20 Game PS2 Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

PlayStation 2 adalah konsol legendaris yang punya nilai nostalgia masa kecil bagi banyak gamer di berbagai penjuru dunia, khususnya Indonesia. Selain punya pustaka game yang sangat besar, mayoritas game di PS2 benar-benar berkualitas dan menghibur.

Khususnya genre petualangan, PS2 memiliki banyak judul yang betul-betul membuat kita terpukau dan baper saat memainkannya. Mulai dari JRPG, aksi petualangan, hingga game petualangan dengan cerita yang dalam dan penuh twist tak terduga.

Penasaran apa saja game PS2 petualangan terbaik sepanjang masa? Yuk kita simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Final Fantasy X

Memulai daftar game petualangan PS2 kali ini adalah salah satu Final Fantasy terbaik sepanjang masa, FFX. Kisah Tidus dan para guardians membasmi Sin di dunia fantasi Spira ini penuh drama dan emosi yang menyayat hati.

Karakter-karakternya sangat diingat karena keunikan desain dan kepribadian mereka yang kuat. Alur ceritanya penuh tragedi dan penderitaan, namun sekaligus harapan dan persahabatan. Pokoknya semua elemen penulisan cerita FFX sangat brilian.

Tak hanya itu, segi gameplay FFX juga sangat menarik dengan sistem Conditional Turn-Based Battle yang strategis dan menantang. Puluhan monster yang harus dihadapi juga bikin kamu makin betah berlama-lama berpetualang. Singkatnya, FFX adalah masterpiece JRPG yang wajib untuk dimainkan di PS2.

Baca Juga: 15 Game PS2 Grafik Terbaik yang Wajib Dicoba!

2. Metal Gear Solid 3: Snake Eater

Siapa bilang petualangan harus selalu bertema fantasi? Metal Gear Solid 3 merupakan salah satu game petualangan di PS2 yang membuktikan realisme dan narasi sejarah juga bisa menciptakan pengalaman yang tak terlupakan.

Dalam Snake Eater, kita mengikuti misi Big Boss di tengah hutan Rusia pada periode Perang Dingin 1960-an. Detail lingkungannya sangat hidup mulai rumput bergoyang, binatang di dalam hutan, hingga system kamuflase saat bertempur yang canggih.

Tantangan bertahan hidup dengan berburu binatang dan menyembuhkan luka juga seru banget, belum lagi intensitas aksi stealth yang bikin ketagihan. Pokoknya semua aspek dalam Snake Eater sangat sempurna menghadirkan petualangan mata-mata paling otentik dan mendebarkan.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

3. Shadow of the Colossus

Mau rasakan jadi pahlawan legendaris yang menumbangkan raksasa kolosal? Mainkan saja game petualangan PS2 yaitu Shadow of the Colossus. Secara visual, desain 16 colossi atau raksasa yang kita lawan memang sangat artistik dan menakjubkan.

Setiap pertarungan dengan colossi terasa sangat epik karena ukuran mereka yang super besar dan begitu pula arenanya yang luas untuk kita bertempur melawan para raksasa. Kita harus mencari titik lemahnya sembari bergelantungan memanjat tubuh raksasa itu. Sensasinya benar-benar seperti Spiderman atau Tarzan, sangat menggugah adrenalin.

Di samping itu, ada cerita tragis dan tema moral yang dalam tentang konsekuensi bermain dengan Tuhan demi kepentingan pribadi. Pokoknya semua aspek dalam Shadow of the Colossus benar-benar bikin takjub dan merupakan salah satu karya seni berupa video game yang interaktif.

Baca Juga: 15 Game Petualangan PS5 Terbaik, Berpetualang Tanpa Batas!

4. Kingdom Hearts

Jika Anda fans Disney dan mencari petualangan fantasi yang benar-benar keren, Kingdom Hearts adalah game petualangan di PS2 yang bisa kamu coba. Bayangkan menjelajahi dunia kartun penuh nostalgia seperti Aladdin dan Lion King lalu bereksplorasi dengan bebas tanpa batas.

Dibumbui dengan misi-misi seru mengalahkan Heartless, mengungkap misteri Organization XIII, dan menemukan teman-teman yang hilang. Semua konsep dan elemen dalam Kingdom Hearts 1 tersusun dengan sangat apik membentuk pengalaman fantasi yang menakjubkan.

