25 Game Online PC Ringan Terbaik, Ramah Buat PC dan Laptop Kentang!

Di era teknologi yang semakin maju saat ini, bermain game telah menjadi salah satu hobi yang sangat populer. Tak heran, dengan beragamnya game yang tersedia, kita dapat memilih sesuai keinginan dan selera masing-masing. Mulai dari game aksi, petualangan, hingga game simulasi, semuanya menawarkan cara bermain yang berbeda-beda.

Namun, tidak semua PC atau laptop memiliki spesifikasi tinggi yang mampu menjalankan game berat. Untuk itu, berikut ini adalah 25 rekomendasi game online PC ringan terbaik yang dapat kamu mainkan tanpa khawatir PC jadi lemot. Semua game ini cukup ringan untuk dimainkan di PC atau laptop dengan spesifikasi standar. Mari kita simak satu per satu ya, Sobat!

1. Counter Strike 2

Game online PC ringan yang pertama adalah Counter-Strike 2, salah satu game karya Valve Corporation yang juga menjadi pengelola dari Steam. Mungkin banyak yang bertanya tanya, mengapa ada Counter Strike 2? Ya sebenarnya CS versi 2.0 ini merupakan versi yang pengganti dari Counter Strike: Global Offensive yang sudah sangat populer.

Tentu saja penggantian ini bukan tanpa alasan, Counter Strike: Global Offensive sudah cukup lama yaitu sejak tahun 2012, maka dari itu Valve menggantinya menjadi Counter Strike 2. Penggantian ini juga membawa hal baru seperti visual yang lebih bagus dan peningkatan teknis lainnya karena perpindahan mesin permainan ke Source 2.

Meskipun sudah diubah, tapi CS 2 tetap bernostalgia menyajikan sensasi pertempuran antara pasukan anti teroris dan teroris yang seru bisa kita rasakan kembali. Suara tembakan AWP yang epik, berbagai map yanga sudah mengalami perombakan tapi suasanannya masih sama, hingga sensasi bunuh-bunuhan dengan AK47 masih sama mendebarkannya seperti halnya di CS:GO.

Baca Juga: 25 Game Multiplayer Offline Terbaik, Bisa Mabar Tanpa Internet!

2. Valorant

Valorant adalah salah satu game online PC ringan dengan genre FPS taktis 5v5 paling populer saat ini. Dikembangkan dan diterbitkan oleh Riot Games, gameplay Valorant mengambil konsep dasar dari CS:GO keunikannya terletak di agen-agen dengan kemampuan khusus masing-masing. Meski baru dirilis tahun 2020, tapi performa Valorant cukup ringan dan bisa dimainkan di PC standar atau bahkan kentang sekalipun. Valorant bahkan kini telah menggantikan posisi Counter Strike sebagai FPS e-sport terbaik.

Dalam game ini, pemain akan berperan sebagai agen Valorant dari berbagai negara untuk bertarung melawan musuh. Setiap agen memiliki kemampuan dan peran masing-masing seperti duelist, controller, initiator, hingga sentinel. Kamu dapat memilih agen sesuai gaya bermain dan bekerja sama dengan tim untuk memenangkan pertandingan.

Valorant menghadirkan pengalaman bermain FPS 5v5 yang intens dan kompetitif layaknya CS:GO, namun dengan tampilan dan mekanik yang lebih modern. Performa ringan dan spesifikasi minimum yang ringan membuat Valorant bisa dimainkan di hampir semua spesifikasi PC bahkan laptop gaming murah sekalipun. Valorant pastinya akan menjadi salah satu game FPS online terbaik yang wajib Sobat gamers coba.

Baca Juga: 25 Game Petualangan Android Offline Terbaik, Rasakan Serunya Berpetualang!

3. Dota 2

Bicara tentang game MOBA legendaris, tentu saja tidak bisa lepas dari game satu ini, yakni Dota 2. Sebagai penerus resmi Defense of The Ancient mod Warcraft 3, Dota 2 berhasil menjadi salah satu esports terpopuler di dunia dengan total hadiah turnamen mencapai puluhan juta dollar. Dikembangkan oleh Valve Corporation dengan basis game gratis, jutaan pemain setia berbondong-bondong memainkan game satu ini.

