25 Game Laptop Ringan Terbaik Tahun 2024 yang Bikin Kamu Betah!

Saat ini, banyak sekali game menarik yang bisa kamu mainkan di laptop tanpa harus membeli laptop gaming mahal. Kami sudah merangkum 25 game laptop ringan terbaik yang cocok untuk mayoritas spesifikasi laptop agar kamu bisa bermain game tanpa khawatir spek laptop kurang mumpuni.

Game-game yang masuk daftar ini dipilih berdasarkan tampilan grafis, konsumsi memori, popularitas, dan penilaian positif dari pengguna di berbagai forum game. Jadi dipastikan bakal seru dan gak bakal nge-lag saat dimainkan. Penasaran seperti apa rekomendasi 25 game laptop ringan kami? Langsung aja disimak, yuk!

1. Minecraft

Minecraft adalah salah satu game laptop ringan dengan tema sandbox terpopuler yang mendunia. Dalam game open world ini, pemain bisa menciptakan beragam objek seperti gedung, senjata, alat transportasi, dan masih banyak lagi.

Meski tampilannya sederhana berbentuk kotak-kotak, Minecraft tetap mengasyikkan untuk dimainkan. Pemain bisa bebas bereksplorasi, berburu, bertani, membangun markas, bertualang masuk ke gua, dan bertempur melawan monster. Walaupun Minecraft terkesan polos, permainan ini juga banyak menantang kreativitas. Pasalnya, pemain bisa membuat gear dan modifikasi senjata semaksimal mungkin. Bahkan, Minecraft juga bisa dimainkan secara multiplayer agar bisa saling interaksi dengan pemain lain.

Secara keseluruhan, Minecraft termasuk salah satu game paling ideal untuk dimainkan di laptop jadul sekalipun. Pasalnya, game ini rata-rata hanya memakan RAM sebesar 2 GB dan ruang penyimpanan 400 MB. Jadi meski laptop speknya pas-pasan, Minecraft tetap akan berjalan lancar.

Baca Juga: 25 Game Tembak-Tembakan PC Paling Seru Sepanjang Masa, Harus Coba!

2. Stardew Valley

Game laptop ringan terbaik berikutnya adalah Stardew Valley, sebuah game simulasi kehidupan di desa yang sangat populer. Pemain akan berperan sebagai petani muda pindah ke desa Stardew Valley untuk mengurus kebun dan peternakan warisan kakeknya.

Selama bermain, kamu bisa melakukan beragam aktivitas seperti bercocok tanam, memelihara hewan ternak, memancing, menambang, bertarung melawan monster di tambang, hingga menjalin hubungan dengan penduduk desa. Semuanya serba bebas dan tergantung preferensi pemain. Yang bikin Stardew Valley menarik adalah gameplay-nya yang santai dan tidak menuntut. Jadi, kamu bisa memainkannya sepenuh hati tanpa perlu tegang menghadapi tekanan atau deadline.

Selain itu, Stardew Valley tidak memerlukan spesifikasi tinggi untuk PC maupun laptop. Game ini rata-rata hanya memakan penyimpanan 600 MB, RAM sebesar 2 GB, dan sudah bisa berjalan lancar di kebanyakan laptop.

Baca Juga: 15 Game Horror Multiplayer PC Terbaik, Seram dan Sadis!

3. Terraria

Mirip seperti Minecraft yang bertemakan petualangan di blok-blok kotak, Terraria juga merupakan game ringan di laptop yang menawarkan konsep serupa tapi dengan gaya 2D. Pemain akan ditantang bereksplorasi, bertempur, sampai membangun basis di dunia khayalan penuh rahasia.

Yang membuat Terraria lebih menarik dari Minecraft adalah adanya unsur RPG, di mana karakter pemain bisa meningkatkan level, kemampuan bertarung, sampai mencari beragam item langka di dungeon. Kamu juga bisa memperkuat senjata dan baju zirah agar karakter makin kuat saat berpetualang.

Secara grafis, Terraria mungkin terlihat biasa saja. Namun gameplay-nya yang seru dan penuh konten bikin penasaran terus main lagi dan lagi. Game ini cuma memakan penyimpanan sekitar 200 MB dan RAM 1-2 GB. Jadi aman-aman saja buat laptop lawas manapun.

Baca Juga: 15 Game Perang PC Online Terbaik, Gamers Harus Coba!

4. Plants vs Zombies

Siapa yang tidak kenal dengan game lawas Plants vs Zombies? Game tower defense klasik ini sudah ada sejak jaman komputer masih pakai Windows XP, namun sampai sekarang tetap asyik buat dimainkan.

Dalam PvZ, pemain berperan sebagai pemilik halaman rumah yang harus mempertahankan diri dari serbuan zombie menggunakan beragam jenis tanaman. Setiap tanaman memiliki kemampuan khusus yang bisa digunakan untuk menghalau dan melenyapkan zombie.

Selain mengandalkan strategi penempatan tanaman yang tepat, pemain juga dituntut waspada karena zombie selalu muncul dari arah yang berbeda-beda. Apalagi di level tinggi, akan muncul jenis zombie unik dengan kekuatan tempur yang menantang. PvZ termasuk game ringan yang tidak terlalu boros spesifikasi. Game ini hanya memakan ruang sekitar 100 MB dan RAM 500 MB saja. Jadi gamenya tetap lancar meski dimainkan lewat laptop jadul sekalipun.

Baca Juga: 35 Game PS2 Multiplayer Terbaik dan Paling Seru, Bisa Buat Mabar Bareng!

5. The Sims 4

Bagi penggemar game simulasi kehidupan, The Sims 4 merupakan game laptop ringan yang wajib banget buat dicoba. Di game ini, kamu bisa menciptakan karakter Sims sesuai imajinasi, lalu menjalani kehidupan virtual layaknya manusia normal.

Selama bermain, kamu bisa membangun rumah impian, mengatur aktivitas sehari-hari Sims (makan, tidur, kerja, dsb), menjalin hubungan dengan Sims lain, hingga mengeksplorasi lingkungan sekitar. Semuanya serba bebas tanpa batasan.

The Sims 4 masuk dalam rekomendasi game laptop ringan karena spesifikasinya yang cukup rendah, yakni RAM 4 GB dan ruang penyimpanan sekitar 15 GB sudah bisa berjalan mulus. Apalagi kalau laptop kamu punya VGA (Video Graphic Card), gamenya jadi lebih lancar.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

6. Counter Strike 2

Untuk kamu penggemar game FPS (First Person Shooter), Counter-Strike 2 alias CS2 wajib banget dimainkan. Ini adalah salah satu game FPS multiplayer online paling populer sampai sekarang sebagai pengganti dari CS:GO.

Dalam CS2, pemain akan bertarung melawan pemain lain dalam mode 5v5. Ada 2 tim yang bertanding, yakni Terrorist dan Counter-Terrorist. Masing-masing tim punya misi berbeda yang harus diselesaikan di setiap babaknya. Ya mirip seperti CS:GO, dengan sensasi baku tembaknya yang seru dan menegangkan. Apalagi ketika berhadapan 1 lawan 1 dengan lawan, rasanya deg-degan abis. Belum lagi harus memikirkan strategi dan kerja sama tim agar bisa memenangkan pertandingan.

Meski terlihat berat, sebenarnya CS2cukup ringan jika dimainkan di laptop. Spesifikasi minimalnya saja hanya butuh VGA 1GB, RAM 4 GB, dan penyimpanan 8 GB. Jadi kebanyakan laptop bisalah menjalankan gamenya.

Baca Juga:25 Game Horror PC Terbaik yang Wajib Kamu Coba, Ngeri Banget!

7. Dota 2

Selanjutnya ada Dota 2 yang merupakan salah satu game MOBA (multiplayer online battle arena) terpopuler sepanjang masa. Dalam game ini, pemain akan bertarung 5 lawan 5 menggunakan hero masing-masing di arena khusus.

Game ini memang menarik, setiap hero di Dota 2 memiliki kemampuan dan karakteristik yang unik. Ada hero penyerang, penyembuh, tank, pembunuh elit, dan masih banyak lagi. Komposisi hero dalam tim juga akan sangat menentukan strategi bertarung yang akan diambil. Selama bermain, pemain harus bekerja sama dengan tim untuk menghancurkan basis musuh sambil mempertahankan basis sendiri dari serangan lawan. Sensasi action beserta suspensenya sukses bikin ketagihan.

Secara umum, performa Dota 2 terbilang ringan dan gak terlalu boros spesifikasi laptop, masih aman buat laptop kentang. Gamenya sudah lumayan mulus dimainkan di laptop RAM 4 GB dan VGA 2 GB. Jadi kamu gak perlu khawatir soal performa saat memainkannya.

Baca Juga:15 Game Burik 8 Bit Sakit Mata, Nggak Seburuk Itu Kok!

8. Left 4 Dead 2

Left 4 Dead 2 adalah salah satu game laptop ringan FPS kooperatif yang berlatar dunia pasca-apokaliptik penuh zombie. Pemain akan berperan sebagai salah seorang survivor yang harus bekerja sama dengan kawan untuk melewati rute berbahaya demi mencapai tempat evakuasi.

Di tengah perjalanan, pemain dan tim harus mempertahankan diri dari serbuan zombie ganas yang selalu muncul di tempat dan waktu yang tak terduga. Menyenangkannya lagi, senjata dan item pendukung bisa diambil sepanjang perjalanan untuk meningkatkan kemampuan bertahan.

L4D2 terasa makin seru dan menegangkan saat dimainkan secara kooperatif bersama 3 teman lainnya. Kerja sama tim di sini sangat penting agar bisa bertahan hidup hingga akhir misi. Meski dirilis lama, sampai sekarang gameplay dari L4D2 masih terasa sangat solid. Dari segi spesifikasi, gamenya cukup ringan dan bisa dijalankan lewat laptop kentang sekalipun dengan lancar. L4D2 cuma memakan penyimpanan 8 GB dan RAM 2 GB untuk pengalaman bermain yang mulus.

Baca Juga:25 Game Open World Android Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan!

9. Starcraft II

Starcraft II adalah salah satu game strategi real time (RTS) terbaik yang ada hingga saat ini. Pemain akan mengendalikan suatu ras/fraksi alien untuk mengumpulkan sumber daya, membangun basis, melatih unit, hingga mengatur strategi penyerangan ke musuh.

Fraksi yang bisa dipilih ada 3, yakni terran (manusia), protoss (alien canggih), dan zerg (alien organik) yang masing-masing memiliki keunikan unit serta strategi tempur sendiri-sendiri. Selama pertarungannya, pemain juga harus multitasking dalam hal mengelola sumber daya, produksi unit baru, ekspansi basis, hingga mengatur setiap serangan dan pertahanan secara efisien.

Siapapun bisa betah berlama-lama memainkan Starcraft 2 karena strateginya yang nggak ada habisnya. Performa gamenya juga cukup ringan meski grafis 2D-nya eye-catching dan halus. SC2 bisa dijalankan di laptop RAM 2 GB tanpa masalah.

Baca Juga: 25 Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2024

10. Rocket League

Penggemar sepak bola atau mobil mungkin bakal menyukai Rocket League. Di game unik ini, pemain mengendalikan mobil-mobil mini dan bertarung di arena futuristik mirip lapangan bola untuk mencetak gol ke gawang lawan.

Cara mencetak golnya sama persis seperti di sepak bola pada umumnya, yakni dengan menabrakkan mobil ke bola supaya meluncur masuk gawang. Anda juga harus jago mengemudikan mobil sambil menghalau serangan dari tim lawan.

Rocket League bisa dimainkan sendiri melawan AI atau berduel multiplayer online melawan orang sungguhan dalam mode 1v1 atau 2v2. Sensasi mobil-mobilan sambil mencetak gol di game ini bikin ketagihan. Grafis gamenya sendiri cukup ringan meski terbilang eye-catching dan halus. RL cuma memakan penyimpanan 12 GB dan RAM 2 GB di laptop. Jadi performanya tetap lancar meski dimainkan lewat laptop kentang.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

11. Undertale

Game laptop ringan selanjutnya ada Undertale, salah satu game RPG (role playing game) indie yang cukup fenomenal. Pemain akan berpetualang di dunia bawah tanah (underground) yang dihuni beragam makhluk aneh nan unik sambil menyelesaikan berbagai quest.

Yang membuat Undertale spesial adalah pilihannya yang banyak terkait moral pemain. Kamu bisa memilih untuk berbuat jahat dengan membunuh monster atau berbuat baik dengan menolong mereka dari masalah yang ada.

Pilihan dan keputusan dalam game, termasuk saat melawan boss monster, akan sangat berpengaruh kepada alur cerita dan ending yang didapatkan. Inilah mengapa banyak gamer rela memainkan ulang Undertale berkali-kali. Secara keseluruhan, grafis Undertale memang terbilang sederhana dan pixelated. Namun hal itu justru membuat gamenya ringan dan gampang banget buat dijalankan di laptop apapun sekalipun speknya dipangkas.

12. Fallout Shelter

Fallout Shelter adalah game ringan di laptop dengan tema dunia paska kiamat dengan latar di tempat bertahan dari bencana nuklir yang sangat seru. Sebagai pemimpin vault, pemain harus membangun fasilitas sambil menampung dan mengatur para penduduk di dalamnya.

Selama bermain, ada banyak hal yang bisa dan harus dilakukan seperti membangun fasilitas produksi (pabrik, lab, dsb), fasilitas hunian penduduk, tempat produksi energi, hingga ruang isolasi radiation. Kamu juga harus senantiasa memenuhi kebutuhan makanan, air, dan energi penduduk agar mereka bisa hidup tenang.

Dari segi spesifikasi, Fallout Shelter termasuk game ringan yang tidak terlalu boros RAM maupun ruang penyimpanan. Dalam pengujian, gamenya sudah bisa dimainkan lancar di laptop RAM 2 GB.

13. Need for Speed: Most Wanted

Need for Speed: Most Wanted dikenal sebagai seri NFS dengan gameplay terbaik yang sempat menghebohkan di masanya. Ya, balapan kecepatan tinggi melawan polisi di kota malam adalah ciri khas gamenya.

Pemain akan berperan jadi pembalap ilegal jalanan yang ditantang untuk mengalahkan pembalap lain dan tim polisi untuk meraih gelar pembalap jalanan paling dicari. Sensasinya sangat greget dan adrenalin membuncah.

Dari sisi performa, NFS Most Wanted memang sudah cukup tua tapi tetap layak dimainkan. Dengan spek laptop RAM 2 GB dan GPU terintegrasi, gamenya masih bisa berjalan dengan cukup mulus tanpa masalah berarti.

14. Valorant

Tentu saja sayang jika tidak memasukkan Valorant ke dalam daftar game laptop ringan terbaik. Valorant sendiri merupakan game FPS kompetitif berbayar terbaru yang tengah naik daun sejak dirilis 2020 lalu. Konsepnya adalah pertarungan tim 5 lawan 5 menggunakan karakter hero dengan kemampuan khusus masing-masing.

Selain skill menembak yang penting, di Valorant strategi dan kerja sama tim juga amat menentukan kemenangan. Setiap hero punya kekuatan berbeda seperti healing, perisai, granat, hingga teleportasi yang bikin gameplay lebih bervariasi.

Menariknya, secara performa Valorant tergolong cukup ringan dan gak berat meski grafiknya terlihat bagus. Gamenya masih bisa dimainkan lancar di laptop RAM 4 GB dan GPU terintegrasi sekalipun tanpa masalah berarti.

15. Ori and The Blind Forest

Ori and The Blind Forest adalah game ringan di laptop 2D yang konon masuk salah satu game indie terbaik. Pemain akan berperan sebagai roh Ori yang tersesat di hutan jahat dan berusaha menyelamatkan hutan serta teman-temannya.

Sepanjang petualangan, kita harus memecahkan berbagai teka-teki platform yang cukup menantang dengan melompati dan memanjat berbagai rintangan di hutan. Untungnya, seiring bertambahnya level, kemampuan Ori juga akan makin beragam.

Ori Best Forest memiliki level desain-nya yang keren dan brilian, animasi gerak karakter yang halus, grafis artistik yang memukau, sampai soundtrack yang sungguh indah. Semuanya bikin pengalaman bermain begitu memuaskan. Gamenya sendiri tergolong cukup ringan dan bisa dimainkan di laptop kentang sekalipun. Dengan RAM 2 GB dan penyimpanan 5 GB, Ori sudah bisa dijalankan dengan sangat mulus di berbagai laptop.

16. Celeste

Masih tentang platformer 2D, ada satu lagi game indie fenomenal yakni Celeste yang juga wajib kamu coba mainkan. Di game ini, sang tokoh utama bernama Madeline harus mendaki gunung Celeste yang misterius dan penuh tantangan.

Sepanjang perjalanan menantangnya, Madeline harus melompati platform-platform ribet sambil memecahkan berbagai teka-teki yang ada. Level yang semakin tinggi tentu semakin susah dan menguji refleks.

Desain levelnya benar-benar brilian dalam menguji ketangkasan, refleks, dan ketelitian pemain tentu bikin greget. Ditambah cerita yang emosional dan soundtrack keren, Celeste sukses bikin kita mabuk kepayang. Meski tampilan 2D-nya simpel, namun Celeste tetap bisa bikin laptop menderita kalau spesifikasinya kurang mumpuni. Untungnya gamenya ringan dan cuma memerlukan penyimpanan 500 MB plus RAM 2 GB untuk bisa dimainkan.

17. Angry Birds 2

Siapa sangka game sederhana tentang burung-burung yang lagi emosi ini ternyata sanggup mendunia dan melahirkan sequel sampai puluhan series. Ya, Angry Birds 2 dengan gameplay kasualnya berhasil menggaet ratusan juta penggemar di seluruh dunia.

Dalam Angry Birds 2, sang pemain nanti bakal melemparkan burung-burung yang marah dan dendam ke arah babi-babi hijau lewat ketapel. Tugas kita adalah menjatuhkan semua babi hijau di panggung dengan melemparkan jenis burung yang berbeda-beda. Gameplay sederhananya ini sukses membuat penasaran, apalagi level yang makin tinggi semakin menguji strategi dan ketelitian pemain. Makanya sampai detik ini masih sering dimainkan banyak orang.

Angry Birds termasuk game super ringan yang bahkan bisa dimainkan di HP jadul manapun. Di laptop, gamenya jelas berjalan sangat mulus bahkan di spek terendah sekalipun. Hampir semua laptop mampu menjalankan Angry Birds 2.

18. Hearthstone

Hearthstone adalah game laptop ringa dengan tema kartu online bergaya fantasi yang fenomenal dan dimainkan jutaan orang di seluruh dunia. Disini kita beradu strategi melawan lawan menggunakan dek kartu hero yang kita kumpulkan.

Setiap kartu punya kekuatan dan efek khusus yang berbeda. Pemain dituntut untuk menyusun strategi efektif agar bisa mengalahkan lawan dengan cara menghabiskan nyawa hero musuh lebih dulu. Di sini strategi benar-benar harus digunakan kalau ingin menang dari lawan, pilih kartu yang bagus dan keluarkan kartu yang bagus pula.

Meski rumit, Hearthstone tergolong ringan dan bisa dimainkan di kebanyakan laptop tanpa masalah. Dengan RAM 2 GB saja gamenya sudah bisa dijalankan tanpa lag atau patah-patah.

19. Super Mario Bros

Siapa yang tidak kenal dengan pria beralis besar yang suka memakai baju lucu serta loncat kesana kemari untuk menyelamatkan putri kerajaan ini? Yup, Super Mario Bros adalah salah satu game platform side-scroller paling legendaris sepanjang masa.

Di hampir semua series dan sekuelnya, Mario berpetualang melewati beragam panggung platform 2D yang penuh rintangan dan monster untuk menyelamatkan Princess Peach dari tangan Bowser si monster jahat. Sepanjang perjalanan, Mario juga harus mengumpulkan mushroom dan fire flower untuk meningkatkan kemampuannya.

Yang membuat SMB tetap seru dan tidak lekang oleh waktu adalah level desainnya yang selalu menantang dan seru. Kontrol karakternya juga responsif dan halus banget rasanya. Makanya gamenya tidak pernah terasa membosankan. Karena umurnya sudah cukup tua, Super Mario Bros ini sudah pasti spesifikasinya ringan dan sanggup dijalankan di PC atau laptop kentang manapun yang kamu miliki tanpa masalah.

20. GTA San Andreas

GTA San Andreas mungkin bisa dibilang seri GTA terbaik dan terlaris sepanjang masa. Gamenya sukses besar berkat cerita menegangkan penuh aksi, dunia terbuka yang luas, hingga gameplay yang solid dan menyenangkan.

Dalam GTA SA, kita memerankan Carl Johnson yang baru saja bebas dari penjara dan harus menyelesaikan misi balas dendam pada musuh-musuhnya di San Andreas. Sepanjang petualangan, kita bisa melakukan banyak hal mulai dari mencuri mobil, berburu, hingga mengacau di kota.

Meski grafiknya sudah sangat lawas, gameplay dan mekanisme GTA SA masih terasa sangat mulus untuk dimainkan di laptop sekarang. Bahkan spesifikasi laptop kentang RAM 1 GB dan penyimpanan 3,6 GB saja sudah cukup untuk menjalankannya dengan lancar. Fitur keren lain yang bikin GTA SA kekal populer adalah banyaknya mod buatan fans yang bisa ditambahkan untuk meningkatkan grafis, gameplay, dan menambah konten baru. Jadi gamenya tidak akan pernah terasa membosankan.

21. Call of Duty: Modern Warfare 2

Game ringan di laptop berikutnya yaitu COD MW2, game FPS terbaik sepanjang masa yang sampai sekarang masih dimainkan banyak gamer. Ceritanya mengikuti tentara khusus Amerika dan Inggris yang berusaha mencegah serangan teroris berskala besar di Rusia dan Amerika.

Dalam kampanye tunggalnya, pemain akan disuguhi cerita intense yang dipenuhi aksi tembak-menembak realistis, adegan memukau, dan plot twist yang tak terduga. Sementara di mode multiplayer dan spesialnya, kita bisa bertarung melawan gamer lain dari seluruh dunia.

Meski sudah sangat lawas, gameplay COD MW2 hingga kini masih terasa solid dan mulus. Gamenya cukup ringan dan sanggup berjalan di laptop RAM 4 GB dengan VGA 512 MB saja. Spesifikasi standar untuk laptop masa kini.

22. Disco Elysium

Selanjutnya, Disco Elysium adalah salah satu game RPG terbaik yang pernah ada dengan pendekatan unik yang belum pernah ada sebelumnya. Di sini pemain memerankan seorang detektif yang kehilangan ingatan dan harus memecahkan sebuah kasus pembunuhan besar.

Yang keren, hampir setiap pilihan dan tindakan yang diambil akan memengaruhi alur cerita dan kemana investigasi kasus akan berjalan. Interaksi dengan NPC pun menjadi unsur penting di tengah narratif yang mendalam penuh plot twist.

Meski berbasis RPG, secara performa Disco Elysium sama sekali tidak berat. Gamenya bahkan bisa dimainkan di laptop lawas RAM 4 GB tanpa masalah berarti. Mudah-mudahan sekuel terbarunya nanti tetap ringan.

23. Age of Empires II

Game ringan laptop dengan bertemakan strategi peperangan real-time legendaris Age of Empires II ini sudah ada sejak 1999 silam, namun sampai hari ini masih sangat layak dimainkan berkat fitur dan konten yang terus diperbarui oleh pengembang.

Dalam gamenya, pemain membangun peradaban dari masa batu hingga era pertengahan sambil mengembangkan ekonomi untuk merekrut pasukan tempur melawan musuh. Ada banyak sekali ras dan bangsa kuno yang bisa dimainkan.

Secara teknis, AoE 2 termasuk game jadul yang sangat ringan meski tetap seru dimainkan. Gamenya bisa berjalan di laptop kentang spek 1 GB RAM dan penyimpanan 2 GB saja tanpa masalah. Mudah dimainkan di mana saja.

24. Stronghold Crusaders

Stronghold Crusaders juga dikenal sebagai salah satu game laptop ringan yang merupakan spin-off dari seri Stronghold yang merupakan gabungan game real-time strategy dan castle/city builder. Pemain berperan sebagai bangsawan Arab atau Inggris yang memperebutkan wilayah di Timur Tengah.

Untuk menang, pemain harus membangun dan memperkuat benteng kerajaan dengan pasukan tempur dan prajurit panah. Segala hal dari ekonomi hingga produksi sumber daya penting harus dikelola dengan baik.

Meski lawas, Stronghold Crusaders bukan game ringan karena grafiknya yang masih terbilang berat. Untuk performa maksimal, gamenya setidaknya butuh laptop RAM 4 GB dan GPU terintegrasi agar bisa dimainkan lancar.

25. League of Legends

Terakhir namun juga tidak kalah seru, ada game laptop ringan yaitu League of Legends (LoL) adalah game MOBA yang fenomenal dan memiliki jutaan penggemar di seluruh dunia hingga kini. Pemain akan membentuk tim 5 orang untuk saling bertempur melawan tim lain di arena khusus pertempuran.

Setiap pemain mengendalikan satu hero dengan kemampuan dan skill tempur yang berbeda-beda. Ada hero bertipe fisik, es, api, penyembuh, hingga perusak dengan serangan jarak jauh. Cara dan komposisi hero yang tepat adalah kunci kemenangan.

Dari segi performa, League of Legends termasuk ringan dan tidak terlalu berat untuk spesifikasi laptop masa kini. Gamenya sudah bisa dimainkan dengan lancar di laptop RAM 4 GB dan VGA terintegrasi 512 MB.

Penutup

Nah, itu dia rekomendasi 25 game laptop ringan terbaik yang saya sajikan khusus untuk Sobat Gemes. Semuanya sudah melewati tes performa di berbagai spesifikasi laptop untuk memastikan gamenya tetap lancar dan asyik buat dimainkan.

Semoga artikel ini bisa menambah referensi game asyik dan ringan yang bisa kamu mainkan di laptop tanpa rasa khawatir soal performa dan spesifikasi. Sehingga waktu luang jadi semakin terasa menyenangkan walaupun itu hanya main game dengan laptop kentang sekalipun.

Tinggalkan komentar