25 Game Petualangan Android Offline Terbaik, Rasakan Serunya Berpetualang!

Bermain di perangkat Android memang merupakan hal yang tidaklah ribet ketimbang bermain di PC atau konsol karena bisa bermain di mana saja dan kapan saja. Salah satu genre game yang biasanya dicari oleh para gamers di perangkat Android adalah game petualangan, biasanya game ini menyajikan pengalaman berpetualang dan menjelajahi dunia di dalam game.

Game petualangan sangat enak untuk didownload di ponsel Android karena bisa dimainkan kapan saja tanpa harus menunggu jaringan internet. Apalagi game offline ini grafisnya sudah sangat bagus loh mirip game konsol atau PC. Penasaran game petualangan Android offline mana saja yang terbaik dan wajib banget kalian coba? Yuk simak rekomendasinya di bawah ini!

1. Limbo

Game Android petualangan offline yang pertama adalah Limbo, sebuah game platform teka-teki 2D yang dibalut dengan nuansa horror mencekam. Pemain mengendalikan seorang anak kecil yang tersesat di dunia asing aneh yang dipenuhi mesin dan perangkap mematikan.

Suasana kelam dipadu teka-teki yang cukup menantang membuat sensasi berpetualang di dunia Limbo ini benar-benar menegangkan. Kita harus mengendalikan si anak untuk melompati perangkap, menghindari mesin pemotong besi, atau lolos dari laba-laba raksasa yang mengerikan.

Puzzle yang membingungkan juga menjadi tantangan tersendiri seperti mengendalikan magnet untuk membuka pintu atau memainkan tuas panel listrik agar tidak tersetrum. Dipadu musik dan desain artistik yang khas dengan gaya surreal, pengalaman berpetualang di Limbo benar-benar unik dan tak terlupakan.

Baca Juga: 30 Game Android Offline Terbaik Tanpa Koneksi Internet, Buat Hiburan!

2. Oceanhorn

Oceanhorn merupakan game adventure Android aksi dengan gameplay mirip Legend of Zelda yang sangat klasik. Kita berperan sebagai anak laki-laki berambut pirang yang mencari ayahnya yang hilang di pulau misterius. Untuk itu, ia harus mengarungi lautan dengan kapal saktinya yang bernama Oceanhorn.

Sepanjang petualangan, pemain harus menyelesaikan puluhan puzzle, melawan monster dan boss dengan pedang master, hingga menjelajahi reruntuhan kuno yang dipenuhi teka-teki. Detail lingkungan dan desain karakternya yang mirip game Zelda di platform konsol Nintendo Switch membuat petualangannya terasa sangat seru di layar ponsel.

Baca Juga: 15 Game Anime Android Terbaik 2024, Wibu Wajib Punya Nih!

3. Ravensword: Shadowlands

Ingin coba ame RPG ala Skyrim atau Elden Ring? kamu bisa coba Ravensword: Shadowlands yang merupakan game RPG fantasi terbaik di Android dengan durasi petualangan lebih dari 30 jam tanpa bikin kamu bosen. Kita akan diajak menjelajahi dunia Ravensword yang dipenuhi monster jahat pasca kematian Raven, sang dewa yang memberikan perlindungan ke dunia.

Sensasi pertarungan pedang dan sihir yang menegangkan ditambah tugas memburu harta karun dan benda bersejarah yang langka sangat seru dirasakan. Dipadukan dengan desain karakter dan lingkungan fantasi yang sangat detail membuat kita benar-benar larut dalam petualangan panjang di Ravensword ini.

Baca Juga: 15 Game Anime Android Terbaik 2024, Wibu Wajib Punya Nih!

4. The Silent Age

The Silent Age adalah game petualangan Android offline dengan balutan misteri yang unik karena mengambil dua latar waktu sekaligus di masa lalu dan masa depan: tahun 1972 dan 2012. Kita berperan sebagai Joe, seorang pegawai kantor biasa yang tiba-tiba harus memecahkan misteri kepunahan umat manusia akibat ledakan mesin waktu 40 tahun yang akan datang.

Teori konspirasi pemerintah, mesin waktu era retro hingga gadget canggih masa depan benar-benar memacu rasa ingin tahu kita sebagai gamer ketika bermain game misteri ini. Tak ketinggalan puluhan teka teki ruang dan visual yang cukup membuat penasaran dan seru untuk dipahami.

Baca Juga: 10 Game Horror Multiplayer Android Terbaik 2024, Bisa Mabar Online Bareng!

5. My Little Universe

My Little Universe merupakan game petualangan offline Android yang memiliki konsep sangat unik dan menarik perhatian. Pemain mengendalikan karakter imut yang terjebak di semesta mainan penuh misteri. Sensasi berpetualang di dunia mungil yang dipenuhi boneka dan mainan ini benar-benar sesuatu yang baru.

Ada banyak teka teki unik yang membuat kita sibuk berpikir keras, contohnya seperti menyusun balok kayu, mengumpulkan koin, hingga mencocokkan bentuk geometri agar bisa lewat ke area berikutnya. Dengan efek visual dan animasi 3D yang unyu, My Little Universe benar-benar sayang untuk dilewatkan.

Baca Juga: 20 Game Perang PS5 Terbaik dan Terpopuler, Penuh Aksi dan Tantangan!

6. Botworld Adventure

Botworld Adventure adalah game petualangan offline di Android yang mengajak pemain mengendalikan sebuah robot lucu yang diprogram untuk menjelajahi planet asing demi mengungkap misteri kehidupan di luar bumi. Dengan desain piksel art yang sangat menarik, ditambah dengan sensasi berpetualang di planet Botworld yang cukup seru dan asyik.

Ada banyak teka-teki unik seperti mencari kartu digit agar bisa membuka gerbang. Atau berenang menyelusuri lautan penuh harta karun dan bahaya bawah laut Botworld. Dipadu level desain yang cukup kompleks semakin membuat petualangannya kian menegangkan dan menantang adrenalin.

Baca Juga: 25 Game PC Terbaik 2024, Bakal Bikin Kamu Betah Main!

7. Eternium

Eternium adalah game RPG aksi hack and slash yang memiliki kualitas selevel game premium. Pemain akan diajak menjelajahi dunia fantasi Eternium yang dipenuhi monster jahat dan hadiah loot yang sangat melimpah.

Sensasi pertarungannya sangat puas dengan gerakan dan skill yang mumpuni meski hanya mengandalkan kontrol virtual semata. Kita bisa memilih tiga kelas karakter yaitu Warrior yang kuat dan tangguh, Mage yang mengandalkan sihir untuk menyerang dari jarak jauh, dan Bounty Hunter yang gesit dan jago menyergap musuh.

Sepanjang petualangan, ribuan monster menanti untuk dibantai demi mendapatkan perlengkapan legendaris dan langka. Setiap dungeon dan misi selalu dipenuhi bahaya dan tantangan yang tak terduga. Dipadukan grafis 3D yang sangat bagus dengan efek partikel sihir dan skill tempur yang memukau, Eternium benar benar menjadi primadona RPG di Android saat ini.

Baca Juga: 50 Game PS4 Terbaik Sepanjang Masa yang Wajib Dimainkan

8. Final Fantasy IV

Game petulangan Android offline berikutnya yaitu Final Fantasy IV, satu dari serial legendaris game RPG JRPG klasik era 90-an yang sangat fenomenal. Kisah petualangan Cecil the Dark Knight ini dipenuhi konspirasi, dungeon mengerikan, hingga pertarungan boss yang sangat epik dan mengharukan.

Untuk pertama kalinya, FF IV membawa tema cerita lebih ‘dewasa dan gelap’ dibanding serie sebelumnya. Diperkuat oleh alur yang penuh twist tragis dan tak terduga semakin membuat FF IV benar-benar jadi yang terbaik di masanya. Di versi Android, grafis pikselnya ditingkatkan sangat bagus dengan tampilan HD.

Sensasi turn-based battle khas FF juga sangat kental terasa meskipun hanya di mainkan lewat layar ponsel. Dengan durasi lebih dari 40 jam, FF IV benar-benar akan membawa kita larut dalam petualangan seru di dunia Mist yang dipenuhi kegelapan.

Baca Juga: 15 Game Open World PS4 Terbaik dan Terpopuler, Menjelajah Dunia Luas!

9. Assassin’s Creed Pirates

Assasin’s Creed Pirates seperti namanya merupakan spin off dari serial Assassin’s Creed yang sangat fenomenal. Pemain berperan sebagai Alonzo Batilla, seorang assassin yang harus menjelajahi lautan Karibia penuh bajak laut demi menyelamatkan keluarganya.

Petualangan serunya diawali dengan mengendalikan kapal dagang kecil yang nantinya bisa kita tingkatkan menjadi kapal perang mematikan. Pertempuran laut yang menegangkan menanti karena ratusan kapal musuh dan bajak laut ganas siap menyerang kapan saja.

Tak hanya bertarung dalam pertempuran laut, kita juga harus menyelinap ke berbagai pulau untuk mencari harta karun langka ataupun melumpuhkan target sebagai assassin sejati. Sensasi mengarungi samudera Karibia yang eksotis ini benar benar membuat kita seperti bajak laut sesungguhnya.

Baca Juga: 20 Game PS2 Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

10. SoulCraft

SoulCraft merupakan game petualangan offline Android dengan genre RPG Hack and Slash dan bertemakan malaikat vs iblis yang sangat keren. Pemain akan memerankan seorang malaikat pemberontak bernama Caydan yang bertarung melawan tentara iblis jahat demi mendapatkan keabadian.

Petualangan penuh darah dan kekerasan ini benar benar seru dan tak terduga alurnya. Kontrol yang sangat responsif membuat setiap serangan dan skill tempur terlihat sangat mulus dan menawan saat menghajar ratusan iblis keji. Efek visual skill yang dahsyat semakin membuat sensasi bertarungnya makin memuaskan.

Diperkuat item dan skill tree yang cukup lengkap, hero kita bisa dikustomisasi sesuai gaya bertarung yang disukai. Entah itu sebagai petarung sejati, pemanah jitu, hingga penyihir yang ditakuti. Backsound metal dan desain dunia yang suram semakin menghanyutkan kita dalam atmosfir pertarungan antara malaikat dan iblis yang sangat sengit.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

11. The Walking Dead

The Walking Dead adalah game adventure Android offline yang diadaptasi dari serial TV populer dengan judul yang sama. Pemain mengendalikan karakter Lee Everett yang terjebak situasi kiamat zombie dan berusaha bertahan hidup serta melindungi seorang anak kecil bernama Clementine.

Sepanjang petualangan yang penuh dilema moral, kita dihadapkan pada pilihan sulit yang dapat mengubah alur cerita secara drastis. Diperkuat dengan karakter-karakter ikonik dan alur yang penuh teka teki membuat The Walking Dead benar-benar seperti menonton serial aslinya.

Hanya saja kali ini kita berperan menentukan nasib para karakter yang sangat tragis. Backsound yang suram dan efek visual yang sangat bagus semakin membuat suasana keputusasaan di tengah wabah zombie ini sangat terasa.

12. Dungeon Hunter 4

Dungeon Hunter 4 adalah salah satu game petualangan offline Android yang merupakan bagian dari seri game Dungeon Hunter karya dari pengembang game Gameloft. Game ini menghadirkan pengalaman berburu harta karun di dungeon megah sekaligus menegangkan. Pemain bisa memilih beberapa kelas seperti pemanah, penyihir, paladin, pencuri dan assassin. Setiap kelas memiliki keunggulan masing-masing yang bisa kita padukan untuk menghancurkan ratusan monster.

Desain dungeon dan interior kastil yang artistik dipadu mekanik tempur yang sangat mulus membuat petualangan aksi RPG ini sangat seru. Belum lagi ratusan senjata, armor dan kekuatan sihir legendaris yang bisa didapatkan untuk menggagalkan ritual jahat Penyihir Ratu telah menanti.

13. Evoland 2

Evoland 2 merupakan game petualangan unik yang mengubah gaya grafis dan gameplay seiring kemajuan alur cerita. Kita akan diajak melintasi empat era permainan video dimulai dari 2D, grafis 3D era PS1, JRPG era DS, hingga open world modern.

Alur waktunya yang melompat-lompat di tiap era ini benar benar inovatif dan membuat penasaran sehingga pemain akan merasa betah jika memainkan Evoland 2. Belum lagi ceritanya yang sangat bagus penuh plot twist menegangkan dan mengharukan. Evoland 2 benar-benar satu satunya game petualangan unik dengan konsep yang keren sehingga para pencari game petualangan wajib untuk mencoba game ini dan sayang banget kalo dilewatkan.

14. Phantom of the Opera

The Phantom of the Opera merupakan game petualangan offline Android yang diadaptasi dari novel legendaris karya novelis dan jurnalis asal Prancis yang bernama Gaston Leroux dengan judul yang sama. Pemain akan menjelajahi opera populer Paris yang angker dan romantis untuk memecahkan misteri hantu aneh di balik panggung megahnya.

Spot-spot bersejarah seperti Grand Staircase, pusat kota Paris, hingga basement dan katakomba rahasia bisa kita jelajahi lewat tantangan objek tersembunyi yang cukup mendebarkan. Bagi penggemar cerita Phantom of the Opera atau Paris Era Victoria, game ini sangat recommended apalagi grafisnya juga sudah sangat novel banget.

15. Ninja Arashi

Berikutnya ada Ninja Arashi yang merupakan game platformer 2D yang sangat bagus dan seru untuk diselesaikan. Pemain mengendalikan Joe si ninja yang harus menyelamatkan temannya dari markas musuh dengan menebas ratusan samurai dan monster mengerikan.

Gerakan ninja seperti melompat, melempar shuriken, dan bahkan mengendalikan elemen petir terlihat sangat artistik di layar sentuh Android. Kontrol yang responsif membuat platforming aksi tempurnya sangat menghibur untuk dicoba. Bagi fans yang suka dengan ninja dan samurai Jepang jaman dulu, game ini sangat disarankan untuk dicoba.

16. Day R Survival

Game petualangan offline Android berikutnya adalah Day R Survival. Sebuag game survival unik yang berlatarkan di negara Rusia pasca perang nuklir yang menghancurkan sebagian besar dunia. Pemain harus bertahan hidup di tengah kota yang hancur dan dipenuhi bahaya radiasi mematikan.

Mulai dari mencari makanan, bertarung melawan mutan, hingga menjelajahi bunker dan pangkalan militer terbengkalai harus kita lakukan demi tetap hidup. Diperkaya ratusan resep pembuatan untuk membuat item dari sesuatu yang tak terduga semakin membuat gameplay survivalnya kian seru. Bagi kamu pecinta game survival atau bertahan hidup setelah dunia hancur sebaiknya langsung coba saja game ini.

17. Vampire’s Fall: Origins RPG

Vampire’s Fall: Origins RPG merupakan game Android petualangan offline RPG dengan tema vampir vs pemburu yang sangat seru. Kita akan berpetualang di dunia luas yang dipenuhi monster serta misi-misi memburu makhluk kegelapan sebagai seorang pemburu vampir.

Ratusan skill dan perlengkapan bisa didapatkan untuk meningkatkan kemampuan tempur karakter kita. Makin banyak boss vampir yang berhasil kita kalahkan, semakin besar pula ganjarannya. Bahkan jika beruntung, senjata legendaris bisa didapatkan dari hasil jarahan mereka. Diperkaya crafting system serta misi-misi yang sangat variatif, Vampire’s Fall Origins benar-benar menjadi salah satu aksi RPG terbaik dan wajib dicoba para penggemar game perburuan vampir.

18. Machinarium

Machinarium merupakan game puzzle petualangan 2D yang memiliki visual retro futuristik khas tim Flashback dan Oddworld. Pemain mengendalikan robot kecil bernama Josef yang harus menyelamatkan temannya dari kejahatan sebuah geng robot jahat.

Untuk itu kita harus memecahkan puluhan teka teki dan puzzle dengan tema mesin yang benar benar menggugah imajinasi dan logika otak kita. Mulai dari merakit mesin uap, menyambung kabel sirkuit, sampai hack panel kontrol lift benar-benar akan menguji nalar kita.

Tak sampai di situ, ratusan petunjuk dan rahasia tersembunyi dalam latar belakang artistiknya semakin membuat penjelajahan dunia Machinarium begitu menyenangkan. Machinarium benar benar salah satu puzzle adventure yang sangat brilian dan berkesan sepanjang masa.

19. Ice Age Adventure

Ice Age Adventure membawa pemain ikut berpetualang bersama trio aneh dan lucu dari seri film animasi Ice Age yaitu Manny, Diego dan Sid. Sensasi menjelajah pulau tropis dan menemukan dinosaurus langka dari filmnya tersaji dalam bentuk platform puzzle yang cukup ringan dan menarik. Tidak kalah seru dengan film aslinya, karena kita masih bermain dengan karater dan lingkungan yang tidak jauh berbeda dengan filmnya.

Karakter 3D ditambah animasi yang imut semakin membuat petualangan kita terasa hangat dan nostalgia dengan film Ice Age yang sering kita tonton itu. Tidak melulu berpetualang, beberapa mini game seperti lomba berseluncur juga cukup seru untuk dicoba penggemar Ice Age.

20. Samorost 3

Samorost 3 merupakan game petualangan Android offline dengan unsur teka-teki paling unik yang pernah ada. Pemain mengendalikan gnome berhidung besar yang menjelajahi planet aneh penuh kontrapsi mesin organik untuk mencari asal muasal runtuhnya asteroid.

Mulai dari menyalakan mesin raksasa, berinteraksi ala alien dengan tumbuhan asing, hingga mengarungi samudera penuh hiu di dalam gelembung sabun. Tiap adegan dalam Samorost 3 selalu mengejutkan dan tak terduga.

Puzzle alien-nya benar benar memacu kreativitas kita untuk memecahkannya. Belum lagi visual dan sountrack fantasi dengan nuansa retro futuristiknya yang sangat memukau. Dijamin setelah berjam jam tenggelam dalam planet ajaib Samorost, kamu tak akan pernah melihat mesin atau alam semesta seperti dulu lagi.

21. Oddmar

Game petualangan offline di Android selanjutnya yaitu Oddmar, sebuah game platformer petualangan 2D yang sangat memukau. Kisah heroik kita dimulai saat mengendalikan Oddmar si pendekar Viking yang kikuk untuk menebus dosanya dengan cara menyelamatkan desa dari invasi.

Sepanjang petualangan epik di 24 tahap yang penuh rintangan, Oddmar harus memanfaatkan semua kemampuannya seperti melompati tebing tinggi, mengendap endap melewati patroli musuh, hingga bertarung melawan boss level akhir yang sangat mengerikan.

Elemen platforming, tahapan vertikal hingga pertarungan boss benar benar membuat ketagihan untuk diselesaikan. Belum lagi level desainnya yang sangat artistik dengan easter egg tersembunyi yang selalu menyegarkan mata. Ditambah animasi dan efek visual yang sangat mulus semakin membuat pengalaman berpetualang di dunia Viking Oddmar terasa sangat asyik.

22. Crashlands

Nah, berikutnya di daftar game petualangan offline Android ini yaitu adalah Crashlands, game yang menghadirkan petualangan di planet asing yang sangat seru dan memacu adrenalin. Setelah kapalnya jatuh karena serangan alien, pemain terdampar di planet Woanope yang dipenuhi makhluk buas dan sumber daya alam tak terduga.

Untuk bertahan hidup, pemain harus mencari bahan alam dan mengubahnya jadi senjata dan peralatan lewat sistem kreasinya yang sangat kompleks. Mulai dari robot pembantu, tunggangan monster, mesin jet tempur hingga bioskop raksasa dapat kita kreasikan. Semakin lama berpetualang, semakin banyak pula rahasia alien dan teknologi canggih yang dapat ditemukan. Crashlands benar benar salah satu game terbaik berkat kebebasan berkreasi tanpa batas.

23. Swordigo

Swordigo menawarkan pengalaman berpetualang sangat klasik ala legend of Zelda di perangkat Android. Dengan grafis piksel art 2D yang membuat pemain bernostalgia, kita akan bergabung dalam petualangan panjang guna menyelamatkan dunia dari penyihir jahat.

Sepanjang perjalanannya yang epik, banyak sekali monster dan tantangan mulai dari menjelajahi reruntuhan kuno, menaklukan arena pertarungan antariksa dan yang terpenting berburu perlengkapan langka yang tersebar.

Sensasi berpedang melawan monster yang sangat mulus dipadukan sentuhan ala game platforming serta teka teki yang cukup seru dan menantang. Swordigo benar benar salah satu game aksi RPG terbaik di zamannya.

24. Alto’s Adventure

Alto’s Adventure adalah game bertemakan endless runner seperti Temple Run atau Subway Surfers namun dibalut dengan nuansa petualangan mengarungi Pegunungan Alpen yang sangat indah dan dipenuhi misteri. Pemain mengendalikan Alto dan sahabatnya yang berseluncur dengan papan salju melewati lereng-lereng curam gunung.

Kontrolnya cukup simpel hanya dengan mengetuk layar untuk melompat dan bermanuver menghindari rintangan. Namun sensasi berseluncurnya sangat mulus dan memuaskan berkat fisik di game ini yang dinamis.

Pemandangan Pegunungan Alpen dengan efek cuaca yang selalu berubah seperti terbenamnya mentari dan jatuhnya bintang kejora semakin membuat petualangan Alto terasa asyik, yang menambah bagus game ini juga grafisnya yang sederhana tapi estetik.

25. Minecraft

Siapa yang tidak kenal dengan game fenomenal Minecraft? Game sandbox open world karya Mojang ini memungkinkan pemainnya untuk berpetualang dan berkreasi membangun secara bebas di dunia yang sangat luas.

Kelebihan game ini versi Android, Minecraft bisa dimainkan secara offline tanpa perlu koneksi internet. Ada dua mode utama yang bisa kamu coba yaitu mode survival untuk bermain dan bertahan hidup atau mode kreatif untuk membangun apapun dengan bebas tanpa batas. Kalau kamu bermain mode survival kamu akan merasakan sensasi eksplorasi goa, tambang dan menemukan bahan baku untuk berkreasi benar-benar sangat memuaskan.

Aktivitas seperti mencari harta karun, bertarung melawan monster, hingga membuat istana dan bioskop raksasa menggunakan ratusan blok semuanya bisa kita lakukan di sini. Minecraft benar benar salah satu game sandbox terbaik sepanjang masa berkat kebebasan yang tak terbatas.

Penutup

Itulah tadi daftar beserta pembahasan tentang 25 game petualangan Android offline terbaik dan layak sekali untuk dimainkan. Semuanya dibuat dengan sangat apik untuk dimainkan seluler sekaligus membawa pengalaman berpetualang seru lewat game. Tentu game yang ada di Android ini tidaklah kalah keren dengan game petualangan yang ada di PC maupun konsol seperti PlayStation atau Xbox. Untuk kamu yang penasaran bisa langsung saja unduh game di Google Play karena di sana kebanyakan gratis tanpa harus bayar.

Sepertinya itu saja pembahasan di artikel kali ini, semoga bermanfaat serta menambah informasi mengenai game khususnya yang ada di Android. Sampai jumpa lagi Sob! dan selamat mencoba.

Tinggalkan komentar