30 Game PC Offline Ringan Terbaik, Cocok Buat PC Kentang!

Game komputer telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari hidup banyak orang. Baik anak muda ataupun orang dewasa, pria atau wanita, semua menikmati bermain game sebagai hiburan dan juga tantangan.

Game offline memiliki kelebihan tidak memerlukan koneksi internet saat dimainkan. Kamu cukup menginstalnya di PC, dan langsung bisa bermain kapan saja dan di mana saja meski tanpa koneksi internet.

Selain itu, kebanyakan game offline juga ringan dan tidak memerlukan spesifikasi PC yang tinggi untuk dimainkan. Game dengan grafis sederhana dan tidak terlalu berat tentu akan sangat cocok untuk dimainkan di laptop atau PC dengan spesifikasi standar.

Nah, artikel ini akan merekomendasikan 25 game PC offline ringan terbaik yang saya yakin akan memberikan pengalaman gaming seru dan tak terlupakan!Berikut ini adalah daftar 25 game PC offline ringan terbaik yang direkomendasikan.

1. Plants vs Zombies

Plants vs Zombies adalah salah satu game offline PC ringan populer yang sangat seru dan membuat ketagihan. Dalam game ini, pemain harus mempertahankan rumah dari serangan zombie dengan menggunakan tanaman pemakan darah dan bantuan lainnya.

Grafis Plants vs Zombies lucu dan penuh warna, cocok untuk segala usia. Gameplay-nya juga sederhana tapi mampu memberikan tantangan seru yang bikin penasaran. Ada banyak jenis tanaman unik yang bisa dipilih pemain untuk melawan lajunya zombie, mulai dari cabe merah, terong menyala, hingga jagung gatling.

Setiap level juga didesain unik dan penuh kejutan. Kadang zombie datang dari kolam renang, kadang muncul menyerbu dari atap dan lainnya. Inilah yang membuat Plants vs Zombies begitu seru untuk terus dimainkan. Ditambah mode survival endless yang bikin ketagihan.

Baca Juga: 15 Game Horror PC Gratis Terbaik Tahun 2024, Serem Banget!

2. Minecraft

Siapa yang tak kenal dengan satu game fenomenal ini? Minecraft merupakan salah satu game PC ringan offline yang memberikan kebebasan pemain untuk berekplorasi, berpetualang, menciptakan bangunan, dan melakukan hampir apa saja di dunia terbuka yang dibuat dari balok-balok digital.

Meski grafisnya terlihat sederhana, Minecraft tetap populer hingga saat ini karena keunikan dan ketidakterbatasan gameplay yang ditawarkan. Kita bisa membangun hampir apa saja sesuai imajinasi di Minecraft, mulai dari gedung pencakar langit, desa-desa indah, bahkan taman hiburan dengan roller coaster.

Tak hanya membangun, kita juga bisa mengeksporasi cave mengerikan di bawah tanah Minecraft yang penuh harta karun dan monster. Tak lupa juga petualangan mencari Ender Dragon di dunia akhir. Pokoknya seru dan tak ada habisnya. Bagi kamu yang belum pernah memainkan Minecraft, saya sangat merekomendasikan game ini. Sekali main, kemungkinan besar kamu bakal ketagihan.

Baca Juga: 15 Game Balap Mobil PC Terbaik, Buat Kamu Pecinta Balapan!

3. Counter Strike 1.6

Counter Strike mungkin adalah game ringan PC offline dengan sudut pandang orang pertama atau FPS (First Person Shooter) paling legendaris dalam sejarah game PC. Seri Counter Strike 1.6 adalah salah satu yang paling populer karena ringan, seru, dan sangat kompetitif.

Dalam CS 1.6, pemain dipisah menjadi 2 tim yang harus saling bunuh dan memenuhi objektif tertentu. Dengan grafis seadanya tapi gameplay yang sangat bagus, CS 1.6 patut dicoba gamer mana pun yang menyukai game FPS.

Selain senjata api seperti AK-47, AWP, hingga Desert Eagle, di CS 1.6 kita juga bisa membeli beragam granat seperti smoke, flashbang dan HE grenade. Semua peralatan ini bisa digunakan secara strategis untuk menghabisi musuh. Tak hanya itu, map atau arena tempur di CS 1.6 juga sangat ikonik, mulai dari Dust, Aztec, Italy dan masih banyak lagi.

Baca Juga: 15 Game Anime Android Terbaik 2024, Wibu Wajib Punya Nih!

4. Age of Empires II

game perang pc offline

Game PC ringan offline berikutnya adalah Age of Empire II, salah satu game strategi wajib untuk dimainkan. Dalam game ini, pemain harus membangun peradaban dari nol hingga menjadi kerajaan besar yang mampu menaklukkan peradaban lain.

Banyak pilihan peradaban yang bisa Anda mainkan seperti Briton, Persia, Cina, Jepang dan lainnya dengan keunggulan masing-masing. Age of Empire cocok untuk melatih strategi dan kreativitas Anda dalam memimpin suatu peradaban.

Mulai dari menebang pohon, menambang emas, berburu, hingga berdagang dengan peradaban lain perlu dilakukan agar peradaban kita makin maju. Unit militer seperti prajurit, kavaleri dan penarik busur juga bisa dibuat untuk menyerang musuh. Tak hanya itu, kita juga perlu meneliti teknologi baru di Age of Empire II agar kekuatan tempur dan ekonomi semakin meningkat. Pokoknya seru dan addictive parah.

Baca Juga: 25 Game Online PC Gratis Terbaik 2024, Rugi Kalau Nggak Main!

5. Hitman 2 Silent Assassin

Bagi penggemar game aksi dan stealth, Hitman 2 Silent Assassin layak untuk dicoba. Dalam game ini kita berperan sebagai sosok Agent 47 si pembunuh bayaran yang harus menjalankan berbagai misi pembunuhan diam-diam.

Konsep dan alur cerita Hitman sangat menarik. Kita bisa menyelesaikan misi dengan banyak cara, baik secara diam-diam atau dengan cara berulah. Pilihan senjata juga beragam, dari tali temali hingga senapan runduk.

Tantangannya, kita harus bisa membunuh target tanpa diketahui orang lain. Jadi stealth dan timing yang tepat sangat penting agar tak gagal dan diburu massa. Kontrol game Hitman cukup mudah tapi tetap menantang dan seru untuk diselesaikan.

Baca Juga: 25 Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2024

6. GTA San Andreas

Siapa yang tak kenal dengan serial Grand Theft Auto? Salah satu seri terbaik dan paling populer adalah GTA San Andreas dengan tokoh utama CJ. Game ini mengambil latar Los Santos yang merupakan versi fiksi dari Los Angeles dan San Francisco.

Kebebasan beraktivitas di GTA San Andreas sangatlah luas, dari mencuri mobil, balapan liar, misi pembunuhan, hingga bisa makan di restoran. Pokoknya seru sekali, apalagi setelah dimodifikasi menjadi lebih keren.

Lokasi peta GTA SA juga luar biasa luas mulai dari daerah perkotaan, padang pasir, hingga desa terpencil dan pedalaman hutan. Banyak pula Easter Egg dan detail menarik yang bisa ditemukan saat berekplorasi, misalnya ada versi miniatur rasa boneka dari peta Los Santos. Dengan banyaknya aktivitas seru di GTA SA, saya sangat merekomendasikan gamers untuk mencoba game PC ringan offline ini. Jam terbang bisa mencapai ratusan jam dan tak terasa karena terlalu asyik.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

7. Pro Evolution Soccer 2014

Bagi penggemar sepak bola, mungkin Pro Evolution Soccer 2014 adalah salah satu game bola paling recommended. Gameplay PES 2014 sangat realistis untuk ukuran game lawas, walaupun sekarang sudah ada game PES yang terbaru.

Banyak fitur yang bisa pemain nikmati seperti melakukan transfer pemain, membeli pemain baru, melatih tim dan tentunya bermain untuk memenangkan berbagai kompetisi.

Selain klub ternama Eropa seperti Barcelona dan Man United, PES 2014 juga memiliki lisensi untuk tim nasional. Jadi kita bisa bermain sebagai timnas favorit seperti Brasil, Argentina, Belgia dll. Stadion yang tersedia juga sangat banyak dan detail. Pokoknya seru banget deh buat dimainkan terutama bagi fans bola.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

8. Stronghold Crusader

Stronghold Crusader merupakan game PC offline ringan dengan tema strategi perang berlatar jaman salib yang sangat keren. Dalam game ini kita memimpin pasukan salib untuk menghancurkan tentara Muslim atau sebaliknya memimpin tentara Muslim melawan tentara salib.

Banyak aspek yang harus kita pertimbangkan mulai dari mengelola ekonomi kerajaan, mencari makanan untuk rakyat, hingga tentu saja mengatur strategi perang melawan musuh.

Kita bisa membuat berbagai bangunan seperti tembok pertahanan, penyimpanan makanan, hingga pengadaan senjata dan alat untuk tentara. Sumber daya seperti emas, kayu dan daging domba juga penting untuk terus dijaga. Untuk pertempuran, ada banyak unit militer yang bisa dikerahkan mulai dari petani biasa, pemukul tongkat, penembak panah, ksatria berkuda besi, hingga penyerang dengan meriam dan katapel. Semua unit ini memiliki keunggulan serta kelemahan masing-masing.

Baca Juga: 20 Game Horror PC Ringan Terbaik, Seram dan Bikin Merinding!

9. Command and Conqueror: Red Alert 3

Masih tentang game strategi perang, ada lagi nih game lawas tapi memiliki konsep keren yaitu Red Alert 3. Game ini merupakan kelanjutan dari seri Red Alert 2, tentu saja masih menceritakan hal yang sama yaitu dominasi Uni Soviet.

Dalam Red Alert 3, kita bisa memilih beberapa fraksi seperti Soviet Union hingga Empire of Rising Sun. Semua fraksi memiliki keunggulan unit tempur masing-masing yang bisa kita gunakan untuk menghancurkan musuh dengan strategi perang yang beragam.

Misalnya Soviet dikenal kuat dengan tank-tank tempur dan armor-nya. Sementara empire Jepang punya mecha raksasa dan unit “hi tech” seperti mesin waktu. Semuanya dirancang unik dan menantang untuk digunakan. Tak hanya itu, pilihan map di RA3 juga beragam mulai perkotaan, padang pasir, hingga pangkalan militer di kutub. Pokoknya seru dan tak ada bosannya deh main game ini.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

10. Virtua Cop 2

Jika kamu penggemar game rail-shooter model arcade, Virtua Cop 2 ini bisa menjadi pilihan game PC offline ringan yang pas. Dalam game ini kita memerankan seorang polisi yang harus menembak jatuh para penjahat.

Sensasi bermain Virtua Cop 2 sangat mirip seperti berada di arcade, kita cukup menembak musuh dengan senjata api dari sudut pandang orang pertama sambil berlindung dari serangan musuh. Kontrol permainannya cukup sederhana tapi seru dan addictive.

Ada banyak senjata api yang bisa dipakai mulai dari pistol, shotgun, hingga senapan serbu. Setiap stage atau level juga menantang karena banyak sekali musuh bersenjata yang muncul dari berbagai arah dan posisi. Dipadukan dengan grafis 3D untuk ukuran game jadul yang sudah bagus, Virtua Cop 2 benar-benar masih asik untuk dimainkan.

Baca Juga: 20 Game Zombie PS4 Terbaik, Ngeri-Ngeri Sedap!

11. Terraria

Mencari alternatif Minecraft dengan suasana lebih RPG? Terraria bisa jadi jawaban karena juga termasuk game offline PC ringan yang tidak kalah seru. Game besutan Re-Logic ini mengadaptasi mekanik crafting dan hoki-hokian Miencraft dengan tambahan unsur action RPG yang lebih menantang.

Mulai dari pertarungan boss monster, eksplorasi dan loot cave mengerikan, hingga sihir dan senjata unik tiada henti menanti sang Terrarian. Semuanya dibalut dengan gaya pixel art 2D yang sangat aesthetic dan bernostalgia.

Dengan banyaknya fitur yang menarik tersebut dan tentu saja ramah untuk PC atau laptop kentang, menjadikan Terraria sebagai salah satu game yang tidak boleh dilewatkan terutama bagi pecinta game RPG.

12. Commandos 2

Commandos 2 merupakan game PC offline ringan bertemakan strategi perang dengan konsep yang cukup unik. Kita akan mengendalikan sekelompok tentara komando khusus di balik musuh yang dikenal sangat ahli dalam stealth dan sabotase.

Setiap anggota komando memiliki kemampuan khusus yang bisa kita manfaatkan seperti menyamar, memanjat, berenang diam-diam, hingga menembak jarak jauh. Dengan kemampuan mereka, kita bisa memenangkan perang dengan jalan cerdik alih-alih konfrontasi langsung.

Salah satu trik seru adalah berpura-pura jadi teman dengan musuh dan membunuhnya begitu lengah. Kita juga bisa meracuni makanan lawan atau bom mobilnya diam-diam untuk sabotase. Pokoknya banyak strategi kotor nan cerdik yang bisa dilakukan.

13. Stardew Valley

Game PC offline ringan berikutnya adalah Stardew Valley yang merupakan game simulasi pertanian dan peternakan. Stardew Valley ini merupakan karya dari developer indie bernama Eric Barone, walaupun termasuk game indie Stardew Valley cukup populer lho.

Stardew Valley adalah salah satu game simulasi kehidupan terbaik yang ada. Pemain akan pindah ke sebuah desa kecil dan mengambil alih lahan pertanian kakeknya yang sudah tua renta. Mulailah bercocok tanam dan beternak hewan sambil berinteraksi dengan para warga.

Dengan gameplay santai hoki-hokian dan pixel art imut khas game SNES jadul, Stardew Valley sukses mencuri hati jutaan gamer dunia meski konsep dasarnya sederhana. Sensasi kehidupan pedesaan pun jadi terasa hidup sekali di sini.

14. Don’t Starve

Don’t Starve merupakan game PC ringan offline dengan tema survival 2D yang cukup unik dan penuh tantangan. Pemain harus mengendalikan salah satu dari 12 karakter unik yang terdampar di dunia aneh penuh monster dan makhluk mitos mengerikan.

Tugas sang pemain tentu saja bertahan hidup sebisanya di alam liar sembari menyingkap misteri demi misteri yang tersimpan. Craft, eksplorasi goa, lawan boss monster, dan kuasai dunia Don’t Starve yang kejam dan tak terduga ini.

Konsep yang unik beserta berbagai fitur yang menarik di game Don’t Starve ini membuat permainan terasa seru. Hal inilah yang membuat pemain bisa betah untuk memainkan game survival ini, kamu bisa menghabiskan waktu berjam-jam lho.

15. Call of Duty 1

Game legendaris FPS modern pertama, Call of Duty 1 masih sangat layak dimainkan hingga kini. Terlepas dari grafis zaman dahulu kala, gameplay CoD 1 di medan perang Eropa masih terasa sangat kuat dan immersive.

Sensasi bertempur sebagai tentara Sekutu melawan Nazi Jerman di Prancis dan Soviet masih bikin deg-degan sampai kini. Ditambah cerita dan misinya yang epic, CoD 1 benar-benar worth it buat kalian mainkan.

Berbagai senjata ikonik perang dunia 2 bisa kita pakai seperti karbin M1 Garand, Thompson dan bahkan bazooka. Detail medan tempurnya juga dibuat mirip aslinya, mulai dari Carentan di Prancis hingga North Afrika yang gersang. Dipadukan dengan AI musuh cerdas dan gameplay FPS yang relatif realistis, CoD 1 masih totalitas dalam memberikan pengalaman perang dunia 2. Dijamin puas dan ketagihan!

16. Resident Evil 4

Resident Evil 4 dianggap oleh banyak kritikus sebagai yang terbaik di serial ini. Di RE 4, kita akan berperan sebagai agen rahasia Leon S. Kennedy yang tengah menyelidiki kasus penculikan putri seorang presiden.

Namun situasi bertambah menegangkan ketika Leon justru terjebak di sebuah desa terpencil dan berhadapan dengan ratusan penduduk yang berubah menjadi mayat hidup haus darah.

Dengan suasana horor dan banyak teka-teki yang harus kita selesaikan, RE 4 layak buat Anda nikmati. Amunisi dan senjata seadanya ditambah musuh yang mengerubuti. Benar-benar situasi survive horror yang bikin tegang. Belum lagi boss battle melawan makhluk aneh raksasa yang tak terduga.

17. Max Payne 2

Game PC ringan offline berikutnya adalah Max Payne 2. Max Payne sendiri adalah serial game tembak-tembakan bergenre noir yang menceritakan seorang detektif bernama Max Payne yang diburu sekaligus memburu para kriminal. Max Payne 1 dan 2 sama-sama memiliki alur cerita seru bernuansa balas dendam kelam.

Yang terbaik, Max Payne 2 ini memiliki fitur Bullet Time yang bisa memperlambat waktu saat menembak musuh. Ditambah level desainnya yang keren dan tantangan cukup sulit, dua Max Payne ini sangat layak buat kalian coba.

Efek gerak lambat saat menembak musuh benar-benar memberi sensasi slow motion yang sangat memuaskan, apalagi jika headshot beruntun mengenai banyak lawan. Dipadukan dengan soundtrack dan suasana suram khas noir, Max Payne 2 benar-benar masih klop untuk dinikmati sampai sekarang.

18. Prince of Persia Warrior Within

Siapa yang tak kenal dengan Pangeran Persia? Salah satu seri terbaik adalah Prince of Persia: Warrior Within. Selain grafis dan gameplay-nya yang jauh lebih keren, ceritanya di PoP WW juga lebih gelap dan dewasa dibanding seri lain.

Kita akan memainkan Pangeran Persia dalam upaya lari dari takdir kematiannya sendiri. Dengan melompat lincah, menebas musuh dan menyelesaikan teka-teki di istana megah, PoP Warrior Within masih sangat epos hingga kini.

Detail lingkungan, arsitektur dan suasana kerajaan Persia-nya sangat kental dan membuat kita serasa kembali ke jaman itu. Dipadukan dengan gameplay parkour, pertarungan pedang mendebarkan melawan monster aneh dan soundtrack rock yang pas, Prince of Persia: Warrior Within benar-benar bisa menjadi pilihan game offline PC ringan yang bagus.

19. GTA Vice City

Mirip seperti GTA San Andreas, GTA Vice City yang berlatar Miami era 80an ini juga patut banget buat kalian coba. Suasana kotanya yang stylish ala Miami, ditambah soundtrack yang keren sesuai jaman itu bikin kita seolah kembali ke masa lalu.

Banyak sekali misi seru di GTA Vice City seperti perampokan, balapan mobil dan motor liar, perang geng, hingga menyerbu pulau pribadi milik drug lord. Pokoknya seru abis deh, apalagi setelah dimodifikasi jadi makin keren.

Yang paling iconik mungkin saat kita mengendalikan Tommy Vercetti berpakaian necis zaman 80an lengkap dengan mobil sport mewahnya. Sensasi nostalgia jadulnya benar-benar dapat dan bikin ketagihan.

20. Crash Bandicoot

Crash Bandicoot mungkin adalah salah satu game PC offline ringan platform 3D paling populer di PlayStation 1. Meski demikian, Crash Bandicoot juga tetap seru banget dimainkan di PC.

Konsep game Crash Bandicoot sebenarnya simpel yaitu melompati rintangan, menebas musuh dan mengumpulkan buah Wumpa. Namun tantangannya cukup berat dan bikin frustrasi dalam arti positif. Ditambah grafis kartun-nya yang lucu, Crash Bandicoot sangat recommended banget deh.

Banyak sekali tantangan melompat yang unik dan penuh timing di Crash Bandicoot. Selain harus menghindari jebakan, kita juga harus berhati-hati terhadap monster-monster unik yang muncul tiba-tiba seperti nenek-nenek jahat dan paus terbang.

21. Half Life 1

Half Life 1 boleh dibilang sebagai game FPS paling legendaris dan terdepan pada jaman-nya. Di game ini, kita akan memerankan Dr. Gordon Freeman, seorang ilmuwan yang berusaha bertahan hidup setelah ada kecelakaan di laboratoriumnya yang melepaskan makhluk alien.

Konsep dan desain Half Life 1 yang membuat pemain seolah menjadi bagian dunia nyata yang sedang kiamat benar-benar sangat keren dan movie-like. Meski terbilang jadul, tapi saya sangat merekomendasikan Half Life 1 sebagai game PC wajib coba sepanjang masa.

Dipadukan dengan gameplay FPS yang relatif realistis dan fisika lumayan detail, Half Life 1 sukses membawa kita ke dalam petualangan maut Dr. Gordon Freeman melawan pasukan alien dan tentara jahat. Belum lagi cerita dan twist-nya yang epik abis serta ending cliffhanger legendaris.

22. Mortal Kombat 4

Siapa yang tak kenal serial bertarung ultra sadis Mortal Kombat? Saya sendiri paling favorit sama Mortal Kombat 4 karena line-up karakter dan grafis 3D-nya untuk ukuran jadul sudah oke banget.

Di Mortal Kombat 4, fatality dan pemenggalan anggota badan tentu jadi bumbu wajib. Ditambah cerita Scorpion dan Raiden melawan Shinnok sang dewa kegelapan yang klimaks di akhir.

Di sini yang paling seru tentu saja sistem bertarungnya. Dengan kombo tendangan dan pukulan, kita bisa menghabisi lawan dengan brutal tapi puas. Apalagi setiap karakter punya 2-3 fatality andalan masing-masing yang bisa diaktifkan di akhir pertandingan. Jadi meski sudah tua, Mortal Kombat 4 masih recommended sebagai salah satu game ringan PC offline.

23. Command & Conquer Generals

Command and Conquer Generals merupakan salah satu game offline PC ringan dengan tema strategi perang yang cukup terkenal pada masanya. Game ini dibuat dengan kualitas grafis dan gameplay yang ciamik untuk ukuran tahun 2000an.

Ada banyak fraksi unik yang bisa kita pilih seperti China, GLA (terroris) dan Amerika. Setiap fraksi tentu memiliki keunggulan masing-masing dalam hal strategi dan unit tempur.

Kita bisa membangun beragam fasilitas dan unit militer seperti tank, pesawat tempur, infanteri dan lainnya. Sistem basis bangunan dan produksi sumber daya mirip seperti Red Alert 2 tapi lebih halus dan user friendly. Dengan banyaknya unit serta upgrade teknologi yang bisa di-riset, C&C Generals benar-benar masih seru dan addictive walau sudah berumur. Dijamin deh ketagihan dan betah berjam-jam.

24. Need For Speed Underground 2

Need For Speed Underground 2 merupakan game ringan offline PC seri balap mobil jalanan ikonik jamannya. Di game ini, kita bisa balapan dengan mobil yang sudah dimodifikasi di sejumlah arena balap underground.

Sensasi kecepatan tinggi dan desain trek balap yang artistik membuat NFS Underground 2 benar-benar memuaskan untuk dimainkan. Belum lagi mobil modif yang kita bisa set sedemikian rupa hingga paling keren di arena balap. Kita bisa selip selip cantik menikung tajam dengan asap kembang di arena jalanan Los Angeles. Ditambah boost NOS yang bikin melesat kayak roket.

Pokoknya NFS Underground 2 benar-benar evergreen deh sampai sekarang. Masih sangat recommended buat dimainkan bagi kalian para gamers.

25. Age of Mythology

Age of Mythology dapat dibilang merupakan versi spin-off dari game strategi populer Age of Empire. Hanya saja di game ini kita akan berpetualang dan berperang dengan mitologi dan makhluk fantasi Yunani kuno.

Banyak makhluk legendaries seperti Gorgon, Lamia, Sphinx, Gryphon bahkan Titan yang bisa kita panggil ke medan pertempuran untuk melawan musuh dari peradaban lain. Tentu dibuat dengan grafis 3D kereen dan gameplay seru.

Seperti Age of Empire, kita juga harus merintis peradaban, mulai dari mendirikan bangunan, mengumpulkan sumber daya hingga melatih unit petarung dan pemanah untuk berperang. Saking serunya, saya menyarankan Age of Mithology sebagai game offline PC ringan di daftar ini yang harus dicoba.

26. My Friend Pedro

My Friend Pedro adalah salah satu game offline PC ringan yang masuk sebagai game platformer 2D dengan grafis pixel art yang lucu dan menarik. Pemain akan berperan sebagai seorang pria botak yang dibantu oleh sebuah pisang antropomorfik bernama Pedro.

Gameplay-nya sendiri terfokus pada aksi menembak gaya bulet time sambil melompat dan bermanuver layaknya film-film action Hollywood. Kontrol yang responsif ditambah level desain unik nan variatif membuat My Friend Pedro semakin seru untuk dimainkan.

My Friend Pedro ini bisa menjadi rekomendasi game platformer yang ringan dan tidak terlalu membutuhkan PC atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Bisa menjadi game aksi yang keren dan tidak kalah apik dengan game berat lainnya.

27. Undertale

Undertale merupakan game PC offline ringan dengan konsep RPG unik yang konon terinspirasi dari game Mother and Earthbound legendaris. Pemain mengendalikan seorang anak kecil yang terperosok ke dunia monster bawah tanah bernama Underground.

Undertale begitu fenomenal karena ada pilihan untuk menyelesaikan game secara total damai tanpa perlu membunuh satupun monster. Game ini juga memiliki cerita, soundtrack, dan karakter-karakter yang sangat kharismatik serta memukau. No wonder deh kenapa Undertale selalu jadi perbincangan semua gamer dunia hingga sekarang.

Dengan berbagai fiturnya dan popularitas game ini yang sudah sangat bagus membuat game Undertale ini sangat direkomendasikan. Tentunya ringan dan tidak memakan banyak space maupun membutuhkan spesifikasi mumpuni.

28. The Long Dark

Ingin game survival tanpa adanya zombie? The Long Dark bakal cocok buat kamu. Game ini fokus menempatkan sang pemain di tengah padang es Kanada pasca bencana geomagnetik global. Tanpa makhluk aneh atau monster, manusia dan alam liarlah yang jadi tantangan utama.

Mulai dari berburu binatang, mengumpulkan kayu bakar, sampai mencari pakaian tebal demi tak mati kedinginan dan kelaparan. Dipadu sound ambience alam liar yang sangat memukau sekaligus mencekam, The Long Dark benar-benar mampu membangun suasana yang sangat immersive dan menegangkan layaknya film The Grey.

Bagi kamu pecinta game survival bisa memainkan game ini yang tentu saja tidak berat dan hanya membutuhkan spesifikasi rendah. Mungkin ini bisa menjadi penyegaran dari game survival yang musuhnya zombie atau makhluk aneh, karena musuh di sini hanyalah alam dan manusia.

29. Valiant Hearts

Valiant Hearts merupakan game puzzle adventure yang diilhami peristiwa Perang Dunia 1. Pemain mengikuti kisah 4 orang karakter dari latar belakang yang berbeda saat PD 1 pecah. Mulai dari tentara Prancis, perawat German, prajurit Afrika, hingga anjing pengantar pesan perang antar negara.

Dengan gaya visual komik hidup ala Marley & Me ditambah narasi menyentuh, Valiant Hearts berhasil menghadirkan kisah persahabatan haru nan menggetarkan hati di tengah tragedi kemanusiaan Palagan Dunia Pertama. Sensasi edukasi historis menyelimuti benak tiap memainkannya.

Valiant Hearts membuat para pemain merasakan betapa perang itu mengerikan dan menyedihkan apalagi Perang Dunia I yang terkenal kejam serta memakan banyak korban. Kamu bisa belajar banyak dari game Valiant Hearts ini.

30. Limbo

Game PC offline ringan yang terakhir di dalam daftar kali ini adalah Limbo. Salah satu game horror yang sudah banyak dikenal oleh para gamers dan hadir di berbagai platform salah satunya Windows.

Dikembangkan oleh Playdead Games, Limbo menghadirkan sensasi horror atmospheric yang sangat pekat dan kelam. Pemain mengendalikan seorang anak kecil tanpa nama yang harus menjelajahi dunia hitam putih aneh penuh perangkap mematikan demi menemukan sang adik.

Tanpa dialog dan arah yang jelas, progres pelan dan penuh teka-teki ini mampu membangun ketegangan psikologis yang sangat mencekam sekaligus memukau. Betapa pun menakutkan, rasa penasaran akan akhir petualangan si anak malang ini terus memacu sang pemain untuk terus maju.

Penutup

Nah itu dia tadi 25 rekomendasi game offline ringan PC terbaik dari saya yang saya yakini akan memberikan pengalaman seru buat kalian semua. Semua game di atas telah saya coba sendiri dan rasanya sulit sekali berhenti bermain karena terlalu asyik. Umumnya bisa dimainkan di PC dan laptop apa saja tanpa instalasi yang ribet atau spesifikasi tinggi.

Jadi tunggu apalagi? Segera unduh dan cobalah sendiri game-game offline legendaries ini. Saya yakin kamu tak akan menyesal dan justru akan ketagihan. Selamat bermain dan semoga artikel ini bermanfaat!

Tinggalkan komentar