Gameplay Dota 2 sebenarnya cukup sederhana, yakni 5 pemain saling bertarung untuk menghancurkan markas musuh yang disebut Ancient sambil memperkuat karakter mereka dengan item dan gold. Ya, pastinya game MOBA memiliki gameplay seperti itu sama halnya dengan League of Legends.

Namun strategi, kerjasama tim, dan pemilihan hero yang tepat sangat menentukan kemenangan. Tersedia ratusan hero unik dengan kemampuan masing-masing yang bisa kamu pilih. Performa Dota 2 sendiri sudah di-optimisasi dengan baik sehingga bisa berjalan lancar bahkan di PC kentang sekalipun.

Baca Juga: 25 Game Nomor 1 di Dunia Terbaik dan Terpopuler 2024

4. RuneScape

Siapa sangka MMORPG legendaris yang dirilis hampir 20 tahun silam ini masih bertahan eksis hingga sekarang? Ya RuneScape boleh dibilang jadi game online mainstream pertama yang memperkenalkan konsep open world sandbox di mana pemain bebas mengeksplorasi aktivitas tanpa batasan.

Walaupun termasuk game jadul yang sudah berumur puluhan tahun tapi kalau soal gameplay tidak usah diragukan lagi, bagus dan bikin ketagihan. Bahkan sampai sekarang pun game ini masih diurus oleh pengembangnya, bukti bahwa game yang dirawat bisa tetap hidup asalkan tepat strateginya.

Dengan puluhan skill yang bisa ditingkatkan, ratusan quest seru dan menantang, hingga ribuan item dan cerita yang bisa dieksplorasi, tak salah bila RuneScape jadi kenangan masa kecil banyak veteran gamers saat ini.

Baca Juga: 25 Game Online PC Gratis Terbaik 2024, Rugi Kalau Nggak Main!

5. Stardew Valley

Game PC online ringan berikutnya adalah Stardew Valley, salah satu video game simulasi peternakan / pertanian yang dikembangkan oleh ConcernedApe dan diterbitkan oleh Chucklefish. Diluncurkan pada tahun 2016, Stardew Valley sukses besar dan mendapatkan banyak penghargaan bergengsi berkat konsep permainannya yang adiktif.

Dalam Stardew Valley, pemain akan pindah ke sebuah desa bernama Pelican Town untuk mengambil alih peternakan kakeknya yang sudah tua renta. Di sana, pemain bisa menanam berbagai jenis tanaman, beternak hewan ternak, mencari barang tambang, hingga menjalani kehidupan sosial dengan para penduduk desa yang unik.

Stardew Valley benar-benar menghadirkan pengalaman hidup di desa yang damai, jauh dari hiruk pikuk kota. Performanya yang ringan memungkinkan Stardew Valley bisa dimainkan di PC mana saja tanpa kendala, sebab game ini tak perlu spesifikasi yang tinggi.

Baca Juga: 30 Game PC Offline Ringan Terbaik, Cocok Buat PC Kentang!

6. Terraria

Terraria adalah salah satu game ringan PC online terbaik yang menghadirkan aksi petualangan 2D paling seru yang pernah ada. Dikembangkan oleh Re-Logic dan diterbitkan 505 Games serta Xbox Games Studios, Terraria menawarkan konsep pertambangan, eksplorasi , dan bertarung serupa dengan Minecraft dalam dunia 2D.

Dalam Terraria, pemain dapat membangun tempat tinggal, kastil, hingga kota-kota besar, melakukan pertambangan, berburu harta karun, serta melawan berbagai macam musuh ganas seperti zombie, ogre, hingga boss-boss menyeramkan di penjara bawah tanah yang sangat mengerikan. Dengan graik sederhana namun indah, gameplay Terraria sangat menarik dan membuat ketagihan siapa pun yang memainkannya.

Meski dirilis pertama kali pada 2011, performa dan grafis Terraria begitu ringan sehingga bisa dijalankan pada PC dan laptop apa saja tanpa kendala. Game ini mendukung permainan multiplayer sampai 8 pemain sekaligus di mana kamu bisa bekerja sama membangun dunia bersama teman. Pokoknya Terraria wajib banget dimainkan para gamers yang suka game petualangan bertipe sandbox 2D.

Baca Juga: 20 Game Perang PS5 Terbaik dan Terpopuler, Penuh Aksi dan Tantangan!

7. League of Legends

Bicara tentang MOBA fenomenal, pasti kita tahu satu ini, League of Legends, saingan berat bagi Dota 2 yang sama-sama game MOBA. Game buatan Riot Games ini awalnya mode custom DOTA sebelum akhirnya berdiri sendiri dan bahkan diangkat jadi esports profesional paling besar di dunia.

Konsep MOBA 5 lawan 5 satu laning diterapkan di permainan ini. Pemain bisa memilih dari ratusan Champion unik dengan skill dan peran masing-masing untuk bertarung melawan Champion lawan. Mulai dari mage, marksman, tank, assassin, hingga support tersedia dengan beragam kemampuan yang epik.

Sensasi pertarungan Champion dengan kombo skill yang menawan dipadukan dengan item build sesuai peran menjadi daya tarik utama yang membuat gamers betah bertahan lama di game satu ini. Strategi dan kerja sama tim juga diperlukan untuk bersama-sama menaklukkan base lawan. Turnamen dan ranked match online tersedia bagi Sobat yang ingin mengasah skill bertarungnya melawan pemain lain. Performanya sendiri juga sudah dioptimalkan dengan baik sehingga bisa dijalankan di PC dan laptop gaming standar tanpa kesulitan.

Baca Juga: 25 Game PC Terbaik 2024, Bakal Bikin Kamu Betah Main!

8. Smite

Smite juga merupakan salah satu game online PC ringan MOBA (multiplayer online battle arena) dengan gameplay third-person shooter yang cukup unik dan populer. Dikembangkan Hi Rez Studios ini mengambil mitologi dewa-dewi dari berbagai peradaban kuno seperti Zeus (Yunani), Thor (Norse), Ra (Mesir), Anubis(Mesir), Sun Wukong (China) sebagai hero yang bisa dimainkan.

Konsep bertarungnya pun beda dari MOBA pada umumnya di mana kita mengontrol hero layaknya game aksi RPG dengan sudut kamera orang ketiga. Skill-skillnya bisa langsung diarahkan oleh player dengan joystick dan tombol skill masing-masing. Peta dan mode arena 3 jalur serta mode conquest 5v5 juga tersedia disini.

Kontrol hero layaknya game aksi RPG dengan sudut pandang orang ketiga juga bikin sensasi bertarungnya lebih greget. PC standar pun sanggup menjalankan game MOBA satu ini dengan pengaturan grafis medium. Pokoknya kalau bosan dengan MOBA 2D konvensional, Smite layak dicoba nih.

Baca Juga: 50 Game PS4 Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Dimainkan

9. Warframe

Game PC online ringan berikutnya yaitu Warframe yang menawarkan sensasi gameplay RPG kooperatif sci-fi yang sangat memuaskan. Konsep open world antar planet, puluhan warframe unik dengan skill masing-masing dipadukan aksi parkour serta pertarungan jarak dekat yang sangat mulus membuat FPS satu ini benar-benar nikmat untuk dimainkan.

Pemain bisa mengadu skill melalui misi-misi kooperatif PvE yang disediakan. Total ada ratusan senjata, peralatan, hingga mod yang bisa dijarah atau dimodifikasi guna menambah kekuatan karakter kita. Konten baru berupa misi, planet, warframe, senjata,dan musuh baru juga selalu ditambahkan developer tiap pembaruan.

Dilengkapi personalisasi equipment yang mendalam serta update konten baru yang lengkap setiap bulannya. Warframe benar-benar menjadi paket komplit yang akan membuatmu betah sliweran ratusan jam! Laptop standar pun bisa dengan mulus menjalankan game yang satu ini.

Baca Juga: 15 Game Open World PS4 Terbaik dan Terpopuler, Menjelajah Dunia Luas!

10. Team Fortress 2

Lanjut game PC online ringan karya developer Valve lainnya adalah Team Fortress 2. Awalnya game ini adalah mod Half Life, tapi kemudian dirilis secara resmi pada 2007. Konsep permainan berfokus pada multiplayer di mana pemain harus bekerja sama menumbangkan tim lawan serta mengamankan objektif yang ada.

Ada 9 kelas karakter yang bisa dipilih dengan peran unik masing-masing mulai Sniper, Soldier, Engineer, Medic, Heavy, Spy, Demoman, Pyro, hingga Scout. Setiap karakternya dirancang unik baik dari desain, latar belakang, kepribadian, hingga dialognya. Peta dan game mode juga bervariasi mulai control point, king of the hill, payload, hingga mann vs machine.

Total ada ratusan skin contohnya skin senjata yang bisa untuk mempercantik karakter kita. Sensasi pertempuran tim yang ditawarkan benar-benar membuat pengalaman bermain tak terlupakan sepanjang masa. Performanya sudah sangat ringan dan bisa dimainkan pada segala spesifikasi PC atau laptop zaman sekarang tanpa kendala.

11. Magic: The Gathering Arena

Magic The Gathering Arena (MTG Arena) adalah game digital resmi dari permainan kartu koleksi papan Magic The Gathering yang sangat terkenal. Pemain bisa berduel satu lawan satu secara online dengan memainkan ratusan deck dan ribuan kartu Magic yang tersedia dari berbagai kumpulan dan ekspansi.

Sensasi bertarung dengan deck yang sudah kita bangun sendiri rasanya begitu memuaskan dan menegangkan. Apalagi saat kombinasi kartu mulai aktif dan berhasil menggiling musuh dalam sekejap. Deck mana yang akan Kamu pilih untuk menghancurkan lawan? Aggro merah super agresif? Control biru tempo lambat? Ramp hijau? Atau milling hitam? Kustomisasi dan strategi menyusun kartu yang matang menentukan kemenangan.

Performanya sudah dioptimasi dengan baik sehingga bisa dijalankan di PC standar dan untuk yang kentang sekalipun tanpa kesulitan. Pokoknya keseruan berduel game kartu MTG Arena ini benar-benar tiada duanya.

12. Hearthstone

Selanjutnya satu lagi game kartu yang populer sekaligus salah satu game online PC ringan yang bisa kamu coba, pasti sudah pada tahu dong yakni Hearthstone buatan Blizzard Entertainment. Menariknya dunia Hearthstone ini merupakan bagian dari warcraft dengan kartu-kartu dan karakter yang mewakili seluruh cerita di game WoW.

Selain pertempuran dan menyusun kartu, pengalaman bermain di dalam tavern serta dialog lucu dari para karakter Hearthstone semakin membuat kita merasa berada di dunia Azeroth. Belum lagi saat menggunakan kombinasi kartu yang sadis dan berhasil memukul mundur lawan dalam sekejap. Sensasi kemenangan itu loh yang bikin kecanduan main game kartu satu ini.

Spesifikasi PC minimumnya pun tergolong rendah sehingga bisa diinstal di laptop atau PC mana saja. Pokoknya game TCG satu ini sudah sangat bagus banget deh buat kalian pecinta strategi apalagi yang suka dengan game kartu.

13. Albion Online

Albion Online adalah game PC ringan online yang mengusung jenis permainan MMORPG sandbox dunia terbuka yang cukup unik karena menggunakan konsep PVP atau pemain vs pemain. Pemain bebas melakukan berbagai aktivitas seperti berburu monster, mengumpulka sumber daya, memodifikasi perlengkapan, berdagang, hingga bertarung 1 lawan 1 atau 5v5 bahkan bisa menyerbu ke wilayah lawan untuk merebut harta jarahan.

Yang paling unik adalah seluruh item di game ini sepenuhnya dibuat oleh para pemain. Melalui sistem ekonomi yang berbasis pemain, harga setiap item dan peralatan ditentukan sesuai hukum penawaran dan permintaan antar pemainnya sendiri. Benar-benar menerapkan konsep ekonomi liberal.

Resiko kehilangan seluruh item dan uang tentu menjadi tantangan tersendiri bagi para petualang. Rasanya sangat was-was saat sedang menggotong jutaan perak di tas yang bisa dijarah pemain lain kapan saja. Sensasi adrenalin penuh ini yang membuat banyak pemain kecanduan hingga ratusan jam lost in Albion. Spesifikasi minimum pun cukup rendah sehingga Albion Online bisa dijalankan di laptop atau PC biasa tanpa kesulitan. Jadi buat yang hobi game dunia terbuka yang bebas dengan sistem yang cukup leluasa bagi pemain, Albion Online layak banget dicoba nih!

14. Legends of Runeterra

Legends of Runeterra, salah satu game online PC ringan yang juga mengusung konsep game kartu digital buatan Riot Games namun kali ini berlatarkan di semesta League of Legends. Total ada ribuan kartu unik yang terdiri dari champions, followers, spells, landmarks, dan lainnya yang bisa Sobat masukkan ke deck masing-masing.

Turnamen dan pertandingan ranked PvP online 1 lawan 1 ataupun 2 lawan 2 tersedia bagi yang ingin mengasah kemampuan menyusun kartu dan strateginya. Persiapkan diri bertarung melawan deck yang terdiri dari berbagai kartu unik dalam game digital seru satu ini.

Ada yang menarik juga di game ini yaitu dialog setiap karakter yang akan menemani di setiap pertandingan. Spesifikasi laptop standar atau biasa-biasa saja sekalipun dapat dengan lancar menjalankan game kartu yang satu ini tanpa adanya kendala.

15. Teamfight Tactics

Dari MOBA ke autochess, Riot Games sukses pula meramaikan jenis game baru satu ini lewat Teamfight Tactics. Mengambil desain Champion yang sama dari dari LoL, pemain harus membangun tim terkuat dari banyaknya Little Legend yang tersedia dari berbagai kelas dan skill.

Mekanik bertarungnya mirip game autobattler lainnya di mana Sobat harus memposisikan dan mengupgrade unit terbaik agar mampu menaklukkan tim lawan. Sensasi puas saat melihat pasukan yang kita susun menggila di arena benar-benar tiada duanya.

Spesifikasi minimum untuk laptop atau PC kentang pun sudah lebih dari cukup untuk menjalankan game auto chess yang satu ini dengan mulus tanpa kendala lag. Bisa jadi alternatif yang bagus buat kamu yang mencari game PC ringan online selain League of Legends atau Legends of Runeterra, paling tidak bisa untuk main santai.

16. Dota Underlords

Tidak mau kalah dengan genre baru satu ini, Valve pun ikut meluncurkan catur online sendiri yakni Dota Underlords. Menarik ratusan hero DOTA 2, pemain ditantang untuk membangun tim terkuat dari banyaknya unit yang tersedia guna menghancurkan benteng lawan.

Beragam jenis unit bisa dipilih mulai dari warriors, assassins, hunters, mages, scrappy bahkan primordial sesuai strategi dan synerginya masing-masing. AI bertarung full otomatis tanpa kita perlu control. Yang perlu kita lakukan hanyalah manage formasi, upgrade, dan econ untuk mendapatkan army terkuat sedunia.

Sensasi autochess kekinian siap bersliweran di PC Sobat gamers lewat Dota Underlords. Performa ringannya tentu memungkinkan laptop apa saja untuk menjalankan game satu ini smooth bak sutra.

17. The Sims 4

Selanjutnya untuk game online PC ringan ada The Sims 4, game simulasi kehidupan yang sangat populer. Sejak The Sims pertama kali hadir di tahun 2000, franchise game garapan Maxis ini sukses besar karena konsep bermain yang unik dan asyik. Di The Sims, Sobat bisa membuat karakter 3D simulasi manusia lengkap dengan rumah impian yang diinginkan. Performa The Sims 4 sendiri sudah jauh lebih ringan dibanding series sebelumnya, jadi bisa dimainkan di laptop manapun.

The Sims 4 menghadirkan simulasi kehidupan super lengkap mulai dari bangun tidur, makan, bekerja, bersosialisasi, hingga menjalin hubungan dan memiliki anak. Pemain bebas untuk membangun rumah impian, mendesain tata ruang interior sesuai keinginan, hingga mengatur perilaku dan bahkan berhubungan atau berteman dengan karakter lain.

Tentunya dengan ribuan item furnitur dan pakaian yang tersedia, kamu dapat berkreasi tanpa batas mewujudkan kehidupan idaman. Kalau main The Sims 4 ini bawaannya pengen larut main terus hingga berjam-jam saking serunya.

18. Minecraft

Siapa sih yang tidak tahu dengan game satu ini? Ya ini dia game online PC ringan sandbox paling fenomenal sedunia yang dikembangkan Mojang Studios, Minecraft. Sudah dirilis sejak 2009, tapi hingga kini penggemarnya masih sangat besar. Di Minecraft, pemain dapat menebang kayu, menggali tanah, hingga merakit barang untuk bertahan hidup di dunia penuh monster dan bahaya.

Kebebasan berkreasi dan bereksplorasi adalah fokus utama Minecraft. Pemain dapat membangun bangunan apa saja sesuai imajinasi, mulai dari pondok, kastil megah, hingga kota-kota futuristik. Item, senjata, dan armor juga bisa dibuat guna menghadapi zombie dan berbagai makhluk aneh lain yang mengancam sang karakter, Steve.

Fitur multiplayer online membuat pengalaman bermain Minecraft makin seru karena bisa berpetualang bersama teman dan berkeasi sembari membuat berbagai bangunan megah. Walaupun grafisnya terlihat jadul, game ini sangat ringan dan bisa dimainkan di PC kentang sekalipun.

19. Rocket League

Berikutnya di daftar game PC online ringan ini ada game unik yaitu Rocket League. Adrenalin dan kejutan dari setiap pertandingan, itulah yang ditawarkan oleh Rocket League buatan Psyonix. Merupakan salah satu game olahraga dan mobil populer yang memadukan konsep sepak bola dengan balap mobil-mobil super keren, Rocket League benar-benar menjadi salah satu game unik yang pernah ada.

Dalam game satu ini, pemain mengendalikan mobil-mobil bagaikan pemain bola yang harus saling berebut bola dan mencetak gol ke gawang lawan. Dengan kontrol kendaraan yang responsif dan berbagai aksi akrobatik, pemain dapat melakukan berbagai teknik dan aksi seperti melompat hingga bermanuver dengan cepat untuk menjebol pertahanan lawan.

Sensasi bertanding bak sedang menonton sepak bola sungguhan bisa kamu rasakan lewat Rocket League. Sebaiknya main bareng dengan teman kalo ingin lebih seru lagi, dan untuk spesifikasi juga tidak terlalu berat kok, laptop atau PC biasa masih bisa menikmati game ini.

20. Plants vs Zombies

Siapa yang tak kenal dengan game Plants vs Zombies ini? Game klasik karya PopCap Games dan EA ini sudah dirilis sejak 2009. Dengan konsep tanaman vs zombie yang lucu, gameplay ringan dan kartunis, PvZ cocok buat kamu yang suka game santai. Meskipun grafisnya sederhana, tapi PvZ bisa memberikan jam-jam kesenangan buatmu.

Dalam game ini, pemain bertugas untuk mempertahankan rumah dari serbuan zombie dengan memanfaatkan berbagai jenis tanaman yang memiliki kemampuan bertarung masing-masing. Mulai dari tanaman kacang yang bisa menembak, bunga matahari, hingga tanaman melon yang bisa yang bisa melempar melon ke arah zombie. Semua tanaman dapat diperkuat dan ditingkatkan kemampuannya untuk menghadapi zombie yang makin lama makin kuat.

Selain mode solo, ternyata PvZ juga menyediakan mode 2 pemain kooperatif yang memungkinkan Sobat bermain bersama teman untuk menumbangkan zombie. Level dan tantangan yang disuguhkan juga cukup variatif mulai dari menghadapi zombie biasa, zombie dengan balon udara, hingga zombi menaiki kereta salju. Pokoknya PvZ bisa menjadi game online PC ringan bagi kamu yang ingin game santai tapi masih tetap ringan dan bisa main bareng teman.

21. Among Us

Among Us juga menjadi salah satu game online PC ringan , sempat terkenal di tahun 2020 tepatnya pada masa-masa pandemi dikarenakan konsep permainannya yang unik dan seru. Dikembangkan oleh studio game indie yaitu InnerSloth, di Among Us pemain dibagi menjadi 2 tim yakni kru angkasa dan penyusup. Tujuan para kru adalah menemukan dan mengeluarkan sang penyusup, sedangkan penyusup berusaha menyabotase misi diam-diam.

Yang bikin Among Us seru adalah momen diskusi dan pengambilan keputusan untuk menentukan siapa penyusupnya. Sang penyusup harus berbohong dan pura-pura menjadi kru untuk mengelabui yang lain. Sementara kru harus menganalisa gerak-gerik pemain lain untuk menemukan si penyusup.

Psikologi, kebohongan, dan kecurigaan menjadi bumbu yang bikin Among Us sangat ketagihan untuk dimainkan. Performanya sangat ringan dan bisa dimainkan di PC kentang sekalipun. Sangat cocok sekali untuk dimainkan bersama-sama dengan teman, jangan bertengkar ya tapi.

22. Point Blank

Selain CS dan Valorant, game FPS yang juga populer dan banyak dimainkan di Indonesia adalah Point Blank. Game FPS buatan Zepeto ini sukses besar berkat gameplay-nya yang sangat seru dan membuat ketagihan bagi para gamers Indonesia. Sistem PvP 8 vs 8nya yang ramai dan penuh aksi juga jadi daya tarik utama yang sulit dilewatkan.

Permainannya sendiri mengambil konsep pertempuran antara tentara Counter Terrorist melawan Terrorist yang harus saling menjatuhkan satu sama lain. Pemain bisa meng-kostumisasi karakternya dengan ratusan skin senjata dan kostum bagus menggunakan uang atau kredit.

Sensasi tembak-tembakan 8 lawan 8 di berbagai map favorit bener-bener bikin kita betah berjam-jam bermain di Point Blank. Performanya juga ringan dan bisa dimainkan laptop atau PC yang kentang tanpa masalah.

23. Paladins

Paladins adalah salah satu game online PC ringan yang tersedia untuk diunduh secara gratis serta menjadi game yang cukup populer beberapa tahun terakhir ini. Game buatan Hi-Rez Studios ini mengambil pendekatan grafis kartun / anime yang sangat estetik dan indah.

Telah tersedia puluhan champion unik dengan kemampuan dan peran yang dapat dipilih untuk bertarung, lengkap dengan ratusan skin dan berbagai item yang dapat dikustomisasi sesuka hati pemain.

Gam ini juga mendukung beberapa mode game mulai dari siege mode 6v6 standar hingga battle royale 100 pemain yang heboh dan penuh dengan aksi seru. Paladins dapat dinikmati oleh gamers pemula maupun veteran sekalipun.

24. EVE Online

EVE Online adalah salah satu game MMORPG luar angkasa yang sudah eksis lebih dari 15 tahun. Dikembangkan oleh CCP Games asal Islandia, EVE Online menawarkan pengalaman berpetualang di galaksi masa depan dengan ribuan sistem bintang yang bisa dijelajahi.

Pemain bisa menciptakan karakter mereka sendiri dan menentukan peran mereka di dunia ini, apakah sebagai penambang, pedagang, pemburu hadiah, hingga perompak sekalipun.

EVE terkenal karena politik dan drama antar pemainnya yang kompleks. Perang antar klan yang melibatkan ribuan pemain bukanlah hal langka di sini. Inilah yang membuat EVE begitu hidup meski usianya tidak lagi muda.

25. Brawlhalla

Game online PC ringan yang terakhir di dalam daftar kali ini yaitu Brawlhalla, salah satu game pertarungan paling populer di PC saat ini. Game ini mengambil pendekatan yang lebih santai dan aksi yang cenderung tidak terlalu keras atau brutal dibandingkan para kompetitornya.

Dengan roster lebih 50 fighter unik beserta puluhan peta serta modus permainan, Brawlhalla jelas punya kedalaman konten melimpah yang bisa dinikmati para gamers. Sistem pertempurannya yang intuitif dan gerakan para petarungnya yang bombastis makin membuat Brawlhalla mengasyikkan untuk dimainkan.

Ditambah lagi game ini gratis tanpa harus membeli dan mendukung permainan lintas platform, maka dari itu bisa dibilang Brawlhalla layak menjadi rekomendasi game pertarungan saat ini.

Penutup

Nah, itulah tadi daftar dan pembahasan tentang 25 rekomendasi game PC terbaik yang wajib kamu coba. Kebanyakan dari game di atas tidak perlu untuk dibeli dengan uang alias gratis, jadi bisa menghemat uang lho. Kalau soal ringan, semua game di atas itu sudah ringan dan bisa dijalankan di PC atau laptop kentang serta biasa-biasa saja, kalau mau lebih bagus lagi performanya bisa pakai perangkat yang spesifikasinya menengah atau tinggi. Pilih saja sesuai dengan selera dan preferensi kamu saat ini.

Sepertinya sampai di sini saja, semoga dapat menambah wawasan dan informasi seputar game terutama game PC yang ringan dan bisa dimainkan secara online. Sampai jumpa lagi Sob, semoga harimu menyenangkan!

Tinggalkan komentar