Game ini juga punya karakter-karakter kartun terkenal yang benar-benar membuat kita peduli dengan nasib mereka. Betapa epik rasanya bekerja sama dengan Goofy dan Donald Duck melawan tokoh antagonis sekelas Jafar atau Oogie Boogie dari Nightmare Before Christmas.

Baca Juga: 20 Game Perang PS3 Terbaik, Seru dan Bikin Ketagihan!

5. Gitaroo Man

Gitaroo Man, dari judulnya saja sudah keren dan mewakili musik rock. Tapi percayalah, ini adalah satu dari segelintir game petualangan PS2 bertemakan musik yang paling seru sepanjang masa. Kamu akan berperan sebagai U-1, seorang pemuda biasa yang mendadak terpilih jadi superhero berkat kemampuan gitarnya yang legendaris.

Petualangan dimulai saat U-1 terhisap ke dalam dunia fantasi bertema metal yang penuh makhluk aneh misterius. Lawan mereka lewat tantangan ritme game seru dan tempo yang makin lama makin cepat.

Dengan segala kekonyolan dan imajinasi liarnya, Gitaroo Man berhasil jadi lebih dari sekedar game absurd yang ada di PS2. Memang, game ini benar-benar unik tidak seperti game petualangan lain yang ada di PS2, coba saja jika penasaran.

Baca Juga: 20 Game PS4 Multiplayer Terbaik, Bisa Buat Mabar Bareng Teman!

6. Ōkami

Game petualangan PS2 berikutnya adalah Okami, nama yang tidaklah asing bagi orang yang mempelajari sejarah atau budaya Jepang. Memang penampilan visual inilah yang pertama kali membuat gamer jatuh cinta dengan petualangan Amaterasu ini.

Gaya gambar tangan Jepang atau sumi-e yang khas terintegrasi dengan sangat apik ke segala elemen. Mulai efek splash saat menyerang musuh, aksi dengan gerakan slow-motion, sampai perpindahan objek dan makluk dengan kuas ajaibmu.

Okami juga mengemas mitologi dan cerita rakyat Jepang menjadi satu petualangan fiksi yang sangat menarik. Kamu berperan sebagai dewi matahari Amaterasu dalam wujud anjing putih. Gunakan kekuatan elemen dan kuas ajaibmu untuk mengalahkan Orochi dan menyelamatkan desa dari bencana.

Baca Juga: 25 Game PS5 Terbaik yang Harus Kamu Coba

7. Dark Chronicle (Dark Cloud 2)

Sebagai sekuel dari judul game populer yaitu Dark Cloud di PS2, Dark Chronicle sukses membawa level inovasi dan kreativitas ke level berikutnya. Sistem dungeon building dan mekanisme foto untuk rekonstruksi kota jadi lebih detail.

Kita punya lebih banyak alat untuk membangun seperti palu, kapak, dan meriam. Pilihan furnitur dan dekorasinya juga makin banyak, jadi kreasi kotamu bisa sangat unik. Yang paling seru tentu saja berburu harta karun dan item langka di dungeon yang menyimpan banyak harta untuk dijarah.

Ditambah senjata bisa di-upgrade, robot tempur yang bisa kita kontrol, hingga mekanisme memancing dan golf. Intinya segala fitur yang kamu suka dari Dark Cloud jadi jauh lebih baik dan menarik untuk dieksplorasi.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

8. Dragon Quest VIII

Sebagai game legendaris yang mempopulerkan JRPG di Barat, kehadiran Dragon Quest VIII sebagai game petualangan di PS2 sangatlah ditunggu oleh para penggemar. Ini adalah titik balik besar yang mengangkat standar produksi game Jepang ke level berikutnya.

Misi pangeran Trodain yang dikutuk dan diasingkan lalu berpetualang mencari penawarnya ini penuh lika-liku. Kamu akan menjelajahi dunia fantasi yang sangat kaya dan detail berisi banyak monster aneh dan penduduk desa yang sangat unik.

Yang bikin tambah betah adalah kompleksitas karakterisasi setiap tokoh yang mendalam dibawakan dengan gaya humor khas Dragon Quest. Belum lagi turn-based battle yang intens dan menantang melawan banyak boss monster kuat serta mengerikan.

Baca Juga: 15 Game Balap Mobil PC Terbaik, Buat Kamu Pecinta Balapan!

9. Sly 2: Band Of Thieves

Sly Cooper sebetulnya sudah punya petualangan seru di PS2 sejak judul pertamanya. Tapi Sly 2: Band of Thieves-lah yang sukses bikin pencuri rakun ini tembus ke kancah internasional dan mendapatkan perhatian besar dari para pemain game dan kritikus.

Misi-misi mencuri barang berharga dari organisasi kriminal di sini dibuat jauh lebih variatif, mulai dari menyusup ke markas musuh, berkendara kapal laut, sampai balap mobil antik.

Para tokoh pendukungnya juga makin banyak dan tentu saja lebih menarik. Bentley si kura-kura jenius kini punya gadget canggih untuk membantu misi pencurian yang makin menantang. Sementara Murray si kepiting petarung sudah belajar mengemudi untuk kabur saat aksi pencurian berlangsung. Pokoknya segala aspek yang kamu sukai dari Sly Cooper diperbaiki secara signifikan dalam Band of Thieves.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

10. Jak and Daxter: The Precursor Legacy

Duo unik ini mungkin jadi yang paling ikonik mewakili petualangan lucu dan menegangkan ala kartun di PS2. Sebagai game pertama, Jak and Daxter: The Precursor Legacy berfokus mengeksplorasi dunia fantasi yang sangat kaya dan penuh warna.

Mekanisme dasar platforming dan pertarungannya cukup sederhana tapi tetap seru untuk dinikmati. Lebih mengutamakan eksplorasi lingkungan dan mengumpulkan item ketimbang tantangan yang memberatkan. Kocaknya, karena Daxter si duo cerewet berubah jadi musang kecil, dialah yang sering mencuri perhatian. Humor dan kelucuan yang muncul dari interaksi duo sahabat ini bikin petualangan di dunia fantasi The Precursor Legacy terasa hangat dan bersahabat.

Sempurna banget buat kamu yang baru mau mulai main game petualangan di PS2. Belum lagi grafisnya yang tetap terlihat artistik dan smooth meski sudah tergolong game tua. Pokoknya mainin aja, dan rasakan betapa menggemaskannya duo Jak and Daxter ini.

Baca Juga: 30 Game PC Offline Ringan Terbaik, Cocok Buat PC Kentang!

11. Prince of Persia: The Sands of Time

Mau merasakan sensasi layaknya pangeran dalam kisah 1001 malam yang penuh aksi, fantasi, dan petualangan romantisme? The Sands of Time bakal membawa semua itu dalam satu paket game yang dibungkus dengan apik dan seru.

Kamu akan melompat, berlari di dinding, dan menebas ratusan musuh jahat demi menyelamatkan putri kerajaan dari kepungan mereka. Semua gerakan akrobatiknya sangat lancar dan luwes dibantu fitur manipulasi waktu yang ikonik.

Ketegangan juga selalu berkobar dengan duel melawan pembunuh bayaran, pertarungan dengan raja monster pasir, dan pengejaran dari tentara yang menyerbu istana. Untung ada kemampuan Prince of Persia mengendalikan waktu yang bisa diputar ulang. Dengan kombo unsur romantisme ala Timur Tengah Klasik dipadukan aksi petualangan yang seru, The Sands of Time adalah game petualangan di PS2 yang layak sekali untuk dicoba.

12. God of War

God of War adalah salah satu ikon game petualangan di PS2 yang paling legendaris, pastinya semua mengingat game legendaris ini ketika mereka bermain PS2. Pertarungannya yang sangat intens dan brutal benar-benar menggambarkan kemarahan Kratos sang Dewa Perang Yunani.

Senjata rantai Kratos dapat memotong, membelah, dan mengoyak tubuh monster dan dewa mitologi Yunani. Darah berceceran di mana-mana, organ dalam berserakan, dan suara kesakitan terdengar bersahutan. Itulah medan pertempuran yang melatari misi balas dendam Kratos. Semuanya demi menebus rasa bersalah karena tak sengaja membunuh keluarganya sendiri. Intensitas pertarungannya dipadu cerita tragis dan emosional benar-benar kombinasi paling epik.

