Apa Itu Gold Lane di Mobile Legend? Ini Penjelasan Lengkapnya!

Mobile Legends itu game MOBA yang lagi ngehits dan populer banget di Indonesia, baik tua ataupun muda hingga anak-anak sangat menggemari game ini. Game ini punya banyak fitur dan mode yang asik dan seru. Salah satu fitur yang ada di dalam game ini adalah gold lane yang merupakan bagian dari sistem pembagian lane di Mobile Legends.

Ada total 3 lane dalam Mobile Legends, yaitu exp lane, mid lane, dan gold lane, serta satu tambahan lane khusus yaitu jungle. Dari keempat lane tersebut, gold lane dianggap sebagai lane paling vital yang menentukan nasib pertandingan. Lane ini ada di sisi peta yang jauh dari tempat keluar turtle pertama. Lane ini penting banget karena kasih banyak untung buat hero yang main di sana.

Lalu sebenarnya apa itu gold lane di Mobile Legends? Apa peran pentingnya dalam pertandingan? Yuk simak penjelasan lengkapnya berikut ini!

Pengertian Gold Lane di Mobile Legends

Gold lane adalah salah satu lane/jalur di peta Mobile Legends yang terletak di samping atas ataupun bawah dan jauh dari tempat turtle muncul pertama kali, lane ini memiliki lebih banyak gold ketimbang lane lain yang bersumber dari minion dan turret musuh.

Lane ini biasanya ditempati oleh hero marksman atau hero damage dealer yang bisa ngecarry tim. Dengan berada di gold lane, hero carry seperti marksman bisa mendapatkan gold dan EXP lebih cepat untuk meningkatkan item dan level dengan leluasa.

Baca Juga: Penjelasan Lane di Mobile Legends Lengkap, Pemain ML Harus Tahu!

Mengapa Disebut Gold Lane?

Gold lane merupakan nama lain dari side lane yang ada di Mobile Legends yang ada di samping peta, bisa disebut seperti itu karena di lane ini kamu bisa dapet gold lebih banyak daripada lane lain.

Gold yang banyak itu bisa kamu dapet dari siege minion dan turret. Siege minion itu minion yang bentuknya beda dari minion biasa. Minion ini punya gulungan kertas di belakangnya. Kalo kamu berhasil ngekill siege minion ini, kamu bakal dapet tambahan gold yang gede.

Turret itu bangunan yang ada di setiap lane. Turret ini bakal nembak hero atau minion yang deket. Kalo kamu berhasil nyerang turret ini, kamu juga bakal dapet tambahan gold yang gede.

Jadi, gold lane itu namanya begitu karena di lane ini kamu bisa dapet gold lebih banyak dan lebih cepet. Gold itu penting banget buat beli item yang bisa bikin hero kamu jadi kuat. Makanya, lane itu cocok buat hero yang butuh gold buat jadi kuat, kayak marksman, mage, atau assassin.

Baca Juga: 12 Hero Midlaner Terbaik di Mobile Legends 2024

Keuntungan Gold Lane

Gold lane itu lane yang paling untung buat hero yang pengen dapet gold cepet-cepet. Gold itu ibaratnya seperti mata uang yang dipake buat beli item di Mobile Legends. Item itu alat bantu yang bisa naikin kemampuan dan stats hero yang kamu gunakan.

Di gold lane, ada minion baru yang namanya siege minion. Minion ini bentuknya beda dari minion biasa. Minion ini juga punya peran istimewa, yaitu kasih tambahan gold buat hero yang berhasil ngekill dia.

Siege minion ini muncul setiap kali ada gelombang minion di gold lane. Siege minion ini kasih 35% tambahan gold di 10 gelombang pertama, dan 25% tambahan gold di gelombang selanjutnya. Banyaknya gold yang dikasih siege minion ini tergantung dari level hero yang ngekill dia.

Selain itu, gold lane juga kasih tambahan gold buat hero yang berhasil nyerang turret musuh. Turret itu bangunan yang ada di setiap lane. Turret ini bakal nembak hero atau minion yang deket.

Turret di lane ini punya fitur istimewa, yaitu bakal kasih 50% tambahan gold buat hero yang nyerang dia di 3 menit pertama game. Banyaknya gold yang dikasih turret ini tergantung dari banyaknya serangan yang dilakuin hero.

Dengan main di lane ini, hero bisa dapet gold lebih banyak dan lebih cepet daripada lane lain. Dengan gold yang banyak, hero bisa beli item yang dibutuhin buat naikin kekuatan dan efektivitasnya di war.

Hero yang Cocok di Gold Lane

Gold lane itu lane yang cocok buat hero yang butuh gold buat jadi kuat. Hero yang cocok di gold lane itu hero yang punya role marksman, mage, atau assassin.

Marksman itu hero yang andelin serangan jarak jauh dan kecepatan serangan. Marksman biasanya lemah di awal game, tapi jadi gila-gilaan di akhir game. Marksman butuh gold buat beli item yang naikin damage, attack speed, dan critical.

Mage itu hero yang andelin serangan sihir dan skill. Mage biasanya punya damage yang gede, tapi punya cooldown yang lama. Mage butuh gold buat beli item yang naikin magic power, magic penetration, dan cooldown reduction.

Assassin itu hero yang andelin serangan dadakan dan burst damage. Assassin biasanya punya mobilitas yang tinggi, tapi punya defense yang rendah. Assassin butuh gold buat beli item yang naikin physical attack, physical penetration, dan lifesteal.

Beberapa contoh hero yang cocok di gold lane adalah:

  • Lylia: Mage yang punya skill yang bisa meledakkan bom sihir dan balikin posisi. Lylia bisa ngumpulin gold gampang dengan naro bom di lane dan nyerang turret dengan skill kedua. Lylia juga bisa kabur dari gank dengan skill ultinya.
  • Granger: Marksman yang punya skill yang bisa nembakin peluru dengan damage yang gede. Granger bisa ngumpulin gold cepet dengan nyerang minion dan turret dengan skill pertama dan kedua. Granger juga bisa ngejar atau kabur dengan skill ketiga.
  • Lancelot: Assassin yang punya skill yang bisa tusuk dan hindarin serangan. Lancelot bisa ngumpulin gold gampang dengan nyerang minion dan turret dengan skill pertama dan kedua. Lancelot juga bisa ngebunuh hero musuh dengan skill ultinya.

Baca Juga: 12 Hero Gold Lane Terbaik dan Terkuat di Mobile Legends 2024

Tips Main di Gold Lane

Main di gold lane butuh strategi dan skill yang oke. Ini dia beberapa tips yang bisa kamu pake saat main di gold lane:

  • Pilih hero yang sesuai dengan role dan gaya main kamu. Kamu harus pilih hero yang bisa ambil untung dari gold lane dan sesuai dengan kemampuanmu. Jangan maksa diri buat pilih hero yang nggak kamu bisain atau nggak cocok sama tim kamu.
  • Fokus sama farming dan last hit. Kamu harus fokus sama ngumpulin gold sebanyak-banyaknya dengan ngebunuh minion dan nyerang turret. Dan, usaha buat kasih serangan terakhir ke minion dan siege minion biar dapet gold maksimal. Jangan lupa buat jaga jarak aman dari hero musuh dan turret musuh.
  • Pakai item yang pas dan sesuai sama situasi. Kamu harus beli item yang bisa naikin kekuatan dan efektivitas hero kamu. Sesuain item sama kondisi game, misalnya, kalo kamu lawan hero yang punya magic resistance yang tinggi, kamu bisa beli item yang kasih magic penetration.
  • Selalu lihat map dan komunikasi sama tim. Kamu harus selalu liat peta dan posisi hero temen dan musuh. Hati-hati sama kemungkinan gank dari musuh atau penyergapan dari semak-semak. Selain itu, komunikasi sama tim kamu buat kasih tau atau minta bantuan. Bisa pakai fitur chat, voice, atau signal yang ada di game.
  • Ikut war/teamfight dan ambil objektif. Kamu nggak boleh cuma fokus sama gold lane aja. Jangan lupa juga harus ikut war dan ambil objektif kayak turtle, lord, atau buff. Pokoknya harus bantu tim kamu buat dapet keunggulan dan menang.

Baca Juga: 12 Hero EXP Lane Terbaik 2024 di Mobile Legends

Kesimpulan

Gold lane itu lane yang bakalan kasih banyak gold buat hero yang main di sana. Gold lane cocok buat hero yang butuh gold buat jadi kuat, kayak marksman, mage, atau assassin. Main di gold lane butuh strategi dan skill yang bagus dan mumpuni. Kamu harus fokus sama farming, pake item yang pas, selalu lihat map, dan ikut war/temafight dan objektif.

Itulah tadi artikel tentang gold lane di Mobile Legends. Semoga artikel ini berguna dan nambah ilmu kamu tentang game ini. Kalo kamu punya pertanyaan atau saran, kamu bisa tulis di kolom komentar ya. Makasih udah baca, sampai ketemu lagi Sob di artikel selanjutnya!

Tinggalkan komentar