30 Game Survival Android Terbaik, Siapkah Bertahan Hidup?

Game survival di Android semakin diminati berkat gameplay yang menantang untuk bertahan hidup dari berbagai bahaya. Dalam artikel ini, kita akan membahas 25 game survival Android terbaik yang harus kamu coba.

Mulai dari petualangan di pulau terpencil hingga menghadapi ancaman zombie dan dinosaurus, game-game ini menawarkan pengalaman berjuang melawan alam atau musuh mematikan secara menegangkan. Penasaran kan apa saja? langsung saja simak daftar dan pembahasannya berikut ini.

1. Minecraft

Minecraft adalah juaranya game survival Android yang sudah melegenda. Dibalut dengan grafis kubistis sederhana namun khas, game ini memberikan kebebasan tak terbatas bagi pemainnya. Kamu bisa membangun istana, tambang bahan, bercocok tanam, atau sekadar bertualang mengeksplorasi dunia terbuka yang dihuninya.

Gameplay Minecraft berpusat pada pengumpulan sumber daya untuk kelangsungan hidup seperti makanan, kayu, batu, dan bijih logam. Di malam hari, monster menyeramkan seperti zombie, spider, dan skeletal akan berbahaya. Jadi kamu perlu membangun pertahanan atau bersembunyi di gua untuk menghindar.

Fitur multiplayer Minecraft memungkinkan kamu berpetualang bersama teman-teman secara online maupun lokal di survival mode. Dengan kreativitas liar dan unsur petualangan serta bertahan hidup yang menegangkan, tidak heran jika Minecraft masih sangat populer hingga saat ini.

Baca Juga: 20 Game Survival PC Terbaik, Kamu Harus Cobain!

2. Last Day on Earth: Survival

Last Day on Earth merupakan game survival Android bertemakan zombie yang sangat adiktif. Di sini kamu akan terbangun di sebuah rumah di tengah kekacauan akibat kebocoran radiasi yang menghidupkan kembali mayat-mayat. Tugas utamamu adalah bertahan hidup dari ancaman zombie dengan cara mengumpulkan persediaan makanan, air, senjata, dan bahan bangunan.

Sistem crafting di game ini sangat mendalam sehingga kamu bisa membuat peralatan apa pun dari benda-benda sederhana. Mulai dari kapak kayu hingga senjata jarak jauh, semuanya bisa Anda kerjakan sendiri. Kamu juga bisa membangun rumah berlantai banyak untuk memperkuat pertahanan melawan serangan zombie.

Yang menarik, Last Day on Earth juga memiliki mekanisme multiplayer. Kamu bisa bergabung dengan pemain lain untuk mencari perlengkapan di lokasi yang berbahaya atau berkeliling berkelompok agar lebih aman. Namun, waspadalah pada pemain yang iseng ingin merampok hasil jerih payah Anda!

Baca Juga: 25 Game Petualangan PC Offline Terbaik Sepanjang Masa

3. Ark: Survival Evolved

Berikutnya ada Survival Evolved, game survival Android petualangan di dunia purba yang dihuni oleh dinosaurus hidup. Kamu akan memulai petualangan dalam kondisi telanjang dan harus berjuang untuk mendapatkan pakaian, senjata, dan kebutuhan bertahan hidup lainnya. Menghadapi ancaman binatang buas dan alam liar menjadi rutinitas harian.

Salah satu aktivitas paling menantang dan menegangkan adalah berburu dan menjinakkan dinosaurus seperti T-Rex, Triceratops, atau Pteranodon. Prosesnya sangat sulit karena kamu harus melemahkan dinosaurus tersebut terlebih dulu sebelum bisa menjinakkannya. Sekalinya berhasil, kamu akan mendapatkan partner kuat untuk melindungi diri dan membawa barang.

Ark juga kaya akan fitur seperti pengembangan markas dengan benteng dan fasilitas lengkap, eksplorasi wilayah untuk menemukan bahan baku, hingga berkuda di atas punggung dinosaurus yang telah dijinakkan. Ada banyak kisah epik yang bisa kamu jalani, mulai dari mencari asal usul karakter hingga menghadapi bos-bos dinosaurus prasejarah. Terlebih lagi, bisa dimainkan secara multiplayer bersama pemain lain.

Baca Juga: 15 Game PS3 Petualangan Terbaik Untuk Dicoba, Sayang Jika Dilewatkan!

4. Day R Survival

Day R Survival adalah kisah bertahan hidup setelah wabah zombie melanda. Kamu akan menjadi bagian dari sebuah komunitas kecil di sebuah kamp darurat. Tugas utama adalah melindungi anggota komunitas dengan membangun markas yang kuat, menjaga persediaan makanan, dan tentu saja menghadapi ancaman zombie yang terus meningkat.

Untuk bertahan, Kamu harus rutin mengirim anggota keluar untuk mengumpulkan sumber daya seperti makanan, kayu, amunisi, atau bahan lainnya dari berbagai lokasi. Dalam misi ini, mereka akan menghadapi banyak bahaya seperti serangan zombie secara tiba-tiba, jebakan yang dipasang, hingga menjumpai faksi manusia lain yang juga berjuang bertahan hidup.

Salah satu aspek penting di Day R Survival adalah mengelola dan meningkatkan kemampuan setiap anggota komunitas. Dengan mengumpulkan pengalaman, kamu bisa meningkatkan kekuatan, ketahanan, akurasi menembak, atau kemampuan bertarung mereka. Komunitasmu juga bisa semakin berkembang dengan merekrut anak buah baru yang lebih tangguh.

Baca Juga: 20 Game Petualangan PPSSPP Terbaik Sepanjang Masa

5. Life After

game open world android

Life After adalah game survival di Android pasca-apocalypse dimana peradaban dunia telah hancur akibat bencana yang tidak dijelaskan. Sebagai salah satu dari sedikit manusia yang tersisa, kamu harus berjuang untuk bertahan hidup dengan bergabung ke sebuah komunitas perkemahan yang menjadi markas utama.


Untuk mendukung kelangsungan hidup komunitas, rutinitas yang harus pemain jalani antara lain berburu makanan, mengumpulkan air minum, mencari bahan bakar, hingga bertempur menghadapi ancaman lain seperti zombie atau bandit bersenjata. Mengirim regu untuk misi pengintaian sumber daya juga penting dilakukan.

Kamu juga perlu terus meningkatkan kemampuan bertarung dan keahlian bertahan hidup melalui sistem peningkatan level. Fasilitas komunitas pun harus dibangun seperti menara penjaga, gudang persediaan, bengkel produksi, dan lainnya. Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk memastikan kelanggengan komunitasmu di dunia pasca-modern yang berbahaya ini.

Baca Juga: 25 Game Petualangan Android Offline Terbaik, Rasakan Serunya Berpetualang!

6. Crashlands

Crashlands adalah game Android survival bertemakan crafting dan berlatar kisah yang pesawatnya jatuh dan terdampar di sebuah planet asing nan liar. Untuk bisa keluar dari sana, kamu harus mengumpulkan bahan baku, memproduksi perlengkapan, serta mengalahkan musuh yang mengancam.

Salah satu keunikan Crashlands adalah sentuhan humornya yang kocak dan karakter-karakter ikonik seperti robot pembantu yang sangat loyal. Kamu juga bisa memelihara hewan liar untuk dijadikan kawan seperti anjing atau mengubahnya menjadi kendaraan berkaki 4 dengan modifikasi.

Selain memenuhi kebutuhan dasar, kamu juga ditugaskan menyelesaikan misi utama yaitu menemukan cara untuk keluar dari planet tersebut. Ini memaksamu untuk terus mengeksplorasi dan mengalahkan boss untuk mendapatkan petunjuk. Crashlands merupakan paduan survival crafting dan RPG petualangan yang sangat menghibur.

Baca Juga: 20 Game PS2 Petualangan Terbaik yang Wajib Kamu Mainkan

7. This War of Mine

This War of Mine merupakan game survival Android yang mengangkat sudut pandang dalam situasi kota yang dikepung dan dihancurkan akibat perang. Kamu dan sekelompok orang sipil lainnya harus bertahan hidup dengan sumber daya yang sangat minim serta bahaya yang mengancam dari luar.

Setiap harinya penuh dengan dilema keputusan berat seperti siapa yang akan kamu utamakan untuk mendapat makanan atau obat-obatan? Haruskah bersikap baik pada orang asing atau mengambil persediaan mereka? Pertanyaan-pertanyaan etis seperti ini terus dihadapi dalam upaya mempertahankan hidup komunitas.

Selain manajemen sumber daya yang ketat, This War of Mine juga mewajibkanmu untuk mengeksplorasi reruntuhan kota pada malam hari untuk mencari bahan yang dibutuhkan. Ini tentu sangat berbahaya karena bisa saja diserang tentara, perampok, atau warga sipil lain yang juga kesulitan. Nuansa kelam dan keputusan krusial terus menghantuimu demi bertahan hidup di tengah kekacauan perang.

Baca Juga: 15 Game Petualangan PS5 Terbaik, Berpetualang Tanpa Batas!

8. Survival Island: Survival Evo

Survival Island menyuguhkan pengalaman klasik terdampar di pulau terpencil tanpa perbekalan. Kamu harus bertahan hidup dengan mengumpulkan bahan baku, membangun hunian, mencari makanan, hingga menghadapi ancaman hewan buas dan cuaca ekstrem khas pulau tak berpenghuni.

Awalnya kamu hanya akan memiliki tangan kosong, namun lambat laun bisa mengembangkan peralatan dari yang sederhana seperti panah hingga senjata api untuk bertahan hidup. Membangun basis pertahanan dan sumber energi juga menjadi aspek penting agar bisa betah lebih lama.

Yang menarik, Survival Island menyediakan banyak konten untuk dijelajahi mulai dari memecahkan teka-teki di gua purba, berburu hewan unik, hingga menemukan harta karun tersembunyi. Jadi selain bertahan hidup, ada juga banyak misi petualangan seru untuk diselesaikan di pulau ini.

Baca Juga: 15 Game Horror Multiplayer Android Terbaik 2024, Bisa Mabar Online Bareng!

9. PUBG Mobile

PUBG Mobile adalah game battle royale survival yang sudah sangat fenomenal dan menghadirkan gameplay klasik bertahan hingga menjadi pemenang terakhir di arena pertempuran. Kamu akan dilempar dari pesawat dalam keadaan kosong dan harus segera mengumpulkan perlengkapan apa pun yang bisa ditemukan.

Mengumpulkan senjata, amunisi, ransum, dan perlengkapan medis menjadi hal krusial untuk terus bertahan dalam arena yang wilayahnya akan menyempit secara periodik. Kamu juga harus pandai mengintai lawan, menyergap dari balik semak, hingga membangun situasi menguntungkan untuk bisa membunuh musuh.

PUBG bisa dimainkan solo ataupun dengan mode duo/squad. Bermain bersama teman jelas lebih menguntungkan karena Anda bisa saling berbagi sumber daya dan mengintai dari banyak arah. Namun, di akhir hanya akan ada 1 pemenang tertinggi yang tersisa. Siap mencapai Chicken Dinner di arena survival royale ini?

Baca Juga: 25 Game Open World Android Paling Keren dan Seru Untuk Dimainkan!

10. Don’t Starve: Pocket Edition

Don’t Starve: Pocket Edition merupakan game survival terkenal yang menghadirkan dunia yang apik namun juga mematikan. Kamu akan memainkan karakter bernama Wilson yang terdampar di lingkungan alam liar tanpa persiapan apa pun selain diiringi konsekuensi maut yakni kelaparan.

Setiap harinya akan menjadi perjuangan melawan rasa lapar yang terus mengintai. Kamu juga harus mengumpulkan rempah, berburu hewan, mencari api untuk memasak, sekaligus mengembangkan hunian sebagai markas. Itu semua harus dilakukan sembari waspada dengan bahaya makhluk liar, monster menyeramkan, hingga elemen cuaca berbahaya.

Don’t Starve terkenal dengan visualnya yang imut dan penuh gaya dalam balutan ala lukisan dari pensil. Namun di balik itu semua, tingkat kesulitan permainannya sangat menantang dan dipenuhi elemen roguelike yang membuat setiap permainan terasa unik dan berbahaya. Siap bertahan dari kelaparan?

Baca Juga: 15 Game Anime Android Terbaik 2024, Wibu Wajib Punya Nih!

11. Grim Soul

Grim Soul adalah game survival Android yang bertemakan RPG aksi petualangan di dunia terbuka apokaliptik. Kiamat telah menghancurkan bumi menjadi neraka yang dipenuhi makhluk mengerikan. kamu harus berusaha bertahan hidup sembari mencari jalan untuk melarikan diri dari dunia tersebut.

Inti gameplay Grim Soul adalah keliling mengeksplorasi dengan waspada terhadap bahaya yang mengintai. Monster seperti zombie, iblis, maupun makhluk aneh siap menyerang kamu kapan pun. Oleh karena itu, Kamu harus terus mengumpulkan persediaan untuk bisa bertahan seperti makanan, peralatan tempur seperti pedang hingga panah, serta item untuk crafting.

Meski berbahaya, dunia dalam Grim Soul juga dipenuhi banyak konten dan cerita menarik dari NPC yang bisa dijumpai. Ada misteri besar untuk dipecahkan serta faksi yang bisa diikuti. Perjalananmu juga bisa diperkuat dengan meningkatkan level, mempelajari skill baru, serta membuat peralatan lebih hebat. Gabungan elemen RPG dan survival menciptakan petualangan epik tersendiri.

Baca Juga: 25 Game PS3 Multiplayer Terbaik, Seru dan Cocok Buat Mabar!

12. Ocean is Home

Ocean is Home adalah game bertemakan survival di laut lepas yang memiliki konsep unik. Kamu akan memainkan seorang korban kecelakaan pesawat yang selamat namun harus bertahan hidup dengan bernaung di atas badan pesawat tenggelam tersebut.

Untuk terus hidup, kamu harus pandai mengumpulkan hasil laut seperti ikan, rumput laut, udang, ataupun bahan apapun yang bisa dijadikan makanan atau sumber energi. Selain itu, mengembangkan hunian dengan memanfaatkan sumber daya dari pesawat juga penting agar punya tempat berlindung yang aman.

Tantangan utama Ocean is Home adalah menghadapi cuaca laut yang ganas seperti badai, ombak besar, hingga ancaman hiu dan makhluk buas lainnya yang kerap datang mengganggu. Ditambah lagi, komponen kelangsungan hidup seperti haus, dehidrasi, dan luka juga harus selalu diperhatikan. Survival di tengah samudra menjadi petualangan tersendiri yang unik dan menantang.

Baca Juga: 15 Game Anime Android Terbaik 2024, Wibu Wajib Punya Nih!

13. Doomsday

Doomsday adalah salah satu game survival Android terbaik yang menghadirkan sebuah simulator bertahan hidup pasca-kiamat dunia yang permainannya sangat realistis. Segalanya bermula ketika bencana nuklir melanda dan kota hancur lebur oleh radiasi serta kehancuran masif. Tugas utamamu adalah membangun kembali peradaban dari titik nol.

Setelah mengembangkan komunitas, kamu akan banyak menghabiskan waktu untuk eksplorasi guna mencari sumber daya seperti bahan makanan, obat-obatan, senjata, hingga penduduk baru yang masih hidup. Ini sangat berbahaya dan sewaktu-waktu bisa diserang monster radiasi atau kelompok manusia lain yang juga berjuang bertahan.


Manajemen sumber daya yang ketat dan pengembangan basis pertahanan menjadi fokus utama di Doomsday. Anda juga dituntut untuk membuat keputusan berat dalam menghadapi dilema seperti harus mengikuti ideologi kelompok tertentu atau justru menciptakan komunitas sendiri yang unik. Simulasi pasca-kiamat nan realistis ini sungguh menguji ketangguhan dalam bertahan hidup.

14. Westland Survival

Selanjutnya ada game survival Android berjudul Westland Survival yang mengangkat nuansa dunia barat liar dalam balutan visual retro yang kece. Kamu akan memerankan protagonis tanpa nama yang terlempar ke padang gurun tandus dan harus bertahan hidup dengan cara mengumpulkan sumber daya, bertarung melawan koboi bersenjata, hingga membuat bendungan untuk bertahan dari kekeringan.

Salah satu aspek terkeren dari Westland Survival adalah kemampuan untuk membangun kota dari nol seperti di game survival lainnya. Kamu bisa mendirikan rumah, toko, kios senjata, ladang, dan berbagai bangunan untuk membangun peradaban di tengah lingkungan ganas. Namun untuk mewujudkannya, kamu harus keluar dan mencari sumber daya dengan tantangan seperti binatang buas, bandit, hingga badai pasir.

Tidak hanya itu, unsur RPG juga kental dalam Westland Survival. Kamu bisa menjalin hubungan dengan NPC, bertukar barang, atau bahkan merekrut mereka untuk menjadi warga kota. Ada banyak side quest dan misi utama yang membawa cerita unik bertema koboi. Ditambah dengan musiknya yang khas barat, membuat pengalaman survival ini terasa epik dan menghibur.

15. Jurassic Survival

Jurassic Survival adalah game survival Android open world dimana kamu harus bertahan hidup dari ancaman dinosaurus yang kembali bangkit pasca bencana meteor menghantam bumi. Kamu akan terbangun setelah insiden itu dan mendapati dunia telah berubah dengan vegetasi dan hewan purba dimana-mana.

Tantangan utama untuk bertahan di Jurassic Survival tentu saja adalah menghadapi dinosaurus-dinosaurus seperti T-Rex, Triceratops, Velociraptor, dan lainnya yang kini bebas berkeliaran. Untuk melawan, kamu harus mengumpulkan sumber daya membuat senjata seperti busur, tombak, hingga kemudian senjata api yang lebih kuat.

Sisi seru lainnya adalah kamu juga bisa menjinakkan dan memelihara bayi dinosaurus tertentu agar menjadi sekutu pertahanan kamu. Membangun basis yang kuat dari batang kayu dan batu juga sangat penting untuk berlindung dari serangan dinosaurus yang datang secara acak. Gabungan unsur survival dan dunia purba menciptakan petualangan epik tersendiri di Jurassic Survival.

16. Survivors: The Quest

Survivors: The Quest memadukan genre RPG petualangan dengan survival di dunia terbuka yang kejam dan penuh ancaman. Di game ini kamu akan memerankan karakter yang terlempar ke dunia asing dan harus berjuang untuk bertahan hidup. Selain menghadapi alam liar juga harus mencari tahu rahasia dunia baru tersebut.

Inti gameplay Survivors adalah mengumpulkan bahan baku dan sumber daya seperti kayu, batu, makanan, serta peralatan lainnya untuk bisa bertahan. Namun, sangat berbahaya untuk menjelajah sendirian karena Anda akan diserang oleh monster seperti serigala, beruang, hingga makhluk mengerikan seperti raksasa. Karena itu kamu perlu merekrut orang lain untuk membentuk kelompok.

Setelah berhasil mengumpulkan orang, kamu bisa membangun kemah yang lebih kuat serta mengirim mereka untuk mengeksplorasi area sekitar. Sambil berpetualang, kamu juga akan menemukan misi dan side quest yang mengungkap rahasia dunia tersebut. Elemen RPG sangat kental mulai dari sistem perkembangan karakter hingga interaksi dengan NPC yang menarik.

17. Garena Undawn

Garena Undawn adalah game survival di Android yang mengambil setting dunia pasca-kiamat zombie. Ceritanya kamu akan dilempar dari helikopter tanpa memiliki apa pun dan harus segera mengumpulkan persediaan seperti senjata, obat-obatan, dan perbekalan untuk terus bertahan hidup.

Serangan zombie akan terus mengepung dari segala penjuru. Kamu harus pintar memilih momen untuk menyerang, menghindar, atau justru bersembunyi dari para mayat hidup tersebut. Secara berkala, medan pertempuran juga akan menyempit memaksamu untuk lebih waspada terhadap serangan pemain lain.

Soal gameplay, Undawn mengombinasikan unsur petualangan survival dengan nuansa battle royale yang menegangkan. Ada pilihan untuk bermain solo, duo, atau squad bersama teman. Fitur memanggil bantuan dari udara juga tersedia jika kamu dalam bahaya terjepit. Siap untuk bertahan hidup dari kepungan zombie?

18. Limbo

Limbo adalah game platformer survival yang dikemas dalam visual hitam putih sederhana namun penuh misteri. Di sini kamu akan memainkan seorang anak kecil yang tersesat di dunia aneh dan harus berjuang menemukan jalan pulang dengan melewati bahaya mengintai di setiap sudut.

Rintangan yang harus dihadapi di Limbo sangatlah bervariasi dan sadis. Mulai dari jebakan ranjau, perangkap, hingga makhluk-makhluk menyeramkan yang siap menyerang kapan saja jika kamu lengah. Meski terlihat sederhana, namun timing yang tepat dan akurasi tindakan sangat dibutuhkan untuk selamat.

Selain menguji kecerdikan, Limbo juga menghadirkan komponen misteri yang memicu rasa penasaran untuk terus menjelajah. Bagaimana anak itu bisa terdampar di dunia antah-berantah tersebut? Jawabannya hanya bisa diperoleh dengan terus maju menembus halangan survival sadis yang menghadang.

19. Prey Day: Zombie Survival

Prey Day merupakan game survival Android di mana kamu harus menghadapi invasi zombie dalam nuansa dunia terbuka. Kamu bermain sebagai karakter yang harus berjuang bertahan hidup dari serangan tak henti para mayat hidup dengan mencari persediaan, obat-obatan, hingga membangun markas pertahanan.

Untuk tetap eksis, kamu harus berkeliling mengeksplorasi area yang dipenuhi zombie berkeliaran. Mengumpulkan senjata dan melindungi diri dari gigitan harus menjadi prioritas utama. Bersiap juga menghadapi boss zombie besar yang waktu kemunculannya acak.

Prey Day memiliki beberapa mode permainan seperti bertahan hingga dievakuasi atau bertahan dalam waktu terbatas. Pilihan genre battle royale zombie juga tersedia jika ingin menambah tantangan. Soal grafis, dunia terbuka Prey Day terlihat keren dengan detail lingkungan hancur yang realistis.

20. Raft Survival

Raft Survival melemparkanmu ke situasi yang mengerikan di tengah samudra luas dengan hanya rakit kayu kecil sebagai penopang hidup. Tugas Anda untuk bertahan hidup di laut lepas ini tidaklah mudah dan dipenuhi ancaman seperti badai, makhluk buas laut, hingga sumber pangan yang terbatas.

Rutinitas harian di game ini adalah memperbaiki dan memperkuat rakit, memancing ikan, mengumpulkan tumbuhan laut, serta mencari cara agar bisa mengonsumsi air payau menjadi tawar. Terkadang kapal lain yang terombang-ambing bisa dijadikan tempat mengambil bahan baru.

Rakit yang kokoh akan menjadi kunci untuk terus mengembangkan fasilitas dan bertahan hidup lebih lama. Tapi tetap saja harus waspada terhadap datangnya badai dahsyat, hempasan ombak besar, hingga haiwan laut seperti hiu yang bisa menghancurkan usaha bertahan kamu seketika.

21. Whiteout Survival

Whiteout Survival merupakan game survival di Android yang menghadirkan tantangan bertahan hidup di tengah terpaan badai salju abadi. Kamu akan memulai petualangan dalam kondisi terdampar di lingkungan salju tanpa perbekalan sedikit pun. Tugas untuk bertahan dari kedinginan ekstrem dan ancaman binatang buas harus segera dilakukan.

Mengumpulkan ranting dan kayu bakar akan menjadi aktivitas krusial demi mendapatkan sumber kehangatan dari api unggun. Kamu bakalan dituntut untuk berburu binatang seperti kelinci atau rusa untuk dimakan dan menggunakan bulunya sebagai insulasi kehangatan.

Selain menghadapi ancaman kedinginan dan rasa lapar, badai salju dahsyat juga bisa datang sewaktu-waktu. Saat itu terjadi, harus segera mencari tempat berlindung yang aman sembari tetap fokus untuk mempertahankan kehangatan. Nuansa game survival dengan latar belakang musim dingin yang kejam ini sangat menegangkan.

22. Merge Survival: Wasteland

Merge Survival mengusung gameplay survival unik dimana fokus utamanya adalah menggabungkan atau merge sumber daya yang sama untuk mendapatkan item lebih berkualitas. Kamu akan memulai petualangan dengan tangan kosong di sebuah daratan tandus pasca-apokaliptik.

Contoh sederhana adalah dengan menggabungkan 3 batang kayu, kamu akan mendapatkan kayu berkualitas lebih bagus. Lalu kayu kualitas tinggi tersebut bisa digabungkan lagi dengan batu atau baja untuk membuat peralatan bertahan hidup seperti kapak, pedang, atau pembangkit tenaga.

Mekanisme merge ini terus berlanjut hingga kamu mampu membuat senjata api, membangun hunian, ataupun membuat kendaraan khusus. Semakin tinggi kualitas item yang dimiliki, semakin besar pula peluang untuk bertahan dari bahaya di lingkungan gersang seperti badai pasir, monster, ataupun perampok bersenjata.

23. Dawn of Zombies: Survival

Dawn of Zombies adalah game survival Android bertema zombie yang menghadirkan nuansa horor mencekam. Misi utamanya adalah bertahan hidup dari kepungan zombie yang tak henti-hentinya dengan cara mengumpulkan persediaan, membangun markas pertahanan, serta melengkapi diri dengan senjata.

Gameplay berpusat pada manajemen sumber daya yang ketat karena persediaan seperti obat, makanan, dan amunisi sangatlah terbatas. Di game ini kamu juga harus pintar mengatur penjagaan di titik tertentu serta memperkuat pertahanan untuk menghadapi gelombang serangan zombie sewaktu-waktu.

Dawn of Zombies menyuguhkan pengalaman survival penuh tekanan psikologis yang mencekam. Suara zombie meraung, darah berceceran, hingga aksi memukul kepala mayat hidup terasa begitu sadis dan mengerikan. Kamu benar-benar harus waspada penuh untuk terus bertahan hidup di kota mati ini.

24. Lost in Blue

Lost in Blue adalah game survival simulasi terdampar di pulau terpencil yang dirilis sejak masa awal PlayStation 2. Kamu akan memainkan karakter yang selamat dari kecelakaan pesawat dan harus berjuang untuk tetap bertahan hidup dengan sumber daya terbatas.

Tantangan pertamanya tentu saja adalah mengumpulkan bahan makanan dengan cara berburu hewan, memancing ikan, ataupun bercocok tanam jika memungkinkan. Air bersih juga harus dicari sebagai pengganti konsumsi yang habis. Lalu membangun hunian aman dari bahaya liar juga jadi kebutuhan mendesak.

Selain faktor kelangsungan hidup dasar, Lost in Blue juga kaya akan konten petualangan seperti menjelajahi gua untuk menemukan harta karun tersembunyi. Ada pula kemunculan makhluk misterius yang menguji mental dengan cara mencari teka-tekinya. Bertahan hidup di pulau terpencil ini tidaklah mudah namun sarat dengan pengalaman unik.

25. Last Island of Survival

Masih dari tema zombie lagi ada, Last Island of Survival, salah satu game survival di Android yang sayang sekali jika dilewatkan. Setelah kecelakaan pesawat, Kamu menjadi salah satu korban selamat yang terdampar di pulau tropis nan eksotis. Namun keindahan pulau itu ternyata hanyalah penampakan semu.

Begitu mengeksplorasi lebih jauh, kamu akan mendapati kenyataan pahit bahwa pulau tersebut dipenuhi oleh zombie yang berkeliaran. Misi utama di sini adalah bertahan hidup sembari mencari cara untuk bisa melarikan diri dari kepungan para mayat hidup.

Salah satu cara untuk terus eksis adalah dengan membangun hunian kokoh yang bisa dijadikan markas bertahan. Kamu juga harus pintar mencari perlengkapan bertahan hidup seperti senjata, obat-obatan, dan makanan. Last Island of Survival merupakan game survival zombie yang dikemas dalam balutan petualangan di pulau tropis yang memikat.

26. Survive – Wilderness survival

Survive – Wilderness survival mengajak pemain untuk menjalani pengalaman petualangan liar di alam besar. Pemain akan memulai permainan dengan hanya dibekali sebilah pisau dan kemudian harus berjuang bertahan hidup demi menghadapi tantangan alam yang membahayakan.

Untuk terus bertahan hidup, kamu dituntut untuk bisa berburu hewan, menangkap ikan, bercocok tanam, hingga membangun hunian yang aman dari serangan binatang buas. Pengumpulan bahan mentah seperti kayu bakar sangat penting untuk membuat peralatan yang dibutuhkan.

Selain dari aspek bertahan hidup itu sendiri, Survive juga menawarkan banyak petualangan tambahan seperti ekspedisi mencari harta karun, menyelesaikan misi dari NPC, hingga membangun kamp induk dan kota sendiri. Terdapat banyak kisah menarik dari dunia liar ini untuk dijalani sembari berjuang melawan ancaman alam.

27. Mutiny: Pirate Survival RPG

Mutiny: Pirate Survival RPG merupakan game survivla Android petualangan menjadi bajak laut di lautan luas lepas dengan tantangan bertahan hidup yang unik. Kamu akan memulai dari sebuah rakit kecil dan harus mengembangkannya menjadi kapal besar dan tangguh demi menemukan harta karun.

Sebagai bajak laut, kamu bukan hanya harus menghadapi bahaya lautan seperti badai dan serangan binatang buas laut. Namun juga ancaman dari bajak laut lainnya yang mengincar harta karun yang sama. Untuk itu membangun markas dan mengembangkan kru awak kapal sangatlah krusial.

Ada banyak pilihan pekerjaan bagi kru kapal seperti navigator, tukang masak, hingga jagoan bertarung. Semakin lengkap dan tangguh awak kapal, maka semakin besar peluang untuk terus bertahan hidup dalam petualangan mencari harta karun abadi di lautan yang luas ini. Kombinasi RPG dan survival akan menghadirkan pengalaman yang amat mengasyikkan.

28. Let’s Survive – Survival game

Let’s Survive merupakan game survival di Android berlatarkan di daerah yang sudah terkena kiamat zombie. Kamu akan benar-benar dimulai dari titik nol tanpa memiliki perbekalan untuk memulai petualangan di game ini.

Untuk bisa terus bertahan hidup, rutinitas harian yang harus kamu jalani antara lain berburu binatang liar, menghabisi gerombolan zombie, mengumpulkan minuman dan bahan makanan lainnya. Membangun hunian dari bahan seadanya juga menjadi pekerjaan rutin yang tidak kalah penting.

Selain faktor bertahan hidup, Let’s Survive juga menyuguhkan pengalaman eksplorasi kota yang penuh dengan misteri yang tersembunyi walaupun kamu juga harus berhadapan dengan banyak bahaya yang mengintai. Akankah kamu mampu bertahan di dunia yang sudah kiamat tersebut?

29. Grand Survival: Raft Adventure

Grand Survival: Raft Adventure adalah game survival Android bertemakan petualangan bertahan hidup di laut lepas yang mengadopsi mekanisme serupa dengan Raft Survival, namun dikemas dengan grafis 3D yang lebih menawan. Kamu akan memulai perjalanan sebagai korban kecelakaan pesawat yang hanya memiliki rakit kecil sebagai satu-satunya penopang hidup.

Untuk dapat terus bertahan, tugas utama di game ini adalah memperkuat rakit menjadi markas yang layak huni lengkap dengan fasilitas sandang, pangan, dan papan. Mengumpulkan kayu, bambu, besi, dan bahan mentah lainnya dari bangunan atau kapal terapung menjadi rutinitas hariannya.

Selain menghadapi ancaman badai, hiu, dan makhluk buas laut lainnya, Grand Survival juga menyuguhkan fitur eksplorasi pulau lengkap dengan misteri dan harta karun tersembunyi yang bisa dijajaki. Kamu juga bisa bercocok tanam, menangkap ikan, hingga membuat perahu motor untuk memperluas area penjelajahan di laut ini.

30. Stormfall: Saga of Survival

Game survival Android terbaik yang terakhir di dalam daftar kali ini dan tentu tidak kalah seru adalah Stormfall: Saga of Survival, game survival RPG dengan gameplay unik yang mengombinasikan pertarungan strategi serta pengelolaan sumber daya bertahan hidup. Kamu akan memainkan karakter yang terjebak di daratan pasca-apokaliptik setelah kehancuran masif melanda dunia.

Mekanisme inti Stormfall berpusat pada mengumpulkan kartu untuk membentuk pasukan tempur, mendapatkan senjata baru, hingga rekrut sekutu baru bergabung. Kartu tersebut bisa didapat dari misi berburu, mengeksplorasi wilayah, hingga menaklukkan musuh kuat.

Di sisi lain, kamu juga dituntut untuk bisa membangun dan mengembangkan markas pertahanan. Mengumpulkan bahan makanan, mengelola populasi penduduk, hingga memproduksi item bertahan hidup juga menjadi tugas rutin yang penting. Stormfall berhasil menghadirkan pengalaman survival unik berpadu dengan RPG dan strategi kartu tempur yang menghibur.

Kesimpulan

Demikianlah 25 game survival Android terbaik yang bisa kamu coba untuk mengisi waktu luangmu. Dari bertahan hidup melawan zombie hingga berjuang untuk keluar dari bunker bawah tanah, game-game ini menjanjikan pengalaman yang menguras adrenalin dan mengasah kemampuan bertahan hidupmu. Jadi, siapkan ponselmu, sobat petualang, dan nikmati sendiri sensasi bertahan hidup di alam liar dan dunia yang sudah hancur!

Tinggalkan komentar