20 Hero Meta Season 31 Terbaik di Mobile Legends, Buat Ngepush Rank!

Mobile Legends mestinya selalu mengalami perubahan meta di setiap season, perubahan ini tentu terjadi karena setiap season Moonton selaku developer game memberikan buff, nerf, bahkan revamp terhadap beberapa hero yang bertujuan untuk memberikan penyesuaian. Hero yang tadinya populer, bisa jadi terbengkalai di season berikutnya, begitupun sebalikanya, ada juga hero yang tadinya OP di season lalu masih juga OP di season sekarang, semuanya tergantung kebijakan Moonton.

Nah, di season 31 yang baru saja dimulai beberapa waktu lalu, ada beberapa hero meta yang wajib banget diperhitungkan karena bakal banyak dipakai. Hero-hero apa aja sih itu? Yuk kita bahas satu per satu!

1. Balmond

Hero meta season 31 yang pertama adalah Balmond, hero lama yang ternyata masih relevan dipakai di season 31, bahkan menjadi bintang di season ini serta banyak pemain yang memakai hero ini di mode ranked draft pick. Dengan skill damage area yang kuat dari ulti dan skill 2-nya yang sekarang tidak bisa dibatalkan oleh lawan, dia sangat bisa untuk membantai lawan dengan cepat dan mudah. Apalagi hero ini punya durabilitas yang bagus untuk sekelas hero fighter, diberikan build tank pun masih dapat memberikan damage tinggi.

Yang juga nggak kalah penting, farming kecepatan Balmond bagus banget pakai skill 2 maupun ultimate buat ambil creep, maka dari itu role jungler sangat cocok buat Balmond. Dia ini sangat badak ini masih akan jadi pilihan meta fighter di season 31 ini, untuk mencuri objektif seperti turtle dan lord pun bisa pakai skill ulti, berasa punya dua retribution. Dalam teamfight atau war pun hero ini berguna untuk mengobrak-abrik musuh dan berada di garda terdepan.

Baca Juga: 15 Hero Tersakit Mobile Legends 2024, Buat Push Rank!

2. Terizla

Terizla si raksasa berbahaya bertangan api ini juga masuk dalam deretan daftar hero meta season 31 dari golongan hero fighter. Selain damage skill ratenya super sakit, dia juga lumayan tangguh dan punya sustain bagus, hero ini dapat bertahan lama dan susah untuk mati. Biasanya pemain ML menempatkan hero ini sebagai offlaner di EXP Lane tapi tidak menutup kemungkinan juga dijadikan sebagai roamer, sama-sama bagus.

Hero ini berguna banget berkat ulti dengan efek crowd control buat ganking atau kejar hero loncat sana sini macam Ling atau Lancelot. Untuk urusan teamfight atau war, Terizla bisa menjadi inisiator yang bagus, bisa menggunakan combo flicker ditambah skill ulti untuk memberikan serangan kejutan dan memerangkap lawan agar lebih mudah untuk dihabisi. Terizla bisa jadi pilihan bagus di meta sekarang, kuat dan sakit serta punya skill crowd control yang sangat berguna.

Baca Juga: 12 Hero Fighter Tersakit 2024 di Mobile Legends, Kuat dan Tahan Banting!

3. Guinevere

guinevere

Berikutnya hero meta season 31 ML datang dari Guinevere yang semenjak pertengahan hingga akhir season 30 sudah menjadi hero yang sangat dipertimbangkan. Hero ini punya burst damage tinggi dan crowd control yang kuat, dia juga punya mobilitas bagus untuk rotasi atau kejar musuh. Di meta sekarang ini, Guinevere bisa dimainkan sebagai offlaner maupun roamer, bisa menggunakan build fighter mage atau tank, semuanya itu tinggal situasi saja dan kesepakatan dengan tim.

Guinevere ini bisa melancarkan serangan combo mematikan yang bisa menjebak banyak musuh sekaligus, serangan hero ini kadang tak terduga apalagi kalau dari semak-semak. Makanya hero ini dapat menjadi inisiator war yang lumayan bagus, dengan combo serangan miliknya dia bisa membuat satu tim musuh terkena skill crowd control dan lebih mudah dihabisi.

Baca Juga: 12 Hero Mage Tersakit 2024 di Mobile Legends, Bisa Buat Push Rank!

4. Nolan

Hero meta season 31 selanjutnya yaitu adalah Nolan, hero ini masih tergolong baru dan secara alami pastinya masuk dalam pusaran meta season sekarang ini. Ini karena dia punya skill set yang bermanfaat banget buat dirinya untuk membantai musuh, skillnya punya damage tinggi dan efek dari skill bahkan skill pasifnya pun cukup kuat bagi dirinya. Hero ini juga sangat lincah dan susah untuk ditangkap, hal ini juga dapat dimanfaatkan untuk memburu musuh dengan lebih mudah karena mobilitas hero ini juga bagus.

Nolan memanfaatkan energi, jadi mirip dengan hero assassin seperti Fanny, Hayabusa, atau Lesley, makanya Nolan sangat cocok untuk menjadi jungler agar mendapatkan buff ungu. Dengan memanfaatkan combo skillnya, Nolan bakalan tak terbendung untuk menghabisi musuh apalagi kalau sudah jadi itemnya, dia bisa menjadi ancaman besar.

Baca Juga: 10 Hero Assassin Tersakit 2024 di Mobile Legends

5. Fredrinn

Fredrinn sang hero tank di Mobile Legends yang masuk meta season 30 berkat kemampuan skillnya dan durabilitas serta hero sustain yang sangat bagus di ML. Hero ini biasa difungsikan sebagai hero jungler karena memang sangat cocok buat dirinya, bisa ambil objektif, rotasi, dan clear jungle dengan baik, selain itu hero ini juga memiliki pertahanan yang kuat sehingga musuh tidak mudah untuk mengalahkan Fredrinn.

Fredrinn punya skill yang sangat unik untuk menyimpan damage diterima dari serangan musuh yang bikin tahan banting. Ultimate miliknya dapat memberikan damage yang tinggi dan jangkauan serangan ini pun juga area, dalam situasi teamfight atau war hero ini dapat menjadi inisiator dan bertarung di depan sembari menyerang dan melindungi tim dari serangan musuh.

Baca Juga: 8 Hero Tank Terkuat 2024 di Mobile Legends, Tebal dan Susah Tumbang!

6. Novaria

Noxaria juga masuk dalam jajaran hero meta season 31 di Mobile Legends, hero mage yang satu ini sedang mendapatkan perhatian besar dari para pemain ML. Hero mage ini punya skill yang dapat merepotkan lawan, damage dari serangan skillnya juga sakit bisa membuat musuh cepat tereliminasi. Biasanya Novaria ditempatkan di posisi Midlane, tentu hal ini karena Novaria sangat berguna untuk membantu teman satu tim dengan rotasi serta membantu ganking atau mengambil objektif.

Novaria ini selain damagenya sakit, dia juga memiliki jarak serangan yang skillnya bisa mengunci posisi musuh. Mage ini tentu menjadi penyerang yang bagus dalam situasi war atau teamfight, dirinya lebih terlindungi karena bisa menyerang dari jarak jauh. Jadi, tidak ada alasan untuk tidak ngepick Novaria di season sekarang.

Baca Juga: 12 Hero Roamer Terbaik dan Terkuat 2024 di Mobile Legends

7. Faramis

Hero selanjutnya yang menjadi meta di season 30 adalah Faramis si wizard gondrong dengan kekuatan miliknya yang sangat kuat. Dia punya sustainability dan damage lumayan oke di early game. Hero ini lebih sering diposisikan di Midlane, walaupun bisa juga sebenarnya kalau dijadikan sebagai roamer, tergantung situasi saja. Salah satu kelebihan dari hero ini terletak di skill ultimatenya, dia bisa membuat teman satu tim kebal terhadap damage selama sekian detik selain itu akan dilindungi oleh semacam shield dan menambah movement speed.

Skill milik Faramis inilah yang dapat menjadi keunggulan tersendiri bagi teman satu tim, saat berhadapan dengan musuh misalnya ganking atau war, Faramis bisa menggunakan skill ini agar teman satu tim menjadi lebih kuat dan tidak gampang mati. Selain itu, pasifnya yang unik juga bisa mengurangi cooldown respawn, kalau pakai hero ini dijamin OP pastinya.

Baca Juga: 17 Hero Tercantik Mobile Legends 2024, Sungguh Menawan!

8. Bruno

Bruno si pemain sepak bola yang juga menjadi hero meta season 31 di ML. Marksman ini dikenal karena memiliki damage critical tinggi yang dapat menguras darah musuh dengan cepat. Tentu saja, Bruno seperti kebanyakan marksman lain ditempatkan di Gold Lane, agar farming menjadi lebih mudah dan dapat segera membeli item. Memang, di early game hero ini belum terasa banget tapi kalau sudah late game, jangan ditanya lagi, hero tank sudah jadi kerupuk.

Bruno termasuk marksman yang sedikit lincah, skill dash-nya juga kadang bisa buat menghindar atau kejar target lain yang hampir mati. Agar lebih maksimal, pasang build attack speed dan critical damage, nanti di late game hero ini bisa menjadi sangat berbahaya.

Baca Juga: 12 Hero Gold Lane Terbaik dan Terkuat di Mobile Legends 2024

9. Tigreal

Berikutnya hero meta season 31 datang dari kalanga hero tank yaitu Tigreal, hero gagah dengan palu besar dan tamengnya. Di season-season sebelumnya, dia lumayan terbengkalai dan jarang dipakai beberapa season belakangan ini dibanding tanker lain macam Atlas, Khufra atau Franco. Tapi, kali ini hero ini menjadi naik lagi berkat skill crowd control miliknya yang dapat membuat lawan kerepotan. Hero ini sudah terbukti tahan banting dan ngeselin, musuh akan sangat terganggu dengan kehadiran Tigreal.

Dia bisa menjadi inisiator war yang sangat baik, dengan skill ultimate dan flicker dia bisa menciptakan serangan kejutan dan dapat membuat musuh terkena crowd control. Cocok sekali combo dengan hero yang memiliki damage area tinggi misalnya seperti Vale, musuh pun akan langsung habis.

Baca Juga: 12 Hero EXP Lane Terbaik 2024 di Mobile Legends

10. Claude

Sang hero marksman dengan teman monyetnya yaitu Claude juga masuk sebagai salah satu hero meta di season 31. Hero yang terkenal gesit dan lincah ini mempunyai potensi yang sangat besar di season ini, ini bukan tipe marksman yang dimainkan di tier bawah karena mekaniknya agak sulit. Claude memang lemah di early game sehingga memerlukan farming yang bagus dan dilindungi oleh teman satu tim, namun di late game Claude ini juaranya membantai.

Claude dapat meluncurkan combo serangan mematikan dengan memanfaatkan skill teleportasi dan ultimate, skill ultimate ini dapat memberikan damage area yang sakit. Dia bisa masuk secara tiba-tiba saat teamfight, kabur pun juga mudah karena skill teleportasi miliknya yang dapat mengelabui lawan. Kalau mau marksman yang lincah dan punya damage tinggi, Claude ini bisa kamu pick.

Baca Juga: 20 Hero Meta Season 30 di Mobile Legends Terkuat, Buat Ngepush!

11. Martis

Sebagai salah satu fighter paling komplet baik skill maupun durabilitas, Martis hampir selalu jadi pilihan meta yang kuat dari season sebelumnya. Di season 31, Martis masih tetap bersinar sebagai hero fighter yang kuat dan tangguh. Martis ini bisa menjadi mesin pembantai yang haus darah, bayangkan saja, skill ultimate miliknya bisa digunakan lagi kalau sukses mengeksekusi musuh.

Martis sekarang lebih tangguh di early game dan juga semakin menyakitkan di late game. Skill 2nya yang diperbarui bahkan bisa dipakai buat manuver sambil stun musuh dalam satu gerakan. Hero ini dapat mengobrak-abrik pertahanan musuh, pokoknya si Martis ini paket lengkap, tak heran masih banyak yang memakai di season 31 ini.

12. Angela

Angela merupakan salah satu hero meta season 31 yang mempunyai kemampuan melindungi dan juga memberikan bagi buff temannya yang sangat bermanfaat. Hero yang selalu diidentikan dengan pemain ML perempuan ini nyatanya masih dapat beraksi di season 31. Memang, perlu sekali hero support yang dapat memberikan manfaat besar baik berupa shield, healing, atau crowd control. Nah, Angela ini sudah paket lengkap, ketiganya ada di hero support ini.

Hero support ini dapat menempel ke teman satu tim menggunakan skill ultimate, dia akan memberikan buff utamanya berupa shield yang dapat menyerap banyak damage. Tentunya, ini sangat berguna apalagi dalam situasi teamfight atau kalau mau menyelematkan salah satu teman.

13. Yu Zhong

Si naga hitam Yu Zhong masih jadi salah satu pilihan hero meta fighter season 31, hero ini walaupun terkena buff atau nerf masih dapat memberikan performa yang bagus lho. Yu Zhong adalah offlaner yang benar-benar tangguh berkat skill pasifnya yang dapat mencuri darah musuh dan membuatnya semakin kuat dan susah dikalahkan saat bertarung. Skillnya juga lengkap, ini yang membuatnya menjadi fighter yang tahan banting dan tidak mudah dikalahkan.

Yu Zhong menjadi semakin perkasa jika sudah mengeluarkan skill ultimate yang mengubahnya menjadi naga hitam. Dengan mudahnya, dia dapat mengobrak-abrik tim musuh saat war, kebanyakan pun akan memilih mundur jika sudah dikejar oleh Yu Zhong mode naga.

14. Brody

Bicara soal marksman yang masuk sebagai hero meta season 31, nama satu ini wajib disebut karena Brody benar-benar punya semua kriteria marksman masa kini yang cepat menghabisi target dengan burst damage tinggi. Skill miliknya dapat menjadi combo maut untuk menguras darah musuh dengan cepat. Hero satu ini emang spesial didesain buat melumat hero musuh, bahkan tank sekalipun dapat ditembus oleh damage dari Brody ini.

Sejak early game saja, Brody sudah memiliki damage tinggi apalagi kalau sudah jadi item seperti Malefic Roar, makin sangar pokoknya. Pasifnya juga semakin menambah damage, tanda yang ditinggalkan Brody jika sudah penuh maka lawan akan mendapat damage tambahan.

15. Mathilda

Hero meta season 31 selanjutnya adalah Mathilda, salah satu pilihan menarik karena dia bisa healing dan juga damage sekaligus. Hero ini dikenal lincah dalam menghadapi lawan, selain itu juga tangguh dan sustain hero ini juga cukup baik sehingga dapat bertahan dari serangan-serangan musuh. Belum lagi ultimate unik yang dapat membuatnya terbang bak helikopter yang dapat mengejar target dan memberikan efek knock back.

Mathilda dapat menjadi inisiator yang baik dalam memulai war atau teamfight, dia dapat merusuh lawan dan melakukan ganking dengan memanfaatkan skillnya. Memang perlu sekali hero sekelas Mathilda untuk membuat musuh kerepotan dan tentunya membantu teman satu tim.

16. Joy

Hero yang tidak boleh dilewatkan di meta season 31 kali ini yaitu Joy, si peri kecil nan imut yang masih menjadi andalan di season 31 berkat damage dan juga skillnya yang sangat solid untuk membantu tim melumpuhkan musuh. Hero yang sangat gesit ini sangat cocok menempati posisi sebagai jungler, kemampuan clear jungle dan rotasi hero ini lumayan baik. Joy dapat menyerang musuh dengan memanfaatkan combo skillnya, musuh akan terkena damage tinggi.

Joy ini punya skill ultimate yang unik karena bisa menghilangkan efek debuff, hampir mirip seperti battle spell Pacify, untuk menghilangkan efek negatif seperti crowd control. Agak sulit memang memakai hero ini, mekaniknya tinggi dan memerlukan penguasaan yang baik.

17. Barats

Hero meta season 31 berikutnya adalah Barats, sang hero tank dengan tampilan seperti dinosaurus. Barats sudah tidak usah diragukan lagi kalau soal damage dan durabilitasnya, damagenya termasuk sakit dan durabilitasnya juga tinggi kuat untuk menahan serangan musuh. Sebelumnya hero ini sempat terlupakan dan kalah saing dengan beberapa hero fighter lain, namun sekarang Barats sudah mulai bersinar dan menjadi andalan para user fighter di season sekarang.

Barats memang dikenal karena bisa berubah menjadi besar kalau dia berhasil mengenai musuh, creep/monster, atau minion dengan skillnya. Kalau sudah berubah menjadi besar, damage Barats juga akan semakin sakit dan dia menjadi susah untuk ditumbangkan. Skill ultimate Barats juga unik, bisa menelan dan memuntahkan satu lawan, skill yang tentunya berguna untuk menculik hero damage dealer musuh.

18. Valentina

Sebagai mage yang dikenal dapat mencuri skill musuh, tentu aja Valentina bakal jadi incaran di pick dan ban draft season 31 ini. Skill uniknya inilah yang membuat Valentina tidak terlupakan sejak pertama kali hero ini diperkenalkan hingga sekarang, masih banyak pemain yang setia menggunakan Valentina sebagai hero mage andalan mereka. Valentina biasanya ditempatkan di posisi Midlane, biar bisa rotasi ke lane lain dan membantu teman satu tim atau melakukan penyergapan dan ganking musuh.

Skill mencurinya dapat dimanfaatkan untuk mencuri skill musuh terutama crowd control agar nantinya bisa memulai war dengan baik. Valentina ini benar-benar mage yang berbahaya, keunggulan dari skill mencuri inilah yang membuat Valentina semakin berbahaya dan menjadi ancaman besar bagi tim musuh.

19. Lancelot

Si jagoan assassin yaitu Lancelot juga masih menjadi hero yang diperhitungkan di season sekarang ini. Lancelot yang terkenal sangat lincah dan licin ini tetap memegang posisi sebagai jungler, kemampuannya untuk menjadi jungler sudah sangat mumpuni, dia bisa clear jungle dengan cepat, rotasi pun juga cepat, dan bisa mengambil objektif dengan cepat pula. Kelincahan yang ada di Lancelot ini berkat dari skill setnya, ini bisa menjadi manfaat buat Lancelot karena bisa menghindar maupun mengejar lawan dengan cepat.

Untuk sekelas hero assassin, pastinya kalau bicara soal damage Lancelot ini bisa dibilang salah satu hero assassin dengan damage paling tinggi. Membantai lawan pun bisa menjadi pekerjaan yang mudah buat Lancelot, terutama jika mengincar hero marksman atau mage musuh yang mempunyai pertahanan lemah.

20. Minotaur

Terakhir, hero meta season 31 kali ini ada juga Minotaur si kerbau raksasa yang sekarang jadi andalan karena skill-setnya emang beneran solid banget buat jadi tank support meta. Apalagi di season 31 ini tank sungguh diperlukan, makanya Minotaur ini sekarang menjadi perhatian lagi dan para pemain pun mulai menggunakan hero ini di mode ranked. Minotaur sendiri termasuk tank yang tangguh dengan dibekali skill healing. Uniknya lagi, dia bisa masuk mode rage dan mengubah dirinya menjadi lebih kuat baik itu pertahanan maupun skillnya.

Minotaur punya skill ultimate untuk membuat musuh terkena efek knock up, skill ini berguna untuk membuka war dan menginisiasi pertempuran. Hero ini bakal menjadi tank roamer yang baik dan dapat membantu teman satu tim, karena tangguh dan susah sekali untuk ditumbangkan apalagi jika sudah masuk mode rage.

Nah itulah tadi pembahasan beserta daftar 20 hero meta Season 31 di Mobile Legends yang OP dan tak jarang menjadi langganan ban dan rebutan pick bagi para pemain. Beberapa di antara mereka merupakan hero lama yang balik lagi ke top tier setelah adanya penyesuaian terutama buff, ada juga hero dari season lalu dan hero baru yang sama-sama bagus. Semoga dapat menjadi referensi bagi kamu para pemain ML untuk menentukan hero yang dipakai agar bisa push rank sampai Mythic ke atas, sampai di sini dulu dan sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar