12 Cara Mengatasi Lag di Mobile Legends, Gampang dan Ampuh!

4 min read

Mobile Legends

Bermain Mobile Legends rasanya pasti sangat menjengkelkan jika mengalami masalah lag. Masalah Lag ini sering terjadi ketika kita bermain Mobile Legends, hampir semua orang yang bermain game ini pasti pernah merasakan. Berbagai cara mengatasi lag di Mobile Legends sebenarnya sudah ada, tinggal kita saja yang menerapkan hal tersebut.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan berbagi cara mengatasi lag tersebut agar permainanmu tidak terganggu lagi sehingga kamu bisa lebih fokus push rank. Akan saya bahas secara tuntas dan lengkap melalui artikel ini dengan daftar dan penjelasan.

Berikut ini langsung saja, saya bahas di bawah cara agar tidak lag saat bermain Mobile Legends. Semoga bisa membantu dan kamu bisa lebih fokus tanpa melampiaskan marah dengan membanting ponselmu.

1. Gunakan Provider Sinyal yang Bagus dan Cocok

Provider Sinyal

Memilih provider yang cocok merupakan suatu hal yang penting karena setiap daerah berbeda-beda sinyalnya. Provider sangat mempengaruhi kelancaran jaringan di dalam game, jika providernya bagus dan cocok maka permainan akan lancar namun jika jelek dan tidak cocok maka akan timbul lag.

Misalkan di daerah kamu provider A memiliki sinyal yang bagus dibanding provider B, maka kamu bisa menentukan yang mana provider cocok bagi daerahmu. Jangan asal pilih provider sinyal ya, jika tidak ingin mengalami gangguan lag saat bermain Mobile Legends.

2. Ubah Kualitas Grafis Menjadi Rendah

Kualitas Grafis Mobile Legends

Jika kamu hanya mempunyai smartphone berspesifikasi biasa atau tidak terlalu tinggi terkadang akan timbul lag saat bermain dengan grafis high. Walaupun sinyal lancar tapi karena spesifikasi smartphone yang pas-pasan pastinya akan menimbulkan beban kerja berat sehingga timbul lag.

Solusi mengatasi masalah ini adalah menurunkan grafis dari high ke medium atau low, tetapi disarankan ke grafis low saja agar lancar jaya. Namun, jika spesifikasi smartphone bagus dan mumpuni maka tidak masalah untuk memakai grafis high asalkan sinyal juga harus bagus.

Baca Juga: 7 Jenis Cheat Mobile Legends Terbaru 2020, Jangan Dicoba!

3. Bersihkan/Matikan Aplikasi di Latar Belakang yang Tidak Penting

Aplikasi di Smartphone

Saat bermain Mobile Legends sangat penting untuk membersihkan aplikasi di latar belakang ponsel, sebab itu akan mempengaruhi kinerja. Jika ada banyak aplikasi yang berjalan di latar belakang saat kamu memainkan Mobile Legends maka akan timbul lag bahkan hingga parah.

Solusinya, bersihkan aplikasi yang tidak penting di latar belakang atau nonaktifkan saja aplikasi lain. Aplikasi seperti media sosial dan game lain biasanya memakan RAM yang cukup banyak serta dapat menimbulkan lag.

4. Gunakan Jenis Jaringan yang Cocok

Jaringan Sinyal 4G

Sekarang ini pasti sebagian besar smartphone sudah mendukung jaringan 4G yang lebih lancar dari generasi sebelumnya. Namun, terkadang jaringan 4G saja sering menimbulkan lag saat bermain Mobile Legends khususnya di jam-jam sibuk.

Cobalah untuk mengganti jenis jaringan di ponsel milikmu melalui setting kemudian ubah jaringan ke 3G yang lebih lancar. Apabila kamu memiliki WiFi lebih baik digunakan saja karena lebih lancar jaya ketimbang koneksi jaringan biasa. Itu bisa menjadi salah satu cara mengatasi lag di mobile legends yaitu dengan mengubah jaringan atau menggunakan WiFi.

5. Restart Jaringan Sinyal Sebelum Bermain

Tidak ada sinyal

Biasanya setelah mengganti jaringan masih timbul lag, cara mengatasi hal tersebut adalah dengan merestart jaringan sinyal sebelum bermain Mobile Legends. Sama saja ketika kamu menggunakan WiFi jika masalah lag terus terjadi silahkan restart WiFi agar sinyal bisa kembali normal dan lancar.

Walaupun terkesan sederhana namun cara ini bisa juga efektif dan mengurangi lag di dalam game. Jadi jika masalah lag masih saja terjadi setelah mengganti jaringan maka langsung restart koneksi data seluler sebelum kamu memainkan game ML.

6. Menggunakan Aplikasi Penguat Jaringan Sinyal

bermain dengan WiFi

Menggunakan aplikasi bantuan untuk menguatkan jaringan sinyal merupakan salah satu solusi mengatasi lag. Sudah banyak bertebaran aplikasi penguat sinyal game di Google Play Store maupun AppStore.

Aplikasi tersebut bisa membantu mempercepat jaringan sinyal smartphone milikmu . Dengan menggunakan cara ini biasanya lag sudah bisa teratasi karena terbantu oleh pihak ketiga, sehingga kamu bisa bebas bermain tanpa patah-patah lagi.

7. Menggunakan Aplikasi Game Booster

game booster mengatasi lag

Setelah mencoba aplikasi penguat sinyal dan masih saja timbul lag maka kamu harus coba aplikasi game booster. Fungsi dari aplikasi game booster adalah meningkatkan performa smartphone saat bermain game. Aplikasi tersebut akan membatasi latar belakang smartphone supaya saat bermain makin lancar dan tidak timbul lag.

Sudah banyak aplikasi game booster yang tersedia baik di Google Play Store maupun App Store. Silahkan saja pilih salah satu yang menurutmu paling baik berdasarkan review dari pengguna. Dengan menggunakan cara ini biasanya lag sudah bisa dikurangi oleh aplikasi game booster sehingga tidak perlu terlalu khawatir dengan lag.

Baca Juga: 6 Hero Paling Berbahaya di Late Game Mobile Legends

8. Mengaktifkan Speed Mode di Pengaturan

speed mode atasi lag mobile legends

Speed Mode merupakan sebuah fitur yang disediakan oleh pihak Moonton untuk meningkatkan jaringan supaya tidak timbul masalah lag. Fitur ini bisa dijumpai di pengaturan Mobile Legends.

Untuk mengaktifkan fitur ini silahkan kamu pergi ke pengaturan kemudian ke Dasar lalu pencet ke On agar speed mode aktif. Speed Mode memang bisa untuk meningkatkan jaringan sinyal supaya lebih baik dan meminimalisir lag. Namun, sayangnya fitur ini menyedot penggunaan data lebih besar bahkan hingga 2 kali lipat.

9. Jangan Bermain Saat Charging Smartphone

charging handphone

Jangan bermain Mobile Legends sambil mengecas smartphone karena malah akan menimbulkan lag parah. Jika ingin bermain maka pastikan baterai kamu cukup dan tidak lowbat. Selain itu, bermain sambil charging smartphone juga menimbulkan panas.

Sebaiknya tunggu saja sampai penuh ketika mengisi daya, setelah selesau baru lanjut main ML-nya. Bermain sambil charging juga bisa berdampak buruk terhadap smartphone kamu, baterai menjadi semakin rusak.

10. Matikan Penghemat Baterai

penghemar baterai

Penghemat baterai memang membantu untuk menghemat daya namun ternyata juga mengurangi kinerja smartphone khususnya saat bermain game. Jika penghemat baterai aktif saat bermain Mobile Legends biasanya akan terjadi lag, tentu saja sangat mengganggu bukan?.

Caranya tinggal matikan saja fitur penghemat baterai saat kamu memainkan ML. Hal itu akan mengurangi lag yang ditimbulkan karena pengurangan kinerja smartphone oleh fitur penghemat daya.

Baca Juga: 4 Rekomendasi HP Infinix Terbaik Beserta Spesifikasinya

11. Bermain Mobile Legends di Jam Tertentu

waktu berputar

Terkadang kita juga harus memperhatikan waktu bermain atau jam karena biasanya hal tersebut dapat memengaruhi kesibukan jaringan sinyal. Biasanya jam-jam sibuk terjadi pada malam hari sekitar jam 7 sampai jam 10 malam.

Jika kamu tidak ingin mengalami lag atau patah-patah karena jaringan sinyal yang jelek lebih baik memilih jam tertentu untuk bermain. Jam yang bagus kecepatan internetnya sekitar jam 6-8 pagi, untuk siang jam 12-14, dan untuk malam hari adalah jam 11 malam keatas.

12. Ganti Smartphone

ponsel gaming ROG

Solusi terakhir yang tak kalah penting adalah mengganti smartphone milikmu menjadi lebih baik dan berspesifikasi unggul. Penyebab lag salah satunya karena RAM atau Chipset smartphone yang kurang mumpuni serta memiliki performa rendah, hal itu bisa berpengaruh terhadap permainan Mobile Legends.

Cara ini merupakan metode terakhir bila memang smartphone dirasa tidak cocok dan terus mengalami lag. Semakin baik spesifikasi di RAM, Chipset, dan Baterai maka menambah kenyamanan bermain, selain itu masalah lag akan hilang karena performa smartphone yang bagus.

Baca Juga: 5 Rekomendasi HP Gaming Murah dan Terbaik Tahun 2019

Itulah tadi beberapa cara untuk mengatasi lag di Mobile Legends beserta penjelasannya. Semoga bisa membantu kalian yang sedang mengalami masalah lag agar bisa pulih kembali dan bermain Mobile Legends dengan nyaman.

Sepertinya sampai disini saja artikel kali ini ya, sampai bertemu di artikel selanjutnya. Jangan lupa terus mampir di blog ini agar tak ketinggalan informasi seputar game khususnya Mobile Legends, Sampa jumpa.

Sumber Gambar: pixabay, pexels, flickr

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *