sedemikian rupa oleh Konami. Sebab kenyataannya, game besutan Konami ini menawarkan fitur-fitur terbaru dan lebih baik dari pendahulunya. Misalnya saja elemen realistis yang ditingkatkan seperti gerakan pemain yang lebih alami, rotasi badan lebih smooth, hingga performa kiper yang lebih mengesankan.

Selain itu, PES 2014 juga membawa fitur Full Manual yang membuat setiap aksimu harus dilakukan secara manual, dari tendangan hingga passing. Ini bisa menjadikan permainan lebih realistis, menantang, dan seru. Yang tak kalah mencengangkan, PES 2014 juga mencakup 6.500 pemain terlisensi dengan tampilan wajah yang akurat. Jadi ketika kamu tanding sebagai Real Madrid melawan Barcelona, kamu akan benar-benar merasakan sensasi seperti menyaksikan pertandingan sungguhan.

Baca Juga: 20 Game Perang PS3 Terbaik, Seru dan Bikin Ketagihan!

5. FIFA 19

Jika kamu mencari game sepak bola PS3 paling realistis, FIFA 19 adalah salah satu jawabannya. Game ini benar-benar menyuguhkan grafis menakjubkan yang seolah benar-benar menyajikan pertandingan sepak bola secara langsung ke layar kaca. Gerak-gerik pemain, mimik wajah dan mukanya, animasinya, semuanya tertampil sangat hidup.

Gameplay FIFA 19 juga patut diacungi jempol karena terasa begitu nyata dan realistis. Tak hanya gerakan pemain saja, game ini juga memadukan kecerdasan buatan (AI) canggih untuk memastikan setiap laga berjalan seru dan menantang. Sistem kemasan FIFAj uga membuat kamu bisa merasakan sensasi menjadi manajer tim, mengatur formasi pemain, hingga membangun strategi menyerang-bertahan.

Baca Juga: 35 Game PS2 Multiplayer Terbaik dan Paling Seru, Bisa Buat Mabar Bareng!

6. Pro Evolution Soccer 2016

Game sepak bola PS3 berikutnya yaitu adalah Pro Evolution Soccer 2016 atau PES 2016. Keunggulan PES 2016 tak bisa diremehkan begitu saja. Dari segi grafis, game ini benar-benar menghadirkan pemain-pemain yang amat mirip dengan versi aslinya. Mulai dari rupanya, gestur tubuhnya, bahkan tekstur rambutnya, semuanya terpampang begitu detail dan nyata. Kalau kamu terpesona ketika melihat hasil grafis cantik ini, itu sudah hal yang wajar.

Yang tak kalah mengagumkan adalah gameplay PES 2016. Setiap aksi seperti dribbling, gerakan badan saat berlari, hingga sepakan bolanya terkonsep secara apik. Ini membuat permainan terasa lebih dinamis, tidak gampang ditebak, dan pastinya lebih seru. Kamu bahkan bisa mengatur formasi permainan sesuai gaya yang kamu inginkan, layaknya manajer sepak bola profesional.

Baca Juga: 15 Game Naruto PPSSPP Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan

7. FIFA 15

FIFA 15 tak ubahnya standar baru di dunia game sepak bola. Bukan tanpa alasan, sebab game ini menampilkan banyak peningkatan di sana-sini. Mulai dari grafisnya yang semakin solid berkat teknologi Ignite Engine, hingga gerakan pemain yang terasa lebih hidup dan alami.

Kepiawaian FIFA 15 dalam menyuguhkan realisme bisa dilihat dari fitur barunya bernama “Living Pitch” yang memungkinkan kondisi lapangan berubah-ubah tergantung cuaca. Di tengah hujan lebat misalnya, lapangannya akan terlihat basah, berlumpur, dan kondisi ini akan mempengaruhi pergerakan permainan seperti sentuhan dan control bola. Keren, bukan?

Jangan lupakan juga teknologi “Player Visuals” yang menghadirkan rincian wajah hingga gerakan pemain dengan begitu sempurna. Belum lagi fitur “New Kick Mechanics” yang meningkatkan tingkat akurasi saat melakukan tendangan kapan pun dan di mana pun. Secara keseluruhan, FIFA 15 bisa membuat kamu merasakan pengalaman bermain sepak bola secara virtual yang luar biasa seru!

Baca Juga: 20 Game Balapan PS2 Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Kamu Coba

8. FIFA 16

Setelah sukses besar dengan FIFA 15, EA Sports tak ingin berhenti di situ saja. Mereka kemudian mengembangkan versi terbaru, FIFA 16, dengan menanamkan berbagai peningkatan baru yang membuat game ini semakin memikat untuk dimainkan.

Misalnya saja mode Career Player di mana kamu bisa membuat pemain sendiri dan mengikuti kariernya sejak junior hingga menjadi pemain profesional level atas. Ada juga fitur “Living Pitch” yang kian disempurnakan untuk membuat kondisi lapangan terasa lebih realistis. Tak lupa pula peningkatan di gameplay seperti kemampuan dribbling, tendangan akrobatik, juga gerakan-gerakan lain yang lebih presisi.

Salah satu yang juga menarik dari FIFA 16 adalah penyempurnaan mode Ultimate Team. Di dalamnya, kamu bisa menyusun tim impian dengan membangun Chemistry yang tepat antar pemain. Lengkap dengan sistem perpindahan pemain yang dinamis, mirip seperti di dunia nyata! Belum cukup? Di FIFA 16 juga tersedia fitur “Women Teams” yang memungkinkanmu untuk memainkan tim-tim wanita profesional.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

9. UEFA Euro 2008

UEFA Euro 2008 adalah pilihan tepat untuk kamu yang lebih berminat pada game sepak bola PS3 yang bertema Eropa. Seperti namanya, game ini mengangkat turnamen sepak bola EURO 2008 yang berlangsung di Austria dan Swiss. Mulai dari tim peserta, stadion, pemain, semuanya ditampilkan dalam balutan grafis yang apik dan realistis.

Namun jangan khawatir, walaupun bertema Euro 2008, tetapi kamu juga bisa bermain mode Master Tournament yang memungkinkanmu memilih negara mana pun untuk diikutsertakan dalam turnamen. Selain itu, UEFA Euro 2008 menawarkan gameplay yang cukup menantang dan menegangkan.

Setiap tendangan, kudetan, dan gerakan-gerakan lain yang ada cukup mencerminkan realita sepak bola sesungguhnya. Bukan cuma itu, kamu juga bisa bernostalgia dengan menyaksikan iklan-iklan dan jinglepromosi EURO 2008 asli di dalam game.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Game PS4 Multiplayer Offline Terseru Buat Main Bareng!

10. Pure Football

Mungkin agak asing dengan nama game ini, tapi jangan meremehkan Pure Football begitu saja. Game ini sangat keren dan layak masuk dalam daftar game sepak bola PS3 terbaik kita. Pertama, grafis yang ditampilkan cukup memukau dengan visual mengkilat dan detail pemain yang terbentuk dengan baik. Di dalamnya, kamu bisa memilih banyak pemain dengan akurasi wajah yang mencengangkan.

Selanjutnya soal gameplay, Pure Football menawarkan sensasi permainan yang begitu realistis dan menantang. Berbagai macam aksi seperti jungkir badan, cekalan, hingga tendangan salto bisa kamu praktikkan dengan mudah. Dan semuanya terasa begitu alami. Tak hanya itu, game ini juga memiliki mode tim pria dan wanita sehingga kamu bisa bebas mengeksplorasi sepuasnya.

Baca Juga: 20 Game Perang PS5 Terbaik dan Terpopuler, Penuh Aksi dan Tantangan!

11. FIFA 12

Tahun ke tahun, seri FIFA selalu menjadi primadona di antara game sepak bola lainnya. Nah untuk di FIFA 12 ini, grafis remastered-nya yang disempurnakan benar-benar mencuri perhatian para gamers. Gayanya yang glamor dan design stadion serta pemainnya pun terpampang begitu ciamik.

Soal gameplay, FIFA 12 tak kalah seru dan menantang. Dengan mode baru seperti “Player Impact Engine“, setiap kontak fisik antar pemain akan terasa lebih nyata. Sehingga sensasi heading, beradu badan, hingga diving pun terasa lebih realistis karena ada faktor fisika yang lebih akurat.

Lalu dengan “Tactical Defending” kamu juga bisa merasakan tantangan baru dalam mempertahankan gawang. Mulai dari mengatur posisi, menghalau serangan, hingga mengamankan bola lawan, semuanya terasa jauh lebih sulit namun juga lebih seru. Di balik itu semua, ada satu fitur menarik lagi yang memungkinkan kamu mengubah tampilan soundtrack di setiap pertandingan. Jadi kamu bisa menyetel lagu favoritmu untuk tambahan hiburan!

12. FIFA Street 2012

Selain seri game sepak bola PS3 yang konvensional seperti yang ada di daftar sebelumnya, ternyata FIFA juga memiliki seri street football yang tak kalah seru untuk dimainkan. Ya, game yang satu ini adalah FIFA Street 2012, yang menghadirkan suasana baru dalam bermain sepak bola di lingkungan jalanan.

Tidak seperti game FIFA kebanyakan, di FIFA Street 2012 kamu tidak akan menemukan aturan ketat seperti dalam laga sepak bola profesional. Sebaliknya, kamu akan disajikan dengan permainan street yang lebih bebas dan liar, namun tetap seru. Berbekal gameplay yang gesit dan dinamis, kamu bisa memamerkan trik-trik akrobatik seperti juggling, salto, hingga gaya menggelindingkan bola dengan keren.

Grafis FIFA Street 2012 juga terbilang keren dengan visual yang bertekstur halus dan efek kilauan yang menawan. Ditambah dengan komentator dalam game yang begitu energik dalam menyuarakan setiap aksimu, jadi terasa seperti benar-benar sedang menonton pertandingan jalanan yang sesungguhnya. Ingin merasakan suasana sepak bola jalanan yang menghibur dan beda dari biasanya? FIFA Street 2012 adalah jawabannya! Game ini memberikan sensasi dan pengalaman bermain yang unik, yang pasti akan membuatmu ketagihan untuk terus memainkannya lagi dan lagi.

Penutup

Nah itulah tadi, daftar 12 game bola PS3 terbaik yang layak untuk kamu miliki dan mainkan bersama dengan teman atau saudaramu. Kini, waktunya mulai membeli dan memainkan gamegame tersebut untuk mendapatkan sensasi bermain sepak bola yang super realistis dan menghibur. Selamat bermain Sob!

Tinggalkan komentar