God of War cuma butuh waktu singkat untuk jadi salah satu game paling ikonik dan laris di PS2 berkat reputasinya yang kontroversial. Ini adalah petualangan epik penuh dengan darah dimana kepuasan berasal dari menghajar musuh tanpa ampun.

13. Psychonauts

Kalau bosan dengan petualangan fantasi super serius, Psychonauts siap memberi kamu petualangan yang kocak dan santai. Kamu akan ikut pelatihan bersama Raz, seorang bocah berbakat yang ingin bergabung dengan organisasi mata-mata dengan kekuatan telepati dan kontrol pikiran luar biasa.

Mirip film komedi mata-mata ala Austin Powers dan Johnny English, suasana di akademi mata-mata ini penuh dengan karakter unik dan situasi yang lucu. Di tengah misi, kita diajak menjelajahi alam pikiran orang yang penuh hal absurd dan humor receh.

Meski konyol, sebetulnya ada kritik sosial dan pesan moral terselubung di balik canda tawa di dalam game Psychonauts ini. Isinya tentang bagaimana kita tak bisa menilai orang hanya dari penampilan saja, karena semua itu belum tentu benar dan tidak perlu terburu-buru untuk memutuskan sesuatu.

14. Sphinx and the Cursed Mummy

Game PS2 petualangan bertema Mesir Kuno biasanya identik Indiana Jones yang penuh aksi menegangkan. Sphinx and The Cursed Mummy membawa tema Mesir Kuno ini menjadi lebih ringan dan ramah untuk anak-anak tanpa mengurangi kadar misterinya.

Kamu akan berpetualang jadi Sphinx, singa jantan cerdas dan gagah berani membantu sahabatnya sang Mumi mengatasi beragam kutukan. Kontrolnya cukup sederhana dan gameplay ringan, mengutamakan eksplorasi gua dan merespon teka-teki ala adventure game klasik.

Konsep dua karakter yang bisa kita mainkan bergantian juga seru banget. Sphinx untuk segmen platforming dan pertarungan, sementara sang Mumi lebih ke stealth dan menyusup lewat celah sempit. Duet yang solid banget untuk nostalgia petualangan di Mesir bersama kawan baik.

15. Ape Escape 2

Siapa bilang main petualangan mesti serius dan tegang? Ape Escape 2 ini justru sebaliknya, game ini ingin kamu menangkap kera yang kabur dari kebun binatang dan mendapat kekuatan aneh.

Dengan beragam peralatan canggih yang lucu, kamu harus menangkap puluhan kera ini dan memulangkan mereka ke kandang. Tapi awas, sekarang mereka bisa menyemburkan api, menembakkan laser, bahkan terbang dan berubah menjadi besar seperti raksasa.

Selain menangkap kera, kamu juga bebas menjelajahi lokasi bermain yang luas dari hutan hingga pulau musim panas. Di sana banyak benda koleksi tersembunyi dan area rahasia berharga untuk eksplorasi lebih lanjut. Singkatnya dengan konsep kocak dan variasi gameplay unik, Ape Escape 2 adalah pilihan asyik kalau pengen petualangan santai dan penuh canda tawa di PS2.

16. Grand Theft Auto: San Andreas

Siapa juga yang tidak mengenal game legendaris berjudul GTA SA? pastinya saat bermain di rental PS2 kamu mengenal dan memainkan game GTA ini kan. Game ini sendiri menceritakan tentang Carl Johnson atau kerap dipanggil dengan sebutan CJ yang harus pulang ke San Andreas untuk memakamkan ibunya dan membalaskan dendam kematiannya.

Di sini kita bisa bebas untuk bereksplosi ke mana saja di San Andreas mulai dari ke pantai, bandara, pegunungan, pedesaan, hingga perkotaan yang padat penduduk. Kamu juga bisa melakukan apa saja yang kamu mau misal merampok, memodifikasi mobil, makan-makan, atau hanya sekedar berjalan-jalan saja.

Seru sekali jika kamu menikmati game ini, berpetualang dan mengikuti kisah CJ untuk mengungkap dalang dibalik perpecahan gengnya serta kematian ibunya. Rasanya tidaklah bosan untuk bermain game ini berkali-kali, ada rasa nostalgia tersendiri.

17. Suikoden III

Bagi penggemar RPG Jepang klasik di era PS1, seri Suikoden adalah salah satu yang paling memukau lewat cerita dan karakternya yang sangat kaya. Untungnya di PS2, warisan gemilang ini dilanjutkan dengan Suikoden III sebagai salah satu game petualangan PS2 yang lebih spektakuler.

Kita bisa berpetualang dari sudut tiga tokoh utama yang saling terhubung erat. Setiap arc ceritanya panjang dan membutuhkan puluhan jam untuk tuntas, belum lagi side-quest yang melimpah. Karakter pendukungnya lebih dari 100 yang semuanya bisa diajak gabung ke pihak kita.

Sistem pertarungan gilirannya tetap khas game RPG yang menantang dan seru sekali. Banyak variasi serangan dan sihir hebat yang bisa digunakan secara tepat. Pokoknya semua yang kita cintai dari serial besutan Konami ini hadir lebih halus dan menawan di platform PS2.

18. Devil May Cry 3

Setelah sukses besar di PS2, Dante si pemburu iblis yang ikonik kembali dalam DMC 3 yang jauh lebih menantang. Gamenya fokus menyempurnakan sistem pertarungan pedang cepat yang sangat bergantung skill dan reflek.

Combo pedang dan senjata api Dante sekarang jauh lebih rumit dengan banyak variasi serangan. Mode Devil Trigger-nya yang ikonik juga makin seru dengan kemampuan unik tiap senjata. Belum lagi boss fight yang lebih epik dan menuntut penguasaan mekanik pertarungan yang mumpuni dari pemain, perlu sekali skill pertarungan diasah di game seperti DMC.

Yang pasti tantangan di DMC 3 jauh lebih sulit, tapi sekaligus memberi kepuasan tiada tara saat berhasil menuntaskannya. Pokoknya siap-siap aja intensitas aksinya bikin jempol pegel karena kebanyakan combo senjata yang rumit.

19. Jak II

Petualangan lucu Jak and Daxter di PS2 ternyata bisa lebih serius dan menantang seperti yang ditunjukkan Jak II. Di sini kita melihat Jak sudah dewasa dan terlempar ke masa depan yang gelap di mana Baron Praxis memerintah dengan tangan besi.

Dunianya pun kini jauh lebih luas bertema cyberpunk penuh gedung pencakar langit, mobil terbang, hingga program teleportasi. Tapi sayang masa depannya justru dipenuhi kejahatan dan polusi. Untuk itu kita harus membantu perlawanan dan menggulingkan tiran yang menguasai dunia Jak.

Yang pasti tanah kelahiran Jak kini sangat berbeda. Dia pun terpaksa ikut berubah menjadi lebih garang dan sering marah karena kekuatan gelap barunya. Pokoknya petualangan kali ini sangat jauh dari yang pertama, tapi masih sarat hiburan berkat duo kocak Jak dan Daxter.

20. Beyond Good and Evil

Untuk penutup di dalam daftar game petualangan PS2 kali ini adalah Beyond Good and Evil. Kisah Jade sang wartawan amatiran yang terlibat bahaya besar saat menyelidiki konspirasi alien dan pemerintah.

Petualangannya menggabungkan elemen sci-fi, aksi parkour, hingga elemen stealth yang inovatif. Kita harus pandai mengendap-endap dan memotret situasi mencurigakan sebagai barang bukti. Gameplay-nya cukup ringan, mengutamakan alur cerita dan eksplorasi dunia yang unik.

Yang terpenting, Beyond Good and Evil memiliki pesan kemanusiaan yang begitu mendalam dan relevan soal propaganda pemerintah dan arti kebenaran yang sejati. Pokoknya ini adalah definisi game aksi petualangan yang sempurna kala itu dan sampai sekarang pun masih layak untuk dimainkan.

Nah, itulah tadi daftar beserta pembahasan tentang 20 Game PS2 Petualangan terbaik sepanjang masa. Semuanya memiliki daya tarik yang kuat lewat cerita, karakter, suasana, atau nostalgia yang terkandung di dalamnya. Mainkan saja satu per satu, dan rasakan sensasi agar kamu bisa mengetahui secara langsung bagaimana pengalaman bermain yang ditawarkan oleh game-game di atas. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan, sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar