20 Game Terpopuler di Dunia 2024, Harus Dicoba Setidaknya Sekali Seumur Hidup!

Game merupakan salah satu bentuk hiburan yang paling banyak orang lakukan, karena game itu sederhana dan bahkan hanya dengan ponsel bisa main game sepuasnya. Dengan kemajuan teknologi yang semakin modern, game bisa dimainkan di mana saja atau di berbagai platform seperti smartphone, PC, konsol, dan lain-lain. Namun, tahukah kamu bahwa ada beberapa game yang sangat populer di dunia sehingga banyak orang berbondong-bondong memainkan game ini? tentu saja ada lho.

Maka dari itu, kali ini kita akan membahas tentang game-game terpopuler di dunia yang sukses merajai pasar game di berbagai belahan dunia dan memiliki jutaan pemain. Dari game aksi, petualangan, hingga strategi – semuanya ada di sini! langsung saja ya simak daftar beserta pembahasannya.

1. Tetris

Memulai daftar game terpopuler di dunia, kita punya Tetris – game puzzle klasik yang sudah melegenda sejak era 80-an. Siapa sangka, permainan sesederhana menyusun balok-balok warna ini bisa jadi candu selama berabad-abad?

Nggak perlu penjelasan rumit, kan, soal Tetris? Game ini begitu simpel tapi di sanalah letak kenikmatannya. Tetris mengajak kita bermain-main dengan logika saat menyusun balok agar tak jatuh dan membentuk garis horizontal.

Tugasnya gampang, tetapi level yang terus meningkat dengan kecepatan balok turun bisa bikin otak kita mendidih. Ditambah adanya efek suara khas, “llaaahhh” setiap garis balok hilang yang kayak menertawakan kepanikan kita. Ah, sungguh gameplay sederhana yang ikonik dan selalu bisa dimainkan dari waktu ke waktu.

Baca Juga: 20 Game Nomor 1 di Indonesia Terbaik dan Populer 2024

2. Grand Theft Auto V

Ngomongin game populer di dunia, masak kita nggak bahas Grand Theft Auto (GTA) V? game aksi petualangan dengan map open-world ini menjadi game paling laris terjual sepanjang masa.

GTA V memang pantas disebut salah satu game terbaik yang pernah diciptakan. Awalnya, kita akan disuguhkan cerita kriminal seru tiga karakter berbeda. Setelah itu, kita bisa bebas beraksi di kota fiksi Los Santos yang ikonik dan hidup. Dari membajak mobil, terlibat tembak-menembak dengan polisi, hingga mencari pekerjaan sampingan sebagai sopir taksi, semuanya bisa dilakukan di sini. Bahkan kita juga bisa menikmati aktivitas olahraga seperti yoga, bermain golf, atau main tenis.

Itulah kelebihannya. Di dunia GTA V, hidup kita nggak melulu soal kriminalitas saja. Jadilah gembong mafia, jagoan balapan liar, atau karyawan biasa sesuka hati. Yang pasti, dunianya yang seperti nyata itu sukses menghibur sejak pertama dirilis tahun 2013 lalu.

Baca Juga: 25 Game Nomor 1 di Dunia Terbaik dan Terpopuler 2024

3. The Sims

Masih dalam jalur kehidupan virtual kita beralih ke game terpopuler di dunia yang bertemakan simulasi, The Sims yang juga jadi best-seller legendaris. Buat apa main game ini? Simpel aja, untuk menikmati simulasi kehidupan manusia dari awal sampai akhir.

The Sims adalah pengalaman membangun kehidupan manusia mulai dari nol. Kita bisa membuat karakter virtual sesuka hati kita, memberinya pekerjaan dan kegiatan sehari-hari, bahkan membangunkan rumah impian buat tempat tinggal. Serunya lagi, segala kebutuhan dan keinginan karakter Sims ini harus kita penuhi. Mulai dari kebutuhan makan, buang air, bersosialisasi, hingga mencari teman kencan dan menikah. Kalau nggak diperhatikan, karakter Sims bisa stress dan nggak berkembang!

Rasanya kayak mengurus manusia sungguhan saja. Bahkan, untuk membuat mereka terus hidup, kita harus mencari pekerjaan dan mendapat penghasilan agar tetap mapan. Hidup ini memang sulit, baik di dunia virtual maupun nyata.

Baca Juga: 15 Game Offline PC Gratis Terbaik, Sayang Kalau Dilewatkan!

4. PlayerUnknown’s Battlegrounds (PUBG)

Di era serba digital sekarang, banyak game battle royale yang populer di mana-mana. Tapi game yang mempelopori genre ini adalah PUBG yang langsung meroket semenjak rilis. PUBG merupakan salah satu game terpopuler di dunia yang mengusung konsep bertahan hidup di mana 100 orang pemain akan terjun dari pesawat menuju pulau misteri. Begitu mendaratkan kaki di daratan, mereka harus cepat-cepat mencari senjata dan bersiap menghadapi sengitnya pertempuran.

Pemenangnya hanya satu, yakni yang berhasil menjadi yang terakhir hidup setelah melenyapkan 99 lawan. Tantangan utamanya adalah di wilayah permainan yang semakin lama semakin mengecil. Siapa yang bergerak lambat bakal mati kena ledakan atau terjebak di zona merah.

Sensai bak berada di situasi perang sebenarnya. Jantung serasa mau copot tiap kali dikejar musuh atau harus bergerak sembunyi-sembunyi. Menegangkan, tapi itulah yang bikin candu main PUBG.

Baca Juga: 20 Game Zombie Offline Terbaik untuk PC dan Android, Segera Mainkan!

5. Minecraft

Di samping PUBG, Minecraft adalah game populer di dunia lain yang juga punya banyak penggemar fanatik di seluruh dunia. Konsepnya memang sederhana, yakni bertahan hidup dalam dunia terbuka yang seluruhnya terbuat dari balok-balok.

Dari awal, kita akan ter-spawn ke dunia yang isinya blok-blok biasa. Setelahnya, kita bebas melakukan apa saja. Mau membangun sebuah kerajaan bak kastil megah? Tak masalah. Mau menjelajahi dungeon dan menyergap monster bawah tanah? Bisa juga.

Ada dua mode utama: bertahan hidup (survival) dan kreatif. Dalam mode survival, kita harus mengumpulkan sumber daya dengan menambang untuk membuat perlengkapan seperti senjata, rumah, atau apapun. Sementara dalam mode kreatif, kita bisa lebih leluasa berkreasi apa saja dengan blok tanpa batasan. Menariknya, Minecraft menghadirkan pengalaman yang selalu berbeda setiap kali dimainkan karena dunianya yang dihasilkan secara acak. Ditambah grafik blok sederhana yang stylish, pantas kalau game ini dirindukan para penggemar di seluruh dunia.

Baca Juga: 30 Game Zombie PC Terbaik Online dan Offline, Seru dan Wajib Dicoba!

6. Fortnite

Masih dalam genre battle royale, ada satu game populer di dunia yang sempat menggemparkan di tahun 2017-2018 lalu: Fortnite. Siapa yang nggak kenal game dengan gaya grafis unik dan karakter lucu dan unik ini?

Seperti PUBG, Fortnite merupakan game bertahan hidup dengan pemain yang diterjunkan dari pesawat menuju pulau misteri. Tapi bedanya, kalian bisa membangun struktur seperti dinding atau lantai untuk bertahan dan menjebak musuh. Kalian juga bisa bergerak cepat, memanfaatkan senjata seperti shotgun, bahkan menggunakan trik khusus di momen yang tepat buat menghabisi musuh. Intinya, Fortnite ini santai ceria meski tetap seru apalagi kalau main bareng teman.

Yang pasti, Fortnite sukses heboh dengan meme-meme dan konten kreator di media sosial. Deretan seleb dan youtuber gaming terkenal pun ikut andil dalam memainkan game ini, membawa sensasi tersendiri bagi pengikutnya.

Baca Juga: 25 Game Open World Android Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan!

7. Call of Duty Series

Bagi pencinta games FPS (First Person Shooter), nama Call of Duty pasti sudah nggak asing lagi, kan? Wajar saja, franchise ini memang salah satu yang paling populer di genre aksi tempur mengocok adrenalin.

Soal gameplay, Call of Duty menghadirkan aksi tempur terasa realistis macam di medan perang beneran. Deru suara tembakan, hantaman peluru, hingga ledakan bom membuat jantung serasa ingin lompat. Ditambah lagi dengan grafik di tiap seri yang senantiasa mengagumkan. Nggak heran, setiap seri baru dirilis, penggemar langsung berebut mengaksesnya baik dari segi online multiplayer maupun cerita kampanye utamanya.

Serangan militer, intrik politik, hingga ketegangan aksi operasi rahasia, semuanya bisa dinikmati di dalam seri CoD. Mengingat kepopulerannya, Call of Duty pasti melekat erat sebagai salah satu franchise game FPS paling berpengaruh di masa modern.

Baca Juga: 15 Game Horror Multiplayer PC Terbaik, Seram dan Sadis!

8. Super Mario Bros

Di dunia gaming, siapa yang nggak kenal Mario Bros? Karakter berpakaian tukang ledeng dengan kumis jengger ini sudah jadi legenda hidup yang mendunia berkat salah satu seri terlaris sepanjang masa, Super Mario Bros.

Dalam gamenya, Mario harus melewati panah-panah blok dan pipa untuk menyelamatkan Putri Toadstool dari kekuatan jahat Koopa. Untuk bisa menang, Mario harus melompati rintangan, memukul blok tersembunyi, dan mengalahkan musuh dengan loncatan.

Konsepnya mungkin kelihatan sederhana. Tapi inilah letak kesuksesan waralaba game platformer dari Nintendo ini. Gameplay sederhana yang dikombinasikan dengan tema ceria dan karakter ikonik membuatnya begitu menghibur dan menantang sekaligus. Siapa sangka game dengan premis kecil begitu (menyelamatkan putri kerajaan dari cengkeraman monster) bisa menjadi salah satu gam populer di dunia? Tapi itulah yang membuat Mario Bros begitu istimewa dan dikenang hingga saat ini.

Baca Juga: 25 Game Tembak-Tembakan PC Paling Seru Sepanjang Masa, Harus Coba!

9. Red Dead Redemption 2

Dari serial ikonik, kita beralih ke game terpopuler di dunia berikutnya yaitu RDR 2 dengan konsep aks petualangan open-world yang juga mendulang sukses besar di seluruh dunia. Dalam game ini, kita akan sepenuhnya dimanjakan dengan gameplay, cerita, dan grafiknya yang kaya.

Kita akan memainkan peran seorang pemburu bayaran bernama Arthur Morgan yang menjadi bagian dari satu geng pimpinan Dutch Van Der Linde. Di situlah kita akan disuguhkan kisah dramatis kompleks hubungan persahabatan mereka di alam liar. Yang membedakan RDR 2 adalah tingkat realistisnya yang amat tinggi. Detail kehidupan seharian karakter kita seperti makan, mandi, semua diperlihatkan dengan hidup. Bahkan kita juga bisa berinteraksi leluasa dengan NPC yang bertingkah seperti manusia sungguhan.

Dunia terbuka RDR2 yang luas dengan berbagai bioma dan aktivitas pilihan menjadikannya seperti kehidupan nyata. Ditambah dengan mekanik bermain yang terperinci dan grafisnya yang fotorealistis. Tak salah bila RDR2 begitu dirindukan para penggemarnya!

Baca Juga: 35 Game PS2 Multiplayer Terbaik dan Paling Seru, Bisa Buat Mabar Bareng!

10. Assassin’s Creed

Dari dunia Barat beralih ke Timur Tengah dengan waralaba game Assassin’s Creed yang mengagumkan dan penuh aksi. Game open-world ini mengajak kita memerankan seorang pembunuh bayaran di era kejayaan kerajaan Arab kuno.

Setiap serinya, Assassin’s Creed membawa kita ke lokasi berbeda dengan latar belakang cerita yang berbeda pula. Ada yang mengambil latar Baghdad, Konstantinopel, hingga bahkan ke Italia di masa Renaisans. Yang pasti, dalam permainannya kita akan disuguhkan aksi-aksi tempur jarak dekat dengan pedang, bela diri, hingga kemampuan berparkour di atas atap-atap bangunan secara memukau. Ah, serasa seperti memerankan tokoh Assasin nyata!

Menariknya lagi, Assassin’s Creed menggabungkan sejarah nyata dengan fiktif secara piawai. Salah satu faktor kenapa waralaba ini begitu dicintai para gamerdengan keunikan dan kerapian gameplaynya itu.

Baca Juga: 15 Game Perang PC Online Terbaik, Gamers Harus Coba!

11. World of Warcraft

Berbicara soal game populer di dunia, masa kita melupakan salah satu game MMORPG (Massively Multiplayer Online Role Playing Game) terbesar di dunia ini, World of Warcraft?

Sejak pertama diluncurkan di tahun 2004 lalu, WoW langsung merajai pasar game online dengan banyaknya pemain yang berbondong-bondong berkelana di dunia fantasi Azeroth yang mengagumkan. Yuk kita simak lebih lanjut kenapa gamenya begitu populer. Di WoW, kita memainkan peran sebagai salah satu ras seperti manusia, elf, orc, atau undead. Dari sini, kita bisa mengeksplorasi dunia Azeroth, bergabung dengan guild tertentu, dan ikut dalam petualangan besar seperti melawan raja iblis jahat.

Pokoknya, dunia WoW ini seperti tak berujung dengan segala kerajaan, bangsa, dan misi yang ditawarkan. Belum lagi update kontennya yang rutin dengan penambahan dunia baru dan aktivitas baru juga. Tak heran bila jutaan gamer ini menyukai dan kecanduan bermain WoW. Kehidupan virtual serta interaksi sosial di dalamnya memang benar-benar memesona seperti dunia kedua yang sesungguhnya.

Baca Juga: 25 Game Perang PS4 Terbaik yang Wajib Dimainkan di Tahun 2024

12. League of Legends

Dari MMORPG beralih ke game populer di dunia dengan tema multiplayer online battle arena (MOBA), yakni League of Legends. Franchise game ini sungguh legendaris dan dijadikan kiblat dalam genrenya sendiri.

Di LoL, kita akan membentuk tim untuk berperang melawan tim lain dan saling menghancurkan markas. Tiap pemain akan memainkan satu karakter dengan kekuatan unik seperti tembakan naga api atau memanggil petir bahkan ada yang bisa mencuri skill musuh.

Strategi perlu dipikirkan matang-matang untuk mengoordinasikan kapan menyerang, menarik mundur, atau berpusat menyerang satu sasaran musuh. Apalagi ditambah unsurnya yang bertingkat, kemampuan karakter terus berkembang seiring level naik. Makanya, gak heran saja kalau LoL menjadi tontonan e-sport keren dengan jutaan orang yang menantikan pertandingan tingkat internasional ini.

Baca Juga: 15 Game Perang PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Kamu Harus Cobain!

13. Counter-Strike 2


Di ranah game FPS multiplayer, satu game populer yang nggak boleh terlewat adalah Counter-Strike 2 yang sebelumnya kita kenal dengan nama CS:GO. Game ini sudah jadi legenda sejak seri pertamanya dirilis di tahun 1999 silam.

Gameplay CS2 sederhana, yakni dua tim (Teroris dan Kontra-Teroris) saling berhadapan dengan misi yang berbeda. Namun, di situlah tantangan dan keseruannya berada – kerjasama tim dan akurasi tembakan adalah kuncinya.

Dalam permainan, kita bisa mengakses berbagai jenis senjata seperti pistol, senapan, atau bahkan granat untuk merobohkan lawan. Ditambah peta-peta berlokasi di tempat terkenal seperti Dust II yang sudah sangat familiar bagi penggemar CS. Yang membuat Counter Strike 2 tetap populer dan dimainkan sampai sekarang adalah nuansa kompetitifnya yang kental ditambah basis pemain aktif yang besar, mungkin juga karena gratis. Dinamika menembak lawan dengan tepat sambil menggerakan karakter jadi tantangan sendiri yang mendebarkan.

14. Dota 2

Nama ini mungkin sudah nggak asing lagi di telinga para gamer. Dota 2 adalah salah satu game terpopuler di dunia yang bergenre MOBA dan juga nggak kalah populer dari League of Legends dengan ceritanya yang kental bernuansa fantasi.

Sama seperti LoL, dalam Dota 2 kita akan bergabung dalam tim untuk mengalahkan tim lawan dengan cara menghancurkan markas utama mereka. Tapi di sinilah tantangannya, tiap karakter hero punya keunikan dan kemampuan luar biasa sendiri-sendiri.

Bisa jadi serangan jarak jauh ataupun jarak dekat. Bisa juga tipe pendukung dengan kemampuan mengobati atau memberi efek buff. Intinya, masing-masing pahlawan perlu dimainkan dengan strategi yang berbeda-beda. Nah, hal ini yang bikin game Dota 2 begitu menghibur untuk dimainkan baik sendiri maupun dengan teman-teman. Ditambah komunitas yang aktif, turnamen bergengsi, dan seru untuk ditonton juga!

15. Diablo

Setelah MOBA, kita masuk ke dunia aksi RPG yang populer di seluruh dunia, yaitu Diablo. Sejak seri pertamanya meluncur di tahun 1997, franchise legendaris ini langsung memikat hati para gamer dengan gameplay-nya yang unik.

Di Diablo, para pemain akan memulai petualangan dengan memilih karakter seperti Barbarian, Amazon, atau Necromancer. Setelah itu, kalian akan menjelajahi dunia terbuka yang dipenuhi dengan monster-monster seram dalam perspektif isometric yang khas. Selama berpetualang, kalian bisa mengumpulkan senjata, armor, hingga aksesori ajaib untuk memperkuat karakter. Dari sinilah rasa ketagihan untuk terus mengeksplor dan membunuh musuh untuk mendapat loot bagus muncul.

Maka tak heran, Diablo begitu digandrungi para penggemar untuk dimainkan berkali-kali. Nuansa gelap dunia bawah tanah serta peluang dapatnya loot langka menjadi candu tersendiri bagi para gamer sejati!

16. Grand Theft Auto: San Andreas

Dari action RPG, kita kembali ke salah satu game aksi terpopuler sepanjang masa, yakni GTA: San Andreas saudara dari GTA V yang sudah dibahas sebelumnya. Seperti judulnya, San Andreas mengambil lokasi asli dari negara bagian Amerika Serikat yang ikonik dengan menaruh kita di tengah-tengah budaya hip-hop dan geng-geng kejahatan jalanan.

Namun di balik cerita kriminal kerasnya, San Andreas justru sangat menghidupkan nuansa tahun 90-an dengan apik mulai dari gaya berpakaian, musik, hingga mobil-mobil kece yang ikonik saat itu. Serasa kita tenggelam dalam nostalgia masa lalu!

San Andreas juga terkenal dengan jumlah misi, aktivitas, serta area yang bisa dijelajahi yang amat sangat banyak. Ditambah kemampuan karakter untuk berkelahi, menembak, sampai bersenam membuat pengalaman bermainnya teramat lengkap.Tak heran, game ini masih saja disebut-sebut sebagai salah satu GTA terbaik dan populer sepanjang masa sampai sekarang!

17. Angry Birds

Dari game aksi yang berat-berat, mari kita beralih ke game terpopuler di dunia yang kasual dan justru sukses merajai dunia di masanya, yakni Angry Birds. Siapa yang nggak kenal game di mana kita harus melontarkan burung untuk menjatuhkan babi-bagi hijau?

Angry Birds booming begitu masif karena konsepnya yang sederhana tapi adiktif. Dalam setiap levelnya, kita ditugaskan untuk melempar burung-burung dengan kekuatan khusus masing-masing untuk menghancurkan babi-babi yang berlindung di kubu bangunan.

Sederhananya gameplay ini digabungkan dengan animasi karakter burung dan babi yang lucu sehingga bikin main game ini rasanya kayak melepas penat aja. Ditambah tingkat kesulitan level yang konsisten menantang membuat kita ketagihan. Di sini terbukti lagi bahwa game yang simpel dan menyenangkan bisa saja lebih populer dibandingkan game triple-A sekalipun. Selera gamer memang beragam dalam menikmati hiburan.

18. Mobile Legends

Berikutnya di dalam daftar game terpopuler di dunia , kita punya Mobile Legends, salah satu game MOBA (Multiplayer Online Battle Arena) paling diminati di platform mobile.

Di Mobile Legends, kamu bakal terlibat pertempuran epik antar dua tim dengan masing-masing 5 orang pemain. Tugas utamanya adalah membantu tim mengalahkan tim lawan dengan cara menghancurkan markas utama mereka. Yang seru, setiap kali bermain kamu bisa pilih mem-banned atau mengambil hero favorit dari sekian banyak pilihan. Masing-masing hero punya kemampuan sihir atau serangan unik yang harus dikuasai agar tampil maksimal di arena.

Nah, di sinilah tantangan sesungguhnya. Kamu harus koordinasi dengan rekan setim untuk mengatur strategi menyerang dan bertahan. Lalu, kerjasama dan kekompakan tim menjadi kunci utama untuk meraih kemenangan.

19. Street Fighter II

Berbicara soal game populer di dunia pada masanya, mana mungkin kita melupakan Street Fighter II, game pertarungan satu lawan satu yang fenomenal dan menjadi game ikonik dalam genre fighting.

Di Street Fighter II, para pemain akan berhadapan satu sama lain dengan memilih satu dari sekian banyak karakter yang disediakan. Masing-masing karakter punya kemampuan jurus dan gaya bertarung yang berbeda untuk dipelajari. Serunya, di tengah adegan bertarung itu, kita juga bisa melancarkan jurus-jurus istimewa yang keren seperti Hadouken, Shoryuken, atau Tiger Uppercut untuk bikin lawan tersungkur. Menguasai timing jurus inilah yang membuat game begitu menantang dan adiktif.

Berkat gameplay sederhana tapi strategis, desain karakter khas, hingga musik latar yang ikonik, Street Fighter II memang pantas disebut sebagai salah satu game fighting terpopuler sepanjang masa. Siapa yang nggak kenal Ryu dan Ken?

20. Free Fire

Oke, kita akhiri daftar 20 game terpopuler di dunia ini dengan memasukkan salah satu game battle royale mobile yang fenomenal. Ya, game itu sudah pasti bernama Free Fire, salah satu saingan berat bagi PUBG yang ada di perangkat mobile.

Seperti yang kita tahu, pemain Free Fire ini jumlahnya banyak sekali. Di Indonesia saja sudah ada jutaan pemain yang kebanyakan adalah bocil-bocil, apalagi di luar negeri seperti India dan Asia Tenggara khususnya. Apa yang membuat Free Fire begitu populer? Jawabannya sederhana – ukuran kecil dan permainan yang sederhana. Kamu bisa mengunduh Free Fire dengan ukuran lebih kecil dari game battle royale lain, bahka untuk hp kentang sekalipun masih bisa main.

Inilah daya tarik utama Free Fire yang memikat banyak orang terutama gamer di negara berkembang. Game ini sudah sangat sukses dalam menggaet banyak pemain dan memiliki basis komunitas gamer yang sangat militan. Pantas jika reputasinya melejit dan tetap populer sampai hari ini!

Kesimpulan

Nah, itulah 20 game terpopuler di dunia yang pantas untuk kamu coba setidaknya sekali seumur hidup, gamers! Dari game klasik hingga game modern, multiplayer luar biasa hingga open-world yang mengagumkan – semuanya ada dalam daftar ini.

Yang pasti, setiap game di sini membawa pengalaman bermain yang unik dan menghibur dengan caranya sendiri-sendiri. Entah itu dengan gameplay brilian, cerita epik, atau sekedar konsep sederhana tapi ketagihan.

Jadi, tunggu apalagi? Berburu sendiri atau ajak teman-teman untuk mainin bareng, game-game populer ini sangat layak untuk dicoba. Siapa tahu kamu bisa nemuin game baru yang bikin kecanduan sekaligus menemani waktu luangmu? Selamat menjelajah!

Tinggalkan komentar