15 Game Horror PC Gratis Terbaik Tahun 2024, Serem Banget!

Jika kamu penggemar game horror, ada banyak pilihan game seram di PC yang bisa dimainkan secara gratis lho tanpa harus keluar biaya untuk membelinya. Selain menghemat budget, sensasi horror yang didapatkan juga tak kalah seru dari game berbayar. Bagi para penggemar genre horror, bermain game horror gratis di PC bisa menjadi pilihan yang menyenangkan dan hemat. Selain menghemat budget, kamu masih dapat merasakan sensasi seram yang menegangkan dari game horror gratis di PC.

Penasaran game horror PC gratis apa saja yang paling recommended? Nah, berikut ini akan dibahas dan diberikan daftar beberapa game horror gratis yang layak untuk dicoba di PC atau Laptop kesayanganmu. Langsung saja simak sampai habis ya.

1. Dark Deception

Game horror PC gratis yang pertama adalah Dark Deception, game horror bertema arcade park tahun 2019 yang dikembangkan oleh Glowstick Entertainment. Kamu akan berperan sebagai seorang wanita yang terjebak di tempat angker penuh perangkap mematikan.

Untuk bisa lolos, kamu harus mengumpulkan berlian yang tersebar di arena permainan sambil menghindari berbagai monster mengerikan. Suasana horror lawas tentunya membuat adrenalin semakin terpacu. Setiap level akan ada boss fight melawan monster ikonik dengan serangan dan pola gerakan unik. Seperti Chaser si monster kotak, Ripper si cermin beremulasi, hingga Brewmaster raksasa pembuat bir.

Dengan visual menawan, soundtrack memukau, hingga animasi yang halus, Dark Deception mampu membuat pengalaman horror arcade yang memuaskan dan tak cepat membosankan meski dimainkan berulang kali.

Baca Juga: 20 Game Horror PC Ringan Terbaik, Seram dan Bikin Merinding!

2. After Hours

Merupakan game horror psikologis indie buatan seorang pembuat game bernama Peter Malmehed, After Hours adalah game horror PC gratis yang menghadirkan pengalaman horror dengan atmosfir yang cukup memukau. Terinspirasi oleh film horor klasik yang biasanya membawa ke rumah atau tempat yang angker, suasana yang ditawarkan cukup mampu membuat bulu kuduk meremang.

Ceritanya berkisah tentang seorang pria yang terjebak di rumah sakit sehingga harus mencari jalan keluar dalam keadaan selamat. Yang mengerikannya rumah sakit ini terasa sangat sepi, gelap gulita, dan ada yang aneh. Banyak sekali makhluk halus yang mengintai dan mengejar pemain, jadi harus diam dan jangan menarik perhatian hantu tersebut.

Sensasi cemas dan takut langsung menyelimuti begitu melangkah lebih dalam untuk menyelidiki lebih jauh. Apalagi jika sudah dikejar oleh hantu, jumpscare di game ini pun juga bisa bikin jantung terasa copot, benar-benar bikin kaget.

Baca Juga: 15 Game Horror PC Offline Terbaik, Seram dan Menegangkan!

3. Cry of Fear

Cry of Fear adalah sebenarnya adalah mod horor berbasis Half-Life, tapi karena popularitasnya game horror PC gratis ini bisa dibilang cukup berhasil walaupun berasal dari mod game lain. Dikembangkan oleh Team Psykskallar, kamu akan mengendalikan Simon Henriksson, seorang pemuda yang tersesat dan terjebak di kota Stockholm yang janggal dan penuh makhluk aneh.

Sepanjang perjalanan menjelajah kota, Simon akan dihadapkan pada pemandangan mengerikan berupa mayat hidup dan monster hasil mutasi yang menyeramkan. Belum lagi, penampakan dan bisikan-bisikan ganjil yang terus menghantui pemain sepanjang permainan, hal ini saja bisa membuat pemain merasa tidak enak.

Dengan susunan musik dan sound effect yang pas, Cry of Fear benar-benar mampu menciptakan rasa takut luar biasa bagi siapa saja yang memainkannya. Untuk sekelas game gratis, Cry of Fear ini sudah cukup bagus dalam menghadirkan suasana horornya.

Baca Juga: 10 Game Horror Multiplayer Android Terbaik 2023, Bisa Mabar Online Bareng!

