25 Game Open World Android Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan!

Pengantar Saat ini banyak sekali game open world dengan grafis memukau yang bisa kamu mainkan di ponsel Android. Dengan luasnya dunia yang bisa dieksplorasi dan banyaknya konten yang disuguhkan, game open world memang sangat seru dan bikin ketagihan.

Nah, berikut ini adalah 25 rekomendasi game open world Android terbaik yang wajib kamu coba. Semuanya sudah dipilihkan yang grafisnya keren banget dan gameplay-nya seru abis, pokoknya sangat cocok bagi pecinta petualangan. Yuk, kita simak satu per satu!

1. Genshin Impact 

Genshin Impact adalah salah satu game open world Android terbaik untuk saat ini dari sisi grafis. Game RPG fantasi ini menawarkan dunia yang sangat luas untuk dieksplorasi dengan berbagai landscape yang artistik. Ada gunung, hutan, gurun, tundra es, dan lain-lain yang dapat kamu jelajahi sambil menikmati pemandangan indah.

Selain itu, Genshin Impact juga memiliki sistem bertarung dan karakter yang kompleks. Kamu bisa mengumpulkan banyak karakter dengan kemampuan dan gaya bertarung yang berbeda-beda untuk ditambahkan ke party.

Game ini benar-benar akan menyita waktu berjam-jam. Saat jelajah area luas peta Genshin Impact, kamu akan dimanjakan dengan pemandangan alam nan indah dengan landmark-landmark unik di setiap sudutnya. Tak hanya itu, soundtrack yang mengiringi petualanganmu juga sangat epik. Pokoknya semua elemen artistik dan gameplay Genshin Impact sudah didesain sedemikian rupa agar kamu betah berlama-lama tenggelam di dunia fantasi yang kaya ini.

Baca Juga: 15 Game Open World PS4 Terbaik dan Terpopuler, Menjelajah Dunia Luas!

2. Minecraft 

Siapa sih yang tidak kenal dengan satu game open world Android legendaris satu ini? Ya, Minecraft masih eksis sampai sekarang sebagai salah satu game dengan peta raksasa yang dapat kamu eksplorasi dan menjadi ladang kreativitas bagi banyak orang.

Di game ini kamu dapat membangun konstruksi apa saja dengan memanfaatkan berbagai sumber daya yang ada. Selain itu tantangan bertahan hidup dari monster juga akan membuat pengalaman bermain Minecraft semakin seru dan menegangkan. Dengan pilihan main secara single player atau multiplayer, Minecraft menjamin jam-jam keasyikanmu tak terbatas, apalagi dengan update-update konten baru yang selalu menyegarkan gameplaynya!

Mulai dari eksplorasi goa, pertambangan, hingga bertani dan beternak, semua aktivitas seru bisa kamu lakukan di dunia blocky tak terbatas ini.

Baca Juga: 20 Game Open World PC Terbaik dan Seru, Bebas Jelajahi Dunia!

3. Sky: Children of The Light 

Sky: Children of The Light merupakan game open world Android dengan gaya artistik yang sangat atraktif. Semua asset dan karakter tampil dengan desain yang unik dan menawan.

Saat berpetualang, pemain dapat terbang dan melayang di udara untuk menjelajahi berbagai tempat misterius. Kamu juga bisa bergabung dengan pemain lain untuk menjelajahi dunia yang luas ini bersama-sama.

Dengan kontrol gerak sehalus sutra dan efek partikel yang mempesona, kamu seolah diajak terbang ke angkasa dan menari bersama kunang-kunang atau burung dalam perjalanan antar area misterius. Interaksi dan fitur sosialnya yang unik juga selalu berhasil memancing senyuman lebar tiap kali kamu menemukan teman beda negara di game ini.

Baca Juga: 25 Game Tembak-Tembakan PC Paling Seru Sepanjang Masa, Harus Coba!

4. GRIS 

Game Android open world berikutnya yaitu GRIS, salah satu game indie dengan artwork dan soundtrack yang sangat indah. Meski ukuran peta di game ini tidak seluas game besar lainnya, setiap sudut lokasi di GRIS dipenuhi dengan elemen artistik yang memukau mata.

Sebagai seorang gadis kecil, pemain akan menjelajahi lokasi-lokasi yang dipenuhi landmark unik dan menyelesaikan berbagai puzzle di setiap area.

Dengan gaya artistik yang khas dan konsep yang penuh makna, GRIS benar-benar sayang untuk dilewatkan. Suasana melankonis yang diiringi musik emosional selalu berhasil membuatmu larut dan refleksi di setiap segment pendek penuh teka-teki ini.

Baca Juga: 35 Game PS2 Multiplayer Terbaik dan Paling Seru, Bisa Buat Mabar Bareng!

5. Assassin’s Creed Rebellion

Bagi penggemar serial Assassin’s Creed pasti sudah tidak asing lagi dengan satu game open world seluler ini. Meski ukurannya tidak sebesar versi konsol, Assassin’s Creed Rebellion masih menghadirkan nuansa dan karakter-karakter ikonik dari AC.

Pemain akan berkelana ke berbagai lokasi seperti Spanyol, Italia, Mesir, dan Amerika untuk menjalankan misi. Karakter yang dikumpulkan juga cukup banyak, mulai dari Ezio Auditore, Shao Jun, hingga legenda ACIII Connor Kenway.

Dengan pilihan kontrol touchscreen atau virtual joystick, kamu leluasa bisa menggerakkan para assassin untuk menyerbu markas musuh atau melompat dari gedung ke gedung layaknya di seri utamanya. Elemen strategi berbasis tap dan menyerang cepat juga tetap kental terasa saat memainkannya.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa

6. Oddmar

Oddmar adalah game open world di Android platformer 2D yang diracik dengan animasi tangan dan artwork mempesona. Karakter, latar, hingga efek visualnya benar-benar mirip seperti lukisan hidup.

Dunia di Oddmar sangat luas dan dipenuhi dengan berbagai tantangan parkour, puzzle, dan pertempuran melawan bos. Kontrol karakter juga sangat halus dan responsif hingga nyaman untuk dieksplorasi.

Cerita dan desain level yang penuh imajinasi selalu berhasil membuatmu penasaran dengan apa yang menantimu di area berikutnya. Pokoknya siapapun yang memainkan Oddmar pasti langsung jatuh cinta sama game artistik ini!

Baca Juga: 25 Game Petualangan Android Offline Terbaik, Rasakan Serunya Berpetualang!

7. Shadowgun Legends 

Nah, buat kalian penggemar game FPS, Shadowgun Legends ini merupakan game yang wajib dicoba. Selain bisa dimainkan dengan gameplay first person yang mulus, di Shadowgun Legends kamu juga bisa bebas menjelajahi kota dengan suasana ala-ala masa depan.

Senjata dan baju juga bisa kamu kostumisasi sesuka hati sampai karaktermu terlihat keren abis. Oh iya, Action RPG Black Desert Mobile juga merekomendasikan game ini loh sobat!

FPSnya sendiri juga sangat solid dan mumpuni untuk ukuran mobile. Sensasi tembak-tembakannya bikin kamu kecanduan. Apalagi mode PvP dan penjarahannya yang memacu adrenalin!

Baca Juga: 15 Game Burik 8 Bit Sakit Mata, Nggak Seburuk Itu Kok!

8. Journey 

Mirip seperti GRIS, Journey merupakan game indie artistik yang memukau tapi tetap ringan untuk dimainkan di Android. Sebagai seorang pemain misterius berjubah merah, kamu akan menjelajahi gurun, gunung es, dan reruntuhan kuno yang dipenuhi pemandangan indah.

Selain gameplay-nya yang cair, Journey juga menghadirkan pesan moral tentang kehidupan yang mendalam dan bikin reflection. Pokoknya sekali main, kamu pasti bakal inget terus sama pengalaman bermain Journey.

Perjalanan tanpa kata tapi penuh makna ini benar-benar sebuah mahakarya digital yang wajib kamu nikmati sendiri.

Baca Juga: 15 Game Naruto PPSSPP Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan

9. Stardew Valley 

Selanjutnya ada satu game yang sangat populer di PC, yaitu Stardew Valley yang juga kini ada di Android. Kini kamu sudah bisa berkebun dan beternak di peternakan warisan kakek di Android.

Ada ratusan aktifitas seru seperti menanam tanaman, memelihara hewan ternak, hingga menambang di tambang misterius yang bisa dilakukan di game ini. Dengan banyaknya NPC dan acara musiman, keasyikan main ini bisa berhari-hari rasanya.

Suasana peternakan yang hangat dan penuh kejutan selalu sukses bikin kamu betah menghabiskan waktu, apalagi saat hubungan dengan penduduk desa semakin lengket. Pokoknya happy vibes overload deh main game satu ini!

Baca Juga: 15 Game Perang PC Online Terbaik, Gamers Harus Coba!

10. ARK: Survival Evolved 

ARK: Survival Evolved adalah game open world Android survival multidimensi di mana pemain harus bertahan hidup di pulau prasejarah yang berbahaya yang dihuni oleh dinosaurus dan makhluk-makhluk fantastis lainnya.

Kamu harus membangun pondok, membuat senjata, dan membuat pakaian untuk bertahan hidup sambil menjelajahi pulau yang sangat luas. Ada ratusan spesies dinosaurus unik, dari T-Rex ganas hingga Pterodactyl terbang, yang siap memberi tantangan.

Selain single player, ARK juga menyediakan multiplayer online yang memungkinkan ribuan pemain hidup bersama dan saling berinteraksi. Kamu bisa bergabung dengan suku untuk berburu, berperang melawan suku lain, atau membangun peradaban sendiri.

Baca Juga: 40 Game Offline Seru Untuk Remaja Terbaik, Tidak Butuh Koneksi Internet!

11. Terraria 

Terraria merupakan game petualangan aksi 2D tanpa batas yang menggabungkan eksplorasi dungeon ala Castlevania dengan sistem crafting yang super lengkap layaknya Minecraft.

Meskipun grafisnya terlihat sederhana, Terraria sesungguhnya menyimpan konten tak terbatas berupa ratusan senjata, armor, aksesoris, musuh, dan bos dengan tingkat kesulitan brubah-ubah. Semuanya bisa kamu buat sendiri asal tahu caranya.

Inilah daya tarik utama Terraria: Kamu takkan pernah tahu item keren atau boss legendaris apa lagi yang sembunyi di balik dungeon berikutnya. Rutinitas menggali, mencari harta karun, dan bertualang ke area baru benar-benar tak ada habisnya dalam game ini!

12. Ragnarok M: Eternal Love 

Siapa yang pernah main game online legendaris Ragnarok Online pasti gak asing dengan satu game ini. Ya, Ragnarok M: Eternal Love merupakan versi mobile dari MMORPG fenomenal klasik tersebut.

Meski ukuran peta dan sistemnya sedikit disederhanakan, banyak nostalgia dan ciri khas Ragnarok yang kembali dalam game ini: Jobmathcal, monster, soundtrack, hingga map yang familier. Ditambah sistem auto-battle yang memudahkan grinding.

Jika kamu rindu dengan kenangan party bertualang mengarungi dungeon Ragnarok sambil menghajar MVP, meramu, atau sedikit baking santai di Prontera, game ini sangat recommended banget buat kamu.

13. Six-Guns: Gang Showdown

Nah kalau kamu penggemar film cowboys ala Wild West atau game Red Dead Redemption tapi gak punya PC atau PS, Six-Guns: Gang Showdown ini wajib banget dimainin untuk pengguna Android. Sensasi jadi koboi di era Wild West yang ditembakin puluhan bandit kejam benar-benar tertuang secara apik di game ini.

Dari atraksi menembak menggunakan dua pistol hingga berkuda mengejar kereta api perampok, semua fantasi jadi gunslinger koboi bakalan terpenuhi di sini. Belum lagi peta yang luas kayak di red dead redemption beneran loh.

NPC juga hidup, mulai dari penduduk desa biasa, sherif baik hati, hingga bandit kejam penjarah desa. Semua bikin petualangan lonceng kamu makin seru dan berasa kayak main film Barat.

14. LifeAfter 

Kalau kamu saat ini sedang suka dengan zombie apocalypse ala The Walking Dead, LifeAfter adalah game Adndroid open world survival yang pas banget. Selain harus bertahan dari zombie ganas, pemain juga dihadapkan dengan masalah kelangkaan makanan dan tempat berlindung.

Kamu boleh membangun komunitas dengan pemain lain dan saling bantu memenuhi kebutuhan bertahan hidup. Tapi ingat, manusia dalam keadaan terdesak bisa jadi lebih kejam dari zombie. Jadi selalu waspada terhadap kejahatan pemain lain juga.

Sensasi horror & survivalnya benar-benar greget banget! Apalagi saat harus bertarung melawan zombie sambil kedinginan, kelaparan dan kelelahan. Seringkali detak jantung tidak karuan dibuatnya, mirip saat nonton serial The Walking Dead!

15. GTA: San Andreas

Siapa tak kenal salah satu serial legendaris ini? Ya benar saja, GTA: San Andreas juga hadir di platform mobile dan masih sama serunya dengan yang di PS2!

Kamu masih bisa menjelajah kota Los Santos dan sekitarnya yang super luas, menerima misi kriminal dari berbagai geng, hingga kos-kosan dengan ratusan outfit gahar. Karakter dan ceritanya juga sama ikoniknya dengan versi konsol.

Ditambah kontrol virtual yang dioptimalkan (meski opsi controller tetap ada) dan grafis HD yang lebih tajam, GTA: San Andreas Mobile benar-benar memanjakan para penggemarnya, baik veteran maupun pemain baru.

16. Goat Simulator

Lucu juga aneh menjadi formula yang unik dalam Goat Simulator. Seperti judulnya, di game ini kamu berperan sebagai kambing yang harus menyebarkan kekacauan sebanyak mungkin di area terbuka yang cukup luas.

Ada banyak cara unik untuk membuat onar, seperti menabrakkan diri ke mobil, melakukan trik ektrim, memanjat gedung dan menjatuhkan diri, hingga menjilati orang secara random. Reaksi orang-orang di sekitarmu saat kamu membuat ulah absurd benar-benar kocak!

Tujuan akhirnya simple: Dapatkan poin kekacauan sebanyak-banyaknya tanpa batas. Tentu saja rasa bosan akan datang lebih lambat kalau kebebasan bertindak senakal mungkin tanpa konsekuensi ini dihadirkan dalam Goat Simulator.

17. Oceanhorn 

Oceanhorn awalnya adalah game ekslusif iOS yang kemudian dirilis juga di Android. Game ini terinspirasi dari legenda Zelda dengan petualangan fantasi yang seru dan menantang.

Di sini pemain harus menjelajahi pulau-pulau terpencil untuk mengumpulkan item langka dan mengalahkan monster-monster ganas. Level yang penuh teka-teki ini pasti akan membuat pengalaman bermain Oceanhorn jadi makin seru dan tak terlupakan!

Desain dungeon, puzzle, dan boss battle yang kental dengan elemen Zelda selalu sukses bikin deg-degan dan puas tiap kali menyelesaikannya. Ditambah cerita fantasy yang semakin menarik setiap kali kamu membuka bab barunya!

18. Grimvalor

Grimvalor ini bisa dibilang adalah jawara genre Souls-like di platform Android. Game ini terinspirasi dari Dark Souls yang terkenal sulitnya, tapi tetap seru saat dimainkan.

Dunia Grimvalor cukup luas dipenuhi banyak sekali monster dan tantangan parkour yang menanti. Kontrol karakternya sangat halus dan responsif untuk menghindari serangan lawan. Bagian terbaiknya lagi, Grimvalor bener-bener nyaris nggak ada bug atau lag walau dimainkan bertahun-tahun.

Sensasi bertarung pedang dan sihirnya sudah sekelas game AAA kok. Belum lagi desain monster dan bosnya yang keren-keren serta menantang. Benar-benar puas sebagai penggemar game Souls!

19. Elder Scrolls: Blades

Game open world Android RPG yang megah satu ini juga punya versi Android yang lumayan seru untuk dimainkan. Di sini kamu bisa membuat karakter, mengkostumisasi peralatan tempur, dan explore dungeon-dungeon gelap ala Elder Scrolls.

Grafis gamenya juga mirip dengan Skyrim kok, jadi bikin kita nostalgia maksimal. Apalagi ada banyak quest menantang yang bisa dikerjakan. Pokoknya wajib banget dicoba deh nih game.

Banyaknya pilihan senjata, skill, dan loot juga semakin memanjakan gamer dalam setiap petualangannya. Sangat disayangkan jika dilewatkan, apalagi game ini juga open world.

20. Gangstar Vegas

Kali ini giliran game dengan genre open world favorit di Android, yaitu gangster ala Amerika. Ya, Gangstar Vegas menjadi salah satu game Android open world paling populer bertema gangster seperti di Grand Theft Auto.

Di sini kamu bebas berkeliaran di kota Metro Vegas, balapan mobil, hingga menembaki musuh. Dunianya luas, segala aktivitas kriminal bisa dilakukan, bahkan karakternya bisa dikostumisasi dengan skin-skin keren.

Jalan ceritanya yang ala drama antar gang semakin membuat misi-misinya seru dan menantang adrenalin. Pokoknya benar-benar mewakili fantasi hidup nakal ala mafia!

21. Evil Lands 

Berikutnya ada Evil Lands yang merupakan game aksi RPG dengan visual realistis layaknya game PC atau Konsol. Dunianya yang luas penuh bahaya ini dihuni monster-monster mengerikan dan tantangan yang tak terduga.

Kamu bisa memilih dari 5 karakter dengan kekuatan dan gaya bertarung yang berbeda-beda untuk mengarungi petualangan panjang menyusuri hutan belantara hingga menara sihir. Senjata, armor, dan skill yang ditemukan dapat dicustom sebebas-bebasnya.

Boss battle dalam Evil Lands benar-benar menegangkan dan menuntut skill bertarung yang mumpuni dalam menghindari dan menyerang balik dengan timing yang tepat. The Witcher di platform Mobile? rugi dong kalau gak coba!

22. Ravensword: Shadowlands 

Ravensword: Shadowlands merupakan game open world di Android yang menawarkan fantasi berpetualang di dunia luas ala Elder Scrolls seperti Skyrim dalam genggaman tangan. Area yang super besar menanti untuk dieksplorasi, mulai hutan rimbun, pegunungan bersalju, hingga reruntuhan kuno penuh harta karun.

Ratusan quest menarik yang bisa kamu selesaikan dengan urutan bebas semakin menegaskan kebebasan Ravensword sebagai sebuah RPG fantasi aksi open world sejati. Ditambah puluhan tipe monster ganas siap membuat petualangan makin seru dan menegangkan!

Fitur battle dan juga sistem leveling yang mumpuni turut melengkapi game AAA satu ini. Kontrolnya juga sangat halus dan mudah dipahami oleh pemain pemula sekalipun.

23. Botworld Adventure 

Masih sedikit game petualangan kasual yang dikemas apik layaknya Botworld Adventure. Dunianya cukup luas untuk dijelajahi dengan pemandangan yang manis. Ada banyak spot foto untuk di-selfie ria bersama robot kesayangan kamu.

Selain mengumpulkan bot dan berfoto ria, tentu saja tetap ada elemen teka-teki platformer yang cukup menantang. Level desainnya unik dan penuh kejutan di setiap chapternya. Ditambah sistem bertarung simpel yang cukup asyik saat melawan boss.

Sayangnya untuk ukuran game sekarang ini, grafis Botworld Adventure terbilang sedikit tertinggal. Meski demikian, atmosfer ceria dan karakter-karakter unik masih cukup membuatnya betah dimainkan, apalagi untuk para gamer santai.

24. Evertale 

Penggemar game RPG Jepang (JRPG) wajib menyadari kehadiran Evertale satu ini. Mulai dari artwork anime klasik, soundtrack yang epik, hingga alur cerita dan sistem bertarung turn-basednya benar benar otentik JRPG sekali.

Meski grafis 2D, dunia di Evertale ini cukup luas dan menari untuk dijelajahi. Banyak spot menarik dengan ragam monster dan tantangan tersembunyi yang sayang banget kalau dilewatkan begitu saja. Ditambah ratusan Pangeran dan Putri dari berbagai alam gaib yang bisa direkrut ke party.

Anda akan betah berlama-lama grinding dan menuntaskan side quest demi side quest lantaran betah dengan suasana petualangan fantasi JRPG kental dalam game satu ini.

25. Tower of Fantasy 

Game open world Android yang terakhir dan tidak boleh untuk ditinggalkan dalam daftar ini yaitu adalah Tower of Fantasy. Konsep shared world open-world MMORPG selalu menarik, dan Tower of Fantasy mewakili genre ini dengan cukup inovatif. Selain petualangan aksi RPG yang luas, dia juga memadukan sistem gacha karakter seperti di Genshin Impact.

Hamparan padang pasir, kota metropolitan, hingga puing alien yang eksotik menjadi lokasi jelajah yang tak ada habisnya di Tower of Fantasy. Berburu monster, mengerjakan misi sampingan dari NPC, hingga ikut acara dungeon bersama pemain lain jadi opsi seru saat main.

Walaupun masih baru dan belum sempurna, Tower of Fantasy tetap menjadi salah satu game open world paling menjanjikan di Android saat ini. Fans game RPG besutan Mihoyo wajib mencoba alternatif ini!

Penutup

Nah, itulah 25 rekomendasi game open world Android terbaik yang bisa kamu mainkan saat ini. Dari petualangan fantasi epik, survival menegangkan, hingga yang mengandung humor atau lucu-lucuan, semuanya sudah saya rangkum agar kamu punya banyak pilihan untuk dimainkan.

Tentu saja masih ada banyak judul game open world Android keren lainnya yang mungkin belum sempat disebutkan. Namun setidaknya dari daftar panjang ini, kamu sudah mendapat gambaran jenis game apa saja yang sesuai dengan seleramu.

Jadi tunggu apalagi? Segera unduh dan mainkan game-game open world di Android pilihan menurut daftar di atas, lalu nikmatilah jam-jam keseruan tanpa batas yang menanti di dalam dunianya! Selamat menjelajah dan semoga terhibur ya Sob!

Tinggalkan komentar