20 Game Strategi Android Terbaik Harus Dicoba, Offline dan Online!

Game strategi merupakan salah satu genre game yang memungkinkan pemain untuk mengatur dan membentuk strategi agar bisa mengalahkan musuh atau lawan. Game strategi ada banyak macam dan jenisnya, salah satunya game strategi android terbaik yang harus dicoba oleh para gamers. Memang game strategi itu rumit dan terkadang membutuhkan kesabaran karena game ini mengedepankan taktik dan strategi, namun dibalik itu semua tetap saja game jenis ini sangat seru dan banyak diminati oleh para gamers.

Nah, pada kesempatan kali ini akan membahas beserta mendaftar game android terbaik online maupun offline. Jadi apakah kamu penasaran? kalau penasaran silahkan saja simak sampai habis agar kamu bisa mendapatkan referensi seputar game strategi di android yang harus kamu coba mainkan, maka dari itu langsung saja ya.

1. Clash of Clans

Siapa sih gamers yang tidak kenal dengan Clash of Clans? pasti game ini sudah tidak asing lagi di telingamu karena game ini sangat populer di masanya, game ini pantas masuk sebagai salah satu game strategi android terbaik. Clash of Clans bisa disebut sebagai salah satu game strategi android terpopuler di dunia, ada ratusan juta pemain di penjuru dunia yang memainkan game ini terutama di masa kejayaanya. Sekarang memang tidak seramai dulu, namun game ini masih sangat layak untuk dimainkan dan menyimpan nostalgia yang sangat dirindukan oleh para gamers.

Clash of Clans gameplay-nya cukup sederhana yaitu membangun desa dan mempertahankan desa tersebut dari serangan pemain lain, kamu juga bisa menyerang desa lain atau bergabung dengan klan dan war dengan klan lain. Memang bermain Clash of Clans memerlukan kesabaran terutama sata mengupgrade atau membangun sesuatu, namun itu akan terbayar tuntas dengan keseruan yang didapat.

Baca Juga: 12 Game Terburuk Sepanjang Masa, Sebaiknya Jangan Dimainkan!

2. Chess

Game strategi android terbaik selanjutnya adalah Chess atau permainan catur, pastinya kamu tahu ya apa itu permainan catur alias chess. Selain bisa dimainkan di papan asli catur juga bisa dimainkan secara virtual melalui game yaitu game berjudul Chess. Hal ini dapat memudahkan dan tidak repot-repot lagi membawa papan catur kemanapun karena sudah tersedia dalam bentuk digital, bisa lewat smartphone. Pemain bisa bermain dengan komputer maupun mode dua pemain, dengan begitu kamu bisa bermain dengan temanmu.

Memang sederhana namun permainan catur sebenarnya rumit dan memerlukan strategi yang sangat bagus untuk mengalahkan musuh, tergantung juga kemampuan musuhnya. Dengan kehadiran game strategi berupa catur di ranah android, tentu sangat mempermudah para pemain untuk bermain catur dimanapun dan kapanpun. Chess menjadi salah satu game strategi android offline terbaik yang harus kamu coba mainkan terutama bagi pecinta olahraga catur.

Baca Juga: 25 Game Nomor 1 di Dunia Terbaik dan Terpopuler 2021

3. Lords Mobile

Lords Mobile adalah salah satu nama game strategi android, game ini memiliki keunikan tersendiri dari game strategi sejenis lain. Hadir dengan grafis 3D dan gameplay yang seru dan menarik Lords Mobile bisa menarik banyak sekali pemain untuk mencoba game ini. Di dalam game ini pemain akan membangun kerajaan dengan mendirikan bangunan, melatih pasukan, dan mengupgrade. Pemain bisa menyerang kerajaan lain atau beraliansi dengan aliansi tertentu. Uniknya saat berperang melawan musuh kamu bisa megatur strategi atau formasi pasukan agar lebih efektif untuk mengalahkan musuh.

Elemen gaya RPG juga hadir di dalam game ini yaitu saat melawan monster dengan hero, pemain akan bertarung dengan monster dengan gaya ala game RPG. Game strategi Lords Mobile ini sangat cocok untuk dimainkan dan tidak membuat gampang bosan, game ini online jadi memerlukan koneksi internet kalau penasaran silahkan langsung coba saja.

Baca Juga: 20 Game Nomor 1 di Indonesia Terbaik dan Populer 2021

4. Plants vs. Zombies

Kamu mungkin sudah kenal dengan game Plants vs Zombies? ya game pertarungan strategi antara tanaman dan zombie. Plants vs Zombies juga masuk sebagai salah satu game strategi android terbaik, game ini juga sifatnya santai namun sangat menghibur. Gameplay Plants vs Zombies pun juga sederhana saja, pemain harus menanam tanaman yang memiliki kemampuan unik, tanaman ini nantinya berguna untuk menghalau zombie agar tidak masuk ke rumah dan memakan otak si pemilik rumah.

Plants vs Zombies termasuk game strategi offline, jadi tidak memerlukan koneksi internet untuk bermain game ini. Kalau ingin mencari game kasual dan strategi namun unik dan tidak membuat gampang bosan maka bisa saja mencoba game tersebut. Ada juga Plants vs Zombies 2 yang juga tidak kalah menarik dan tentu menghadirkan konten baru.

Baca Juga: 15 Game Anime Android Terbaik, Wibu Wajib Punya Nih!

5. Rise of Kingdoms: Lost Crusade

Game strategi android terbaik berikutnya adalah Rise of Kingdoms: Lost Crusade, hampir sama seperti game strategi lain game tersebut bertema kerajaan dan peradaban terkenal dunia. Hampir mirip dengan Clash of Clans, pemain membangun kerajaan dengan cara membangun bangunan, melatih pasukan, dan mengupgrade. Pemain juga bisa menyerang kerajaan lain untuk menunjukan dominasi dan menjarah berbagai resources. Ada berbagai peradaban yang bisa dipakai dan ada pula hero atau tokoh yang bisa dipilih untuk memimpin kerajaan, setiap peradaban memiliki kekuatan dan keunikan masing-masing.

Game ini memang lumayan seru terutama bagi gamers yang suka dengan game bertemakan strategi perang dan kerajaan. Selain itu game ini ada unsur sejarah yang tentu sangat bermanfaat dan menambah wawasan tentang sejarah berbagai peradaban terkenal di dunia. Kalau penasaran bisa saja langsung coba karena tersedia di Google Play Store.

Baca Juga: 12 Game Battle Royale PC Terbaik, Cocok Buat Mabar!

6. Clash Royale

Supercell punya game strategi lainnya yaitu Clash Royale, sebuah game berbasis kartu dan tower defense. Clash Royale juga masuk dalam salah satu game strategi android terbaik, game ini memiliki fans dan pemain yang lumayan banyak bahkan masih sering untuk menjadi ajang turnamen game online tingkat dunia. Konsep permainan ini cukup sederhana dimana pemain akan menggunakan kartu tertentu yang disusun di deck, kartu tersebut banyak jenisnya dan memiliki kemampuan unik masing-masinh.

Tujuan utama dari Clash Royale ini adalah menghancurkan tower musuh, siapa yang berhasil menghancurkan ketiga tower maka akan menjadi pemenang atau paling tidak yang bisa menghancurkan tower paling banyak. Clash Royale merupakan game strategi android online, jadi membutuhkan koneksi untuk memainkan game tersebut namun kamu bisa bertarung dengan pemain lain di seluruh dunia yang jauh lebih seru dan menantang.

Baca Juga: 10 Game Horror Multiplayer Android Terbaik, Bisa Mabar Online Bareng!

7. Mobile Legends

Ternyata Mobile Legends juga termasuk salah satu game strategi android terbaik lho, itu karena ML tidak hanya sekedar bermain dan bertarung saja namun membutuhkan strategi dan taktik agar bisa memenangkan pertandingan. Pastinya gamers terutama di Indonesia mengenal permainan Mobile Legends, game besutan Moonton ini sudah sangat populer di kalangan gamers. Game yang bergenre MOBA ini memiliki gameplay yaitu pertarungan antara pemain 5vs5, tujuan utama atau objektif adalah menghancurkan turret base lawan agar bisa memenangkan pertandingan.

Di dalam game ini ada berbagai hero yang bisa dipakai untuk bermain, setiap hero memiliki kemampuan dan keunikan masing-masing. Dalam bermain Mobile Legends memang memerlukan strategi yang bagus dan efektif, tanpa strategi permainan bisa berjalan kacau dan tanpa arah makanya game ini masuk sebagai salah satu game strategi di android.

Baca Juga: 20 Game PC Ringan Terbaik 2021, Cocok Buat PC atau Laptop Kentang!

8. Hearthstone

Heartshone adalah game perang kartu yang dikembangkan dan diterbitkan oleh Blizzard, game ini menjadi salah satu game strategi android terbaik. Game ini konsepnya memang perang kartu, pemain akan membangun deck yang berisi kartu dan bisa mengajak duel dengan lawan. Kartu bisa didapatkan dengan cara mengumpulkan kartu, kalau sudah memiliki kartu banyak bisa mengajak duel musuh. Hearthstone tidak jauh berbeda dengan game kartu lain misalnya saja Yugioh, Hearthstone ini juga universenya sama dengan Warcraft, mungkin saja kamu pernah bermain game tersebut.

Hearthstone membutuhkan koneksi internet untuk bermain alias online karena untuk berduel dengan pemain lain tentu membutuhkan internet. Namun, game ini sangat worth it untuk dimainkan dan tidak gampang bosan terutama bagi gamers yang suka dengan game bergenr perang kartu.

Baca Juga: 18 Game PS2 Terbaik Sepanjang Masa, Bikin Nostalgia!

9. Plague Inc.

Game strategi android terbaik selanjutnya adalah Plague Inc, sebuah game bertemakan tentang wabah penyakit. Uniknya di dalam game ini adalah pemain bisa menyebarkan wabah ke seluruh penjuru dunia, wabah penyakitnya pun beragam jenisnya. Selain itu pemain juga harus bisa bertahan dari serangan wabah dan melakukan penelitian agar wabah tidak menyebar luas. Game ini memang hampir mirip dengan situasi pandemi Covid-19, makanya banyak pemain yang tertarik dan penasaran untuk mencoba game ini.

Di dalam game ini ada 12 jenis penyakit berbeda-beda, lebih dari 50 negara terinfeksi, dan ratusan ciri penyakit yang berevolusi. Tenang saja di dalam game ini sudah ada tutorialnya tinggal dilihat dan diikuti saja agar paham keseluruhannya. Bagi kamu yang penasaran dengan gameplay unik di Plague Inc, langsung saja install di Google Play Store.

Baca Juga: 8 Kelebihan Beli Game Original, Tinggalkan Bajakan!

10. State of Survival: Zombie Apocalypse

State of Survival adalah game strategi yang bertemakan zombie apocalypse alias kiamat zombie, game dengan konsep unik juga masuk sebagai salah satu game strategi android terbaik. Game ini mengisahkan tentang perjuangan umat manusia yang bertahan hidup dari kiamat zombie. Di dalam permainan ini pemain harus membangun benteng pertahanan agar tidak diserang oleh zombie dengan mudah selain itu merebut kembali tanah yang diduduki oleh zombie.

Kebanyakan game zombie memang bergenre shooter atau tembak-menembak, namun gameplay utama di dalam game State of Survival tentu saja strategi walaupun unsur shooter masih ada. Game ini juga tidak gampang membuatmu bosan karena konten di dalam game ini lumayan menarik.

Baca Juga: 10 Game Call of Duty Terbaik yang Pernah Ada

11. Stick War: Legacy

Game strategi android terbaik berikutnya yaitu adalah Stick War: Legacy, game strategi dengan konsep stickman. Stick War seperti namanya adalah game strategi perang android yang isinya adalah pertempuran atau peperangan antara para stickman. Stickman sendiri pun jenisnya ada banyak yaitu swordsman, penyihir, pemanah, spearman, penambang, bahkan hingga stickman raksasa. Setiap stickman tersebut memiliki kemampuan unik dan berbeda-beda sesuai dengan senjata mereka.

Gameplay dari game ini pun cukup sederhana yaitu pemain akan mulai dengan penambang dulu untuk menggali emas di sekitar yang nantinya emas tersebut bisa untuk melatih pasukan. Jika sudah mempunyai pasukan bisa untuk menyerang musuh dengan strategi dan formasi tertentu, tujuan utamanya adalah menghancurkan patung musuh agar menang.

12. The Battle of Polytopia

The Battle of Polytopia adalah sebuah game bergenre strategi, game ini masuk dalam jajaran game strategi android terbaik. Game ini mengambil tema turn-based strategy dimana pemain akan berperan menjadi salah satu dari 16 suku untuk membangun kerajaan dan saling berperang dalam sebuah area berbentuk kotak. Pemain bisa memilih berbagai mode permainan yang ada di dalam game ini selain itu bisa memilih bermain secara single maupun multiplayer atau online.

Game ini memang simple dan sederhana namun menarik untuk dimainkan, selain itu game ini merupakan buatan dari studio game Indie asal Swedia yaitu Midjiwan. Kalau kamu tertarik dengan game ini bisa download The Battle of Polytopia melalui Google Play Store, langsung coba saja dan rasakan sendiri keseruannya.

13. LINE Let’s Get Rich

Siapa generasi old yang tidak kenal dengan permainan bernama Get Rich? dulu game ini pernah booming pada masanya walaupun sekarang agak sepi namun masih banyak yang main dan masih worth it. Get Rich termasuk dalam game strategi android terbaik karena bermain game ini memerlukan strategi yang tepat agar bisa memenangkan permainan. Mungkin kamu yang pernah bermain permainan monopoli pasti akan familiar dengan konsep permainan Get Rich karena memang sama hanya saja bentuknya digital dan disertai animasi dan konten unik.

Sama seperti monopoli kamu sebagai pemain harus mendominasi dan memonopoli serta berusaha untuk membuat lawan kehabisan uang alias bangkrut dengan cara membeli properti sebanyak-banyaknya agar uang lawan bisa terkuras jika berhenti di propertimu. Game ini sangat asyik jika dimainkan bersama teman-temanmu atau bisa juga bermain secara online.

14. Boom Beach

Game strategi android terbaik selanjutnya adalah Boom Beach, game besutan Supercell ini memang layak menjadi salah satu game strategi perang yang harus dicoba. Boom Beach mengambil konsep permainan strategi yang unik dimana pemain akan membangun pangkalan militernya di sebuah pulau. Pangkalan militer tersebut bisa dibangun berbagai bangunan sumber daya, pertahanan, dan lain-lain untuk mencegah serangan musuh. Pemain juga bisa menyerang pulau lain yang diduduki oleh pasukan musuh atau pemain online.

Ada beragam pasukan dengan kemampuan unik masing-masing di dalam game Boom Beach ini, dalam menyerang pun harus memperhatikan strategi dan taktik agar bisa memporak-porandakan markas musuh. Game ini sangat unik dan menarik, terutama bagi kamu gamers yang suka dengan game strategi perang android harus mencoba game yang satu ini.

15. The Ants: Underground Kingdom

Ternyata ada juga lho game strategi yang bertemakan tentang semut, game tersebut adalah The Ants: Underground Kingdom. Game dengan tema dunia semut ini mengambil konsep yang sangat unik karena memang semut merupakan serangga yang cocok untuk dijadikan game apalagi game bergenre strategi. Di dalam game tersebut pemain akan membangun kerajaan semut, menetaskan telur semut dan bisa juga menyerbu kerajaan semut lain, hampir sama seperti game strategi lainnya namun tema semut inilah yang membuat game ini lebih unik dan menarik.

Jika kamu tertarik dengan game The Ants: Underground Kingdom bisa langsung download di Google Play Store. Game tersebut lumayan menarik dan worth it untuk dimainkan apalagi konsep kerajaan semut memang hal yang jarang ada di dalam game, jadi silahkan saja langsung coba game keren ini.

16. Don’t Starve

Game strategi android terbaik berikutnya adalah Don’t Starve, salah satu game strategi dengan unsur campuran survival atau bertahan hidup. Game ini menceritakan tentang seseorang yang terdampar dan tersesat di suatu planet, dia harus bertahan hidup dengan berbagai cara seperti membangun tempat tinggal, membuat berbagai peralatan hingga berburu makanan. Don’t Starve bukan hanya soal bertahan hidup alias survival namun juga memerlukan strategi yang tepat mengenai bagaimana caranya bertahan hidup.

Sayangnya game ini berbayar dan tidak gratis, kamu memerlukan uang untuk membeli game ini melalui Google Play Store. Namun, game ini cukup worth it untuk dibeli dan dimainkan, sudah ada banyak pemain yang membuktikan bahkan di versi PC pun lumayan laris game ini.

17. Mushroom Wars/ Mushroom Wars 2

Mushroom Wars atau dalam bahasa indonesianya adalah perang jamur merupakan salah satu game strategi android terbaik. Game ini juga memiliki konsep gameplay yang unik dan bahkan memasukan jamur sebagai unsur utama di dalam game ini. Seperti namanya game ini merupakan perang antara gerombolan jamur, tujuan utamanya adalah menguasai wilayah dan memperluas wilayah lain. Game Mushroom Wars yang pertama bisa dimainkan secara offline dan tidak memerlukan koneksi internet.

Sementara untuk yang Mushroom Wars 2 ada penambahan beberapa fitur dan campaign selain itu bisa bermain secara multiplayer dengan pemain lain di seluruh dunia. Game ini lumayan bagus dna menarik unsur strateginya pun juga pastinya ada, kalau penasaran bisa langsung download di Play Store.

18. DomiNations

Game strategi android terbaik selanjutnya adalah DomiNations, game strategi dengan tema sejarah dan peperangan antar negara atau peradaban. DomiNations memiliki gameplay yang sangat menarik, pemain bisa membangun negara atau peradabannya sendiri kemudian melatih pasukan yang kemudian bisa digunakan untuk menyerang negara musuh. Ada beberapa peradaban dunia yang masuk di dalam game ini seperti Jepang, Mesir, hingga Romawi yang mempunyai kekuatan dan unit pasukan masing-masing unik.

Pemain akan mulai membangun peradaban dari zaman awal hingga masa modern secara bertahap, melakukan penelitian teknologi dan pengembangan agar negaranya bisa maju. Game ini benar-benar menawarkan fitur-fitur dan gameplay unik bahkan mengajarkan sejarah dunia dan peradaban terkenal, kalau penasaran bagaimana gamenya langsung saja bisa download di Play Store.

19. Art of Wars: Legions

Art of Wars: Legions adalah sebuah judul game strategi di android, game yang dikembangkan dan diterbitkan oleh developer indie yaitu Fastone Games HK. Game tersebut juga merupakan salah satu game strategi android terbaik yang masuk dalam daftar kali ini. Di dalam game Art of Wars: Legions pemain akan menyusun strategi dan taktik untuk mengalahkan pasukan musuh. Pemain bisa meningkatkan pasukannya dan membuat formasi untuk menghancurkan pasukan musuh.

Game ini memang fokus pada strategi peperangan dengan melibatkan tentara atau legiun pasukan, jadi buat strategi dan formasi yang bagus agar musuh bisa dikalahkan. Ada berbagai macam tantangan menarik dengan reward yang lumayan besar dan menggiurkan.

20. Vainglory

Terakhir, di dalam daftar game strategi android yaitu adalah Vainglory salah satu game bertemakan MOBA. Vainglory terkenal dan populer karena menjadi pionir game MOBA di platform Android bahkan sebelum adanya Mobile Legends. Walaupun sekarang game ini tidak seramai pada saat awal-awal rilis namun masih ada para fans yang masih memainkan game MOBA ini. Tentu saja unsur strategi sangat dibutuhkan dalam game MOBA manapun apalagi untuk sekelas Vainglory yang termasuk game MOBA rumit.

Ada banyak hero yang bisa digunakan di dalam permainan Vainglory ini, setiap hero punya skill dan keunikan tersendiri jadi pilih dengan tepat. Tujuan utama game MOBA ada menghancurkan base milik musuh jangan hanya fokus terhadap kill, strategi dan taktik sangat diperlukan di dalam game seperti ini.

Nah, sepertinya itu saja pembahasan beserta daftar tentang game strategi android terbaik semoga bisa bermanfaat dan menambah wawasan bagi sobat gamers semuanya. Kalau penasaran dan ingin mencoba secara langsung bagaimana game tersebut maka langsung saja download di Google Play Store karena sudah tersedia, atau kalau ingin menambahkan rekomendasi bisa juga caranya berkomentar di kolom komentar, jangan sungkan!. Sampai disini saja sepertinya dan sampai jumpa lagi ya sobat gamers.

Tinggalkan komentar