4. Deceit

Deceit adalah game horror gratis PC multiplayer buatan dari developer game indie Automaton. Mungkin kalau disamakan dengan game lain bisa dibilang mirip dengan Among Us, yang inti dari permainannya adalah mencari impostor atau monster yang menyamar menjadi manusia.

Di game ini pemain akan dibagi menjadi 2 tim, yakni penyintas dan monster. Para monster harus berpura-pura jadi manusia biasa dan mengecoh penyintas agar mereka bisa dibunuh tanpa ketahuan. Sementara para penyintas harus mencurigai dan melaporkan siapa monster yang ada di antara mereka.

Interaksi pemain dan ketegangan psikologis yang muncul sukses membuat Deceit jadi salah satu game horor paling seru saat ini. Jadi, pelajaran yang penting yang dapat diambil dari game ini adalah jangan mudah percaya dengan siapapun.

Baca Juga: 15 Game Horror Multiplayer PC Terbaik, Seram dan Sadis!

5. Doki Doki Literature Club

Dibalut dengan tema visual novel imut ala manga Jepang, Doki Doki Literature Club ternyata menyimpan plot twist yang sangat tidak tertebak. Kamu akan berperan sebagai murid baru yang bergabung ke klub sastra sekolah.

Awalnya semua berjalan normal seperti biasa dan tidak ada kejadian horror maupun aneh, kamu bisa berinteraksi dengan para anggota klub yang cantik ala waifu anime. Tapi, kejanggalan mulai terasa saat salah satu karakter utama bunuh diri.

Belum lagi fenomena glitch aneh yang terus terjadi nantinya benar-benar mampu membuatmu terperanjat dan merinding disko. Benar-benar tidak disangka, game yang punya tampilan imut tapi ternyata isinya horor, Doki-Doki Literature Club ini bisa jadi pilihanmu untuk bermain game horror PC gratis.

Baca Juga: 15 Game Balap Mobil PC Terbaik, Buat Kamu Pecinta Balapan!

6. Fears to Fathom: Home Alone

Fears to Fathom merupakan game PC horror gratis yang mengusung konsep horor interaktif-narasi yang cukup seram dan tegang. Salah satu episode unggulannya adalah Home Alone yang menceritakan tentang seorang gadis bernama Lucy yang harus mendekam sendirian di dalam rumah.

Suatu hari di malam yang sunyi, tiba-tiba listrik padam dan pintu diketuk orang tak dikenal, suasana menjadi semakin mencekam. Sebagai pemain kamu harus menenangkan Lucy dan membimbingnya agar selamat dari ancaman psikopat yang bisa menerobos masuk kapan saja.

Berkat fitur AI dan pengisi suara profesional, interaksi verbal antara pemain dan Lucy didukung dengan baik untuk menciptakan rasa takut, paranoid dan tegang yang luar biasa. Sebenarnya ada lagi episode lain yang tidak kalah seru, namun episode lain itu tidaklah gratis, perlu uang untuk membelinya, tapi worth it kok.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

7. No More Room in Hell

Selanjutnya di daftar game PC horror gratis ada No More Room in Hell, game FPS horor multiplayer kooperatif buatan studio game indie Lever Games. Sesuai judulnya, kamu dan 3 pemain lain akan bekerja sama bertahan hidup dari serangan zombie di kota yang sudah jatuh akibat pandemi zombie mematikan.

Sensasi survival horror yang ditawarkan cukup realistis dan suasananya pun juga lumayan menegangkan. Mulai dari desain senjata, sistem perlengkapan , hingga detail zombie yang mati-matian berusaha menggigit lengan kamu. Kamu harus tetap bertahan hidup dengan melawan gerombolan zombie dan jangan sampai mati oleh gigitan mereka.

Dipadu dengan pencahayaan minim dan sound effect zombie yang menyeramkan, kengerian dan tegang tiada henti dijamin akan kamu rasakan. Para gamers penikmat game zombie harus coba game ini, tidak perlu bayar karena gratis dan bisa didapatkan di Steam.

Baca Juga: 25 Game Nomor 1 di Dunia Terbaik dan Terpopuler 2024

8. SCP: Secret Laboratory

Game horror PC gratis berikutnya adalah SCP: Secret Laboratory, sebuah game horror multiplayer yang dikembangkan oleh developer game Northwood Studios. Bagi yang suka serial horor sci-fi SCP Foundation, SCP Secret Laboratory bisa jadi pilihan seru untuk dicoba. Mirip dengan genre film Alien maupun Containment di mana ada makhluk-makhluk aneh yang memangsa manusia, dan tugas manusia di sini harus melawan mereka agar tidak lepas.

Kamu akan bergabung ke dalam tim peneliti rahasia yang harus bertarung hidup dan mati di fasilitas penelitian anomali supernatural. Selain itu, ada berbagai role yang bisa dimainkan oleh pemain seperti penjaga laboratorium, peneliti, dan bahkan sebagai makhluk SCP.

Di sini ada berbagai makhluk SCP berdasarkan creepypasta internet yang terkenal, mulai dari makhluk seperti patung yaitu SCP-173, dokter wabah SCP-049, hingga makhluk yang dapat menyebabkan kebakaran yaitu SCP-457. Sensasi mencekam dan ketegangan tinggi dijamin bikin merinding ketika memainkan game anomali ini.

9. The Backrooms Game Free Edition

Siapa sangka fenomena ruangan aneh yang dianggap sebagai bug dari dunia bernama The Backrooms yang ramai di media sosial beberapa tahun silam kini diangkat ke game horror. The Backrooms Game Free Edition adalah salah satu adaptasinya yang cukup populer, selain karena gratis game ini juga mampu menghadirkan suasan Backrooms yang sepi dan mencekam.

Kamu sebagai pemain terjebak di dimensi aneh berisi lorong tak berujung dan makhluk abnormal bernama Entity. Satu-satunya cara selamat adalah mencari jalan pintas menuju dunia asal dengan selamat. Tapi, hal itu tentu tidaklah mudah karena usaha kamu akan dihalangi oleh makhluk yang siap untuk melenyapkanmu kapan saja.

Suasana klaustrofobia ruang sempit dipadu dengan monster humanoid menjijikkan siap memberikan pengalaman menegangkan ketika memainkan game ini. The Backrooms ini merupakan game horror PC gratis yang harus kamu coba pokoknya.

10. Dagon

Dagon merupakan game horror PC gratis yang menawarkan pengalaman horror psikologis yang bahkan katanya bisa membuat pemain yang tidak tahan merasakan insomnia. Game ini terinspirasi dari cerita Cthulhu karangan H.P Lovecraft, kamu berperan sebagai adiknya Alan yang harus menyusuri area pesisir hingga laut dalam mencari tahu kemisteriusan kematiannya.

Namun, selama perjalanan tentu saja akan ada hal-hal yang menghalangi selama menyusuri lautan. Sepanjang eksplorasi, berbagai fenomena ganjil terus menghantui pemain. Diperkuat sound effect memukau dan visual artistik yang serasi, membuat suasana semakin tidak enak dan mencekam.

Memang, secara konten game ini tidaklah selengkap game berbayar, tapi untuk ukuran game gratis Dagon ini sudah berhasil menghadirkan horror yang mencekam selama lebih dari 30 menit atau lebih sesuai dengan durasi game ini. Dagon benar-benar mampu memunculkan perasaan cemas dan paranoid di benak pemain.

11. Granny

Granny salah satu judul game horror klasik yang sudah sangat populer di berbagai platform, game ini juga bisa kamu dapatkan di PC atau Laptop. Konsep game ini yaitu kamu ceritanya terjebak di rumah yang dihuni oleh seorang nenek jahat dan memiliki wajah menyeramkan. Di sini kamu hanya memiliki waktu lima hari untuk kabur dari rumah sang nenek, jika tidak maka kamu akan dibunuh dan dimakan olehnya.

Tapi, kabur dari rumah nenek ini bukan perkara yang mudah karena kamu akan terus dibuntuti dan dikejar oleh nenek jahat ini. Kamu harus memecahkan teka-teki dan berusaha kabur dari rumah dengan mobil yang ada di garasi.

Granny ini memang salah satu game horror gratis di PC yang menawarkan suasana yang mencekam dan menyeramkan. Walaupun dari segi grafis bisa dibilang masih burik, tapi game klasik ini mampu membuat pemain ketakutan.

12. Dead Frontier 2

Dead Frontier 2 adalah game horror gratis PC yang bertemakan zombie yang merupakan karya dari developer game Creaky Corpse Limited. Di game ini kamu akan menjadi seseorang yang harus bertahan hidup di tengah wabah zombie yang sudah menghancurkan tempat tinggalmu.

Apapun harus kamu lakukan untuk bertahan hidup, seperti mengumpulkan berbagai senjata dan peralatan untuk menghabisi zombie. Selain itu, bisa juga bekerja sama dengan pemain lain untuk bersama-sama membantai zombie. Uniknya, kamu bisa berinteraksi dengan survivor lain seperti tukar menukar atau jual beli, menyelamatkan atau bahkan meninggalkan mereka saat bertemu selama perjalanan.

Banyak sekali zombie mengerikan di sini ada yang tubuhnya besar dan gemuk, tangannya panjang, dan mulutnya bertaring. Benar-benar terasa sekali horror di game ini, sangat mencekam dan suasananya sudah bikin tidak enak saat bermain Dead Frontier 2 ini.

13. We Went Back

We Went Back merupakan salah satu game horror gratis di PC yang menjanjikan nostalgia film horror luar angkasa yang apik di sajikan dalam bentuk game. Dikembangkan oleh developer game indie yaitu Dead Threads Game, konsep dasarnya adalah manusia yang terjebak di luar angkasa dan harus mencari jalan keluar

Ceritanya berkisah tentang seseorang yang baru saja terbangun di stasiun luar angkasa yang sudah ditinggalkan, dia harus keluar dari stasiun ini karena suasanannya yang semakin menyeramkan. Ada banyak sekali hal janggal di stasiun luar angkasa ini, tugasmu salah satunya memecahkan teka-teki dan mencari petunjuk agar bisa keluar dengan selamat

Rasanya mengerikan sekali saat bermain game ini, bayangkan saja kamu baru saja bangun kemudian terjebak sendirian di luar angkasa dan harus berhadapan dengan situasi yang tidak diinginkan. We Went Back ini benar-benar menawarkan suasana horror luar angkasa yang dibungkus dengan bagus, walaupun durasinya juga singkat.

14. Entropy: Zero 2

Suka game F.E.A.R dan sci-fi dokumenter ala SCP Foundation? Entropy: Zero 2 mungkin cocok bagi kamu yang mau memainkan game horror gratis PC yang juga bertemakan sama. Awalnya game ini hanya modifikasi dari game Half-Life 2 yang dimodifikasi sedemikian rupa menjadi game horror yang bertemakan sci-fi.

Di game ini kamu akan memerankan seorang tentara elit yang dikirim ke markas rahasia milik seseorang bernama Dr. Judith Mossman yang harus ditangkap. Kamu akan mengkomando beberapa tentara untuk menyerbu tempat tersebut, tapi ada banyak sekali musuh mengerikan yang harus dilawan sepanjang kampanye penaklukan

Sensasi horor sci-fi dipadu mekanik FPS yang halus menjadi poin utama dari Entropy: Zero 2 ini. Belum lagi desain monster-monster hasil mutasi genetik yang cukup detail dan mengerikan, benar-benar mirip dengan gaya horor Jepang yang sadis.

15. Poppy Playtime

Untuk penutup daftar game PC horror gratis kali ini ada Poppy Playtime, salah satu fenomena indie horor 2022 yang mendadak populer di kalangan gamer dan content creator dunia. Gaya horor boneka hidupnya yang unik turut menjadi daya tarik tersendiri.

Mengambil lokasi di pabrik mainan tua, pemain harus memecahkan misteri hilangnya staf dan melarikan diri dari seorang psikopat misterius bernama Huggy Wuggy si boneka biru pemakan manusia. Game ini memiliki beberapa chapter yang bisa dimainkan secara urut, untk chapter pertama bisa kamu dapatkan gratis di Steam.

Dengan pilihan senjata terbatas dan banyak teka-teki yang perlu dipecahkan, sensasi horor Poppy Playtime terasa begitu tegang, apalagi saat bertatap muka langsung dengan Huggy Wuggy. Coba saja jika kamu penasaran, mungkin bisa dibilang mirip dengan Freddy si boneka animatronik itu.

Nah, itulah tadi rekomendasi 15 game horror PC gratis paling seru versi kami yang wajib dicoba para gamers. Kalau kamu mencari gratisan bisa langsung meluncur dan unduh game di atas melalui beberapa website misalnya Steam yang memang sudah dikenal legal dan aman. Sampai di sini saja semoga artikel ini bermanfaat dan menambah wawasan, sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar