Muhammad Ikhsan Seorang penulis yang tertarik dengan dunia gaming baik PC, Mobile, maupun Konsol.

8 Kelebihan Beli Game Original, Tinggalkan Bajakan!

3 min read

game original

Di zaman yang sudah modern ini kita bisa mendapatkan game dengan mudah salah satunya yaitu membeli game original, . Banyak orang yang kadang suka memainkan game bajakan karena tidak mau mengeluarkan uang untuk beli game aslinya. Mendownload maupun memainkan game bajakan ternyata beresiko lho daripada bermain game original-nya. Ternyata banyak juga lho kelebihan bermain game original ketimbang bajakan.

Sebenarnya game original juga ada yang tidak mahal dan bahkan sering mengadakan diskon. Contohnya saja di Steam sering mengadakan berbagai diskon misalnya Summer Sale atau Winter Sale, nah itu kesempatan untuk beli game dengan harga murah. Membeli game original ternyata memiliki kelebihan lho daripada yang bajakan.

Perbedaan game original dan bajakan yaitu adalah game original bisa didapatkan di toko game resmi misalnya Steam, Epic Games, Uplay, Microsoft Store, dan lain-lain, sementara game bajakan bisa didapatkan di website penyedia secara gratis ataupun secara fisik misalnya DVD, Kaset.

Pada kesempatan kali ini mari kita bahas ya, oke langsung saja berikut ini pembahasan beserta list lengkap silahkan disimak.

1.Download dan Instal Mudah

kelebihan game original Steam

Kelebihan game original yang pertama yaitu tentu mudah dalam proses download dan instalasi. Sebagian besar dari kita mungkin tahu kalau mendownload game bajakan pasti ribet dan terkadang juga redirect kemana-mana belum lagi proses instalasi yang agak rumit. Itu saja jika saat proses download file tidak corrupt, kalau iya harus download lagi.

Berbeda dengan game bajakan yang serba ribet saat download maupun instal. Game original menyediakan proses download dan instal mudah, misalnya di Steam kamu hanya tinggal download kemudian instal lalu tunggu setelah itu bisa main.

Baca Juga: 5 Game Gratis Terbaik yang Bisa Kamu Peroleh di Steam

2. Bisa Bermain Secara Online

bermain komputer

Dengan membeli game original kita bisa menikmati game tersebut secara online yang tentunya lebih seru. Berbeda dengan game original, bajakan tidak bisa online sama sekali karena sang developer game pastinya tidak ingin pembajak bisa akses online. Apalagi sekarang ini jamannya video game berbasis online sehingga pastinya tidak rugi untuk membeli yan original.

Jika menggunakan game bajakan alhasil malah kita tidak bisa bermain online dan hanya bisa secara offline saja. Padahal jika bermain di mode online lebih seru dan intens, kamu bisa berinteraksi dengan banyak pemain di dalam game.

Baca Juga: 5 Kerugian Jika Memainkan Game Bajakan, Bisa Terseret Hukum!

3. Bebas dan Aman dari Virus

virus komputer

Sudah menjadi hal umum jika game original pastinya bebas dari virus berbahaya karena berasal dari developer langsung. Sementara game bajakan pastinya sudah mampir kesana-kesini dan kemungkinan besar sudah disuntik virus berbahaya contohnya saja seperti malware. Hal itu terjadi karena hacker game bajakan ingin mendapatkan keuntungan melalui virus tadi.

Supaya aman jika ingin mendownload dan bermain game tanpa adanya gangguang dari virus berbahaya maka langsung beli game original saja. Memang masalah virus ini tidak main-main karena ada jenis virus yang susah untuk dihilangkan, tentu berbahaya bagi device kita sendiri.

Baca Juga: 8 Game Android Buatan Indonesia Terbaik yang Mendunia, Wajib Download!

4. Update Serta Perbaikan Bug

update game

Game original akan mendapatkan update maupun dukungan dari developer karena sudah secara resmi membeli. Update tersebut biasanya untuk memperbaiki bug sehingga menjadi lebih baik lagi ataupun terkadang juga untuk menambahkan konten di dalam game. Game bajakan tidak akan mendapatkan update dari developer sehingga versinya masih tertinggal dan mungkin masih ada bug.

Jadi, lebih baik kita membeli game original jika ingin mendapatkan update dan perbaikan bug secara berkala. Apabila lebih memilih game bajakan ya silahkan saja namun pastinya masih banyak kekurangan dan tidak akan mendapatkan dukungan dari developer.

Baca Juga: Apa Itu Impostor di Game Among Us? Berikut Ini Penjelasan dan Tips Bermain

5. Ada Rasa Bangga dan Puas

bermain game

Membeli game original akan membuat kita merasa bangga karena harus mengeluarkan uang serta berjuang demi mendapatkan game tersebut. Berbeda dengan game bajakan yang hanya modal kuota saja langsung bisa dapat, inilah yang rasanya menjadi biasa saja. Selain bangga bisa mendapatkan game original kita juga puas karena bisa menikmati berbagai fitur dan dukungan dari developernya.

Jadi sebaiknya jika ingin merasa bangga bisa membeli game original maka itu hal bagus karena menghargai developer game. Sebaiknya ya begitu daripada merasa bersalah karena mendonwload game bajakan tapi ya resiko tanggung sendiri.

Baca Juga: 6 Kesalahan Pemula Saat Bermain League of Legends: Wild Rift

6. Mendukung Developer Game

developer game

Dengan membeli game original berarti kita sudah mendukung developer game untuk menjadi lebih baik. Kita mesti tahu bahwa membuat game itu merupakan hal yang susah dan membutuhkan banyak dana. Jadi, membeli game dari developer tersebut berarti kita menghargai perjuangan mereka dalam membuat game.

Jika kita lebih memilih game bajakan maka kita sama saja tidak menghargai developer game. Game bajakan hanya akan merugikan pihak developer, karena mereka tidak mendapatkan keuntungan sepeserpun dari bajakan tersebut.

Baca Juga: 10 Game Call of Duty Terbaik yang Pernah Ada

7. Dapat Menghasilkan Uang

pewdiepie

Tahukah kamu bahwa membeli game original dapat menghasilkan uang?, ya mungkin terdengar berlebihan tapi memang bisa lho. Caranya yaitu bisa dengan menjual kembali game milikmu sendiri jika sudah bosan ke orang lain. Walaupun mungkin harganya turun tapi itu sudah bisa untuk mengganti uangmu, apalagi kalau saat pertama kali beli kamu dapat diskon.

Atau mungkin dengan menjadi seorang youtuber gamer serta livestreamer itu juga bisa menghasilkan uang dengan bermain game. Mungkin saja kamu bisa sukses dan berkah karena membeli game original sehingga menghasilkan uang pun hal yang mudah.

Baca Juga: 6 Cara Mudah Menghasilkan Uang Hanya Dari Bermain Games

8. Bisa Menyelesaikan Achievements

achievements

Terakhir, game original biasanya akan menyertakan achievements atau pencapaian. Achievements berfungsi untuk menambah keunikan setiap game dan penyemangat bagi pemain agar menyelesaikan pencapaian tersebut.Biasanya fitur achievements ini ada di toko game online misalnya Steam, Origin, Google Play Game, dan lain-lain

Di game bajakan mana ada yang namanya achievements karena fitur tersebut tidak akan diberikan. Nah, dengan achievements ini kamu jadi lebih bersemangat dalam bermain serta meraih prestasi tersebut.

Baca Juga: 10 Tips Menjadi Youtuber Gaming Terkenal dan Sukses

Ya, itulah tadi artikel mengenai pembahasan tentang beberapa kelebihan game original ketimbang bajakan. Jadi, bagaimana lebih memilih yang original atau bajakan? kalau saya lebih ke original karena banyak kelebihannya meskipun banyak yang berbayar.

Cukup sekian sampai disini saja ya pembahasannya semoga bermanfaat bagi kita semua. Sampai jumpa dan nantikan terus artikel update dari kami.

Muhammad Ikhsan Seorang penulis yang tertarik dengan dunia gaming baik PC, Mobile, maupun Konsol.

One Reply to “8 Kelebihan Beli Game Original, Tinggalkan Bajakan!”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *