12 Hero Support Meta Season 21 Terbaik dan Tersakit di Mobile Legends

Season 21 sudah datang dan berlangsung di Mobile Legends tentu dengan beberapa perubahan meta terutama meta hero yang berubah karena beberapa hal seperti buff, nerf, revamp, dan juga keluarnya hero baru. Di season 21 role support sangat berpengaruh karena bisa juga menjadi penentu kemenangan sebab support bertugas untuk melindungi teman satu tim salah satunya hero core, role support biasanya diisi oleh support murni dan hero mage. Dari banyaknya hero support hanya beberapa yang pantas dan masuk menjadi hero support meta season 21 di Mobile Legends.

Ingin tahu kan hero support apa saja yang meta pada season ini? maka dari itu ada pembahasan dan daftar hero support meta season sekarang ini. Kalau penasaran simak sampai habis agar nanti bisa menjadi referensi jika ingin memakai hero support di rank agar ada pertimbangan manakah yang terbaik dan cocok. Langsung saja berikut ini daftarnya serta pembahasan.

1. Yve

hero counter Yve

Hero support meta season 21 pertama adalah Yve, walaupun bukan support murni namun dia sangat bisa diandalkan sebagai support. Yve kerap menjadi langganan ban di season 21 ini karena dinilai sangat menyebalkan dan mengganggu, skillnya dipenuhi dengan efek slow yang memperlambat pergerakan. Selain itu damage dari serangan skill Yve juga lumayan sakit sehingga menjadi alasan mengapa Yve masih sering diban saat draft pick. Yve sangat cocok menjadi support dan menempati midlane, kemampuannya sangat mendukung untuk membantu teman satu tim di lane lain dan tentu saja melindungi core dengan skill setnya.

Yve memiliki skill ultimate dengan jangkauan luas bentuknya seperti papan catur, jika Yve mengaktifkan skill ini dia akan immune terhadap skill crowd control dan mendapatkan shield lumayan tebal. Dengan skill ulti ini Yve dapat menyerang dan menyebabkan efek slow maupun damage dengan cara tap atau geser area tersebut. Saat war atau teamfight Yve bisa menyerang dari jarak jauh dan mendukung teman stau timnya untuk menghabisi musuh, karena itu Yve layak menjadi pilihan jika dia lolos dari ban saat draft pick.

Baca Juga: 17 Hero Meta Season 21 Mobile Legends Terbaik dan Tersakit!

2. Angela

Angela merupakan hero support meta season 21 berikutnya di daftar ini, Angela memang termasuk dalam role support secara alami. Hero support yang satu ini benar-benar bisa sangat membantu karena skill setnya. Angela memiliki skill heal sekaligus damage yang berbentuk serangan gelombang di skill 1 miliknya, selain itu skill ini memberikan efek slow. Untuk menangkap hero agar tidak mudah kabur Angela bisa menggunakan skill 2 yang akan mengikat lawan secara perlahan dan jika berhasil target akan terkena immobilize. Memang Angela ini benar-benar support yang sangat berguna baik untuk roam dan membantu lane lain ataupun saat war.

Angela memiliki skill ultimate unik, dia akan memasuki salah satu hero teman yang dipilih dan memberikan shield tebal serta bisa melakukan serangan skill 1 maupun 2. Skill inilah yang menjadi kartu AS bagi teman satu tim terutama untuk war atau teamfight, Angela bisa memasuki hero damage dealer biasanya fighter atau bisa juga core tergantung manakah yang bagus untuk dimasuki dan bisa mengobrak-abrik tim musuh.

Baca Juga: 12 Hero Fighter Meta Season 21 Tersakit, Harus Pakai!

3. Mathilda

Hero support meta season 21 selanjutnya adalah Mathilda, hero ini merupakan support namun mempunyai role ganda atau hybrid yaitu support assassin. Mathilda sendiri karena termasuk assassin jadi damage dari skill setnya juga lumayan tinggi bahkan sejak early game saja sudah bisa mengurangi hampir setengah hitpoints hero. Hero ini sangat cocom menjadi support dan menempati midlane, kemampuan skill dan juga mobilitasnya bisa membantu untuk roam dan mendukung lane lain. Salah satu skilnya dapat memberikan teman satu tim shield dan sebuah skil blink yang akan mengarah pada Mathilda jika teman satu tim menggunakannya.

Skill 1 Mathilda bisa dibilang sebagai sumber damage serangan, selain itu skill pasifnya bisa untuk mengumpulkan stack jika terus bergerak dan akan menambah damage menjadi lebih sakit. Skill ultimate Mathilda sangat unik lho, dia akan berputar-putar dan mendapatkan immune terhadap efek crowd control setelah itu menabrak salah satu lawan dan akan terknock back. Jika ingin mencari support dengan kemampuan membantu teman yang bagus sekaligus mampu untuk memberikan damage lumayan sakit maka Mathilda adalah jawabannya.

Baca Juga: 10 Hero Marksman Meta Season 21 Tersakit di Mobile Legends, Buat Push Rank!

4. Eudora

Eudora juga masuk dalam daftar hero support meta season 21 kali ini, walaupun dia merupakan seorang mage namun sangat cocok juga menjadi support dan midlaner. Eudora di season 21 ini semakin ditakuti bahkan kerap menjadi langganan ban saat draft pick karena combo skillnya bisa menghabisi hero dengan darah tipis seperti marksman, mage, ataupun assassin. Hal ini menjadikan Eudora menjadi salah satu ancaman besar bagi hero core atau hyper carry karena bisa dengan mudah dicounter oleh Eudora. Damage dari serangan skill Eudora sangat tinggi bahkan sejak early game saja sudha terasa, setruman miliknya bisa memberikan efek stun juga.

Combo skill paling mematikan dari Eudora adalah 2-3-1 atau skill 2 untuk memberikan efek stun kepada target kemudian serangn dengan skill 3 atau ultimate untuk damage tinggi dan sakit, kemudian finish dengan skill 2. Dengan combo skill tadi Eudora mampu menghabisi hero core atau mage dengan mudah, bahkan tank pun bisa kehilangan darah setengah atau bahkan lebih. Eudora bukanlah mage dengan serangan area dan lebih condong ke single target, namun jika fokus kepada hero core saja Eudora bisa menjadi pembawa kemenangan.

Baca Juga: 12 Hero Mage Meta Season 21 Tersakit di Mobile Legends

5. Chang’e

Hero support meta season 21 di urutan berikutnya adalah Chang’e, hero ini sendiri sebenarnya adalah Mage namun bisa dan cocok untuk menjadi support. Chang’e kerap menjadi rebutan pick saat drat pick berlangsung tentu saja ada alasannya yaitu hero ini mempunyai skill set sangat bagus dan damage serangannya juga tergolong tinggi. Walaupun menjadi support tetap saja Chang’e tidak kehilangan kekuatannya sebagai mage namun malah sebaliknya dia bisa saja menjadi carry bagi teman satu tim. Hero ini punya burst damage tinggi untuk menghabisi musuh, terutama terletak di skill ultimatenya.

Saat war atau teamfight Chang’e bisa membantu dengan cara melancarkan serangan skill ultimate yang akan menembakan banyak bintang dijamin musuh akan kocar-kacir karena burst damage dari serangan ini lumayan sakit. Soal mobilitas Chang’e bisa menambah movement speed dengan skill 2 miliknya, jadi dia bisa roam dengan cepat ataupun bisa kabur dari kejaran musuh. Pantas saja jika Chang’e sering menjaid rebutan para pemain Mobile Legends bahkan kadang juga di ban karena hero tersebut termasuk mage atau support OP.

Baca Juga: 8 Hero Assassin Meta Season 21 Terbaik dan Tersakit di Mobile Legends

6. Selena

Selena juga termasuk dalam daftar hero support meta season 21 di Mobile Legends, hero ini merupakan mage assassin namun sering dimanfaatkan sebagai support dan menempati midlane. Hero tersebut terkenal karena memiliki stun terlama di Mobile Legends yang bisa mencapai 3 detik lamanya, makanya kerap dipakai menjadi support karena stun miliknya berguna untuk menghentikan musuh. Selena karena tergolong sebagai mage assassin maka damage dari serangan skillnya juga mematikan dan bisa menghabisi lawan dengan mudah, apalagi jika sudah menguasai kombinasi skill dan mekaniknya.

Untuk open map atau menjebak musuh Selena bisa menggunakan skill 1 ditempatkan di semak-semak atau daerah jungle musuh, skill 1 bisa juga digunakan untuk combo dengan skill 2 agar damagenya lebih sakit lagi. Selena mirip seperti Roger dia bisa berubah wujud menjadi lebih ganas dan serangannya menjadi jarak dekat namun damage dari skill setnya tambah sakit. Selena bisa menjadi pilihan terutama untuk menjadi support karena bisa berguna untuk open map maupun menangkap hero musuh dengan skill “lele” stun miliknya.

Baca Juga: 8 Hero Tank Meta Season 21 Terbaik dan Terkuat di Mobile Legends

7. Estes

Selanjutnya dalam daftar hero support meta season 21 yaitu adalah Estes, hero role support yang mempunyai kemampuan healing atau regen terbaik. Estes terkadang juga menjadi langganan ban di season 21 ini karena skill heal miliknya sangat OP dan membantu saat war atau teamfight sehingga para pemain lebih memilih ngeban hero tersebut. Sebagai seorang support Estes lumayan bagus, dia punya skill heal khusus untuk satu orang saja punya skill crowd control untuk memberikan efek slow di area lingkaran, dan terakhir memiliki skill untuk healing bagi semua anggota tim.

Walaupun bukan support dengan tipe damage namun lebih ke tipe heal atau regen, Estes masih saja memiliki skill pasif untuk memberikan damage namun tidak seberapa. Tapi, Estes sangat berguna sekali saat teamfight atau war dia bisa menggunakan skill heal untuk meregenerasi hitpoints milik teman satu tim dari yang tadinya sekarat menjadi penuh kembali. Estes menjadi lumayan OP di season sekarang apalagi dengan hadirnya item sepatu roam khusus untuk menambah efek heal jika menggunakan skill berupa healing.

Baca Juga: 10 Hero Early Game Tersakit di Mobile Legends 2021, Pokoknya Barbar!

8. Luo Yi

Luo Yi juga masuk dalam daftar hero support meta season 21 kali ini, hero ini sendiri termasuk Mage namun sering juga digunakan sebagai support. Luo Yi memilik burst damage yang tinggi dan sakit di skillnya, dengan kombinasi serangan Yin dan Yang dia bisa menghabisi dan menyedot lawan ke tengah-tengah pusaran. Bahkan sejak early game saja Luo Yi sudah bisa menyicil darah musuh dan saat late game burst damage miliknya akan beraksi untuk membantai lawan pantas dia termasuk juga dalam hero support tersakit season 21. Luo Yi termasuk hero mage dengan kekuatan crowd control lumayan bagus, dalam situasi war atau teamfight dia bisa menyedot dan mengumpulkan lawan dalam satu area sehingga lebih mudah bagi teman satu tim untuk membantai tim musuh.

Salah satu keunikan dari Luo Yi dia bisa teleport ke lokasi manapun di map dengan menggunakan skill ultimate, skill ini juga bisa membawa teman satu tim. Skill ultimate Luo Yi ini tentunya bisa dimanfaatkan untuk ganking untuk menyerang musuh secara tiba-tiba atau serangan kejutan, selain itu bisa untuk mencuri turret atau push lane secara cepat. Posisinya sebagai seorang support tentu sangat membantu bagi teman satu tim baik saat roaming atau war/teamfight karena skill burst damage dan CC miliknya.

Baca Juga: 6 Hero Support Terbaik 2021 Mobile Legends

9. Vale

hero support terbaik

Selanjutnya ada Vale yang juga menjadi salah satu hero mage meta season 21, hero ini memang tergolong sebagai mage namun juga bagus untuk dijadikan sebagai support dan menempati midlane. Vale terkenal karena memiliki damage sangat sakit dari skill set miliknya, dia juga bisa memperkuat skillnya jika sudah mencapai level 4,6,8 menjadi lebih sakit atau bersifat crowd control. Hero tersebut juga makin sering dipakai di season 21 ini karena kebutuhan tim akan mage atau support dengan skill crowd control yang sangat berguna saat war atau teamfight sehingga makin banyak player yang mengincar Vale.

Untuk kombinasi lebih baik tingkatkan kemampaun skill 2 menjadi Windblow: Control agar bisa memberikan efek knockup kepada musuh dan menjadi skill cc agar bisa dikombinasikan dengan skill ultimate dan skill 1. Skill ultimate milik Vale sendiri juga bisa menjadi lebih ke crowd control untuk menarik lawan ke tengah area ledakan, sementara untuk damage membuat skill ini lebih sakit lagi. Vale bisa diandalkan dalam segala kondisi khususnya saat war atau teamfight dia bisa mengeluarkan combo skill mematikan, untuk roaming Vale terbantu dengan pasifnya jika mendapat kill atau assist movement speed meningkat.

Baca Juga: 8 Hero Tank Terbaik 2021 Mobile Legends, Tebal dan Kuat!

10. Rafaela

Sudah pasti kalau Rafaela juga masuk dalam daftar hero support meta season 21, hero ini merupakan support murni dengan kemampuan healing. Rafaela lumayan sering juga dipakai oleh para pemain Mobile Legends terutama sebagai support atau bahkan tank, kemampuan regen atau healingnya sangat membantu teman satu tim karena healing berperan sangat penting dalam meta season 21. Dengan hadirnya sepatu roam berkemampuan meningkatkan healing jika menggunakan skill heal akan menambah efek heal lumayan besar kepada hero tim dengan darah paling rendah membuat Rafaela semakin berguna saja.

Memang Rafaela tidak sehebat Estes yang memiliki kemampuan healing jauh lebih baik, namun Rafaela dibekali skill crowd control untuk membantu teman satu tim terutama saat war. Kemampuan mobilitas Rafaela juga bagus karena skill healingnya juga menambah movement speed baik bagi dirinya maupun teman satu tim. Skill ultimate Rafaela bisa memberikan efek stun kepada lawan dalam garis lurus, jadi bisa mengenai lebih dari satu asalkan musuhnya dalam garis lurus. Rafaela memang pantas menjadi salah satu support terbaik karena memang bisa berguna dan bertugas untuk melindungi tim khususnya core dengan kemampuan miliknya.

Baca Juga: 10 Hero Fighter Terbaik 2021 Mobile Legends, Kuat dan Tersakit!

11. Kagura

Hero support meta season 21 berikutnya adalah Kagura, hero mage dengan kemampuan skill rumit tapi damage serangannya sangat menyakitkan. Kagura pastinya sudah populer di kalangan para pemain Mobile Legends, mage yang satu ini punya skill set unik dan mengandalkan sebuah payung sebagai senjatanya untuk menghabisi musuh. Kagura bisa memainkan payungnya ke arah yang ditentukan untuk menyerang lawan dalam area kecil payung tersebut, jangan remehkan walaupun cuman payung tapi bisa membunuh musuh dengan mudah.

Kagura memang mempunyai skill crowd control yang lumayan berguna terutama saat situasi pertarungan tim yang membutuhkan crowd control, skill ultimate Kagura memungkinkan untuk melakukan hal tersebut dan akan menarik lawan sekaligus memberikan efek slow. Kagura juga tergolong hero yang gesit, dia bisa berpindah sesuka hati dengan menggunakan payungnya selain itu ia juga memiliki immune terhadap skil crowd control. Hero ini memang memiliki mekanik tinggi dan tidak mudah dikuasai, jadi lebih baik latihan dulu jangan langsung memakai di mode rank.

Baca Juga: 10 Hero Mage Terbaik 2021 di Mobile Legends (ML)

12. Lunox

lunox

Terakhir namun tidak kalah penting di dalam daftar hero support meta season 21 yaitu adalah Lunox, sang mage dengan dua kekuatan berbeda. Lunox merupakan hero unik dengan dua kekuatan yang berbeda yaitu Light dan Dark, namun kedua kekuatan tersebut masing-masing memiliki keunggulan tersendiri. Lunox lebih cocok menjadi support karena memang skill setnya lumayan mendukung hal tersebut, dia bisa mengganggu lawan menggunakan serangan skillnya dan membantu teman satu tim di lane lain.

Lunox juga dikenal karena bisa menyicil atau istilahnya poke, skillnya bisa terus menyerang lawan sambil menyicil darah lawan hingga habis bahkan tank pun bisa menjadi korban dari Lunox. Memang Lunox tergolong agak sulit namun jika berhasil menguasai hero ini maka bisa membantai musuh dengan mudah, kuncinya memanfaatkan kedua kekuatan skill dari Light ataupun Dark. Lunox juga bisa immune terhadap serangan apapun jika menggunakan skill ultimate mode Light, ini berguna untuk kabur dan menghindari serangan skill terutama.

Baca Juga: 8 Hero Marksman Terbaik 2021 di Mobile Legends

Nah, sepertinya itu saja daftar dna pembahasan tentang hero support meta season 21 di Mobile Legends semoga bermanfaat dan bisa menambah wawasan khususnya bagi para pemain ML. Hero-hero diatas tadi cocok untuk dijadikan support dan menjadi meta di season 21 ini, tapi baik tidaknya hero juga ditentukan oleh kemampuan pilotnya ya, harus menguasai baik makro ataupun mikro agar bisa meraih kemenangan. Sampai disini saja sampai jumpa ya.

Tinggalkan komentar