Muhammad Ikhsan Seorang penulis yang tertarik dengan dunia gaming baik PC, Mobile, maupun Konsol.

6 Game Plagiat Paling Terburuk, Tiru Game Terkenal!

2 min read

plagiat

Plagiat game memang menjadi masalah yang sudah berkali-kali terjadi. Biasanya para peniru ini akan plagiat game terkenal yang sedang booming atau bahkan berani meniru game franchise. Plagiat memang tindakan yang tidak terpuji karena hanya akan menimbulkan kerugian bahkan bisa terseret ke meja hijau.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas tentang game plagiat terburuk peniru game terkenal. Jika kalian penasaran silahkan saja simak pembahasan dan list berikut ini ya, Langsung saja.

1. Saint Row

Saint Row Plagiat

Game di urutan pertama yang plagiat adalah Saint Row. Mungkin kamu sudah pernah mendengar nama game ini, karena memiliki kemiripan dengan seri game terkenal GTA. Namun, ternyata game ini adalah plagiat dari game GTA: San Andreas pada awalnya.

Game ini tidak sesukses GTA: San Andreas karena dicap sebagai game plagiat dan akhirnya gagal di pasaran. Setelah itu si pengembang Saint Row mulai membuat sesuatu yang berbeda di seri Saint Row ini hingga sekarang memiliki orisinalitas tersendiri. Langkah mengubah game plagiat menjadi sesuatu yang original memang patut kita apresiasi, plagiat memang harus dijauhi.

Baca Juga: Kumpulan Kode Cheat GTA San Andreas PS2 & PC Terlengkap

2. Unearthed: Trail of Ibn Battuta

Unearthed

Selanjutnya ada game petualangan yaitu Unearthed sebuah game plagiat dari Uncharted. Walaupun kental dengan elemen khas timur tengah dan Islam, namun tetap saja game ini meniru seri game terkenal yaitu Uncharted. Game ini terbit pada tahun 2013 dari pengembang Semaphore.

Game plagiat memang terkadang berhasil juga kadang gagal salah satunya game Unearthed ini. Unearthed mendapatkan review dan rating cukup buruk salah satunya karena meniru Uncharted. Selain itu, Unearthed juga memiliki gameplay yang tidak begitu bagus sehingga wajar saja reviewnya buruk.

Baca Juga: 5 Game Buatan Valve Corporation Terbaik

3. Tattoo Assassins

Tattoo Assassins

Di urutan nomor 3 ada game plagiat selanjutnya yaitu Tattoo Assassins, salah satu game mengusung konsep fight. Tatto Assassins meniru game populer yaitu Mortal Kombat, walaupun ini merupakan sebuah game parodi namun tetap saja plagiat dari game aslinya.

Aslinya game ini tidak pernah rilis secara resmi namun ada beberapa prototipe yang sudah dipasarkan di arcade. Konsep permainan Tattoo Assassins memanglah sama dengan Mortal Kombat hanya ada sedikit perbedaan dan ini merupakan suatu parodi game.

Baca Juga: Karakter di Dalam Game Left 4 Dead 2

4. Blade

Blade game plagiat

Selanjutnya di urutan nomor 4 ada game plagiat yaitu Blade Sword of Elysion. Game tersebut merupakan plagiat dari Blade Souls bisa kita lihat dari gameplay maupun berbagai atribut di dalam game ini. Blade ini tidaklah terlalu laku di pasaran game karena mestinya para gamers tahu bahwa game ini plagiat.

Pihak dari Dark Souls pun juga tidak terima dengan kelakuan pihak Blade yang menjiplak habis gamennya. Akibatnya pihak Blade terkena hukum karena kasus plagiat dari game Dark Souls sehingga harus menarik gamenya dari pasaran.

Baca Juga: 7 Game Android yang Mulai Ditinggalkan Oleh Para Pemainya, Nomer 1 Gak Nyangka

5. Mole Kart

Mole Kart

Selanjutnya ada game plagiat yaitu Mole Kart sebuah game balapan yang ternyata adalah plagiat dari Mario Kart. Memang setiap ada kesuksesan sebuah video game seperti halnya Nintendo dengan Mario Kart-nya maka biasanya ada peniru. Salah satu penirunya yaitu Mole Kart ini, namanya saja hampir sama apalagi konsepnya.

Tetapi, ada saja yang menjadi pendukung dan pemain game di platform mobile ini. Bahkan ada lanjutan sekuel terbaru yaitu Mole Kart 2, tapi si pengembang lebih mengembangkan fitur yang agal berbeda.

Baca Juga: 5 Alasan Mengapa Vainglory Semakin Sepi dan Kurang Diminati Oleh Pemain

6. Mobile Legends

Mobile Legends Game Plagiat

Di urutan terakhir ada game yang mestinya kamu kenal yaitu adalah Mobile Legends. Ternyata game ini merupakan plagiat dari game Moba terkenal yaitu League of Legends. Kasus itu bermula ketika Mobile Legends masih awal-awal dan meniru habis League of Legends.

Pihak League of Legends pun tidak terima dengan aksi dari Moonton tersebut sehingga menyeretnya ke ranah hukum. Riot Games pun dibantu oleh Tencent sehingga dapat memenangkan gugatan kasus plagiat, Moonton harus membayar ke pihak League of Legends.

Baca Juga: 4 Kelebihan Game League of Legends: Wild Rift Daripada Mobile Legends

Nah, itulah tadi artikel yang membahas mengenai game plagiat terkenal. Jika ada yang lain silahkan berkomentar ya agar admin maupun penulis bisa tahu pendapat kalian. Sampai jumpa dan sampai bertemu lagi di next artikel.

Muhammad Ikhsan Seorang penulis yang tertarik dengan dunia gaming baik PC, Mobile, maupun Konsol.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *