15 Game Petualangan PS5 Terbaik, Berpetualang Tanpa Batas!

PlayStation 5 resmi dirilis pada akhir 2020 lalu. Sebagai konsol next-gen terbaru, tentu PS5 memiliki sejumlah game dengan grafis dan teknologi terkini yang menakjubkan.

Salah satu genre yang paling asyik untuk dinikmati di PS5 adalah game petualangan. Dengan kemampuan grafis dan performa tinggi PS5, sensasi menjelajah dunia digital penuh tantangan eksotis jadi semakin membekas dan menyenangkan.

Oleh karena itu, pada artikel ini saya ingin memberikan rekomendasi 15 game petualangan PS5 terbaik yang wajib Kamu coba. Dipastikan semua game ini akan memberikan pengalaman seru tak terlupakan saat memainkannya. Penasaran apa saja judul yang masuk daftar? Langsung saja simak ulasannya berikut!

1. God of War Ragnarök

God of War Ragnarök merupakan game petualangan PS5 lanjutan dari seri sebelumnya yang sudah sangat terkenal, yaitu God of War versi reboot. Game ini mengisahkan petualangan yang sangat epik dan mendebarkan dari Kratos dan Atreus. Siapapun pasti bakal rindu petualangan epik Kratos yang kejam dan dingin ini. Di sequel God of War terbaru ini, sang Dewa Perang sekali lagi harus berhadapan dengan takdir kelam kaumnya yaitu kiamat Ragnarok melawan dewa-dewi lintas mitologi seperti Thor, Odin dan Tyr.

Pastinya lanjutan kisah ayah anak ini akan jadi lebih mengharukan dan menegangkan. Apalagi diperkuat chemistry Kratos dan BOI kita yang makin kuat. Game ini akan membawa pemain menjelajahi sembilan alam mitologi Nordik dengan templan yang sangat indah.

Selain cerita utamanya, pemain juga bisa menemukan quest sampingan yang sangat seru. Sistem tempurnya juga dibuat semakin variatif dan menantang. Dengan grafis yang sangat keren berkat kekuatan PS5, God of War Ragnarök siap memberikan pengalaman berpetualang terbaik di konsol next-gen ini.

Baca Juga: 20 Game Perang PS3 Terbaik, Seru dan Bikin Ketagihan!

2. Horizon Forbidden West

Merupakan sekuel dari Horizon Zero Dawn yang sukses besar, Horizon Forbidden West kembali membawa Aloy untuk berpetualang di dunia yang dipenuhi mesin-mesin misterius. Kali ini sang pemburu android Aloy melanjutkan petualangannya ke frontier Barat Amerika pasca runtuhnya peradaban manusia akibat robot liar. Beragam lokasi alam indah bak dunia asli bisa kita jelajahi dengan detail dan pemandangan memukau berkat kekuatan PS5.

Dipadu puluhan robot unik beragam bentuk dan kemampuan spesial yang bisa kita kalahkan, bertarung melawan dinousaurus mekanik raksasa atau bandit garang di Forbidden West jadi sensasi tak terlupakan. Apalagi detail wajah dan ekspresi Aloy yang makin nyata berkat next-gen machine.

Dengan teknologi ray tracing PS5, lingkungan alam seperti air, cahaya, dan cuaca tampak lebih nyata dan indah. Horizon Forbidden West tepat sekali untuk menguji adrenalin para pencinta petualangan.

Baca Juga: 30 Game PC Offline Ringan Terbaik, Cocok Buat PC Kentang!

3. Elden Ring

Bagi penggemar game RPG dengan tingkat kesulitan tinggi, Elden Ring adalah pilihan yang wajib dicoba bagi kamu yang mencari game petualangan PS5 terbaik. Game ini dikembangkan oleh FromSoftware, tim di balik serie ternama Dark Souls dan Bloodborne.

Elden Ring menampilkan dunia terbuka yang sangat luas untuk dijelajahi. Di dalamnya, kamu akan menemukan banyak boss yang sangat menantang. Kamu bisa mati ratusan kali, tapi sensasi kepuasannya luar biasa ketika berhasil mengalahkan boss-boss terkuat itu.

Elden Ring juga bukan game abal-abal bahkan masuk sebagai salah pemenang GOTY, tepatnya sebagai pemenang penghargaan Game of The Year tahun 2022. Dengan grafis luar biasa berkat mesin PS5, Elden Ring jadi semakin nikmat untuk dijelajahi. Jika kamu pencinta petualangan dan tantangan, game ini sangat cocok untuk kamu.

Baca Juga: 15 Game Horror PC Gratis Terbaik Tahun 2024, Serem Banget!

4. Ratchet & Clank: Rift Apart

Siapa sangka petualangan gila antar dimensi bisa semenarik ini? Lewat Ratchet and Clank Rift Apart, Insomniac Games kembali sukses membuat sebuah platformer shooter yang mampu membuat gamers takjub lewat inovasi teknologinya di PS5.

Hadir dengan konsep petualangan antar dimensi, kita akan melompat ke banyak dimensi yang unik dan memukau lewat portal bersama pasangan tim kocak Ratchet dan Clank dalam upaya menggagalkan kejahatan Dr. Nefarious. Tentu dipenuhi banyak aksi khas game R&C yang menantang dan menegangkan.

Berkat SSD milik PS5 yang cepat, perpindahan antar dimensi bisa spontan dan tanpa loading. Inilah yang membuat setiap petualangan beda dimensi terasa tak terbatas untuk dijelajahi. Belum lagi grafis, model karakter dan lokasi yang dibuat ekstra detail kayak benar-benar dunia nyata. Memang pantas game ini masuk dalam daftar game PS5 petualangan yang layak untuk dicoba.

Baca Juga: 15 Game Balap Mobil PC Terbaik, Buat Kamu Pecinta Balapan!

5. Hogwarts Legacy

Bagi penggemar dunia sihir Harry Potter, Hogwarts Legacy adalah surga bagi penggemar novel atau seri film Harry Potter yang menceritakan tentang dunia sihir. Di sini, kita bisa berpetualang di lokasi-lokasi ikonik seperti Hogwarts, Hogsmeade, dan Hutan Terlarang dengan bebas.

Sensasi menjadi penyihir dan mempelajari mantra sihir tampak sangat memukau berkat kekuatan grafis PS5. Efek ledakan, cahaya, air, api, dan asap ditampilkan dengan sangat detail dan apik. Kamu bisa melakukan apa saja di sini seperti bertarung dengan penyihir lain atau dengan monster, menjelajah tempat-tempat yang ada di dunia Harry Potter.

Selain mengeksplorasi Hogwarts, kita juga bisa terbang menggunakan sapu terbang dan bertemu makhluk-makhluk fantastik seperti naga atau unicorn. Pokoknya, semua elemen yang kamu sukai dari Harry Potter ada di game ini. Sayang sekali untuk melewatkan game petualangan PS5 yang sudah sangat bagus ini.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PC Terbaik Sepanjang Masa, Seru Banget Lho!

6. Ghostwire: Tokyo

Suka cerita horor Jepang yang penuh makhluk gaib? Ghostwire: Tokyo bakal cocok buat kamu yang sedang mencari game petualangan di PS5 dengan tema horror. Game ini mengekspos pemain ke mitologi khas Jepang berupa yokai, roh jahat, maupun hantu. Pemain akan mengungkap dunia supranatural yang ada di Jepang terutama di kota Tokyo dan misteri yang menyelimuti seputar kota tersebut.

Lingkungan perkotaan Tokyo yang dipadati makhluk halus menciptakan sensasi yang mencekam namun juga seru karena kamu bisa menjelajahinya. Setiap sudut tersimpan makhluk gaib yang menyerang tanpa pandang bulu. Untungnya, kita bisa melawan menggunakan kekuatan supranatural juga.

Dengan bantuan ray tracing PS5, Ghostwire: Tokyo bisa membuat kuil-kuil, bangunan, dan setiap lorong gelap terlihat lebih hidup, tajam, serta detail teksturnya terasa lebih nyata. Apalagi ini game FPS atau menggunakan sudut pandang orang pertama, benar-benar terasa banget petualangannya.

Baca Juga: 25 Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2024

7. Spider-Man: Miles Morales

Game petualangan PS5 berikutnya adalah sekuel Spider-Man yang fenomenal yaitu Marvel’s Spider-Man: Miles Morales. Sebagai penerus Spider-Man Peter Parker, Miles memiliki kemampuan dan gaya bertarung unik yang sangat menyenangkan.

Salah satu yang paling seru dari Spider-Man ini adalah aktivitas berayun-ayun atau melantai dengan jaring laba-laba menjelajahi kota New York. Sensasi melayang bebas bak Spiderman beneran terasa banget di PS5 apalagi dipadukan pemandangan kota New York yang indah.

Selain itu, banyaknya variasi serangan dan skill yang bisa Miles gunakan membuat pertarungan tak pernah terasa monoton. Petualangan Miles di game ini dipenuhi misi menghentikan kejahatan korporat raksasa bersama teman-temannya. Boss battle melawan penjahat psikopat seperti Tinkerer dan Roxxon jadi semakin seru berkat sentuhan next-gen di PS5.

Dengan dukungan ray tracing, dunia terbuka khas kota New York pun jadi terlihat lebih hidup. Pencahayaan, efek salju, serta efek cuaca lain tampak lebih realistis dibandingkan game Spiderman sebelumnya, sayang juga kalau game ini dilewatkan.

Baca Juga: 25 Game Perang PC Offline Terbaik, Seru dan Menantang!

8. Death Stranding: Director’s Cut

Death Stranding adalah game petualangan di PS5 yang misterius, unik, dan artistik karya dari Hideo Kojima, orang yang menjadi mastermind dibalik seri game terkenal Metal Gear Solid. Terlepas dari kelambanan tempo ceritanya, visual dan desain game ini sangat memukau berkat dukungan penuh dari pengembang.

Dunia open world yang luas dipenuhi pemandangan alam yang indah, walaupun latar ceritanya di dunia yang sudah hancur akibat kiamat. Di sini, kita bisa menikmati trek offroad dan ekstrem menggunakan truk super besar atau berjalan kaki melintasi sungai dan pegunungan.

Di Director’s Cut ini, performa dan pencahayaan ditingkatkan pesat agar lebih mulus dan tajam dari versi originalnya. Belum lagi, terdapat konten dan misi eksklusif yang memperkaya petualangan kita di game aneh tapi brilian ini.

Baca Juga: 20 Game Zombie PS4 Terbaik, Ngeri-Ngeri Sedap!

9. Assassin’s Creed Valhalla

Assassin’s Creed Valhalla adalah game petualangan PS5 yang membawa kita menjelajah tatanan dunia Inggris di zaman penaklukan Viking. Sensasi berperang ala Viking ditunjukkan dengan sangat apik di game ini karya dari Ubisoft ini. Kita bisa merasakan suasana perkemahan, ritual, serta tradisi khas bangsa petarung dari Eropa itu. Belum lagi sistem tempur brutal yang memuaskan hasrat bertarung kita.

Di PS5, dunia terbuka yang dibuat jauh lebih detail dan bernuansa. Efek cuaca seperti salju dan hujan, serta rumput yang bergoyang tertiup angin terlihat jauh lebih alami. Penggunaan Ray Tracing juga meningkatkan pencahayaan secara global sehingga Norse Lands terlihat lebih megah dan cantik.

Assassin’s Creed Valhalla ini memang benar-benar memberikan pengalaman yang berbeda dari seri Assassin’s Creed lain, apalagi latarnya di Nordik yang terkesan brutal dan keras layaknya kehidupan para Viking. Bagi kamu penggemar game petualangan, harus coba game Assassin’s Creed Valhalla ini untuk merasakan sendiri kecantikan dari game karya Ubisoft.

10. Sekiro: Shadows Die Twice

Suka tantangan ekstrim ala game masocore? Sekiro: Shadows Die Twice adalah jawaban bagi kamu yang suka game petualangan PS5 namun ekstrim dan brutal. Game buatan FromSoftware ini memiliki level kesulitan setingkat Dark Souls, bahkan lebih susah dan parah lagi.

Namun di balik semua penderitaan itu, Sekiro menghadirkan petualangan di Jepang era Sengoku yang sangat memuaskan. Dengan mesin grafis PS5, detail feudal Jepang ditampilkan dengan apik, mulai dari bilah pedang, baju zirah Samurai, hingga tekstur alamnya seperti pohon, batu, dan lain-lain.

Boss battle di game ini merupakan yang terbaik di kelasnya, bahkan belum ada game yang mekanik bertarungnya sebaik Sekiro ini. Setiap detik pertarungan seakan bisa jadi detik terakhir kita. Ritme aksi yang sengit dipadu mekanik menghindar yang kompleks membuat setiap pertarungan terasa epik.

11. Ghost of Tsushima: Director’s Cut

game-PS5-terbaik

Ghost of Tsushima boleh jadi salah satu game petualangan PS5 yang ceritanya menyentuh dan dapat membuat gamers tenggelam dalam drama Samurai. Berlatar pada era Samurai di Jepang, kita berperan sebagai samurai pemberontak bernama Jin Sakai yang berjuang mati-matian melawan invasi Mongol di pulau Tsushima.

Dipadu detail lingkungan alam Jepang yang indah, efek cuaca dan transisi waktu memukau, intrik politik klan samurai, hingga pertarungan pedang ala film Samurai, serta permainan menyusup dan membunuh tanpa diketahui ala ninja, game ini benar-benar lengkap. Apalagi kini di-port ke PS5 dengan performa dan kualitas gambar jauh lebih mulus ketimbang versinya di PS4.

Petualangan epik Jin dalam pergulatan antara prinsip Bushido Samurai dan kebutuhan pragmatis untuk menyelamatkan klannya memang sangat mengharukan. Belum lagi DLC barunya yaitu Iki Island yang makin memperkaya cerita dan lokasi menarik baru.

12. Returnal

Returnal dari studio Housemarque memang spesial karena menjadi satu dari sedikit game petualangan PS5 yang eksklusif hanya bisa dinikmati di PS5. Returnal sendiri mengusung genre third person shooter roguelike dimana setiap kali mati, kita akan terjebak kembali di dunia asing penuh bahaya.

Menampilkan konsep siklus kematian dan dunia yang acak tiap kali respawn, Returnal cukup unik karena mengutamakan elemen survival horor dibanding aksi semata. Suasana planet luar angkasa yang suram dipenuhi monster dan fenomena aneh selalu bikin jantung berdetak kencang. Belum lagi senjata-senjatanya yang terasa kuat banget efek tembakannya.

Dipadukan latar cerita yang misterius penuh teka-teki dengan suasana yang terasa menakutkan, apalagi kalau mati harus mengulang-ulang lagi. Returnal merupakan pilihan game petualangan yang unik dan punya ciri khas sendiri, layak sekali untuk dicoba di PS5.

13. Sackboy: A Big Adventure

Bagi kalian yang ingin pelarian dari game petualangan PS5 dengan aksi, ledakan, dan baku tembak, cobalah Sackboy: A Big Adventure di PS5. Seperti kedengarannya, game ini adalah platformer 3D yang lucu dan menggemaskan ala Little Big Planet.

Pemain akan mengendalikan Sackboy yang imut untuk melompati rintangan, melawan monster lucu dan mengumpulkan benda-benda unik demi menyelamatkan teman-temannya dari makhluk jahat. Suasana ceria penuh warna dipadukan level desiain yang kreatif membuat pengalaman berpetualangan di dunia Sackboy sangat menyenangkan.

Meski terlihat seperti game untuk anak-anak, sebetulnya cukup banyak elemen platforming yang cukup menantang di sini untuk diselesaikan. Belum lagi pertarungan boss melawan monster aneh yang bisa bikin ngakak. Jadi kalau penat dengan game yang penuh dengan aksi berat, cobalah untuk santai dengan petualangan lucu ala Sackboy di PS5.

14. Resident Evil Village

Waralaba zombie paling ikonik, Resident Evil kembali dengan penampilan brutal di Resident Evil Village, seri terbaru yang menghadrikan petualangan seru Ethan Winters. Bercerita tentang Ethan Winters yang menetap di Eropa Timur namun kedamaian mereka terusik ketika putri kecil Ethan yaitu Rose diculik oleh suatu kelompok misterius.

Ethan Winters harus menjelajahi sebuah desa yang bersalju dan penuh dengan misteri untuk menemukan putrinya. Suasana desa terpencil penuh makhluk buas ini sangat mencekam untuk dijelajahi. Di sini juga ada beberapa sosok menyeramkan seperti Lady Dimitrescu dan anaknya, Heisenberg, Mother Miranda, dan makhluk lain yang menghalangi usaha Ethan.

Resident Evil Village juga membawa kembali salah satu karakter utama dari Resident Evil sebelumnya yaitu Chris Redfield yang membantu Ethan Winters untuk menyelamatkan putrinya. Kehadiran DLC baru juga membuat pemain bisa memainkan Rose Winters anak dari Ethan, dan DLC ini jauh lebih menyeramkan.

15. Uncharted 4: A Thief’s End

Game petualangan PS5 yang terakhir di dalam daftar kali ini adalah Uncharted 4: A Thief’s End. Siapa sih yang nggak ngangenin sama petualangan pencuri harta karun legendaries Nathan Drake? Di seri keempat yang juga bakal bikin Nate Drake pensiun ini, pencarian harta karun lengkap dengan aksi parkour dan ledakan yang super keren dipersembahkan eksklusif di PS5 dengan kualitas grafis tinggi.

Sesuai judulnya, kali ini Nate bersama temannya benar-benar mengincar satu harta paling legendaris untuk persiapan pensiun dari dunia pemburu harta karun yaitu emas bajak laut kapten Avery yang hilang 2 abad lalu. Petualangan mematikan Nate mengarungi hutan terpencil Madagaskar sampai kota tua Libertalia bikin kita hanyut dalam fantasi pencarian harta karun.

Dipadukan animasi wajah dan detail lingkungan yang jauh lebih nyata berkat dukungan next-gen di PS5, senang banget rasanya menemani kisah perjalanan terakhir Nate dan Elena walau hanya sebagai pemain. Game ini memang terbaik buat kalian para gamers dan penggemar film aksi petualangan seperti Indiana Jones atau Tomb Raider.

Penutup

Nah, itulah tadi daftar dan pembahasan tentang 15 game petualangan terbaik di PS5 yang sangat disayangkan jika dilewatkan. Dengan kemampuan mesin next-gen, pengalaman menjelajah dunia di PS5 ini menjadi semakin hidup dan memuaskan para pemain karena dapat merasakan bagaimana rasanya petualangan walaupun hanya lewat game saja.

Mungkin itu saja untuk artikel kali ini, semoga dapat bermanfaat dan menambah wawasan kalian tentang game petualangan yang ada di PS5. Sampai jumpa lagi sobat gamers!

Tinggalkan komentar