20 Game PC Ringan Terbaik 2021, Cocok Buat PC atau Laptop Kentang!

PC merupakan singkatan dari personal computer, ternyata perangkat ini bisa untuk bermain game dan bahkan tersedia banyak sekali game menarik. Kalau kamu punya laptop atau pc kentang tidak usah bersedih karena banyak game pc ringan terbaik yang bisa kamu mainkan walaupun pc milikmu spesifikasinya pas-pasan. Sekarang memang zaman sudah modern begitu juga perkembangan dunia game semakin maju sehingga pengembang game menawarkan game-nya dengan grafik mewah dan tampak nyata, namun itu semua diperuntukkan untuk PC dengan spesifikasi tinggi dan bukan untuk PC kentang karena gak mungkin kuat kan.

Nah, bagi kamu yang memiliki PC atau Laptop kentang masih bisa kok bermain game karena ada banyak judul game ringan dari berbagai genre seperti RPG, FPS, Strategi, Aksi, Adventure, dan masih banyak lagi. Pada kesempatan kali ini kita akan bahas dan daftar game ringan untuk PC atau laptop terbaik agar kalian bisa menikmati bermain game walaupun spesifikasi cuman biasa saja, langsung saja berikut ini daftarnya.

1. Grand Theft Auto: San Andreas (GTA SA)

Game pc ringan terbaik pertama tentu saja adalah GTA SA salah satu game legend ini juga bisa dimainkan di PC atau laptop. GTA SA sangat ringan dan tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi jadi sangat cocok jika kamu bermain di pc kentang. Game ini juga sangat seru kamu bisa menjelajah dan melakukan hal apa saja di dunia GTA SA, mulai dari menamatkan misi hingga bermain-main keliling di seluruh peta. Walaupun termasuk game lama namun game ini termasuk legend sehingga worth it untuk dimainkan terlebih lagi juga ringan.

Game open world ini sangat saya rekomendasikan untuk dimainkan di pc karena game ini menyimpan banyak kenangan sekaligus konten menarik di setiap misi jalan ceritanya. Kamu akan bermain sebagai CJ atau carl johnson yang kembali ke kota kelahirannya untuk pemakaman ibu kandungnya, tapi itu tidak berjalan mulus dan CJ harus berjuang untuk mengembalikan kejayaan geng miliknya.

Spesifikasi Minimum

CPU: Pentium III or Athlon equivalent
CPU SPEED: 1 Ghz
RAM: 256 MB
OS: Windows 2000/XP only
VIDEO CARD: 64 MB DirectX 8.1 compatible video card (NVIDIA GeForce 3 or better)
TOTAL VIDEO RAM: 64 MB
3D: Yes
PIXEL SHADER: 1.1
SOUND CARD: Yes
FREE DISK SPACE: 3.6 GB for minimal install
DVD-ROM: 8X DVD-ROM

Baca Juga: 5 Game FPS Ringan Terbaik Khusus Untuk PC Low-End

2. League of Legends

League of Legends adalah salah satu game pc ringan online terbaik, game ini merupakan MOBA atau multiplayer online battle arena. Mungkin kamu pernah memainkan Dota yang juga merupakan game Moba, nah League of Legends ini pun sama namun punya beberapa perbedaan yang membuat game ini unik. Tentu saja ada berbagai macam karakter atau disebut Champion di dalam game ini yang bisa kamu mainkan namun harus membeli terlebih dahulu tapi juga ada champion gratis sih. League of Legends memang kalah dari Dota di kawasan Asia Tenggara khususnya Indonesia karena telat masuk, tapi secara global game ini sukses besar.

League of Legends tidak membutuhkan spesifikasi tinggi sehingga sangat cocok bagi kalian yang punya pc kentang tapi ngebet pengen main game online pc ringan. Game ini juga seru kok, pertarungan selama permainan sangat intens, champion-championya pun juga menarik dan punya kekuatan unik masing-masing, so kalau ingin bermain game Moba tapi spesifikasi pas-pasan langsung install saja League of Legends.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel Pentium 4 2.00GHz
CPU SPEED: 3 GHz processor (supporting SSE2 instruction set or higher)
RAM: 2 GB
OS: Windows 7, Windows 8, or Windows 10 (Windows XP and Vista are no longer officially supported by Riot)
VIDEO CARD: Shader version 2.0 capable video card
PIXEL SHADER: 2.0
VERTEX SHADER: 2.0
FREE DISK SPACE: 8 GB

Baca Juga: Alasan League of Legends PC Gagal di Indonesia

3. Age of Empires III

Game pc ringan terbaik selanjutnya adalah Age of Empires III yaitu sebuah game real time strategy atau RTS. Age of Empires 3 termasuk salah satu game strategi terbaik di PC dengan berbagai mode permainan seru dan menarik serta membangun peradaban. Di dalam game ini ada beberapa peradaban misalnya Inggris, Prancis, Turki, China, Jepang, bahkan hingga suku asli Amerika seperti suku Indian yang membangun peradaban dari zaman tertentu dan membentuk pasukan untuk mengalahkan bangsa lain.

Game ini tidak membutuhkan spesifikasi tinggi sehingga bagi pecinta game real time strategy kamu bisa menikmati Age of Empires 3 dengan pc atau laptop kentang pas-pasan. Walaupun termasuk game jadul tapi nuansa di dalam game ini benar-benar epik, kamu bisa sepenuhnya mengontrol bangsa pilihanmu dan bersekutu atau bermusuhan dengan pihak tertentu serta membangun peradaban dan pasukan untuk menaklukan bangsa lain. Dengan PC spesifikasi rendah pun masih bisa memainkan game jadul ini, jadi lebih baik langsung mencoba saja.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel Core 2 Duo 2.2 GHz or AMD Athlon 64 X2 2.0 GHz
CPU SPEED: Info
RAM: 2 GB
OS: Windows XP
VIDEO CARD: 64 MB NVIDIA GeForce 6800 or ATI Radeon X1300
PIXEL SHADER: 3.0
VERTEX SHADER: 3.0
SOUND CARD: Yes
FREE DISK SPACE: 12 GB
DEDICATED VIDEO RAM: 64 MB

Baca Juga: 5 Game Zombie PC Online Multiplayer Terbaik Untuk Dimainkan

4. Valorant

Valorant juga merupakan salah satu game fps ringan terbaik yang hadir pada tanggal 2 Juni 2020, jadi game ini belum lama. Valorant menghadirkan gameplay mirip dengan Counter Strike: Global Offensive namun dengan perbedaan di karakter dan kekuatan setiap karakter sehingga membuat game in lebih unik ketimbang CS:GO. Game ini mengambil genre FPS atau first person shooter, Valorant merupakan game taktis dengan dua tim masing-masing terdiri dari 5 orang bertarung dengan menggunakan karakter yang disebut agen. Ada beberapa mode permainan yang berbeda misalnya Unrated, Deathmatch, Spike Rush, dan lain-lain semua mode permainan sangat seru dan wajb kamu coba.

Game ini online ya jadi membutuhkan koneksi internet agar bisa bermain dengan orang lain dari seluruh penjuru dunia, malahan lebih seru kok ketimbang game offline. Valorant tidak membutuhkan spesifikasi tinggi bahkan RAM 4GB saja sudah jalan game ini asalkan tidak setting grafis terlalu tinggi ya cukup paling rendah saja biar lancar dan tidak ngelag.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel i3-370M
CPU SPEED: Info
RAM: 4 GB
OS: Windows 7/8/10 64-bit
VIDEO CARD: Intel HD 3000
PIXEL SHADER: 3.0
VERTEX SHADER: 3.0

Baca Juga: 8 Situs Download Game PC Terbaik dan Terpercaya Dijamin Legal

5. Left 4 Dead 2

Kamu suka game zombie? Left 4 Dead 2 merupakan salah satu judul game pc ringan terbaik bagi kamu yang suka dengan game bertemakan zombie. Left 4 Dead 2 adalah game zombie FPS dimana kamu akan melawan gerombolan zombie jumlahnya banyak dengan berbagai senjata baik senjata api, senjata tajam atau tumpu, dan senjata unik seperti bom dan molotov. Di dalam game ini ada beberapa karakter yang bisa kamu mainkan, karena game ini merupakan game co-op jadi ada 4 atau lebih pemain dalam setiap permainan, seru kan.

Left 4 Dead 2 termasuk game lama karena sudah sejak 2009 namun kualitas grafiknya masih lumayan lah buat game FPS, apalagi game ini tidak membutuhkan spesifikasi mumpuni jadi pc kentang pun juga bisa. Kalau ingin lebih seru lagi bermain online karena bisa bermain dengan orang lain atau join custom room tertentu, tapi game ini masih bisa dimainkan offline dengan teman satu tim berup bot AI.

Spesifikasi Minimum

OS: Windows® 7 32/64-bit / Vista 32/64 / XP.
Processor: Pentium 4 3.0GHz.
Memory: 2 GB RAM.
Graphics: Video card with 128 MB, Shader model 2.0. ATI X800, NVidia 6600 or better.
DirectX: Version 9.0c.
Storage: 13 GB available space.
Sound Card: DirectX 9.0c compatible sound card.

Baca Juga: Karakter di Dalam Game Left 4 Dead 2

6. Minecraft

Minecraft adalah salah satu game pc ringan terbaik dan terkenal, pastinya para gamers sudah tahu game ini ya. Minecraft merupakan game kreatif dan petualangan, pemain dituntut untuk bisa membuat sesuatu menggunakan sumber daya yang ada. Tersedia beberapa mode permainan yang dapat kamu coba, misalnya mode survival dimana kamu harus bertahan hidup dengan sumber daya tersedia bebas di alam, mode creative memungkinkan untuk membuat apa saja yang kamu mau karena sumber daya sudah ada tanpa harus mengambil jadi benar-benar bebas, dan masih ada beberapa mode lain.

Walaupun grafiknya memang hanya 3D kotak-kotak atau pixel, tapi Minecraft menawarkan keseruan dalam hal kreatifitas untuk membangun sesuatu entah itu rumah, gedung, istaa, atau apapun sesuai kehendak sang pemain. Game ini dulu dibuat dan dikembangkan oleh Mojang kemudian diakuisisi oleh Microsoft, sekarang ini game masih ramai dengan jutaan pemain di dunia. Kalau kamu ingin mencoba game ini tidak perlu pakai PC mahal berspesifikasi tinggi, cukup dengan PC kentang saja sudah bisa bermain.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel Core i3-3210 3.2 GHz / AMD A8-7600 APU 3.1 GHz or equivalent
CPU SPEED: Info
RAM: 2 GB
OS: Windows 7 and up
VIDEO CARD: Integrated: Intel HD Graphics 4000 (Ivy Bridge) or AMD Radeon R5 series (Kaveri line) with OpenGL 4.41Discrete: Nvidia GeForce 400 Series or AMD Radeon HD 7000 series with OpenGL 4.4
PIXEL SHADER: 5.0
VERTEX SHADER: 5.0
FREE DISK SPACE: At least 1 GB for Game Core and Other Files

Baca Juga: 18 Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Nostalgia!

7. Limbo

Limbo juga merupakan game pc ringan terbaik di tahun ini, game ini bertemakan teka-teki platform. Game ini salah satu game petualangan offline terbaik untuk dimainkan di PC, dengan grafik monokrom gelap dan rada creepy tapi masih saja enak untuk dimainkan karean rintangan di dalam game ini unik dan menarik. Limbo merupakan game Indie garapan Playdead berhasil meraih penghargaan game Indie terbaik, jadi game ini sangat layak dicoba bagi para pecinta game Indie khususnya petualangan atau puzzle.

Game yang menawarkan petualangan berbasis puzzle dengan grafik hitam putih ini memang menarik apalagi termasuk dari game Indie yang berhasil di pasaran. Kalau bermain dengan laptop atau PC kentang pun masih bisa lho, tidak usah pakai PC yang spesifikasi tinggi RAM 512 pun sudah bisa jalan. Jadi, game ini cocok bagi pecinta game Indie yang punya PC kentang atau sekedar penikmat game namun hanya punya laptop atau PC spesifikasinya biasa-biasa saja.

Spesifikasi Minimum

CPU SPEED: 2 GHz
RAM: 512 MB
OS: Windows XP, Vista, 7
VIDEO CARD: 5 years or younger. Integrated graphics and very low budget cards may not work. Shader Model 3.0 required (NVIDIA GeForce 6500 or ATI Radeon X1550 or Intel GMA 4500)
TOTAL VIDEO RAM: 128 MB
PIXEL SHADER: 3.0
VERTEX SHADER: 3.0
FREE DISK SPACE: 150 MB

Baca Juga: 6 Game Plagiat Paling Terburuk, Tiru Game Terkenal!

8. Far Cry 3

Far Cry 3 merupakan salah satu game pc ringan terbaik dan seru, game ini bertemakan petualangan FPS. Far Cry 3 sering disebut sebagai seri Far Cry paling terbaik diantara yang lain karena berhasil menghadirkan gameplay seru, suasana dan pemandangan yang indah, serta pertarungan dan aksi mencekam semua itu dibalut dalam satu game tersebut. Game ini mengambil setting di kawasan Asia Tenggara dan nampaknya itu adalah Indonesia karena ada beberapa kesamaan bahasa, hewan endemik, dan suasana pulau tropis.

Far Cry 3 tidak memerlukan PC dengan spesifikasi tinggi bahkan PC kentang saja bisa memainkan game petualangan ini asalkan memenuhi syarat minimum spesifikasinya. Nah, jika kamu pecinta game seri Far Cry atau petualangan, FPS, aksi, dan tembak-menembak maka kamu wajib mencoba game ini dijamin seru dan grafisnyapun menawan lho.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel Core2 Duo E6700/AMD Athlon64 X2 6000+
CPU SPEED: Info
RAM: 2 GB
VIDEO CARD: Nvidia 8800 GTX/AMD Radeon HD 2900 or equivalent 512MB DirectX 9c card
PIXEL SHADER: 3.0
VERTEX SHADER: 3.0
SOUND CARD: Yes
DEDICATED VIDEO RAM: 512 MB

BacaJuga: 10 Game Call of Duty Terbaik yang Pernah Ada

9. Rocket League

Game pc ringan terbaik selanjutnya adalah Rocket League, sebuah game unik yang menyatukan tema mobil dan sepak bola. Game ini memang menarik karena menggabungka unsur sepak bola dan mobil, pemain akan mengontrol mobil untuk memasukakkan bola ke gawang layaknya sepak bola tapi dengan cara anti mainstream. Rocket League merupakan game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh perusahaan game Pysonix sejak tahun 2015 lalu.

Bagi kamu yang suka dengan sesuatu seperti sepak bola atau mobil mungkin mau mencoba game Rocket League agar merasakan pengalaman berbeda jika kedua genre game tersebut digabung dalam satu permainan. Tidak usah khawatir karena game ini tidak membutuhkan spesifikasi tinggi, pc kentang saja sudah bisa memainkan game unik ini. Game ini bisa dimainkan secara online maupun offline, tapi lebih seru kalau dimainkan secara online karena lebih menantang.

Spesifikasi Minimum

CPU: Info
CPU SPEED: 2.5 GHz Dual core
RAM: 4 GB
OS: Windows 7 (64 bit) or Newer (64 bit) Windows OS
VIDEO CARD: NVIDIA GeForce 760, AMD Radeon R7 270X, or better
PIXEL SHADER: 5.0
VERTEX SHADER: 5.0
FREE DISK SPACE: 20 GB
DEDICATED VIDEO RAM: 2048 MB

Baca Juga: 10 Situs Download Game MOD Apk Gratis dan Terlengkap

10. Undertale

Undertale merupakan salah satu game RPG atau role-playing game dan termasuk dalam game pc ringan terbaik. Undertale menceritakan tentang seorang anak yang terjebak di sebuah dunia terpencil berada di bawah bumi bernama Underground, dunia ini dipenuhi raksasa dan monster unik. Pemain akan memainkan sang anak tersebut dan berpetualang di dunia Underground agar bisa keluar hidup-hidup dari dunia tersebut. Game ini unik karena kita tidak perlu bertarung melawan monster dan hanya perlu berbicara bahkan bisa dijadikan teman atau dikencani, tapi puzzle di dalam game ini lumayan sulit lho.

Undertale memang menghadirkan grafik jadul 2D seperti game-game pada tahun 80 atau 90an, walaupun begitu justru membuat game ini semakin unik dan berbeda dari permainan RPG yang lain. Game ini hanya membutuhkan spesifikasi rendah kalau ingin bermain, tidak usah memakai pc mahal karena pc kentang saja sudah cukup.

Spesifikasi Minimum

Memory: 2 GB.
Graphics Card: NVIDIA GeForce 6200.
CPU: Intel Core 2 Duo E8400.
File Size: 200 MB.
OS: Windows XP, Vista, 7, 8, or 10.

Baca Juga: 8 Franchise Game Paling Sukses dan Berhasil Sepanjang Masa

11. Cuphead

Cuphead merupakan sebuah game bergenre run and gun yang dikembangkan serta diterbitkan oleh perusahaan game bernama Studio MDHR. Game ini termasuk dalam game pc ringan karena tidak membutuhkan spesifikasi yang tinggi kalau ingin memainkan game ini. Cuphead menghadirkan animasi ala kartun tahun 1930-an baik itu musik, tampilan, dan lain-lain semua itu membuat game ini tampak unik serta menarik. Game in menawarkan gameplay unik karena punya tingkat kesulitan tinggi, walaupun begitu tetap saja Cuphead membuat para pemain ketagihan untuk menyelesaikan game tersebut.

Ya, walaupun hanya menghadirkan tampilan atau grafis kartun tahun 1930 dan tidak 3D tapi keseruan serta kesulitan game Cuphead membuat game ini layak untuk dimainkan. Tidap perlu pakai pc atau laptop mahal untuk menikmati game ini, cukup dengan RAM 2GB saja sudah bisa memainkan game unik dan menarik ini.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel Core2 Duo E8400, 3.0GHz or AMD Athlon 64 X2 6000+, 3.0GHz or higher
CPU SPEED: Info
RAM: 2 GB
OS: 7
VIDEO CARD: Geforce 9600 GT or AMD HD 3870 512MB or higher
PIXEL SHADER: 4.0
VERTEX SHADER: 4.0
FREE DISK SPACE: 20 GB
DEDICATED VIDEO RAM: 512 MB

12. Team Fortress 2

Game pc ringan terbaik selanjutnya yaitu adalah Team Fortress 2, sebuah game first person shooter atau FPS yang dikembangkan oleh perusahaan game terkenal yaitu Valve Corporation sang pemilik Steam. Team Fortress 2 menawarkan gameplay unik yaitu ada 2 tim merah dan biru yang saling bertempur dan setiap tim terdiri dari banyak pemain sesuai pilihan sang administrator. Ada berbagai mode permainan menarik yang bisa kamu coba mainkan, selain itu ada juga pilihan karakter yang punya kemampuan tersendiri misalnya Spy, Sniper, Soldier, dan lain-lain.

Game ini merupakan game online, jadi memerlukan koneksi internet agar bisa memainkan TF2 tapi malahan lebih seru karena bisa bertemu dengan teman atau lawan dari penjuru dunia. Team Fortress 2 bisa dimainkan bahkan di PC dengan RAM 512MB atau 1GB, kalau punya 2GB atau 4GB RAM bisa lebih lancar lagi dan grafisnya bisa lebih baik.

Spesifikasi Minimum

CPU: 1.7 GHz Processor or better.
RAM: 512 MB.
HDD: 15 GB available space.
GPU: AMD Radeon X1600.
OS: Windows Vista, XP or 7 (32 bit or 64 bit)
DirectX: Version 8.1.
Screen Resolution: 720p.
Network: Broadband Internet connection.

13. Outlast

Siapa yag suka game horror? pasti pernah mendengar nama game Outlast, game ini termasuk dalam game pc ringan horror terbaik lho. Outlast merupakan game horror dan mengerikan karena mengandung unsur gore dan penuh dengan jumpscare yang tentu saja membuat para pemain bisa jantungan serta kaget. Pemain hanya bisa kabur atau bersembunyi untuk menghindari serangan makhluk mengerikan, berbekal handycam sebagai alat penerangan untuk menemani pemain bertahan hidup melewati suasana yang gelap dan menakutkan.

Game ini bisa dimainkan di pc atau laptop kentang karena tidak membutuhkan spesifikasi tinggi karena game ini sudah tergolong lama rilis pada tahun 2013. Jadi, apabila kamu menyukai game bertema horror namun hanya punya pc kentang silahkan saja mainkan Outlast agar merasakan betapa mengerikannya game ini.

Spesifikasi Minimum

OS: Windows XP / Vista / 7 / 8 – 64 bits *
Processor: 2.2 GHz Dual Core CPU.
Memory: 2 GB RAM.
Graphics: 512 MB NVIDIA GeForce 9800GTX / ATI Radeon HD 3xxx series.
DirectX: Version 9.0c.
Network: Broadband Internet connection.
Storage: 5 GB available space.
Sound Card: DirectX Compatible.

14. Sid Meier’s Civilization IV

Ingin bermain game strategi selain Age of Empires? nah cobalah bermain Sid Meier’s Civilization IV sebuah game pc ringan dengan tema simulasi kerajaan dan strategi. Game ini menghadirkan berbagai bangsa misalnya Amerika Serikat, Jepang, Inggris, Arab, Cina, bahkan bangsa seperti Inka, Mongol, Romawi, dan lain-lain. Pemain disuruh untuk membangun dan mengembangkan peradaban bangsa tersebut dari 4000SM sampai tahun 2050, pemain bisa menyerang atau menguasai negara lain, mengeksplorasi, membangun infrastruktur, dan mengembangkan teknologi untuk bersaing dengan negara lain.

Game Civilization IV ini memang layak dicoba karena menghadirkanjuga tokoh-tokoh terkenal dari setiap bangsa misalnya Genghis Khan, Mansa Musa, George Washington, Ratu Elizabeth, Saladin, dan lain sebagainya. Game ini tidak memerlukan spesifikasi terlalu tinggi sehingga cocok untuk dimainkan di pc atau laptop low end.

Spesifikasi Minimum

CPU: Pentium 4 or Athlon XP.
CPU SPEED: 1.2 GHz.
RAM: 256 MB.
OS: Windows 2000/XP.
VIDEO CARD: 64 MB 3D Video Card with Hardware Transform & Lighting (NVIDIA GeForce2+ / ATI Radeon 7500+)
TOTAL VIDEO RAM: 32 MB.
3D: Yes.
HARDWARE T&L: Yes

15. Call of Duty: Modern Warfare 2

Call of Duty merupakan seri game perang tembak-menembk FPS terkenal di dunia, seri ini sangat sukses dan diminati oleh para gamers termasuk salah satunya Call of Duty: Modern Warfare 2. Game Modern Warfare 2 ini merupakan yang paling berkesan diantara seri Modern Warfare lainnya karena menyajikan jalan cerita bagus dan emosional. Grafis yang dihadirkan pun juga sudah lumayan bagus di jamannya, walaupun tidak sebagus yang versi remastered ya wajar saja karena termasuk game lama.

PC atau laptop kentang masih bisa menikmati game FPS ini karena hanya membutuhka spesifikasi rendah mengingat game ini sudah lama rilis. Bagi kamu pecinta franchise Call of Duty rasanya pasti kurang kalau belum mencoba game yang satu ini, untuk PC atau laptop zaman sekarang sudah pasti lancar untuk memainkan game tersebut.

Spesifikasi Minimum

OS: Microsoft Windows XP or Windows Vista (Windows 95/98/ME/2000 are unsupported)
Processor: Intel Pentium 4 3.2 GHz or AMD Athlon 64 3200+ processor or better supported
Memory: 1 GB RAM
Graphics: 256 MB NVIDIA GeForce 6600GT or better or ATI Radeon 1600XT or better
DirectX®: Microsoft DirectX(R) 9.0c
Hard Drive: 12GB of free hard drive space
Sound: 100% DirectX 9.0c compatible sound card

16. Bastion

Bastion juga termasuk dalam game pc ringan terbaik di dalam daftar kali ini, game ini bertema RPG atau role-playing game yang dikembangkan oleh Supergiant Games. Game ini berfokus pada pertarungan untuk naik level, mengumpulkan senjata serta meningkatkan skill sehingga sangat seru sekali untuk dimainkan. Bastion sangat cocok bagi para gamers yang suka game untuk mengasah pikiran karena game ini lumayan kompleks untuk golongan RPG.

Game Bastion tidak memerlukan spesifikasi high jadi bagi kalian para gamers yang punya keterbatasan dan ingin merasakan game RPG maka bisa mencoba bermain Bastion. Bastion tersedia di Steam, tingga kunjungi saja situs Steam atau aplikasinya kemudian beli game ini ya karena berbayar harganya mencapai 95 ribuan.

Spesifikasi Minimum

OS: Windows XP, Vista, 7
Processor: 1.7 GHz Dual Core or Greater
Memory: 2 GB
Hard Disk Space: 1.0 GB
Video Card: 512 MB DirectX 9.0c compatible graphics card (shader model 2)
DirectX®: 9.0c
Sound: DirectX 9.0c compatible

17. Mafia

Mafia merupakan sebuah judul game yang dikembangkan oleh 2K Czech sebuah perusahaan game asal Ceko. Game ini termasuk game pc ringan karena bisa dimainkan di pc low-end dan sudah rilis sejak tahun 2002. Mafia bertemakan organisasi mafia yang banyak berkeliaran di sebuah kota pada tahun 1930-an, kalau kamu pernah menonton film Godfather atau film mafia lain mungkin bisa membayangkan bagaimana game ini. Sama seperti GTA, game ini mengambil genre aksi petualangan dan sudut pandang third person shooter.

Mafia termasuk game 3D, walaupun begitu game ini tetap tidak berat dan masih bisa dimainkan di pc atau laptop low-end asalkan yang Mafia 1 ya bukan yang 2 atau 3 itu beda lagi dan memerlukan pc mumpuni. Kalau kamu suka game yang berbau Mafia dan organisasi kriminal ala 1930-an Amerika maka cobalah memainkan game ini apalagi tidak membutuhkan pc yang canggih kok.

Spesifikasi Minimum

CPU: Pentium III 500MHz/ Athlon XP 1600+
CPU SPEED: Info.
RAM: 128 MB.
OS: Windows 98, ME, 2000 or XP.
VIDEO CARD: 16 MB video card with DirectX 8.1 compatible drivers.
SOUND CARD: Yes.
FREE DISK SPACE: 2 GB.
DEDICATED VIDEO RAM: 16 MB.

18. Hearthstone

Hearthstone sebuah game karya Blizzard Entertainment, game ini termasuk dalam daftar game pc ringan kali ini. Hearthstone merupakan sebuah game adaptasi dari Warcraft karena menggunakan karakter serta lore yang sama dengan game tersebut, bedanya game ini bertema perang kartu atau mengoleksi kartu. Game ini lumayan seru dan unik lho, apalagi bagi para pecinta series Warcraft pastinya mau mencoba game berjudul Hearthstone ini.

Tidak perlu pc atau laptop dengan spesfikasi mumpuni karena pc dengan spesifikasi biasa-biasa saja sudah bisa memainkan game Hearthsone ini. Bagi kalian yang suka game mengoleksi kartu silahkan saja mencoba game ini apalagi ini merupakan bagian dari seri Warcraft jadi karakter dan loreny masih berhubungan atau sama dengan seri tersebut.

Spesifikasi Minimum

CPU: Intel Pentium D or AMD Athlon 64 X2
CPU SPEED: Info
RAM: 3 GB
OS: Windows® 7 / Windows® 8 / Windows® 10
VIDEO CARD: NVIDIA® GeForce® 8600 GT or ATI™ Radeon™ HD 2600XT or better
PIXEL SHADER: 4.0
VERTEX SHADER: 4.0
SOUND CARD: Yes
FREE DISK SPACE: 3 GB
DEDICATED VIDEO RAM: 256 M

19. Brawlhalla

Brawlhalla merupakan sebuah game pertarungan bergrafis 2D, game ini masuk dalam daftar game pc ringan kali ini. Game ini lumayan seru lho karena ada berbagai karakter unik dan kamu bisa bertarung ramai sehingga menambah tingak keseruan Barwlhalla. Brawlhalla tersedia gratis di Steam jadi bisa kamu download tanpa membayar uang sepeserpun, silahkan manfaatkan untuk mencoba game seru ini.

Kalau ingin bermain game ini cukup memakai pc low-end saja karena tidak butuh spesifikasi terlalu tinggi RAM 1GB saja sudah bisa jalan. Nah, kalau kamu suka game bertema figthing 2D langsung saja install game ini lewat Steam karena gratis tidak perlu bayar, game ini juga mendukung cross platfrom lho.

Spesifikasi Minimum

Memory: 1 GB.
Graphics Card: Intel HD 3000.
CPU: Intel Core 2 Duo E8400.
File Size: 350 MB.
OS: Windows.

20. Point Blank

Gam pc ringan terakhir di dalam daftar kali ini adalah Point Blank, pastinya kalian kenal ya dengan game yang sudah dari dulu ngetrend d Indonesia terutama saat warnet masih banyak. Tapi, sekarang kamu bisa kok memainkan game ini kalau kamu punya pc atau laptop tidak perlu pakai yang mahal cukup low-end saja sudah bisa menikmati game tembak-menembak ini. Game FPS ini sangat seru karena dimainkan secara online, ada 2 tim yaitu teroris atau pemberontak dan counter terrorist saling bertempur.

Nah, seperti yang saya katakan tadi tidak usah memakai pc canggih yang low-end saja sudah bisa tapi itu semua tergantung denganmu kalau ingin grafis yang lebih bagus. Ingat ya game ini menggunakan koneksi internet karena tergolong game online, tapi lebih seru karena kamu akan bertemu dengan pemain lokal ataupun global.

Spesifikasi Minimum

OS: Windows 7.
CPU: Intel Dual Core @ 2.8GHz / AMD Athlon II X2-250.
GPU: NVIDIA GeForce GT 9600 / AMD Radeon HD 5570.
VRAM: 512 MB.
RAM: 2 GB.
HDD: 3 GB.

Sampai disini dulu artikel kali ini tentan game pc ringan terbaik, semoga bermanfaat dan menambah wawasan. Terima kasih sudah membaca dan sampai jumpa di next artikel jangan lupa terus berkunjung ya.

Sumber Gambar: wallpaperacces, wallpapercave.

Sumber Spesifikasi: systemrequirementslab, pcgamebenchmark, steampowered.

Tinggalkan komentar